GSX tekiro

kobay-51

Kobayogas.com – Salam geber lads.. Official test ride kali ini melibatkan KBY dengan sosok moge termurah dari jejeran 6 Honda BigBike..Honda CB500! Bagaimana impresi KBY atas moge berkubikasi 500 cc 2 silinder ini?

DESAIN HONDA CB500

Penampilannya memang membuat agak sulit untuk jatuh cinta pada pandangan pertama, harap dimaklumi karena Honda CB500 dapat diibaratkan gadis sederhana yang tidak suka bersolek berlebihan.. Thus, it will takes a quit time to like this bike lads… Butuh waktu memang untuk dapat melihat sisi gantengnya, karena dia sudah kalah ‘dandan’ dari 5 moge Honda lainnya. 

Tapi, lads dapat melihat warna hitam dengan sapuan sedikit kuning seperti pada unit tes Honda CB500 yang KBY gunakan.. dibandingkan dengan warna merahnya yang agak gelap, warna hitam-kuning ini justru membuat moge termurah Honda ini terlihat elegant sekaligus sporty dan mampu mengangkat sisi mogenya..

Apa? Kok mirip CB150 Street Fire? Yaaa tak bisa dipungkiri memang terdapat kemiripan wong si CBSF memang mengambil DNA dari sang kakak juga. So nanti jangan heran kalau Honda New CB150 major change akan terlihat lebih mirip dengan Honda CB500 ini namun dengan sentuhan lebih futuristis.. ups..

ingat-ingat bentuk wajahnya ya
ingat-ingat bentuk wajahnya ya

ERGONOMI HONDA CB500

Setangnya di raih lebih jauh dari Honda CB 500X dan CB 650F, riding position-nya lebih mirip dengan Kawasaki Z250 FI, meski fat bar namun lebih merunduk ke depan dengan porsi bentuk stang sedikit lebih lurus si Honda CB 500 ini, sehingga sporty taste nya lebih terasa dibanding dua moge yang KBY sebut di awal tadi..  

Sementara ketinggiannya menjadikan Honda CB500 ini sebagai moge terendah kedua dari jajaran 6 Honda BigBike setelah Honda Vultus NM4.. Jarak pijak ke tanah tak lebih seperti mengendarai Honda CBR 250 kok lads.. Sangat bersahabat bagi rider yang memiliki porsi tubuh cenderung rendah 😀

Saat diduduki, jok milik Honda CB500 ini empuk dan nyaman, meski moge termurah namun bukan berarti kenyamanannya harus dikorbankan ya gak lads?

PERFORMA MESIN dan HANDLING HONDA CB500

KBY sampai lupa, apakah CB500 dahulu atau CB 650F ya yang di tes..ah lupakan, yang jelas dari sisi performa sih sang cibi 500 ini memang bukan lawan sepadan.. Gemeretak perpindahan gigi terutama ketika masuk gigi 1 terdengar lebih keras dari saudaranya. Ya, bletak nya lebih mirip seperti pada Kawasaki ER6N atau Z250 FI, dimana artinya perpindahan giginya tidak terlalu smooth.. persis seperti saudaranya, Honda CB500X.

Setelah dipikir-pikir, ini pertama kalinya KBY membesut moge dengan kubikasi 500 cc, lain-lain kalau tidak di bawahnya ya berada di atasnya.. Oleh karena itu agak sulit jika lads menanyakan perbandingan performa Honda CB500 ini dengan kompetitor, wong belum ada lawannya.. Paling-paling serupa dengan saudaranya, Honda CB500X yang sudah lebih dahulu KBY terbitkan artikelnya..

Test Ride Honda CB500X, Big Bike Adveturer Ternyaman..

Yang jelas performanya sangat cukup, meski terlihat bersahaja namun tak dapat dianggap remeh lads..mesin Honda CB 500 pun lebih terasa bertorsi di awal dan bawah hingga pertengahan dibandingkan CB 650F sehingga sentakan awalnya lebih berasa lads.. Namun meski kalah jumlah dua silinder dan minus 150 cc, jangan ragukan tenaganya. Ketika turing, KBY berkesempatan bersanding dengan TMC Blog yang kebetulan tukar pakai menggunakan CB 500 dengan peserta lain.

Baik trek lurus, tanjakan atau tikungan, sang Honda CB 500 tersebut mampu mengimbangi performa dan handling Honda CBR 650F yang KBY gunakan.. kecuali ketika KBY iseng gas pol, baru deh terlihat adiknya keteteran hehehe.. tak bisa dianggap remeh deh..

Official Test Ride Honda CBR 650F – Motor Fairing Dibawa Turing

handlingnya ringan bagai membawa cb150
handlingnya ringan bagai membawa cb150

THE VERDICT

Tak pelak, dari keenam Honda BigBike yang resmi dijual oleh PT. Astra Honda Motor, Honda CB500 memang lah yang paling ‘sederhana’ dari sisi fisik, desain serta fitur. Namun kesederhanaan tersebut tidaklah sesederhana apa yang terlihat. CB500 tetaplah sebuah moge dengan kadar imbang antara penampilan, kenyamanan serta performa.

Honda CB500 merupakan moge termurah dari keenam Honda BigBike, namun dengan harga Rp. 125 juta, si cibi 500 cc ini memang tidak dapat dikatakan murah karena dengan harga yang mirip, kompetitornya dijual dengan harga yang lebih terjangkau.. Namun kekuatan utama CB500 ada pada mereknya.. dengan nama Honda, kemudahan perawatan dan layanan eklusif siap didapatkan oleh konsumennya. Cukupkah senjata tersebut?

Special thanks to: HC3 dari PT. Astra Honda Motor.

Baca juga artikel lainnya lads…

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

54 KOMENTAR

  1. harga segitu 500 cc ,kalo gw tetep pilih Er6 lah 650 cc gitu loh , modelnya juga biasa aja , gak wah bgt hahaha…

    • yang bilang mirip old vixion gak salah, karena OVi nongol duluan dan laku duluan…
      padahal desain si CB itu ya ambil desain dari saudara saudaranya yang lebih dulu lahir dari OVi… so? 🙂

  2. Sandiwara Darmo akhirnya terungkap,
    Slamet Bukan Kloningan Chapunk tapi Kloningan Mbah Darmo a.k.a Alfie Adithya.

  3. nilai positifnya, orang ga akan nyangka klo ini Big Bike ketika di jalanan karena tampilan sederhananya..
    klo buat saya, 500cc dan tutup tangki rata… it’s enough.. 😀

  4. Kaga kelihatan kesan mogenya, apalagi kl disandingin ama CB250, makin kehilangan nilai nih motor. 125 jt for what? Just for the easy handling? Saya kira MT25 jg udah amat cukup kl hanya ngejar segi handling. Maaf, cuma opini aja sih, hehehehe…… krn menurut saya ini motor overprice deh. Tongkrongannya pun biasa aja. Moga2 CB250 gak dirilis di mari, kembarannya soalnya, wkwkwkwkkkkkk…..

  5. Wah ni motor sempet ane demenin, kadang yg menipu gitu itu bikin menarik….salah satu hal yng membuat motor Onda menarik itu karena dapat di eksplorasi lebh…apa betul beginu?

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.