banner

new cb150 drag

KobaYogas.COM – Hola lads.. Seperti biasa suka ada laporan tentang penjualan alias market share pabrik tiap bulannya.. Ada berita apa yang baru?

Jadi begini, pabrikan sayap kepak di Indonesia yaitu Astra Honda Motor (AHM) akhirnya sukses Ā mengambil alih kepemimpinan di segmen motor sport nasional dengan raihan pangsa pasar sebesar 52,1% pada bulan Oktober. Angka penjualannya sendiri tercatat sebesar 39.184 unit. All New Honda CB150R StreetFire lah ternyata sebagai penyumbang terbesar yaitu 69% dari total penjualan Honda di segmen ini. Wuihhh ternyata lads…

Kalau menurut data AISI sih, total penjualan motor sport nasional di Oktober tercatat 75.142 unit atau turun 1,3% dibandingkan bulan sebelumnya yang 76.124 unit. Tapi meskipun kondisi pasar yang disebut sedang melemah ini, penjualan motor sport Honda justru meningkat 50,8% dibandingkan bulan September yang hanya 25.985 unit.

Hasilnya ternyata mantap lads, Honda akhirnya berhasil meraih posisi pertama di segmen sport nasional! Lha ya pasti seneng wong selama ini susah jungkalin Sport Yamaha kekekeke…. Apakah benar karena faktor All New Honda CB150R StreetFire? Coba kita intip laporannya…

Menurut Honda nih, si All New Honda CB150R StreetFire memberikan kontribusi penjualan terbesar di kelas sport Honda, yaitu 27.050 unit atau melonjak 92,6% dibandingkan dengan September yang hanya 14.048 unit. Beuh edun juga nih si New CB.. Ā Lonjakan penjualan model sport Honda ini juga didukung oleh model lain yaitu Honda CBR K45 series sebesar 6.270 unit dan Honda Verza 150 sebesar 4.976 unit.

Tak pelak memangĀ pencapaian Honda ini dipicu oleh tingginya penerimaan positif masyarakat terhadap model baru All New Honda CB150R StreetFire yang baru dirilis awal Agustus lalu. Perubahan pada desain dan performa pada model ini membuat pecinta motor sport semakin menyukai naked sport Honda bermesin 150 cc ini. Ya, perubahannya banyak sih lads dan positif alias memang lebih baik..

All New Honda CB150R StreetFire hadir sebagai naked motor sport dengan spesifikasi tinggi dengan garis desain mencerminkan performa tinggi yang memukau dan akan menjadi trendsetter di kelasnya. Model ini diperbaruisecara menyeluruh di semua sisi yaitu desain, performa, dan chassis bodi.

Dari sisi perfoma motor, All New Honda CB150R StreetFire mampu menghasilkan performa tinggi secara penuh di setiap putaran berkat pengaplikasian mesin generasi terbaru 150cc, DOHC 4 katup, 6 kecepatan, berpendingin cairan (liquid-cooled). Mesin terbaru ini memiliki karakter output performa yang fleksibel sejak akselerasi awal hingga revolusi tertinggi yang dapat mewujudkan pengendalian sesuai keinginan pengendara.

Tak hanya itu, lonjakan penjualan di segmen sport ini yang didongkrak oleh All New Cb150R StreetFire ternyata turut mendongkrak penjualan AHM di pasar motor nasional. Untuk pertama kalinya dalam perolehan penjualan bulanan, AHM berhasil menggenggam 75,3% pangsa pasar motor nasional!! Bused udah lebih dari 70% menguasai pasar lads ternyata..

New CB150R 20

ADA APA DENGAN VIXION?

Sementara, nasib berkebalikan justru dialami oleh tetangga sebelahnya, yakni Yamaha..Ā Oktober ini distribusiĀ Vixion AdvanceĀ turun drastis dibandingkan bulan September. Tapi hal sebaliknya malah di alami saingan beratnya All New CB150R StreetFire yang mengalami kenaikan hingga 69%.

ā€œUntuk Yamaha V-Ixion memang ada penurunan penjualan dibanding bulan sebelumnya. Oktober 2015 itu 18.309Ā unit, sementara September 34.070Ā unit,ā€ kata Mohammad Masykur, asisten general manager marketing PT YIMM.

Menurut Pak Masykur, penurunan ini terjadi karena beberapa alasan seperti masalah kondisi ekonomi yang masih lesu. Kedua, karena bencana kabut asap yang terjadi di Sumatra, Kalimantan, dan sebagian Sulawesi. Ketiga, karena akhir tahun.

ā€œNamanya jualan biasa naik atau turun. Kalau ditanya kenapa turun, ya karena banyak faktor. Kalau faktor alam itu kayak kabut asap berpengaruh besar karena diler tak melakukan aktivitas penjualan. Lalu kita semua tahu kondisi pasar automotif belum stabil.
Biasanya setiap akhir tahun, kami menjaga asupan ke diler jangan sampai berlebih. Pembeli ingin motornya hadir dengan tahun berikutnya, jadi memang cenderung turun,ā€Jelas Pak Masykur.

Waduh pak, ternyata ngaruh ya asap sama penjualan? Kok tetangga sebelah malah naik padahal sama-sama kena asap? Apa sebelah sana dikasih masker anti asap? Kidding ya pak hehehe…

Itu menurut Pak Masyur, bebas saja sih beliau berkata apa toh itu opini beliau dari sisi pabrikan.. Kalau menurut KBY sih menurunnya penjualan Vixion yang nyaris 50% dalam waktu sebulan bukan hanya semata-mata asap.. Faktornya banyak..

Salah satunya konon seperti yang diisukan di pasar, yaitu naiknya penjualan Yamaha NMax..! Jaman kiwari sudah mulai menurun demand sport, bukan karena Vixion motor yang buruk tapi karena NMax memang menawarkan banyak kelebihan! Desain dan model maxi scoot, ergonomi nyaman, fleksibilitas dan akomodasi, mesin kencang, fitur berlimpah dan yang penting tinggal puntir gas udah ngacir…

Itu yang pertama, yang kedua adalah hadirnya spy shot Yamaha MT15! Ya mungkin pengaruh dari penampakan si MT tidak sebesar efek pindah ke NMax, tapi menurut KBY tetap ada efeknya loh.. Penampilan macho dan gagah dari sang naked bike terbaru Yamaha, membuat mereka para penyuka sport menjadi menunda pembelian motor (dalam hal ini membeli Vixion)..

Yah kalau soal Yamaha MT15 sih banyak yang bilang, “Salah sendiri MT15 dah dibiarin berkeliaran, ya wajar saja kalau ngaruh kepada penjualan si Vixion.. Wong orang pasti banyak juga yang menunggu kemunculan resminya..” Wah KBY sih setuju dua hal di atas lebih masuk akal daripada alasan karena asap…

Kalau menurut lads sendiri gimana? Hehe…

new-cb150r-vs-vixion-advance

Baca juga artikel artikel SHARING lainnya ya lads… makasih sudah bantu sharing…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: [email protected]
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 0812 180 44747
tweetme: @kobayogasblog

79 KOMENTAR

    • Nah itu yg belum kejawab, kejual ke konsumen. , atau kejual ke dealer, takutnya data yg dipakai data terjual ke diler. , jadi stok menumpuk disitu. , mirip kasus cbr 250 dan r 25 dulu yg katanya ngalahin ninja 250,,, moga aja nggak ya,

      • kelemahan data AISI memang itu, mereka hanya menghitung jumlah yang keluar dari pabrik menuju dealer, mungkin karena lebih mudah.. kalau terjual datanya mungkin lebih sulit/ rumit..

  1. mau tahu kenapa penjualan NVA turun dratis???karena Gudangnya sudah Full.coba para Dealer disuruh bikin Gudang lagi yg lebih besar.maka bisa didistribusikan lagi dari Pabrik.Ngoahahaha.

  2. karena”Asap”knalpot bisa ada benarnya.semenjak NVL dijual mesin berAsap,Boros Oli dan Berisik/Kasar suaranya sudah mulai dikenal khalayak luas.ada usaha perbaikan diNVA dgn menganti Cyl Blok baru,tapi penyakit NVL tidak sembuh juga.kenapa ndak kembali pakai Cyl Blok Old Vixion yg terkenal AWET walau kalah kencang.

    • biasa , produk 1 st itu pasti kualitas materila lebih wah,

      untuk menarik konsumen,

      palagi produk u/ menghadapi lawan yg dah lama

      setelah dah laku dan terkenal dan terpercaya,

      dikurangi specknya juga konsumen msh percaya kualitasnya tetep wah

  3. di sini dah lmyn betebaran New CB..di blg byk blm… cbr malah yg lbh byk dr r15.

    smg benar adanya..jgn2 gara sepangclash ini..wedusss haahha.

    mio jilid 2 gak bakal kejadian..aplg ada MT15.

  4. Mungkin orang udah mulai jenuh ya dgn vixion dan ingin mencoba sesuatu yg baru. Lg pula vixion cuma facelift minor aja. Tp untuk pastinya kita liat penjualan di bulan2 kedepannya kalau emng gk berubah berarti mindset orang udah ke dohc. Yamaha mesti siap2 rombak mesin

  5. Oktober 2015 itu 18.309 unit,

    sementara September 34.070 unit,
    =======================

    rata-rata 25 an khan?

    emang itu real nya

    dah biasa itu , bulan 1 gede, bulan ke 3 ato ke 2 , turrun separohnya

    • Wkwkkk

      @bdt

      Dah sampean ojo mubeng mubeng!

      Ekekekekek

      Kenapa yak sales MAH0NDA paling sering dangdutan sebar brosur???

      sales pabrik suling mendinglah jarang-jarang atau bisa dibilang ngga pernah.

      Jadi jelas dong sales mana yang kejar target siang malam buat ngabisin stok gudang yang numpuk akibat data distribusi AISI si raja MS.

      Bruakakakak

      Honda global katanya kaya raya bisa bikin mobil Lan robot asmuni tapi cukup dilawan sama pabrik suling kasta rendahan.

      Zlubb

    • penggalan artikel Mariodevan:

      =================

      http://mariodevan.com/2015/11/12/tembakan-meriam-pertama-honda-untuk-vixion/

      Hal ini dikarenakan CB 150r yang distribusi-nya ā€œsengajaā€ diledakan sehingga mencapai 27.050 naik nyaris dua kali lipat dari bulan sebelum-nya yang hanya mencapai 14.048 unit.

      Hal ini berkebalikan dengan pabrikan Yamaha, yang pada bulan Oktober 2015 vixion hanya mendistribusikan sebanyak 18.309 unit, sementara pada bulan sebelumnya September mampu mendistribusikan sebanyak 34.070 unit, madev sempat mengkritisi langkah Yamaha ini karena terlalu riskan gerojok pasar yang sedang lesu apalagi di akhir tahun, tapi malah jadi sasaran tembak para FBY, dikata-katain FBH, cuma bisa ngakak!

      =================

      Kalau dibalik gimana nih???

      Hal ini dikarenakan CB 150r yang distribusi-nya ā€œsengajaā€ diledakan sehingga mencapai 27.050 naik nyaris dua kali lipat dari bulan sebelum-nya yang hanya mencapai 14.048 unit.

      ā€œHonda ini karena terlalu riskan gerojok pasar yang sedang lesu apalagi di akhir tahunā€¦!!!ā€

      Honda yang overstok gimana neh???
      Ternyata buat lawan Honda cukup pakek motor made in pabrik suling kasta rendahan, apalagi katanya MS Honda sdh 75% kok fBH masih meriang zaza lihat spyshot motor suling.

      Bruakakakak

      • Blogger sakit hati sama pabrik suling terus sok sokan analisa bikin artikel menjilat Honda, tapi ternyata artikelnya jadi senjata makan tuan buat dia sendiri.

        Bruakakakak

  6. honda beneran nyerang nih..
    nva vs cb
    r15 vs cbr150r
    belum nanti kayanya bakalan ada persaingan ketat..
    mt15 vs SFA konsep “mungkin”
    x-ride vs remix
    mx-king vs bebek super 150 apalah itu..
    belum lagi r25 bakalan diserang cbr250rr..
    kalo kata wak haji taufik yamaha harus waspadai honda..
    “gunung api bawah laut” mulai eksis beneran nih

  7. memang sdh seharusnya gen ini upgrade mesinnya. kita tunggu saja bagaimana debut R125 dan R15 kedepan. Mereka cikal bakal mesin Vixion, MX King, MT-125 dan MT-15. Oo ya mang, sebenernya Minarelli itu juga bikin mesin R15 enggak sih? apa R125 aja?

  8. klo menurut ane sih ini slh yimm sndiri..
    sejak old cb keluar buat ngegebuk ovl.. eh trnyta nvl keluar.. ovl -> nvl akhrnya old cb kliatan jadul.. krna sasaran nya dah ganti baju lbh keren..

    nah momen yg bikin yimm salah dr sni..
    nvl dah keren.. honda mau facelit old cb..
    harus nya yimm jgn buru2 ngeluarin nva.. tunggu ncb keluar baru kluarin nva or lngsng MT15.. amati ncb dmna nilai jual nya baik dr segi design..mesin..handling..dll..
    baru keluarin nva menyesuaikan ncb..
    kan yimm sdng (nvl) pegang kndali..knpa buru dilepas (ngeluarin nva)..
    akhrnya nva kliatan jd lbh jadul d banding ncb..

    n MT15 ini jg blunder.. klo emg mau ngeluarin MT15 knpa bkn series piksen (nvl) aj yg d matiin n ganti dengan kluarga MT series alias nvl facelitt jd MT15.. knpa mlh nglurin nva.. mesin sm tp body n kaki2 lbh keren MT15.. lah trus sapa yg mau bli piksen (nva)..

    skrng AHM mantau sampe dmna MT15 ini.. pas dah kluar n ncb mulai goyang yaa mrka tinggal update ncb mirip2 ky MT15 trutama sektor kaki2 nya.. coz kyknya dsini nilai jual nya..

    n yg trakhr..
    bli motor yg ada silsilah kluarga nya itu sesuatu..
    Honda dengan klan CB n CBR nya..
    Yamaha dengan R series n MT series nya.. vixion series?

    IMHO..

  9. Kalo menurut saya karena tim SWAT berhasil menjalankan tugasnya kang.. Selamat buat tim Swattthhh..

  10. lah. bulan2 kemaren kan ms cebong nyungsep cuci gudang. wajar saja sekarang naik drastis.
    jangan koar2 dulu kalo baru sebulan. ntar kayak dulu itu. koar2 gara2 juara ms. bulan berikutnya mingkem.

  11. penggalan artikel mariodevan:

    =================

    http://mariodevan.com/2015/11/12/tembakan-meriam-pertama-honda-untuk-vixion/

    madev:
    Hal ini dikarenakan CB 150r yang distribusi-nya ā€œsengajaā€ diledakan sehingga mencapai 27.050 naik nyaris dua kali lipat dari bulan sebelum-nya yang hanya mencapai 14.048 unit.

    Hal ini berkebalikan dengan pabrikan Yamaha, yang pada bulan Oktober 2015 vixion hanya mendistribusikan sebanyak 18.309 unit, sementara pada bulan sebelumnya September mampu mendistribusikan sebanyak 34.070 unit, madev sempat mengkritisi langkah Yamaha ini karena terlalu riskan gerojok pasar yang sedang lesu apalagi di akhir tahun, tapi malah jadi sasaran tembak para FBY, dikata-katain FBH, cuma bisa ngakak!

    =================

    Kalau dibalik gimana nih???

    madev:
    Hal ini dikarenakan CB 150r yang distribusi-nya ā€œsengajaā€ diledakan sehingga mencapai 27.050 naik nyaris dua kali lipat dari bulan sebelum-nya yang hanya mencapai 14.048 unit.

    ==================

    ā€œHonda ini karena terlalu riskan gerojok pasar yang sedang lesu apalagi di akhir tahunā€¦!!!ā€

    Honda yang overstok gimana neh???

    Ternyata buat lawan Honda cukup pakek motor made in pabrik suling kasta rendahan, apalagi katanya MS Honda sdh 75% kok fBH masih meriang zaza lihat spyshot motor suling.

    Blogger sakit hati sama pabrik suling terus sok sokan analisa bikin artikel menjilat Honda, tapi ternyata artikelnya jadi senjata makan tuan buat dia sendiri.

    =================

    madev:
    madev sempat mengkritisi langkah Yamaha ini karena terlalu riskan gerojok pasar yang sedang lesu apalagi di akhir tahun, tapi malah jadi sasaran tembak para FBY, dikata-katain FBH, cuma bisa ngakak!

    =================

    Ayo dong kritisi tuh AHM terlalu riskan gerojok pasar yang sedang lesu.

    Bruakakakak.

    • Ekekekekke……

      Ketara banget team agency nya.,, sampe” artikel lawas di cari”…..

      Udah pusing ya, target ga kecapai…

      Sampe KOJEL” gitu….

      Bruakakakakakak

      • Bruakakakak

        Tim Agency itu punya AHM0CIN cung.

        Buat lawan pabrik suling kasta rendahan zaza AHM0CIN sampai bikin tim Swatpol PP sama gandeng tim Agency akakakak

        Jangan suka putar balik fakta kalau kaga bisa balas komen secara logika akakakak.

    • Wkwkwkwkwkwkwk….

      Ketara banget team agency lg kejet kejet….

      Sampe” artikel lawas di ubek”…..

      Pusing ya target ga kecapai ???

      Tahan dulu lapernya, bentar lg ada nasi sisa nih.

      BRUAKAKAKAKAKAK

  12. Ykin…….mt15 bkal laris manis, inget motor cc kecil harga murah g bkal dapet pride wlpun modelnya keren. Dan kbnykan warga ekonomi menengah kbwah beli motor ya bkn buat gaya2an z,tpi ya mesti bisa buat angkut kluarga. U know lah mt15 gmn model joknya

  13. Ya wajar jrg lihat,perbndingan motor di pasaran msh bnyak nva, belajar pake logika z, kpan nva rilis,brpa juta unit yg udah ke tngan konsumen,blum lgi nvl yg dkira nva, inget ini hanya artikel perbndingan total penjualan di buln oktober z,bkn dari jamn dlu

  14. sama, kang..
    hampir tiap hari muter2 jogja, sleman, bantul, kulonprogo..
    baru pernah ktemu 2x !
    beneran laku gak si?

    tapi emang cakep sih si ncb..
    ane suka design body sampingnya..
    tapi kalo dashboard n buntutnya, waduuuh, mending nva sajalah..!

  15. Se indonesia itu ada 74 ribu desa. Kalau penjualan CB dari awal pambuatan baru 50 ribuan berarti satu desa belum tentu ada yang punya.

    Jadi pasti masih jarang kelihatan

    (staff kemendagri)

  16. di tempat tinggal saya Cilegon – Banten NCB dah buanyak wara wiri, kebnyakan warna hitam ama putih. yg warna merah blum liat. ga tau knp.. padahal opini saya yg warna merah lebih joss.

  17. jadi ingat, pernah ada yang ngomong klo Vixion akan mati oleh saudara kandungnya sendiri. Mungkinkah MT 15 ini ?

  18. Joss gandoss… Siap2 Yimm gulung tikar..

    Vixion mesin jebol.. Knalpot bocorr trangtangtangtangg…kemebull..

    Komstrir oglak. Segi3 retak…

    G sapty lemot.. Motor Kualat Radiator bocorr…

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini