Test Drive All New Ertiga Hybrid

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr… Seeing is believing, testing is even better! Tes dulu baru percaya ya gak? Setelah melihat langsung unit Suzuki Ertiga Hybrid 2022 terbaru di dealer Suzuki Sejahtera Buana Trada Pulogadung, KBY juga tidak menyianyiakan kesempatan yang ada untuk melakukan sesi test drive All New Ertiga hybrid tersebut!! Tipenya adalah GX AT, dengan hanya perbedaan pada kosmetik dan aksesoris, maka dari sisi performa serta handling akan dianggap sama antara varian Suzuki Sport dengan GX. Jadi gimana hasilnya? Yang jelas sih canggih euy!! Mesinnya mati dan idup sendiri, hihihi..

TEST DRIVE ALL NEW ERTIGA HYBRID 2022

Untuk unit test-nya, silakan bisa dicek dulu artikel sebelah sini, first impression Suzuki All New Ertiga Hybrid. Bedanya dengan unit yang KBY tes adalah, sudah diberikan aksesoris berupa talang air original dan karpet. Oia warnanya juga, yang dites adalah putih, sementara yang dibahas di artikel sebelumnya adalah magma grey.

Suzuki All New Ertiga Hybrid

Banyaknya fitur yang hadir di All New Ertiga hybrid terbaru Indonesia ini juga bisa lads temukan pada artikel Harga Suzuki All New Ertiga Hybrid. Skeptis awalnya memang, karena berharap transmisi AT 6 speed dengan paddle shift diikut sertakan, meski pastinya harganya gakan bisa seperti sekarang, tetap paling terjangkau dengan segala kecanggihannya!!

Suzuki All New Ertiga Hybrid

KEUNGGULAN SYSTEM HYBRID DI ERTIGA

Untuk benefit atau keunggulan dari system hybrid sendiri lads bisa lihat foto foto di bawah ini lads..

SYARAT AKTIF AUTO STOP

Tidak ada kejutan bagi KBY, sudah menebak kalau syarat aktif atau bekerjanya sistem engine auto stop di All New Ertiga hybrid ini bakalan kurang lebih sama seperti di motor, yaitu PCX hybrid maupun Fazzio hybrid.

Kondisi engine auto stop – kalau di motor namanya Idling Stop System ISS (Honda) dan Stop & Start System SSS (Yamaha) – dari keseluruhan system hybrid yang ada pada All New Ertiga hybrid ini harus memenuhi syarat sbb:

  1. Buckle up alias seat belt drive wajib terpasang. Kalau tidak, mesin tetap berfungsi tapi engine auto stop tidak akan aktif.
  2. Indikator baterai Li-Ion harus di atas dua bar
  3. Kondisi Auto Stop aktif (tombol tidak di off-kan)
  4. Mobil sudah harus jalan/ bergerak
  5. Posisi di D (untuk AT – untuk MT belum tau, nanti kita test drive lagi ya) dan rem diinjak
Suzuki All New Ertiga Hybrid
Auto Stop bisa di off dari tombol ini

Kondisi di atas adalah untuk mematikan mesin saat kondisi di kemacetan atau sedang menunggu lampu merah maupun antri isi bbm atau bayar parkir. Bagaimana cara menghidupkan mesinnya? Tinggal angkat saja kaki dari rem, dengan cepat tidak sampai dua detik mesin menyala kembali.

Dalam kondisi mesin mati akibat Auto Stop, semua kelistrikan tetap menyala, termasuk audio dan AC, hal tersebut disupplai oleh aki yang kini berkapasitas 42Ah.

Seperti yang KBY bilang, tidak ada perbedaan handling antara hybrid dengan non hybrid. Tapi akselerasi terasa lebih padat dan kuat/ bertenaga. Wajar, karena ingat, sistem hybrid-nya mempersilakan kerjasama antara ISG (Integrated Start Generator) dengan baterai memberikan motor assist untuk mendorong tenaga tambahan saat berakselerasi, sama kan kaya PCX hybrid dan Fazzio?

Test Drive All New Ertiga Hybrid

Hanya saja tidak disebutkan gamblang seperti di PCX hybrid dimana tenaga dari baterai-nya yang 4Ah mampu memberikan sensasi tambahan tenaga sebesar 1,9Ps dan torsi 4,3Nm. Baterai All New Ertiga hybrid sebesar 6Ah, mungkin untuk ukuran mobil 6 ampere itu kecil.. jadi tenaga atau assist boost-nya tidak signifikan. Sooo menurut KBY sistem hybrid All New Ertiga ini berada diantara Fazzio dan PCX.

Yang mengasyikkan ternyata speedometernya, sebenarnya bukan hal yang baru karena di Suzuki Baleno pun (baca: Mengenal Fitur Speedometer Suzuki Baleno), tapi karena ini hadir di All New Ertiga hybrid, jadi rasanya gimana gitu, ada yang baru hehehe.. dan komplit pilihannya, asik dah.

Kesimpulannya, All New Ertiga Hybrid bikin kesengsem, kalau soal tenaga gampang lah, ada piggyback hehe, tapi kecanggihan dan keasyikan system hybrid-nya itu loh membuat mobil ini jadi yang paling canggih di kelasnya. Belum lagi hadirnya cruise control di tipe GX.. ditambah lagi dengan segudang tambahan yang ada, harganya masih sangat terjangkau!! Di bawah 300 juta! Sssttt belum diskon loh, menarik yekaaann… duh jadi pengen gantiiiii..

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

16 KOMENTAR

  1. Enak fbs dibikinin ertiga hybrid…nanti fbh jg dibikinin mobillio hybrid….yg kasian fby…dibikinin pega dorce hybrid pake batubatere abc dipararel 12biji….akakakakakak

  2. Bagua sih lari k hybrid
    Tpi sayang msh kurang 4 hal
    1. Telescopic steering
    2. Centre console tgh besar ditambah armrest seperti new xpander dan veloz
    3. Parking brake electric
    4. Headlamp LED
    Kurang itu aja,
    Okelah hajar radar pake hybrid, tpi minimal fitur standarnya sama dg rivalnya
    Plus itu ignis aja udh led projector come on suzuki

    • Ingat… harganya dibawah 300 jt om…. dengan diskon 20 jt lagi… tambah jauh dari 300 jt. Paling value for money dibanding merk laon yg sekelasnya.

  3. pernah punya mazda biante
    pake SSS pas pedal rem dilepas sebelum engine nyala ada bunyi jenges nges ngesnya dulu
    jd kurang nyaman

    entahlah di ertiga hybrid

Yuk Tinggalin Jejak Lads..