Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr… Sebagai produk terbaru yang lahir belakangan, All New Yamaha R15 VVA dibekali dengan berbagai fitur unggulan yang ciamik, salah satunya adalah suspensi depan yang sudah menganut sistem terbalik alias upside down alias inverted fork.. Keren lah ya.. Tapi di grup facebook ada beberapa pemilik Yamaha R15 VVA terbaru tersebut yang mengeluhkan shock USD miliknya mengalami kebocoran.. Loh kok bisa? Yang penting jangan didiamkan! Segera bawa ke bengkel resmi Yamaha terdekat!

Pertanyaannya loh kok bisa? Ya namanya barang yang dibuat, apapun bisa lah, termasuk terjadinya kebocoran pada seal shock USD All New Yamaha R15 VVA tersebut yang dialami beberapa pemiliknya dan di sharing di grup facebook.. Penyebab kebocoran seal USD YZF-R15 tersebut apa dong?

Ya belum diketahui penyebabnya lads, bisa apapun, seperti kalau mau menyalahkan pemiliknya, mungkin jorok memakainya, mungkin yeee.. bisa jadi sang pemilik tinggal di daerah yang berdebu atau jalannya selalu kotor dan si motor jarang dibersihkan.. Sekali lagi bisa jadi.. Dimana si kotoran menempel dan membuat seal tidak dapat bekerja dengan baik.. Atau bisa jadi di jalan jelek keriting dan berlubang main hajar terus.. Shock dan seal dipaksa bekerja keras terus menerus.

Tapi kan seharusnya komponen seal shock tersebut dibuat kuat, tahan lama dan tahan banting? Ya bener sih, tapi kan ada beberapa kondisi juga.. Atau kalau ternyata memang semua penyebab di atas tidak terbukti, berarti kualitas seal-nya yang dipertanyakan.. apalagi ini All New R15 VVA masih tergolong motor baru, masih seumur jagung! Kalau kata mang Jejen macantua sih shock USD memang rentan bocor sealnya, ga tau juga sih ya..

Lantas kudu gimana? Yang jelas saran KBY jangan sok sokan ganti sendiri di luar bengkel resmi, bukan apa apa kalau salah malah bisa jadi garansi menjadi hangus, rugi kan? So lebih baik segera digelandang ke bengkel resmi Yamaha terdekat, klaim dan minta penjelasan mengapa bisa rembes alias bocor sealnya..

Dari sekian ribu unit belum tentu ada 10 atau 20 unit motor yang seal shock USD nya bocor, jadi ini termasuk kategori case by case yang wajib dievaluasi lebih lanjut oleh pabrikan. Meski katanya partnya masih inden ya mau gak mau kalau si motor sport fairing 150cc tersebut hanya jadi satu satunya motor andalan ya pakai saja, asal sudah dipastikan bengkel resmi mau bertanggung jawab..

Begitu part datang tinggal diganti, rebes kan? So, silakan dicek seal shock USD Yamaha R15 VVA terbaru milik lads.. Semoga aman ya..

foto-foto: Macantua.com

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: [email protected]
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

98 KOMENTAR

  1. Iya memang rentan bocor, apalagi di musim penghujan trus pernah trabass banjir di ketinggian air melewati area pergerakan shock.

    Area itu harus lebih sering dibersihkan biar seal awet karena menentang gravitasi.

  2. suspensi UpSide Down lebih gampang terpapar kotoran dari cipratan roda …
    jadi seal debunya kualitasnya harus jos …
    berbeda dengan teleskopik biasa yang sealnya berada diatas spakbor ….

    • eh setelah diperhatikan spakbornya sedikit nutupin bagian dalam fork depan ..
      kirain kaya punya KTM RC250 yang sama sekali gak ada covernya … 😀

  3. Ah cuma bocor doank mah urusan kecil.

    Coba donk buatin artikel ttg crankcase honda beat yang bengkok gara2 jalanan rusak. Kan kemaren sempet rame tuh di medsos. Hwehwehwe. Mentang2 pabrikannya ngiklan, jelek2nya kagak di blow up. Hwehwehwe.

  4. Itu motor dipakenya kayak gimana sih?
    Genjotan shock nya bisa dalem gitu, pengalaman saya make shock usd paling 10 cm jarak genjotannya, efek ngerem ato jalan rusak kali ya?

  5. Kalo diliat pattern kotorannya dikit lagi mentok tuh, bisa njeduk. Itu karena sealnya yang bocor atau kalau normal emang dalem gitu reboundnya khas shock usd?

  6. Kalo diliat dari pattern olinya kok travelnya dalem banget ya, dikit lagi njeduk tuh. Itu karena sealnya lagi bocor aja atau lagi normalpun emang default gitu travelnya? Kesannya mepet banget.

      • Punya agan bocor juga ya shock depan aerox nya? Punya ane juga gan, tapi waktu klaim ke beres, katanya ini masih wajar. Padahal ane ngerasain jedak-jeduk, udah gitu bekas oli nya juga banyak.

      • Gan Mufid. Ente maen ke forum Aereox kaskus aje. Disitu banyak temen. Ada ane juga disitu. Beres Yamama memang rada2 koplak. Jangankan shock jedak jeduk. cvt ngorox pun dibilanh wajar.
        Jangan bilang yg aneh2 di sini om. Ntar dikira BC bla bla bla dll. Maen barengan di kaskus aja om.

        • Yup memang rada2 nih beresnya
          Dulu sempet mxking ane masalah d injeksi nya, malah d setel co nya basah bgt, 1 bulan langsung mati businya, akhirnya mnta tolong temen yg punya diagnostic toolnya sekalian reset, sehat lgi dah
          Kalo d beres gak bsa kita mnta ganti ini itu, pasti ngikut panduan, awal ganti 600km mnta ganti filter oli kagak d ksh,
          Mungkin nantinya perlu d lengkapi alat2 d beres, jdi servisnya lbh lengkap
          Kalo ini mah, mungkin ada defect dri pabrik, cma karena produk bru, msh banyak masuk jalur produksi bukan sebagai sparepart
          Buru2 klaim bro, dripada knp2 tuh USDnya, sayang bro

  7. Pernah ngalamin hal yg sama mang, tapi motor ay dulu supra-x helm in 2012, seal shockbreaker kanan bocor, netes sampe ke cakram rem depan jadi bikin ngerem gak pakem, dan masih masa garansi.. bawa ke ahass bintang motor cinere, komplain, trus lgsg diganti 1 unit shock, gratis tis..

    Harusnya yamaha sigap nih, mengingat r15 produk flagship di segmen 150, lgsg ditangani biar konsumen puas

      • jaman internet mang, beli toko online pakai go-send sehari juga nyampe. JNE YES jeda sehari. kalo seperti ini berarti layanan aftersalesnya bobrok! sudah jelas-jelas bisa menjatuhkan nama perusahaan neh kalo product flagship gak segera ditangani. Sekalian buy back deh kalo memang produk gagal ikuti jejak samsung tuh gentle(tragedi note 7)

      • se slow movingnya part pasti ada dealer atau toko yang stok mang. makanya kalo sekarang orang bilang beli sparepart motor merk A, B, C bilangnya mudah merk A lah atau B lah itu sudah tidak jamannya. saya biasa mencari sparepart mobil motor keliling jakarta yang kadang susah atau inden. malah di toko online ready.

    • Cuma quantity cbr ga gitu banyak dibanding r15. Semakin banyak quantity, kemungkinan semakin byk kasusnya,semakin besar

      • Honda merek inferior. Jadi gak ke ekspos. Terus fanboynya kurang asyik. Jarang baperan macem rivalnya. Ngoahahaha.

        :v

      • Mengapa cbr250rr skoknya gak rusak…?
        Karena skok cbr250rr itu skok bermerek ASLI SHOWA bukan skok ABAL-ABAL kayak sebelah?

  8. Bukan becek. Sekedar urun rembuk. Dari pengalaman pernah ngalamin motor Byson punya temen juga bocor, bukan karena seal. Tapi bagian inner tube ada lubang sekecil or sebesar jarum.meski diganti seal berkali kali tetep bocor kalo gak di ganti inner tube nya.

  9. Kata mang kobay tadi shock USD gampang bocor mungkin karna shock bagian atas menghadap ke bawah jadi kalo sekalinya sealnya bocor/as nya baret itu oli gampang keluar karna tarikan gravitas (menghadap ke bawah),,

    Nahh sedangkan shock biasa (non USD) kan menghadap ke bawah jadi biarpun bocor olinya gk gampang ke luar karna berlawanan dengan gravitasi,, CMIIW

    Logika ngasal tapi masuk akal.. hehe

  10. Kok USD CBR250RR blom pernah denger kayak gini…?
    Padahal sudah lbh duluan brojolnya…
    Apa emg kualitas shock yg beda…
    ?

  11. brother, sepertinya usd r15 common part dengan xabre,
    tapi gue heran gue termasuk org yg miliki pertama xabre ikut inden online no 41 (dulu) bln 4 thn 2016 turun motornya. sampe saat ini ga ada masalah di usd bahkan tiap hari pake pulang pergi kerja lewat jalan tanah dan berkontur bebatuan yang kalo kondisi hujan ampun dah ga wujud lagi motor gue sama sekali ga ada masalah dengan kaki kai dan body, mesin aja keluhan gue ke xabre, yg knalpotnya lebih enakan vixion generasi pertama.
    nah kembali ke new R15 2017 kalo usd xabre keluaran pertama bagus harusnya sekarang bagus juga USD r15, tapi tak tau jika ada kualitas nya berbeda? mang kobay bisa jawab nih…

    • Salam bray, ane no.32, xabre ane sudah 1 thn lebih, gak pernah pakai paddock/ standar miring terus, gak pernah bocor.

    • ga bisa mutlak bandinging USDnya Xabre ma R 15 karena setingannya masing masing pasti beda, jumlah minyak yang dimasukkann juga pasti beda, tapi itu klo liat gambarnya jarak maennya jauh banget, setingan lembut.

  12. Yailah ga usah comment yg saling menjatuhkan apa. Coba sedikit berfikir dewasa dna bijak. Pasti ada namanya cacat produk, atau emang karena banyak faktor lain yg buat kyk gitu.

    Gw pernah ketemu om yogas langsung, gw pengguna cbr250rr. Sealshock jg udh pernah ganti (karena ngehajar lobang).

    Intinya Ga perlu ke bengkel resmi malah lamban, beli part sendiri trus ganti di bengkel” moge atau balap yg ada.

    Saran aja buat pengguna shock usd, emang levih rentan bocor, di tambah lagi reservoir buat oli nya posisi ada di atas, jadi gampang meler.

    Sealshock cbr250rr = cbr250 = ninja250 = ninja rrmono

    Kalau r15vva kemungkinan = xabre atau bahkan r25. Tinggal liat aja kode part number samma diameternya.

    Hello pengguna kendaraan kalian harua lbh pinter dibanding mekanik” bengkel. Biar ga gampang ditipu

  13. Usd trail alias garuk tanah apa rawan bocor juga ? G kan mang kobay, padahal habitatnya d jalan berlumpur pasir bedebu , kontur jalan juga extrim. Menurutku ada 3 kemungkinan :
    1. Memang kwalitas karet sealnya kurang bagus
    2. Cacat produksi . Namanya juga buatan manusia
    3. Perhitungan insinyurnya kurang tepat.

    • 1. Pernah nemuin kejadian pemasangan seal oli yang kurang presisi, ada bagian yang tertekuk, jadi bibir seal tidak dapat memluk as shock dengan melingkar sempurna, walhasil oli rembes. Setelah dicopot dan di pasang ulang dengan baik dan dengan seal yang sama, walhasil gejala rembes hilang.

      2. Kalau volume oli standar dan tidak melebihi batas toleransi, normalnya tidak akan rembes, kecuali kualitas sealnya memang krg baik.

  14. GAK KAGET BLAS!
    kalo produk yahama indo memang kualitas ABAL-ABAL SMUA.
    skok pigson
    Skok xabre
    Skok byson
    Skok nmax
    Skok aerox
    Tabrakan dikit LANGSUNG TUGEL PROTOL

  15. Pengalaman servis di bengkel resmi yamaha ,,ngeluh arm oblak g malah di ganti seal arm nya malah di biarin aja,,,,!!! Kualitas bengkel resmi yamaha payah

  16. Yah skok mocin di kanibal ama yamaha ya gt…makanya pake part yg bermerek dong…kayak showa ato ohlins…tuh ada mereknya ga ya skok r15 nya…rasanya polosan…a.k.a skok mochin yg biasa di pake sepeda happy cloninganya cbr…wkwk yamaha semakin di depan

    • Kayaba merknya bro
      Yamaha pasti ngambil kayaba, masalah spek tergantung mntanya yamaha gmn
      Mw pke ohlins???
      Mw d jual brp tuh motor????

  17. SHOCK yg cocok buat jalanan indonesia adalah TELESKOPIK….makanya karna cuman PENAMPILAN DOANK sih milih nya..fungsinya memble. Orang indonesia memang suka yg TAMPAK BAGUS dibandingkan ISI nya.

  18. kalau dilihat bekas oli+kotoran di shoknya, itu seolah olah olinya berasal dari sisi bawah (lihat bekas tebal ada dibawah, bekas tipis ada diatas, lihat juga sisi bawah kelihatan basah oli, sedangkan sisi atas malah kering bersih = seperti kejadian seal shock teleskopik bocor)
    jadi kesimpulan saya, ini cuma HOAX untuk menjatuhkan R15. soalnya USD kan olinya diatas

    • Lah kn olinya kedorong karet seal bang ya bagian yg kena seal ya kering, yg gk kena seal jd numpuk olinya. Kalo buat jatuhin nama r15 kok ya niat bner beli mtor cuma mau dikasih oli shocknya, gtau deh kalo minjem wkwk

  19. kualitas usd memang masih diragukan, klo arm udh pasti siip..
    namanya juga produk baru, butuh penyesuaian, coba 9sx pake arm banana, ga usah pake usd juga yamaho gigit jari.

    • Punya ane baru pake 2 bulanan km juga masih 1720 … shock depan udah rembes aje…. mudah2 an bengkel yamaha di sampit cepat respon nya ….ga lelet… ini motor buat kerja cari sesuap nasi…

  20. Punya ane baru pake 2 bulanan km juga masih 1720 … shock depan udah rembes aje…. mudah2 an bengkel yamaha di sampit cepat respon nya ….ga lelet… ini motor buat kerja cari sesuap nasi…

  21. Baru aja ngalamin nih om tp shock belakang yg bocor, baru 7400km/6 bln on going 🙁 , langsung bawa ke dealer resmi buat di claim, tunggu di calling barangnya inden

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini