Yamaha PG-1 Bebek Adventure
banner

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrrr… Waaahh kelas bebek kembali bergairah!! Ya, tapi sayangnya bukan kelas “bebek biasa”, karena harganya – dengan berpatokan pada bebek CBU yang dijual Honda di sini – memang luar biasa.. Motor bebek Adventure terbaru ini adalah buatan pabrikan berlogo garpu tala, namanya Yamaha PG-1 Bebek ADVENTURE! Serupa tapi tak sama, karena memang memiliki tujuan penampilan dan genre yang sama yaitu petualang alias adventure. Berapaan ya harganya? Ini dia spesifikasinya

YAMAHA PG-1 BEBEK ADVENTURE

Meskipun pasar bebek sedang lesu, setidaknya kehadiran Honda DAX dan CT125 – meskipun CBU – mampu memberikan nuansa baru di kelas cub ini. Sebenarnya ada satu lagi, yaitu Honda CUB 125, tapi hanya DAX dan CT-125 lah yang memiliki “kelainan” dari penampilan bebek pada umumnya.

Honda CT125 2023Kalau Adventure dibilang kurang pas, oke lah kita pakai sebutan yang lebih tepat, yaitu Tracker, dan itulah sosok dari produk terbaru Yamaha, Yamaha PG-1 bebek adventure alias tracker. Dari desainnya kita sudah dapat mudah menebak, siapa yang diincar, yekan??

Yamaha PG1 hadir dalam 3 warna yaitu biru muda, kuning dan juga coklat pasir yang terkesan tangguh dengan oscar jok warna coklat pada semua pilihan warna bodi kendaraan.

Yamaha PG-1 Bebek Adventure

Yamaha PG1 sendiri hadir guna menemani atau tepatnya melawan Honda CT110 dan CT125 yang populer dan laris manis di negeri gajah putih Thailand. Yamaha PG-1 sendiri mengusung lampu depan aka headlamp ala senter dengan teknologi bulb aka bohlam.

Yamaha PG-1 Bebek Adventure

Yamaha Thailand akan mengumukan harga Yamaha PG-1 bebek adventure ini dalam ajang Thailand International Motor Expo 2023 yang akan tampil dalam waktu dekat, penasaran harganya di negeri gajah putih.. siapa tahu motor ini akan hadir di Indonesia.

Yamaha PG-1 Bebek Adventure

MESIN YAMAHA VEGA FORCE

Seperti halnya juga Honda kelas CT series yang bermesin Revo dan Supra, Yamaha PG-1 bebek adventure tracker ini juga demikian. Ya namanya juga kelas bebek, memang mau berharap pake apa? Mesin MX King? WKwkwk.. Over lah, meskipun sebenarnya tidak menutup kemungkinan loh. Andai PG-1 pakai MX King, sapa tau ke depannya CT150 juga ada pakai mesin Supra GTR dan Sonic ya??

mesin Yamaha Vega Force

Yamaha PG1 sendiri mengusung mesin yang sama dengan Yamaha Vega Force yaitu 114cc SOHC 2 klep berpendingin udara sepoi-sepoi dengan sistem injeksi bahan bakar. Karena mengusung mesin Yamaha Vega Force F1, praktis Yamaha PG1 akan mengusung transmisi 4 percepatan bebek N 1 2 3 4 dengan kopling ganda otomatis dan kopling utama model pelat dan per coil bukan pegas diafragma.

SPESIFIKASI TEKNIS

  • Tipe Mesin : 4 Langkah, 2 Valve SOHC, Berpendingin Udara
  • Jumlah / Posisi Silinder : Cylinder Tunggal / Mendatar
  • Volume Silinder : 114 cc
  • Diameter x Langkah : 50,0 mm × 57,9 mm
  • Perbandingan Kompresi : 9,3 : 1
  • Daya Maksimum : 8,595952 HP (6,41 kW) / 7000 rpm
  • Torsi Maksimum : 9,53 Nm  (0,97kgf/m) / 5500 rpm
  • Sistem Starter : Electric Starter
  • Sistem Pelumasan : Basah
  • Kapasitas Oli Mesin : Total 1 Liter / Perawatanan Berkala : 0,8 Liter
  • Sistem Bahan Bakar: Fuel Injection
  • Tipe Kopling : Basah, Kopling sentrifugal, Multiplat
  • Tipe Transmisi: Constant mesh, 4 Kecepatan
  • Transmisi : N-1-2-3-4

Yamaha PG1 menggunakan ban depan belakang semi tahu model motor trail, kemungkinan ukuran depan belakang sama-sama 17 inci. Terkait sistem suspensi depan Yamaha PG1 adalah teleskopik dengan as shock panjang dan suspensi belakang swingarm dengan per ganda yang mana tidak bisa disetting.

Menariknya, suspensi depan Yamaha PG1 sudah dibekali dengan rubber booth sebagai pelindung as shock dari pasir, lumpur, tanah maupun bebatuan yang sangat mungkin membuat lecet dan suspensi bocor.

DESAIN

Yang menarik dan legendaris, Yamaha PG1 mengusung spion Yamaha yang legendaris yaitu milik yamaha mio yang klasik abis. untuk pengereman, Yamaha PG1 Tracker menggunakan rem depan cakram dan rem belakang tromol.

Desain lampu belakang Yamaha PG1 ini mirip dengan Yamaha XSR, yaitu membulat dengan padu padan lampu sein bohlam dari model ala Yamaha Vixion lama. Mantap nih menggunakan part part produk lawas.

Indikasi kuat penggunaan mesin turunan Vega Force adalah tampilan model knalpot milik Yamaha Vega Force FI yang bentuknya bisa dilihat, silakan cek dengan gambar di bawah. Yang unik lainnya Yamaha PG-1 Tracker ini tidak dibekali dengan kick starter alias hanya elektrik starter saja.

Desain speedometer memiliki tampilan gabungan lingkaran dan setengah bulat dengan model analog jarum dengan sensor gear nanas pada roda depan, terdapat odometer, indikator gear posisi, meteran bensin, indikator lampu sein, MIL dan lampu jauh. Kunci kontak Yamaha PG1 ini masih konvensional macam Yamaha WR155R tanpa magnetic shuttered key.

Yamaha PG-1 speedo

Sayangnya semua ini hanya ada di tetangga sebelah yakni Thailand, akan kah hadir di Indonesia? Prediksi KBY sih tidak, karena belum kuatnya penjualan produk lokal Yamaha sendiri di nusantara, akan sangat bijak jika Yamaha Indonesia fokus ke produk yang ada di sini saja, cuannya kan bisa lebih bengkak ketimbang ikut jualan Yamaha PG-1 Bebek Adventure ini dalam bentuk CBU.

Kecuali, yak kecuali, dilokalkan, waaaahh ini sih ambil satu hehehe..dukung deh! Dijual di bawah NMax sepertinya sangat masuk akal ya lads??? Gimana???

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: [email protected]
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

19 KOMENTAR

  1. Kayanya ini lebih ngicer pasarnya Honda CC110 dibanding CT125, soalnya kalo ini motor dibikin head to head sama CT125 yang ada si PG-1 ini malah keliatan kaya ngelawak. knalpot ga beda jauh sama vega, rem belakang masih tromol, lampu masih bohlam, belom ada engine guard dan mesin lebih inferior secara torsi maupun power.
    Tapi beda cerita kalo incerannya CC110, si PG-1 ini jadi keliatan superior secara fitur

  2. Jika masuk indo dan harga separuhnya ct 125 plus garansi rangka 15 tahun….yang beli juga kaga ada 😂

  3. Penggunaan part2 lawas dikarenakan sisa yang menumpuk digudang akibat motor tidak laku..
    Daripada dibuang mending dipakai lagi, lumayan laah…

  4. Kalo aku cek harga PG1 di thailand 65K bath (sekitar 29 jt rupiah) kalo masuk indo secara cbu berarti sekitar 50-60 jt, ambrol celengan cak hehe

  5. kang kata Lek Ari wikend ini yamaha loncing ploduk d puncak..masak iya sih PG lokal harga di bawah Nmax???
    kang koba ga dapat undangan ta?
    kalo harga d bawah nmax standar/base masuk akmal dan masih bisa dinurul…

  6. Nah ini.. motor yg fungsi dan desainya saya butuhken, saya sales sering ketemu jalan tak terduga soale
    Kelihatan mesin mirip jupetir z1 ya kang

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini