Toyota Sienta saat ini

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Setiap tahunnya pasti ada saja pergerakan di dunia otomotif, mau itu hanya minor facelift kek, major change, model baru dan lain sebagainya. Tidak terkecuali di dunia roda empat, pada tahun genap dengan angka unik 2020 ini ada hot gosip seputar produk Toyota lads, yaitu akan menghilangnya salah satu produk mereka di sektor penjualan. Yang kena hot gosip itu adalah Toyota Sienta! Waduh, kenapa kira kira MPV 7 seater yang sempat menjadi rival Honda Freed tersebut distop penjualnnya? Lantas apa penggantinya?

Toyota Sienta saat ini

Hot gosip seputar Toyota Sienta bukan berarti akan terjadi di tahun 2020 ini juga lads, karena penggantinya juga belum ada. Tapi yang bikin unik bukan distopnya penjualan MPV sliding door 7 tempat duduk tersebut, melainkan penggantinya. Sumber KBY menyebutkan Sienta akan digantikan penjualannya oleh produk baru bernama Toyota TJ Cruiser! Laaahh kok gak nyambung ya? Hehe.

Kalau bicara jenis sih memang gada nyambung nyambungnya, menurut KBY bukan berarti sebuah MPV menghilang lantas akan diganti dengan MPV lainnya, melainkan slotnya lads. Jadi nanti pada saat Sienta selesai masa baktinya, slot line up produk Toyota Indonesia yang kosong akan digantikan oleh TJ Cruiser.

Pertanyaan KBY kepada sumber adalah, apa alasan Sienta distop penjualannya? Jawabannya adalah karena kebijakan dari TMC (bukan TMC Blog tapi Toyota Motor Corporation lads). KBY juga baru tahu kalau ternyata, Sienta itu hanya dijual di dua negara saja, yaitu Jepang dan Indonesia (jika ada sumber lain yang mengatakan sebaliknya kasih tau ya). Untuk Indonesia sendiri sudah rakitan lokal sih lads.

Jadi apabila Toyota Jepang stop produksi Sienta, maka sudah bisa dipastikan Indonesia juga akan ikutan. Nah di sini yang belum jelas perihal mengapa MPV 7 tempat duduk dengan pintu berjenis geser tersebut sampai dihentikan produksinya, apakah karena penjualan? Bisa jadi sih? Untuk Indonesia sendiri, mobil ini sudah wara wiri sejak 2016 lalu, dan dari sisi penjualan memang biasa aja sih, selalu ada diskon untuk unit ini.

Yang jelas, fenomena mobil dengan pintu model sliding  di kelas menengah sepertinya memang tidak pernah sukses banget penjualannya ya, termasuk Espass, Jetstar, apalagi tuh? Freed saja gak sukses hingga HPM ogah membuat versi terbarunya, begitu juga dengan Sienta ini. Ya kita tunggu saja kebenarannya lads, sejauh ini masih sebatas Hot Gosip!

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

29 KOMENTAR

  1. Penjualan sinta gitu2 aja, buat ukuran 3elips ga menguntungkan, ya mao ga mao di-RIP-kan..
    mirip kaya etios yang juga ga moncer2 amat untuk ukuran 3elips.. udah di-RIP-kan duluan..

    isunya atoyot kepincut bumingnya jimny.. inden mengular (bahkan sampe 20 taun.. :mrgreen: )
    soalnya susuki anteng bae.. melihat respon masyarakat terhadap jimny yang luar biasa cetar membahana mantap jiwa melegenda susuki tetep selow bin santuy.. produksi jimny ga ditambah kuotanya.. jimny dilokalin di indo cuma isu..

    ini yang diliat atoyot.. peluang besar merebut market jimny..
    buat penggemar berat jimny mungkin rela inden lama, tapi buat orang2 yang baru naksir jimny, nunggu inden jimny lama bisa aja pindah ke Madu-TJ..

  2. ” pintu model sliding di kelas menengah sepertinya memang tidak pernah sukses banget penjualannya ”

    Setahu gua, Luxio (sliding door) angka penjualannya masih lebih dari APV (not sliding), betul gitu gak sih?
    Dan kedua model tsb masih dibuat dan laku dibeli sampe skrg

    • Kalau Sienta Jepangnya ga jelas kenapa kenapa, kalau Freed sini karena selain gak laris, ditambah versi barunya harga naik, HPM bingung nyari cuan wkwkwk

  3. Sebenarnya luxio/granmax (bahkan dulu juga ada Nissan Evalia) beda genre dan beda segmen market dg freed/sienta ya…
    Tapi ternyata penjualannya malah lebih baik. (pengecualian utk evalia)

    Malah pengguna luxio/granmax ini bingung kalo mau naik kelas, lompatnya jauh banget kalo harus ke Alphard 😀

  4. Nah kan walaupun logo toyot@ pk trd sportipu ultimo maksimo ttp hora payu ? Berarti merk tidak menjamin

  5. Pemilik luxio adalah pemilik alphard yg tertunda.

    Kalo voxy atau serena masuknya kelas menengah atau kelas atas mang? Secara di bawah alphard

  6. Wah sienta sy bakalan jd limited edition nih… gak bakal sy jual. Nyaman banget kalo dipakai keluarga.

  7. RnD Honda (HPM) emang oke. Mereka udah lebih dulu stop jualan FREED karena jenis mobil boxi di kelas medium emang sulit berkembang. Sienta malah brojol…Sulit untuk bersaing dengan jenis MPV yang semakin diminati. Dan kelas baru yang mulai eksis adalah MPV rasa SUV, macem Xpander Cross dan ntar lagi Suzuki XL7.

  8. Sienta di ekspor ke negara2 Asia Tenggara, dan kabarnya malah lebih laku daripada Indonesia.

    Sienta di sini kurang laku karena positioning nya yg gak jelas. kelas dan harganya overlap kemana-mana dengan Avanza/Xenia, Rush/Terios, dan Innova.
    (dulu HPM berhenti jualan Freed juga karena dikhawatirkan bakalan overlap dengan Mobilio)
    kelebihan Sienta cuma driving nya yg mirip sedan (dan pintu geser), padahal konsumen di kelas itu tidak terlalu peduli dengan hal itu.

    seharusnya sebelum disuntik mati, TAM coba pertimbangkan upgrade kabin Sienta lokal dengan kabin Sienta JDM (walkthrough cabin, arm rest, dll), siapa tahu bisa lebih laku.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..