Kobayogas.com – Hola laaads, salam geberrr.. Sudahkah lads membaca artikel hot gosip tentang mobil baru calon pengganti Avanza dan Xenia? Kalau belum atau untuk merefresh silakan klik link tadi yes. Pada hot gosip sebelumnya, dua produk pengganti atau sebut saja generasi penerus duet Toyota & Daihatsu tersebut akan mengambil korban, siapa lagi kalau bukan produk yang digantikannya, yaitu MPV 7 tempat duduk terlaris di Indonesia saat ini, Xenia dan Avanza. Lantas, benarkah kedua produk tersebut itu benar benar selesai masa baktinya atau Astra Group memiliki rencana lain? Cekidot lads..

Sejauh sejarah penjualan MPV di Indonesia, hanya Toyota Avanza yang mampu mengungguli penjualan legenda Toyota lainnya, yaitu Kijang. Ditambah dengan tandem setianya dari Daihatsu yaitu Xenia, menjadikan keduanya sebagai produk pilihan utama mayoritas konsumen roda empat di Indonesia. Siapa yang bisa menyangkal fakta tersebut?

Namun bulan madu Avanza dan Xenia akan berakhir menurut hot gosip pada tahun 2021 mendatang. Penggantinya sudah disiapkan dengan platform DNGA berkode D26A, disebut akan memiliki dimensi yang lebih besar dan masuk kategori B-MPV. (baca: Hot Gosip Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia Akan Stop Produksi).

Lantas, benarkah keduanya akan stop produksi sekaligus penjualan saat produk baru D26A tersebut nanti hadir? Simak lebih lanjut

XENIA MASIH AKAN DIJUAL HINGGA 2030!

Tajuk di atas sudah sangat jelas ya? Betul lads, menurut info yang KBY terima, meskipun nanti produk Toyota Daihatsu D26A hadir, ternyata baik Toyota maupun Daihatsu masih menganggap Avanza dan Xenia sebagai produk “magic” mereka. Berkat keduanya lah pundi pundi dua pabrikan asal Jepang tersebut tidak pernah surut terutama di Indonesia.

Atas jasa dan loyalitas keduanya, dikabarkan perwakilan Toyota & Daihatsu di Indonesia yaitu Astra International Group memutuskan akan tetap menjual Avanza dan Xenia berdampingan dengan produk baru mereka nantinya.

Jika Xenia sudah jelas akan tetap dijual hingga tahun 2030 mendatang, bagaimana dengan saudaranya si Avanza? Menurut bocoran, Toyota akan tetap menjual Avanza dengan usia peredaran lebih cepat dibandingkan Xenia, yaitu hanya dua tahun setelah produk baru keluar, artinya hanya sampai 2023 saja, itu info untuk saat ini ya, bisa saja berubah.

Mengapa Xenia lebih lama masa baktinya? Menurut info sih karena produk baru DNGA D26A tersebut dikatakan beda kelas, nah bocoran lagi nih artinya. So karena berbeda kelasnya, maka Xenia dianggap memiliki posisi aman tidak terkena kanibalisme lads. Untuk Avanza? Kan sama? Yaaa Toyota punya pertimbangan sendiri mungkin ya.

Sooo.. sebagai penutup, bagi pecinta Avanza terutama Xenia, jangan kawatir, masih akan tetap dijual meski nanti ada produk baru. Cuma yang bikin penasaran, Xenia dijual hingga 2030, kira kira berubah bentuk gak ya selama masa bakti itu? Hmmm..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

26 KOMENTAR

  1. Kamu nanya ke aku, terus aku nanya ke siapaaa???

    Btw kabar jazz terbaru gimana pak? Apa jadi masuk indonesia atau cukup model yg skrg aja sebelum discontinue jg?

  2. Model baru pengganti Avanza, msh penggerak belakang ga ya Mang
    Abdi jadi nahan neh mau ambil Avanza G, mau liat perkembangan nya dulu

  3. saya mah mang lgi kepincut etios liva 33jt
    insha Allah klo ada rezeki mah saya kepengen bawa satu ….
    #kena racun ridwan hanif sm mas wahid

  4. masih banyak mas arie …
    klo mo yg lbh murah lgi asa Chevrolet lova … 20jt (bahan)
    mang kobay ….mending etios atuh mang harga namex tp bebas masuk tol …hehehe

  5. Platform DNGA kan FWD,
    jadi kayanya Xenia tetap akan diproduksi untuk konsumen penggemar RWD.
    Astra gak akan mau kehilangan market share terbesar mereka.
    lagipula konsumen Indonesia sudah biasa disodorin mobil fosil yg umur platformnya sudah puluhan tahun (seperti L300, Carry, Panther, dll) toh gak ada yg protes.

  6. kalau produk baru memang dirasa oleh konsumen sudah lebih baik di hampir semua sisi daripada si avxen ya dijamin ga akan produksi sampe 2030 karena bakal numpuk di gudang. pertanyaannya apakah DNGA ini nantinya akan lebih baik dari hampir semua sisi daripada pendahulunya? khususnya di “asumsi” kelebihan FR daripada FF saat di tanjakan

  7. Ini toyota kayanya main aman,, seandainya produk pengganti avanza ga booming masyarakat masih ada alternative si xenia dan avanza bakal di hidupkan kembali buat duet lagi dengan xenia yg pastinya dengan model yg lebih seger,,

    Nama avanza udah kandung tertanam di bawah alam sadar masyarakat Indonesia. Bener ga mang?

  8. @Arie
    Jgn bawa bawa nama Rdwan Hanif di blog ini.
    Ngilu perbandingannya. Kaya boss dibandingin sama kacung.

  9. kalau diluncurkan 10 tahun kedepan, petrolhead gen z mungkin sudah tidak perduli dengan rwd / fwd. Fokusnya lebih ke fitur2.

  10. Baru sempet komen.
    Menurut saya Kang Kobay, kenapa avanza dan xenia diganti, soalnya model ini udah menjadi standar taksi konvensional/online dan jumlahnya udah lumayan masif.
    Belajar dari kasus mobilio yang tercederai mereknya (meski pihak ASTRA merebranding dengan nama TRANSPORTER). Bisa saja model lama tetap dipertahankan untuk sarana transportasi taksi dan model baru untuk costumer biasa.
    Jadi image sikembar tidak tercederai ketika sudah menjadi angkutan taksi. Karena bagi orang awam, mau pakai nama apapun.. tetep aja dibilang avanza.

  11. @iian, pilihan bagus mas klo segitu budgetnya. Yg penting cash, tidak ngutang. Sekelas Ridwan Hanif dan mas Wahid bahkan ambil dan dijadiin materi di channel youtubenya.
    Kobayogas… sampah wkwkwkwkwk. Ntah siapa yg komentar di youtube katanya ada rush terbaru sampe gue hrs googling ini blog.

    • Mas Wahid memang natural meski kebawa buat content, kalau Ridwan ya memang buat content..
      Tapi ga bisa disalahin namanya nyari rejeki emang dari situ kok, yang penting gak tipu tipu hehehe…

      Soal rush terbaru ada kok, tunggu aja dan pantau aja hehehe..

    • oia soal etios liva sedan, temen gw ada yang kepincut hasil review dan sudah beli, harga bener sih 33jt-an, sisanya (terakhir dipantau di FB) sudah ada tambahan lagi 7 jutaan.. lupa gw apa udah termasuk balik nama apa belum, keknya sih udah..

      Jadi ini kesimpulan sementara, untuk membuatnya kembali mendekati sempurna butuh sekitar 45 juta di tangan.. jadi jangan diliat 33jutanya aja..

Yuk Tinggalin Jejak Lads..