ban std swallow thunder dah pada getas ternyata
banner

 

Yamaha F1ZR Caltex EditionKobayogas.Com – Hola lads, salam geber.. Punya motor keren adalah impian semua biker, apalagi saat usia ABG, punya motor yang lagi ngetrend saat itu rasanya luar biasa.. 25 tahun menunggu, mimpi lama itu terwujud juga.. Yamaha F1ZR Caltex Edition! Mengapa harus menunggu selama itu kang untuk sebuah motor 2 tak special edition dengan nama Yamaha F1Z-R Caltex Edition? Apa cerita di balik penantian yang begitu lama? Oke ini sekilas flash back dari KBY ya, gak sekilas sih panjang malah kayaknya wkwkwkw.. Sudah siapin rokok bagi yang ngerokok dan teh manis hangat atau kopi susu panas untuk membacanya? Yuks digeber hehe..

Yamaha F1ZR Caltex Edition
habis ditebus dipake ujan ujanan hiks

Awal mulanya Yamaha F1ZR Caltex Edition bukanlah pilihan utama atau bukan tokoh utama cerita alias kisah ini.. Adalah sebuah Yamaha Champ yang merupakan motor kepengen alias motor impian KBY sejak kelas 3 SMP dulu, sebut saja saat itu tahun 1991, pas ya dengan kemunculan sosok cikal bakal ayago Yamaha jaman dulu? Nah si Champ ini merupakan mimpi yang tak terwujud, karena si babeh malah beliin KBY Yamaha Alfa IIR..!

motor pertama KBY

Kecewa? Ya jelas sih sebenarnya.. wong pengennya Yamaha Champ malah dikasih Alfa IIR Power Scoop hehehe.. Tapi namanya pemberian ya kita nikmati lads.. si Alfa IIR tetap KBY rawat dan sayang.. Malah usia pakainya hingga 4 tahun sebelum beralih ke Honda Tiger 2000 di tahun 1995.. Terus cerita si Yamaha F1ZR Caltex Edition 2001 ini gimana? Sabar belum sampe situ, jauuhh hehehe..

Punya Honda Tiger 2000 saat itu membuat KBY bahagia dan melupakan keinginan akan Honda NSR 150 atau Suzuki RGR 150, ya Tiger bukan motor buruk, bahkan keren untuk sebuah motor 4 tak di jamannya, kapasitasnya pun 200cc.. Bisa dibilang itulah titik dimana KBY melupakan keinginan memiliki motor motor jenis bebek 2 tak meski tetap memantau perkembangannya, sebagai bukti Suzuki Tornado GS sempat dimiliki di garasi orang tua untuk digunakan oleh adik perempuan.

berasa 25 tahun lebih muda wkkwkww..

Time moved fast, mainan motor beralih ke mobil, namun sebagai pencinta otomotif yang dibesarkan oleh roda dua, fitrahnya akan kembali ke roda dua.. Di usia mapan ini (Cieee), KBY malah asik kembali bermain motor.. Titik baliknya ketika punya Honda CBR150R karbu tahun 2012 lalu setelah sebelumnya memiliki Honda Beat karbu 2008 yang dianggap sebagai alat transportasi belaka, dari titik A ke B, kantor ke rumah dan sebaliknya, kemudian ke Kawasaki Z250FI 2013, Vespa Primavera 2014, Honda New PCX 2014, NMax 2015, R15 2016 dan… Yamaha F1ZR Caltex Edition 2001 di tahun 2016! (semuanya ada di artikel, silakan search lads..)

Mengapa Yamaha F1ZR Caltex Edition? Kenapa bukan Suzuki RG Sport alias Satria 125? Nova Sonic RS Dash? Yamaha Touch/ Tiara? Tornado? atau bahkan Yamaha Champ? Wooo satu satu lads.. Bebek ayam jago tentu KBY sangat suka, tapi harganya belum masuk kantong untuk saat ini.. Tornado belum kopling, Yamaha Champ? Kayaknya udah ketuaan hehe.. Tapi intinya sih merasa kepanggil aja untuk punya sebuah Yamaha F1ZR lads, kayaknya gara gara sering bikin artikel blast from the past nih, F1Z-R bahkan sampai 2x hehe.. Pengen nostalgia!

baca juga: Blast From The Past, Mengenal Yamaha F1ZR dan F1Z!

Nah, Yamaha F1ZR  kan banyak tuh kang, kenapa pilih Special Edition Yamaha F1ZR Caltex Edition? Bukan tipe atau versi lain? Sebenarnya untuk warna KBY suka merah putih atau biru putih, tapi kayaknya kok kurang spesial yah kalau yang bukan special edition.. KBY berpikir kalau harus punya ini motor ya kudu yang punya pride alias gengsinya cukup tinggi.. Kalau gak ya tidak ada yang spesial dari bebek 2 tak ini..

ini f1zr daytona edition

Yamaha mengeluarkan beberapa versi special edition yang hanya dilepas setahun saja di tahun perilisannya, sejauh yang KBY hapal sih F1ZR Daytona Edition di 97 cuma ini afaik tidak dijual bebas.. terus F1ZR Millenium Edition di tahun 2000, F1ZR Caltex Edition di tahun 2001, kemudian F1ZR versi Marlboro di tahun 2003. Nah bicara versi, sebenarnya cuma ada dua yang KBY suka, Daytona atau Caltex.. Tapi Daytona susah minta maaf, sehingga Caltex Edition menjadi pilihan utama, Millenium edition kedua.. Alhamdulillah diberikan kemudahan dalam mendapatkan sang F1ZR Caltex lads hehehe..

Ada lagi sih yang paling spesial karena merupakan satu satunya versi yang ada di dunia, yaitu Yamaha F1ZR Motorplus Edition di tahun 2001.. Hadiah dari Motorplus di tahun tersebut.. Pemenangnya adalah Rahaji Santoso saat itu.. Entah gimana kabar motor tersebut hehee.. Next KBY akan bahas tuntas Yamaha F1ZR Caltex Edition ya.. mungkin di mulai dari foto gallery-nya dulu, soalnya kalau performa belum maksimal nih, maklum motor beneran jarang dipake, jadi kurang sehat…

Incaran berikutnya KBY sih kepengen Yamaha Touch atau Honda Nova Sonic RS Dash hehehe.. tapi pasti mahal dahhh..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: [email protected]
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

57 KOMENTAR

      • Gak tau kang kenapa masuk spam,

        sedikit punya cerita, di rumah pernah merapat Binter 2 tak bokap dan Yamaha RX-R hehehehe

        pernah balap juga karisma vs fis-er standar punya temen yang warnanya paling gagah buat saya; body warna orange pekat dengan velg palang warna hitam

    • yah keduax ternyata. gapapa lah, yg penting silent reader pemula bisa podium di blog papan atas. wkwkwk

  1. Sebenarnya dibaca F one Z R atau (Fis-R) ?
    Orang medan bilang nya F one Z R, tapi begtu ogut pindah ke Jakarta, bilang nya Fis-R.

  2. Slow but sure, motor 2 tak seiring berjalannya waktu akan jadi collectors item. Bersyukur punya Yamaha L2G tahun 75 dan A100 tahun 89 bersanding mesra mengapit Yamaha RX King 96. Lagi pngn coba miara V80 ihh..

  3. Klo aku sih pngen bgt nova dash mang, di bikin drag style gityu ala2 mothai tp buat koleksi aja, ga dipakai harian, tahun 2012 lalu smpet nemu di fjb kakus nova dash repsol 17 jt mang, full ori, ngiler tenaan 😀

    • Nova dash 17 jt tar tipu tipu tu, 125 cc 24 hp mesin sama dgn Ls125 biar pun bentuk lebih keren Ls125.?
      Yg cari 20-25 aja susah tu dash, pd bertahan di 30 jt an yg bnyk.

      • udah hampir 5 tahun lalu om itu lapaknya, belum kena efek discontinue ninja 2 tak series ama fenomena Rx-king 70 juta :p
        motor kaya gini mah harga jualnya ga nentu, suka2 sellernya, dulu yg jual nsr 150 sp full paper seharga 35-40 jt jg ada kok, bahkan nsr 250 jg ada tuh sellernya, coba deh main2 ke thread nsr kaskus, seinget ane yg jual sepuh sana (th 2011-2012)

  4. Wuidih, berasa jadi Ahmad Jayadi. Wkwkwk. Btw, temen ane dulu punya Yamaha Sigma tapi dipakein bajunya fis-er CMS Star Mild. Beli langsung sama tim CMS.

  5. Kang, YPCSnya ntar jng dicopotin yak..

    Hehe menurut ane itu star featurenya f1zr.

    Ibaratnya kalo di nmax star featurenya VVA

    Kalo bisa dibikin bersuara ngiiiing hehe

  6. beuhhh … manteplah si F1ZR

    pengin juga sih piara 2 tak lagih, tapi nyonya gak kasih izin … ditunggu artikel review dan restorasinya yah … kayak Vandra yg restorasi Win100

  7. Pengalaman naek honda nova sonic 125 thn 2001 sampai skrng masi ada cuma uda jrng di pakek . (teringat dulu mesan ni motor tak bsa milih warna, tak tau kenapa ) sekali dtng ada 2 unit warna kuning dan biru, saya ambil biru.
    Pajak ni motor 288 k utk motor thn 2001 dan 125 cc uda cukup mahal.
    Yg ada makek nya hati2 di rawat da body 2 nya, jika rusak mumet lht harga body set nya, bisa nembua 4, jt an belum mika lampu+inden ber bln2 brang tidak redy, (baru dan original made in thailand) masak harga body lebih mahal dari harga motor nya skrng, hahahhaah

  8. klo ane masih kepincut nsr150rr / sp
    bahkan naksir sama cbr250rr 4cyl, sayang ga dilepas sama yang punya

  9. haha jadi inget masa masih SD. wah ngiri nich, kayaknya masih seger nich motornya. hehehe
    strategi yg ditinggalkan yamaha saat ini nih mang, padahal edisi special edition nich lumayan peminatnya.

  10. Caltex Edition memang cakep sih…

    sama-sama kayak juragan Warung DOHC nih lagi ngebet Caltex Edition,meski di garasi udah ada Tiara sama NSR single R blok Phantom hihihihi…

  11. alhamdulillah dulu sempet ngrumat yamaha champ. itu motor cukup langka kang. sekarang udah dilego, lha motor kosongan. kangen sebenarnya.

  12. yg jelas jgn beli motor CBU nya Honda, karena sparepartnya SUSAH!!! NSR aja udh jd anak buangan Honda lokal. Jangan pesen sparepart, baru masuk bawa NSR aja udh di tolak di AHASS. Dukungan sparepart jg gak ada dari AHM nya. Mending Yamaha, Suzuki atau Kawasaki sekalian. RGR biar langka tp Suzuki msh pny part nya bahkan FR80 pun msh ada.

    Alasan gw minat ama RGR ya karena dukungan sparepart nya msh ada meskipun mahal. mundur pas cari2 part NSR R itu super langka, apalg RC Valve nya modar. wah enggak dah… mending gw beli selang 2m buat SSS erji drpd benerin RC Valve.

    Kobay aja two stroke, kamu mbekha kapan kembali ke two stroke?

    :v

  13. gw tambahin pake komentar ini yak

    “selessijukihh says:
    December 13, 2016 at 12:26
    bukan jelekin kali bro…. tapi emang loaja yang kismin gamampu beli malah jelekin motor 4 tak…..wkwkwkw”

    emang lo kismin bay gak sanggup beli 4tak mbit?

    :v

  14. Wah mantep ini mimpi ga tergapai gw.. pas sma udah masuk dealer yamaha tapi yang dateng besoknya supra 100 katanya biar gw ga ngebut hahaha

  15. Ini motor yang iklannya “Matador” ya…? Modelnya abadi ya? Tetep enak diliat walopun dijejerin ma motor bebek jaman sekarang…Dulu ane pengen banget ma Vega yang Orange-Itemnya, apalagi diracunin ma temen yg baru ganti Supra 100 ma Vega…katanya ini motor stabil banget bawanya, ngga kayak Supra…tp sampe sekarang yang ane piara Supra 100…wkwkwk

  16. Dulu belajar motor pakai Force 1 thn 1996 terus SMA nyoba F1ZR pertama kali pinjam teman, baru pertama pakai kopling mesin mati-mati, uda gitu rem belakang ternyata habis. Pakai rem depan aja pakem banget karena kaget sampai sedikit terangkat ban belakang.
    Dulu dikampung, saya belum paham motor 2 tak atau 4 tak, hanya yang sering saya pakai F1ZR ini. kalau dijalan raya mau nyalip atau overtake mobil didepan itu rasanya gampang banget terus beralih pakai Supra, terasa banget lemotnya ini motor dibanding si F1ZR itu. Makanya sensasinya memang bener2 beda, termasuk getaran mesinnya..

  17. Saya malah lebih ngiler cs1 modif ayago mang kobay,atau thunder 250 boleh tuh,atau klo ada yg murah mau Supra XX sehat wal afiat (target utama)

  18. pernah punya juga tapi masih yang F1-Z 1995 versi krom atau vernekel om, pakai sampai tahun 2006. sekarang msh ada tp udah jadi besi tua di belakang rumah… gak ada yang urus.

  19. wedehhh… . . . . .naksir champ jg ternyata ne pak kobay, sy jg lg incer f1zr caltex perawan pny bengkel ne pk, moga jodoh pk.

  20. motor kopling banci nih om bukan versi full clutch.. dlu saat brojol nih motor versi caltex pengen dibeliin buat make ke skolah.. malah bokap beliin vega milenium.. kata bokap koplingnya banci.. alhamdulillah 2005 dibeliin f1zr versi hitam oranye.. udah dijual akibat dipake bergiliran ama adek.. dan tanpa perawatan pula..

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini