banner
Chevrolet Trax 1.4 turbo Indonesia
Chevrolet Trax 1.4 turbo Indonesia

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber.. Review dan first drive Chevrolet Trax Turbo 1.4. Selain All New Honda Civic Turbo, KBY juga mengincar satu crossover dari Chevrolet, apalagi kalau bukan Chevrolet Trax 1.4 turbo! Chevrolet Trax turbo 2016, crossover dari chevrolet ini sempat menjadi buah bibir karena merupakan sebuah mobil dengan kapasitas 1400 cc, berbentuk antara hacthback dan SUV (alias crossover) namun dipersenjatai dengan pasokan udara paksa alias turbo.. plus fitur fitur yang banyak seperti sun roof salah satunya..Hadir di IIMS 2016, KBY memang penasaran ingin melihat dan sekaligus kalau memungkinan melakukan sesi test drive dari Chevrolet Trax ini.. Kebetulan ada display unit plus juga ada sesi test drive Chevrolet Trax 1.4 terbaru ini.. Seperti apa opini KBY terhadap crossover ini? Simak lebih lanjut

baca juga: Mengenal Lebih Dekat Chevrolet Trax 1400 Turbo

DESAIN CHEVROLET TRAX 1.4 TURBO

Eksterior

Sebelum menuju sesi test drive Chevrolet Trax 1.4 Turbo terbaru ini, KBY akan bahas dulu mengenai sosoknya, dari artikel sebelumnya KBY sudah membahas berdasarkan desk analysis dari foto google. Well penjelasannya masih sama ternyata.. Lads bisa simak di link artikel di atas..

nilai: 7.5

Interior

Setelah memasuki kabin Chevrolet Trax 1.4 turbo 2016, kini KBY paham mengapa harganya bisa “masuk akal”, plastiknya biasa saja dengan warna hitam mengkilap mendominasi, untungnya palstik atas dashboard tebal dan solid. Desain dashboardnya terkesan minimalis dan kaku, membuat agak boring berlama lama menatapnya, terutama bagian tengah.

Area speedometer Chevrolet Trax turbo LTZ AT juga ternyata mirip Chevy Spin, sederhana dan sepi.. Tak banyak yang dapat dilihat dari area ini.. Kesan modern sih dapat, tapi sisi hi-tech atau kecanggihannya kurang.. Bentuknya pun kaku meski terkesan kaya moge.

setir Chevrolet Trax 1.4 turbo

Tombol tombol pengoperasian Chevrolet Trax 2016 sangat kental nuansa mobil Paman Sam atau eropa, bagi yang terbiasa dengan mobil Jepang akan kagok dan butuh waktu adaptasi. Tuas sein di kiri, sementara wiper di kanan, dan tuas lampu terpisah berada di bodi dashboard..

Yang unik adalah tombol pengoperasian wiper belakang, sudahlah posisinya di kanan eh instead of model putar, Chevrolet Trax 1.4 turbo Indonesia ini memilih sistem tekan, unik sih. Area speedometer dan dashboard yang sepi tertolong oleh adanya tombol penunjang di setir, seperti voice command/ telephone, audio control  dan cruise control.

tuas wiper belakang unik
tuas wiper belakang unik

Dari sisi kemudahan pengoperasian tombol si Chevrolet Trax 1.4 1400 turbo ini semrawut, tombol ubah MID ada di tuas kiri menyatu dengan sein, sistemnya pun putar bukan tekan.. tombol ESP dan Hill Descent Control ada di dashboard tengah, letaknya musuhan, alias jauh. Padahal harusnya dibuat terintegrasi, memang asik buat yang demen ngulik, tapi buat yang demen kemudahan sih ribet! 😀

nilai: 6,5 untuk kemudahan operasi tombol dan 7 untuk material serta kesolidan perakitan

AKOMODASI

Bicara kelegaan interior, Chevrolet Trax crossover ternyata cukup memuaskan alias lega. Jarak kaki ke jok depan di ruang tengah menyisakan banyak ruang di lutut. Jika diisi berdua, jarak antar bahu juga masih cukup jauh. Kalau bertiga ya himpit-himpitan juga hehehe..

Duduk di jok pengemudi desainnya supportif, menyokong tubuh dengan sangat baik dengan kualitas busa yang oke. Ukuran bagasi Chevrolet Trax Indonesia lumayan besar, menjorok ke dalam dengan bibir tinggi, lumayan juga buat ngangkat koper berat dari tanah ke atas hehehe..

nilai: 8

dimensinya lumayan
dimensinya lumayan

SPESIFIKASI CHEVROLET TRAX 1.4 TURBO TERBARU

Mesin dari Chevrolet Trax 1.4 turbo terbaru 2016 berjenis EcoTec andalan Chevrolet. 1400 cc Dual CVCP (Continuous Variable Cam Phasing) yang mengeluarkan tenaga sebesar 140 PS dan torsi 200 NM setara mesin 2000 cc wowww.. Mesin Ecotec ini menggunakan bbm jenis bensin lads, tidak disebutkan jenis turbonya, tapi melihat dari besaran tenaganya kemungkinan besar tipe VGT (Variable Geometri Turbo) bukan fixed..

Tak hanya mesin yang istimewa, transmisinya Chevrolet Trax Indonesia ini juga ciamik, 6 speed automatic dengan tiptronic mode, sayang tanpa paddle shift di setir, pengoperasiannya nyeleneh, perlu adaptasi lebih lanjut agar terbiasa.

Sempitnya trek test drive dan padatnya lalu lalang mobil test drive lainnya, membuat KBY tidak dapat merasakan sensasi dari Turbo yang dimiliki oleh Chevrolet Trax. So hanya merasakan performa ala kadarnya saja. Dalam kecepatan maks 40 km/jam, performanya gak jauh beda dengan mobil lain lads..

So, KBY mencoba mengangkat dari sisi lain, seperti handling serta kenyamanan suspensi Chevrolet Trax ABS. Ayunan suspensinya sedikit firm, tapi tak sampai mengganggu. Melewati speed trap perlahan ayunannya tidak sampai memantul. Sayangnya tidak ada kesempatan melewatinya dalam kecepatan sedang, ya itu tadi treknya penuh!

Handling juga dapat dikatakan biasa saja karena apa yang mau dizig zag? Jalan aja ngantri wkwkwkw.. Untunglah adanya sun roof dapat sedikit mengobati kekecewaan KBY..

nilai: 7,5 untuk suspensi

area test kecil dan rame
area test kecil dan rame

THE VERDICT

Chevrolet Trax turbo hanya memiliki 2 varian di Indonesia, yaitu LT dan LTZ, juga hanya ada satu pilihan transmisi yaitu 6 speed otomatis.. Harga Chevrolet Trax tipe LT AT adalah Rp. 267 juta sementara tipe termahal dan terlengkap yaitu Trax LTZ Rp. 291 juta lads.. Saran KBY jika lads tertarik lebih baik ambil tipe LTZ karena beda fiturnya jauh dengan LT.

Chevrolet bukanlah Toyota, Honda, Daihatsu atau Suzuki, kalau belum apa apa sudah mikir resale value, lupakan. Chevrolet Trax dibeli untuk dipakai dan dinikmati..sampai bosen hehehe..

Galeri foto Chevrolet Trax akan KBY post di Sakahayangna.com ya lads..

gak bisa explore lebih jauh
gak bisa explore lebih jauh

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: [email protected]
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

36 KOMENTAR

  1. kayanya kalau VGT gak bisa diaplikasikan ke mesin bensin mas. karena suhu mesin bensin yang begitu tinggi jika dibandingkan mesin diesel

      • rival dari trax ini kan hrv ataupun juke. emang berapa selisih harga antara versi facelift dan sblm facelift..?? rasanya bukan harga yang bikin trax jadul ini masuk negara ini, melainkan karena memang menjadi ‘buangan’ dari trax jadul. biasanya kalo udah mengalami facelift, versi sebelum facelift akan di stop produksi nya

  2. Hmm desain nya sih average ya. Ga se futuristis rival rival nya. Tp setelah liat langsung bagus juga. Interior juga so so sih. Sedikit lebih baik hrv. Gimick nya kurang, ga ada ac digital,headlamp masih halogen konvesional,belum pake padle shift. Untung ketolong sama sunroof. Secara teknikal unggul jauh dr rival rival nya. 1.4 turbo,6 airbags dan fitur fitur lain nya yg baru kita dapet kalo beli hrv 1.8 padahal harga trax ini setara Hrv 1.5. Overall cukup value for money

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini