GSX

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Namanya produk buatan manusia, bahkan sebuah moge ratusan bahkan level miliaran pun kalau mau dicari kekurangannya ya pasti ada aja wkwkkw.. Tidak ada yang sempurna, yang membuat suatu produk sempurna adalah karena saat memilihnya, kita sudah bisa menerima segala kekurangannya. Yekan? Kaya pasangan hidup lah wkwkw.. Nah begitu juga NMax, gak cuma PCX yang punya kekurangan, skutik maxi andalan Yamaha ini juga ada! Ini dia poin kekurangan All New NMax..

KEKURANGAN ALL NEW NMAX 155 VVA 2020

Semua yang disebutkan baik dari sisi kelebihannya (baca: Kelebihan dan Poin Plus All New NMax 155 2020) maupun kekurangan All New NMax pada artikel ini merupakan opini pribadi, tentunya bersifat subyektif berdasarkan apa yang dilihat dan dirasakan setelah ratusan kilometer bersamanya. Jadi jangan heran kalau ada yang gak sama opininya wkwkw..

jarak nmax selama berada di tangan KBY

ERGONOMI

Loh katanya ergonomi terbaik kang? Betul, tapi silakan terusin dulu bacanya yes wkwkw..Β Joknya memang nyaman dengan busa yang empuk, tebal dan lebar, namun ini sekaligus menjadi kekurangan All New NMax lads.. lah bagaimana bisa? Nyaman tapi kok jadi kekurangan wkwkkw.. ngarang!

Jadi gini loh beye eh lads.. dengan lebarnya jok, otomatis dipaksa untuk mengangkang saat harus menjejakkan kaki ke aspal, akibatnya bagi yang tinggi badannya kurang dari 160cm pasti jinjit balet! 165cm masih jinjit tapi aman, apalagi di atas itu.

Hanya saja di Indonesia ini bukanlah bule dengan tinggi rata rata di atas 175cm, tau sendiri yang make banyak emak emak juga – namanya juga skutik maxi terlaris pasti dari semua kalangan yang pake, yekan. Bagusnya, cara menanganinya cukup mudah, ya tinggal geser aja bokongnya ke depan biar ga terlalu jinjit, selesai. Paling agak aneh aja keliatannya. wkwkkw

KUNCI KONTAK SERET

Punya 2 skutik Yamaha (NMax old dan Aerox R), dua-duanya mengalami hal yang sama, yaitu susahnya memasukkan kunci ke rumahnya. Gak tau deh yang lain gimana ya. Nah kejadian juga sama si All New NMax non ABS ini, susah masukkin, kadang suka sambil digoyang goyang baru masuk.. sleepp aaahh.. nikmat. Jadi kaya ada yang karatan gitu lah di dalamnya.. gak lancar.

Solusinya mudah, selain semprot pakai cairan silikon, ya tinggal beli aja yang tipe keyless.. awoook. Tapi bisa juga kalau mau dilihat dari sisi positif, yaitu membuat maling kesulitan.. eh tapi maling kan pake kunci T.. gak ngaruh juga keknya ya?

SUSPENSI

Suspensi, meski sudah terbukti memang mantap untuk pemakaian sirkuit, namun untuk kondisi jalanan umum, shock model tabung All New NMax ternyata masih agak keras kalau untuk sendirian. Sangat terasa jika melewati jalan bumpy alias keriting, speed trap, jalan bopeng banyak aspal tambalan maupun tipe beton. Untungnya joknya yang empuk sangat membantu menahan guncangan..

LAMPU-LAMPU

Lampu belum All LED, meski sifatnya secondary, alias gak ngaruh ke performa maupun kenyamanan, tapi dirasa tanggung aja gitu.. lampu sein depan dan belakang masih model bohlam. Padahal saat ini sudah era-nya all led..

REM

Pengereman; karakter old NMax masih ada, yaitu bagus di respon awal dengan feedback baik, namun setelah berkali kali melakukan pengereman langsung terasa fading, tadinya cukup sekali tarik, jadi dua kali, nambah jadi tiga kali. Kondisi rem belakang justru terasa lebih baik dari depan meski sama sama mengalami fading. Misal depan jadi 3 kali, belakang masih bisa 1-2 kali tarik.

AKSELERASI

Agak bingung juga sebenarnya bagian ini.. karena meski KBY suka karakter All New NMax yang menjadi lebih tenang/halus di putaran bawah hingga sesaat sebelum VVA aktif, namun sekarang KBY jadi paham mengapa banyak yang mengeluh atau lebih suka karakter Nmax lama yang spontan/ responsif di bawah.

Mungkin yang mengeluh itu karena sudah terbiasa atau sudah mencoba NMax lawas, jadi begitu pindah ke All New, dirasa jadi gak responsif bawahnya.. alias smooth.. (meski kata smooth seringkali diartikan sebagai lemot wkwkkw). Ya faktanya memang demikian sih.

Yamaha sebenarnya membuat NMax terbaru ini menjadi lebih nikmat dikendarai loh, terutama saat riding santai dan juga berefek ke lebih hemat bbm. Yet, you can not please everyone yes? Ternyata gak sedikit juga yang gak puas tuh.

Lucunya, karakter spontan alias responsif di bawah tersebut malah jadi pindah ke PCX 160 wkkwwk.. Bedanya, PCX tetap halus aja, gak pake gugup/ gak tenang kaya NMax lawas.

BODY

Yang KBY maksud body di sini adalah penempelan material bodynya.. Tapi sejujurnya ini bisa jadi hal yang minus tapi juga plus. Minusnya, All New NMax terlihat banyak sekali sambungan body di seluruh tubuhnya, kita akan mudah menemukan baut dari mulai body tengah hingga dek kaki. Ya kaya kurang rapi dan kurang mewah aja gitu..

Digantiin oli dulu juga loh sama beliau.. udah lewat 1000km soalnya

Tapi plusnya adalah, jika pemiliknya suka banget modifikasi, sambungan bodi dengan model baut seperti ini biasanya lebih awet untuk bongkar pasang berkali kali dibandingkan PCX yang bikin bingung gimana cara buka body samping misalnya.. gak ada bautnya! Kalau dilihat dari karakter para pemilik NMax, justru model baut gini sangat cocok, mereka rata rata demen modif sih. Makanya kayaknya sih sama Yamaha dipertahankan.

Sebenarnya mau nambahin desain, tapi kalau desain itu adalah selera sih.. Jadi gak bisa dipaksakan dong yes wkkwkw.. . Sooo ada yang mau ditambahin? Bikin aja artikel sendiri sono wkkwkww..

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing πŸ™‚

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSLTV]

137 KOMENTAR

  1. Laahhh kok bner ya soal peret eehh seret kunci si nMax,
    Kirain nMax ane doang nih mang Kob,
    Kbtulan nMax lawas sih tp emg kudu di pas2 in tuh masukin sambil nge gesek nya, heee
    Trs soal rem jg setuju sih bner bgt karakternya kek gtu,

      • Dah ada kopinya nih πŸ˜„

        Pengamatan saya..itu kunci karena agak menghadap ke atas ibaratnya…agak menampung air debu dan hal2 lain yang bisa nyangkut. Kan ” katanya ” yang udah keyless juga banyak ngalami hal demikian.

      • Ada yang punya settingan dicolok pake obeng trus diputar . Tapi menurut gua , kok sept kurang berfungsi ya. Perubahannya gak begitu berpengaruh.
        Bukan jelek lowh ya πŸ˜„ , tapi …pengalaman dulu sama stellan monoshock CBR 150 old yang sekian tingkat setelan…kalau cuma dirubah 1 step bolak atau bolik kek nyaris gak ada ngaruh nya πŸ˜‚

          • Boleh dibikang downgrade secara disain tanpa setelan…cuma balik ke poin yang gua bilang ….nyaris gak terpakai juga , kecuali buat masuk sirkuit…
            Apalagi kalok cuman setelan 1 atau 2 step…nyaris ga da perbedaan πŸ˜‚πŸ‘

  2. Saya nebus yg keyless abs…. Jadi kekurangannya hanya tinggal shockbreaker belakang yg kurang empuk dikit…😁

    • Kok agak berasa kurang cabe nih atmosfir ..gak ada Pedessss2 nya πŸ˜‚
      Apa wait n see ?

  3. Soal kunci seret kayanya hampir disemua lini produksi yamaha sekarang yang pake model kunci ini mang.

    Kalau masalah tenaga awal yg lebih smooth mungkin juga safety untuk emak2 atau org yg pertama nyoba metik besar, krn di old nmax banyak yang kaget pas tarikan bawah langsung kentjhang..

  4. Soal kunci seret kayanya hampir disemua lini produksi yamaha sekarang yang pake model kunci ini mang.

    Kalau masalah tenaga awal yg lebih smooth mungkin juga safety untuk emak2 atau org yg pertama nyoba metik besar, krn di old nmax banyak yang kaget pas tarikan bawah langsung kentjhang..

    • Sebenarnya bukan kencang sih..tapi kek anjrut2an…atau ndut2an atau apalah bahasa lainnya πŸ˜„

    • wkwk sama nih lubang kunci aerox ane juga kek gitu. jadi rajin2 kasih wd40 lgsg slep slep..ah deh

      • Betul broh , cuman ngasih WD jangan sampe salah… WD buat elektrik πŸ‘πŸ˜‚

        Jangan kek Son wet…ngasih WD pelumas 🀣

  5. Seret… Hhhmmm… Yang longgar aja dibikin seret kok… Hehehe… Kalo desain body…hhhmmm… Lampu belakangnya kurang gimana gtu ya…

  6. Satu lagi mang dari pengalaman saya juga, gak enak banget kalau di posisi boncenger wkwkw, asli ngangkang bener bahkan buat yg tingginya 170an sekalipun.

  7. rasanya kayak apa seh naek namex, aq kok jadi penasaran? bisa lebih kenceng dari rxking gak mang?

  8. Belum nyoba yg baru, cuma serius itu tarikan awalnya ga sama dengan yg lawas? Padhal torsi awalnya enak banget nmax lawas. Yah jd ragu2 mau ambil nmax baru.

    • Gak sama, makanya gw cek di grup FB banyak yg kecewa, ya lebih karena ngarepnya kaya yg lama mungkin…

      Padahal gw pribadi lebih suka yg sekarang sih.. lebih enjoy to ride

    • Kelemahan penjualan dari yhm salah 2 karena yang begitu bro .
      rerata konsumennya punya keraguan…dan ada kalanya sambil berucap : naiknya nunggu batch berikutnya saja , alhasil ? Pickup2 pengantar cuma nganter 1 2 Mio sehari πŸ˜„
      Kalok memang suka …itu biasanya gak perlu mikir yang aneh2 , langsung sikat.

      • 5 pabrik lawan 2 pabrik masa masih beberapa model menang yang 2 pabrik
        harusnya bisa menguasai semua segment
        cost besar tp penjualan tidak sebanding
        makanya harga jual baru honda lebih mahal

        • Lihat saja penjualannya , karena kalok dijabarkan sama saja kok hasilnya πŸ˜‚
          Lagian rencana hnd bakal jadi 7 pabrik malah…..menunggu 2 Pabrik sebelah untuk diakuisisi πŸ˜‚

        • Jadi kalo yahaha pabriknya banyak mio gear dan produk2 β€˜unggulan’ lainnya bakalan banyak di jalan ya bro?

  9. Belom panasπŸ˜€..kalau suhu segini cuman bisa bikin telor dadar, belom bisa dipakai bakar mayat😁😁😁

  10. Kayak MotoGP lah…ada sesi fp ada sesi warming up dan ada sesi balapan .
    Kalok gak hujan πŸ˜‚

  11. Saya tambahin lagi:
    – Bagasinya kurang luas untuk ukuran maxi skuter. Andaikan kapasitasnya bertambah (minimal kayak Aerox/Freego) pasti sudah langsung kupinang itu motor, soalnya yang versi ABS menurut saya udah paket lengkap.
    – Soal “ngangkang”, entah kenapa maxi skutik Jepang males bikin coakan besar di area kaki rider. Di all new Nmax dan ADV udah ada, tapi cuma seuprit.
    – Harus nambah cost buat beli ekstension spakbor depan, supaya air/kotoran nggak muncrat ke area dalam stang. Nmax lawas/all new podo ae.

    Saya punya Nmax lawas, nggak ada keluhan soal kunci seret. Kayaknya kang Kobay tipe yang tanpa pemanasan yak, langsung hajar *eh

  12. Yang terpenting adalah : usaha buat menaikkan motor2 tsb ke atas pickup buat dianter ke konsumen .
    Weeeet ???? πŸ˜‚

  13. kunci kontak seret? persis kayak fuel cap r25.

    btw ni artikel rame banget ya, uda pada siap2 minang ato siap2 bc nih?

  14. nmax ini kalo siang hari jelek banget dari belakang, tapi kalo malem ciamik mang nyala lampunya sporty gitu. imho

  15. bang sonwep blm dpt acc dr pabrikan nya bwt ikut komen … dia sedang pantau sambil tgu pencairan rapelan 3 bulan kemaren

  16. Mau nambahin..

    Instrumen dashboard kurang menarik!
    Meskipun menyajikan informasi yg lebih lengkap dibandingkan PCX160 dan lebih mudah pengoperasian info pada panelmeter-nya (ada tombol selector di handle kiri) , tapi tetap saja tampilan dan desain itu perlu. Dashboard NMax ini malah serupa dengan tampilan layar di Mychron 5 data logger. Terlalu sederhana, bagi gout.

    Sokbreker depannya tuh bottoming all the time.
    Mungkin juga ogut udah biasa sehari2 pake NMax lawas dengan front fork spring kit dari Racing Bros jadi terasa banget amblesnya ni new NMax dan gejala jedag jedug kalo libas jalan jelek.

    Body samping juga terlalu lebar.
    Buat apa dikasih body lebar tapi dalemnya kopong kalau cuma mengejar tampilan motor yang β€˜BESAR’. Desain body bagian belakang NMax lama lebih bagus ketimbang generasi kedua ini.

    Wis, ngono wae kang..

        • @nugie
          Nmax generasi awal speedometernya pakai positif display lcd, digenerasi kedua pakai negativ display warna biru seperti AEROX dan PCX160 tp ada bloger yg nyeletuk katanya visibilitas disiang hari bagus yg lama…

          Sekarang new nmax balik lagi pake speedo model positif display dibilang kurang elegan… padahal secara visibilitas disiang hari lebih baik.

          Trus maunya apa? Apa Nmax kudu pakai speedometer R1M dan Ducati V4R yg pake tft display ?

          • Gue di atas bahas tampilan dan desain, bukan ngebahas positif negatif display.

            Situ paham yang dimaksud dengan kata “tampilan” atau kata “desain” ndak?

            Padahal di komentar atas udah gue kasih tulis contoh persamaannya (Mychron 5) loh..
            Artinya tampilan desain, bukan masalah layar LCD positif negatif. Awkwkwkwk..

          • Maksud bro Nugi itu gak spesifik ttg display…tapi lebih diarahkan ke disain yang tidak membuat mata jadi Terpesona. Jikapun masih hitam putih…namun jika disain dari tampilannya keren…ya akan terlihat lebih keren .
            Nih kotak kagak jajaran genjang juga kaga….kek layar tipi 5 inchi dulu yang mau rusak .
            πŸ˜‚

          • Itu guweh loh wet blogger nya 🀣

            Emang speedo V2 gak banget, negative literally, gak keliatan siang siang 🀣🀣

            Gw lebih suka yang sekarang sih.. tapi kalau bisa model kek peceka, siang malem tetap fokus ya jos gandos caaak…

          • tapi emang bener sih disain yang v1 itu paling cakep dan enak liatnya. v2 lempar aja ke laut. v3 buat ane sih better dari v2, tapi still not as good as v1. gimana ya, ini kasusnya kayak v2 yang frame speedo sama lcd speedo kayak nyomot dari motor lain, bukan kayak v1 yang kliatan banget memang itu lcdnya si frame itu

        • Nah speedo nmax itu terlihat lebih elegan dan enak dipandang… Coba dilihat berulang ulang, pasti lebih nyaman lihat speedo nmax dibanding speedo pcx yang melebar tp hanya gimmick dan bikin bingung yang melihat, karna letak lampu indikator yg jaraknya jauh-jauh…

          Jangan dibandingkan dengan speedo xmax atau forza yang juga lebar secara tampilan dan informasinya lebih banyak tapi justru lebih mudah dipahami dibanding pcx πŸ˜‚

          • Emang lu udah pernah lihat langsung Speedo dan bawa PCX 160 ? πŸ˜‚
            Dan kayaknya ditelusuri dari atas gak ada yang colek2 X-Max atau Forza deh dengan kata lain melebar kemana mana….
            Blue ocean kah ? πŸ˜‚

  17. Nah kan , bener poin yang gua bilang…menyangkut disain , πŸ˜‚
    Son Wet Nafsunya duluan yang dikeluarin . Dibaca….ditelaah atau dicerna , baru dijawab .
    Weeeet ? πŸ˜‚

    • Jiakakakak… SW kalah sama TAYB dalam memahami komentar.
      Emang TAYB kalo kritik Yamaha paling manteb dah ah.

      • Speedo lebar pcx cuma bikin mumet yg lihat, lampu indikator dibuat dua bagian kanan dan kiri mana jauh jaraknya πŸ˜‚, padahal infonya ga seberapa tp bikin puyeng liatnya πŸ˜‚

  18. Negative display Nyemex itu mirip sama ADV , nih minta pendapat Mr kobayogas sama bro Nugie ,
    Mengenai display dan kenyamanan membaca display tsb ( lupakan kena silau disiang hari )
    Kira2 mana yang lebih enak untuk dipandang ? πŸ˜‚

  19. “Yamaha sebenarnya membuat NMax terbaru ini menjadi lebih nikmat dikendarai loh, terutama saat riding santai dan juga berefek ke lebih hemat bbm”. Visi Yamaha berbanding terbalik dengan kebanggaan fby yg nyari kenceng2an mang 😁

    BTW new NMax belum pake Takometer rpm ya mang?

    • Belum, makanya aneh juga, Aerox ada padahal.. Lexi ada ga sih, lupa…

      Loh kalau ga buat hemat BBM, ngapain dibikin lemot eh smooth bawahnya coba? πŸ˜‚

  20. Kekurangan yang mendasar adalah tak banyak yang setuju dengan kelebihan yang disampaikan BangBujjerπŸ˜€..sehingga penampakan visual di jalanan tak sebanyak yang old gen, padahal sudah 1 tahun launchingπŸ€•πŸ€•πŸ€•. Harusnya data AISI tetap terbuka kali ya? Siapalah yang protes???πŸ’€πŸ’€πŸ’€

  21. Adu kentjang?? Yang pasti SiSon serta bayangannya pasti menang kalau adu kejang😁😁😁 lantaran dah terbiasa..wakakak. Di Kobay kejang di Bewok kejang, dimana mana otaknya kejang…la la la la lalala4x 🎡🎡🎡.

  22. Udah ditambahin sama bro Nugie….bentar lagi nyusul webeh dan ditambahin lagi Cakkk .
    makin banyak bautnya 🀣

  23. namek sm picek 2-2nya blom ada sensor tire pressure ya mang? kl ada kek di confereo keren tuh dan sangat berguna

  24. Saya pake nmax old lansiran 2017..tinggi badan 147 mang,,masih napak walau jinjit balet..untuk rem memang yang belakang terasa lebih enak ketimbang yang depan..mngkin ( mungkin loh demi keamanan) biar enak kalo panic brake..
    untuk torsi YANG OLD ENAK ..puntir gas dikit udah jalan apalgi pake pertamax turbo..getaran sedikit ganggu tapi gak masalah buat saya ,udah jalan geternya hilang…
    klo yang baru belum nyoba ,,tapi pernah ngekorin dr belakang ..kelihatannya nyaman gak kelihatan terllu responsif tapi gak lemot juga.yang anehnya..udah smooth tapi masih pake TC ya mang.

    • Wah kalimat terakhir mamang membuat saya tertarik.. bener juga, soalnya kalau digentak pun tetep gak seresponsif yg lama dan PCX..

      Jadi kalaupun mau dikasih TC (dengan praktek hentak gas di awal), justru Nmax yg lama dan PCX paling pas)..

      Tapi secara keseluruhan kan jalanan gak cuma dari diem wkwkw.. sapa tau lagi miring tauΒ² licin wkwkw..

      Soal rem menurut ay justru rem depan itu harus lebih kuat dan konsisten dari belakang..

      Kalau belakang lebih kuat justru bahaya, bisa ngesot, buritan ngeduluin depan mang..

      MogeΒ² gada rem belakang yang lebih baik dari depan.. hehe

  25. sini deh klo ada yg mau minjemin Peceka 160 ato Nyu Namex buat ane long test ride dari Jakarta ke USA (Ujungberung Sebelah Atas) … xixixixi

    Suzuki Address dan Mio S udeh ane coba riding single dan bawa boncengers ke TKP … ecesss lah bawa beban 160an kg buat nanjak2

    • Kalau diperhatiin, motor modern saat ini ada kompensasinya..

      Mesin canggih, fitur modern, tapi kompensasinya yaaa seperti yang Mamang sebutin di atas hehe

Yuk Tinggalin Jejak Lads..