akankah new megapro fi kena facelift?

Kobayogas.com – Hola lads, Salam geberrrr… Kemarin KBY sudah sharing pengalaman naik ojol dapat skutik Maxi yaitu Honda PCX dan Yamaha NMax, hasil dan kesimpulan pribadi bisa dilihat dan klik link di huruf yang menyala yes :D. Nah jadi kepikiran, kalau kemarin terkesan membuat komparasi, kenapa gak sekalian aja berbagi pengalaman motor ojol apa yang enak dan gak enak buat penumpang? Jadi motor apa saja berdasarkan pengalaman selama memesan ojol? Kuy kepoin

Buat yang kepo artikel sebelumnya, bisa klik di sini: (Pengalaman Dapat Ojol PCX dan NMax). Sekarang KBY mau sharing pengalaman selama bertahun tahun sejak ada dan pesan ojol (ojek online), motor apa saja yang enak dan gak enak saat ditumpangi.

Pada dasarnya yang KBY tahu, tidak ada batasan atau jenis motor apa yang dipakai untuk ojek online, jadi dari mulai bebek hingga moge ya boleh saja digunakan, terserah di driver punyanya apa dan yang didaftarkan apa. Bahkan kadang dapat motor yang tidak sesuai info, biasanya karena motor yang didaftarkan sedang diservis dlsb.

Kuy langsung aja deh KBY bagi pengalaman, versi Kobayogas.com tentunya yes..

MOTOR OJOL YANG ENAK BUAT PENUMPANG

Akan dimulai sesuai dengan nomor urut yah, paling atas adalah yang terbaik alias ternyaman dan terenak bagi penumpang.

MODEL SPORT

Honda Megapro

Ini kayaknya motor ojol terenak yang pernah KBY dapatkan dan tumpangi. Ergonomi buat penumpang pas banget, jok empuk dan pas dengan bokong. Posisi duduk atau jok belakang agak tinggi membuat sedikit nungging sehingga punggung aman dari nahan saat driver berakselerasi, sehingga gak gampang pegal.

Posisi foot peg atau footstep juga pas, gak terlalu nekuk, gak terlalu ke depan. Ayunan suspensinya juga enak, selama dapat Megapro yang sehat (kebetulan itu yang KBY dapatkan), penumpang akan merasa nyaman.

New Megapro FI miris penjualannya
Yamaha Vixion Gen 1

Bisa dibilang kenyamanan Yamaha Vixion Gen 1 ini beda tipis dengan Megapro, kekurangannya cuma 1, footstep nya yang kurang besar/ lega sehingga kaki sering berubah posisi. Sisanya sama persis dengan Megapro.

Honda Verza

Kalau sendirian, shock Honda Verza yang dobel itu terasa agak keras, tapi begitu jadi penumpang, nyaman juga loh. Semuanya hampir mirip dengan Megapro dan Vixion, kekurangannya, shock kalah nyaman dan jok kurang lembut.

MODEL BEBEK

Yamaha Jupiter

Pernah dapat Driver yang bawa Jupiter, KBY lupa persisnya tapi sepertinya Jupiter Burhan. Dapat yang sehat, mesin halus, suspensi nyaman, mesinnya terasa responsif. Joknya juga empuk dengan posisi footstep yang pas. Cuma karena kurang tinggi jok belakang, punggung agak nahan sedikit.

Honda Supra X 125

Performa Honda Supra X 125 dari Driver yang KBY dapatkan beda tipis dengan Yamaha Jupiter. Sama sama halus mesinnya, suspensi empuk, footstep pas. Kalah di jok yang kurang empuk aja.

Honda Blade

Posisi Ketiga di kategori ini adalah Honda Blade, buat boncengan ternyata nyaman juga. Mesinnya sama responsifnya dengan Jupiter. Point kekalahannya ada di jok dan shock yang agak keras dibanding Jupiter atau Supra X 125.

MODEL SKUTIK

Honda PCX

Lihat artikel sebelumnya

Yamaha Mio S

Di luar dugaan, Yamaha Mio S ini nyaman loh. Mesin halus, ayunan suspensi pas, foot step juga pas. Joknya khas Yamaha, empuk dan tebal. Cuma jok belakangnya agak kecil aja.

Mio S magnificent cyan
Vario Karbu

Sepertinya Vario karbu alias generasi awal memang yang terbaik. Pernah dapat dan kondisi sehat, mesin halus, suspensi nyaman, posisi footstep pas, dimensi jok pas dan gak landai. Cuma kalah di jok yang kurang empuk aja.

Suzuki SkyDrive

Suzuki SkyDrive 125 mungkin ini satu satunya ojek online Suzuki yang pernah KBY gunakan, setelah itu belum pernah dapat lagi, baik Address atau Nex II dan lain lain. Mesin cukup halus minim getaran cuma ngorok aja lumayan keras, jok panjang dan empuk, posisi kaki pas. Kekurangannya shock masih kurang empuk dibanding 3 di atas.

MOTOR OJOL YANG GAK ENAK BUAT PENUMPANG

Honda Supra

Pernah dapat versi lawas, gak terawat, jok belakang ambles dan menurun ke belakang, sumpah sepanjang jalan pegel nahan punggung. Shock belakang mati, ayunannya berlebih malah kadang keras. Ban terasa geol.. wah parah dah waktu itu si Supra Bapak ini wkwkwk.

Honda Revo

Setali tiga uang dengan supra di atas, dapat generasi awal juga. Jok keras, shock ngayun parah, footstep ngondoy (turun) bikin kaki pegal. Ketolong sama mesin yang lumayan halus.

Honda Beat

Somehow, pernah dapat versi gen 1 (karbu) malah lebih baik tapi gak bisa masuk kategori yang nyaman, terus dapat versi generasi 2 dan ketiga. Jok keras bikin panas bokong, jok landai di belakang, dapat ban yang tekanan bannya berlebih, di jalan gak mulus getaran sampe kepala. Ketolong sama ayunan suspensi yang lumayan.

Yamaha Fino

Waktu duduk pertama kali, joknya terasa nyaman dan pas dengan pantat, 10 menit berjalan mulai terasa aneh, kok kaya ngebelah di tengah gitu joknya. Shocknya juga lumayan keras dan getaran lumayan terasa.

Yamaha Aerox

Gak rekomen buat berlama lama, busa jok emang empuk, tapi kecil dan seperti Fino kaya ada lobang di tengah, lama lama pegel pantat juga. Posisi Foot step ke depan dan bentuknya kecil. Untung dapat Aerox type R, shocknya yang tabung. Nyaman

Honda Scoopy

Ternyata Honda Scoopy velg 12″ gak enak buat boncengan apalagi jarak jauh (berlama lama). Penyebabnya jok keras dan landai, bikin pegel pantat dan pegel punggung.

Yamaha NMax

Lihat artikel sebelumnya.

Nah itulah pengalaman KBY selama menggunakan jasa ojek online, mana yang enak dan mana yang gak enak buat penumpang, versi Kobayogas. Semua yang disebut adalah sudah pernah dapat, yang gak kesebut misal Lexi lah, Freego, Vixion baru, Spacy, Vario, ADV, CB150 dll ya berarti belum pernah didapat waktu order atau gak masuk ke dalam kategori di atas.

Kalau lads sendiri ada pengalaman pribadi?

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

72 KOMENTAR

  1. Pernah dpt minerva kloningan cbr150thai, hadeeehh 🤦🤦
    Pernah dpt entah mio/beat cuman ridernya cewe kecil pula, nyalipnya dari kiri mulu🤦🤦
    Kalo dpt nmax lg kayanya pengin cancel aja😂😂

  2. g terlalu mempermasalahkan nyaman, yg penting selap selip mantap g lelet trs bayarnya pk… Kode Voucher !!! 😂😂😂

  3. Untuk matic paling nyaman kayanya Yamaha SOUL GT deh mang, joknya empuk bgt, shocknya juga empuk mang jadi kombinasi yg sempurna buat boncenger…

  4. Kirain cuma saya aja yang ngerasain kaya gitu. Vario 110 karbu emang pake shock ghoib, kalau dibuat boncengan emang nyaman banget, Sampe2 gak kerasa kalau ngehajar lubang dijalan.
    Kalau soal suspensi, Ini motor paling sempurna buat boncengan

  5. kayanya pernah bikin artikel naik ojol Suzy Skydrive deh Mang … masup kategori yg mana nih ?

  6. Motor ojek konvensional yg jok nya enak ( dlm kondisi standar dan terawat ) : astrea grand,GL 100,Rx king

    Anti merosot 🙂

  7. Vario 110 karbu paling berbahaya. Penumpang rentan tertidur karena terlalu nyaman bahkan dalam keadaan kaki2 tidak terlalu sehat sekalipun.

  8. yes betoel vario 110 adalah yg ternyaman . tapi paling sering itu dpt vario 125 atau beat. 2-2nya kurang enak. vario geternya ampun. beat jokny kekecilan dan posisi footstepnya aneh. ga nyaman. penasaran dibonceng address gak kesampean2.

  9. 2 artikel jelek2in maksi skutik yamaha yang paling laris . . . . dibayar berapa sih mang kobay sama ahaem???
    tolong bikin artikel yang berimbang dong.

  10. dan kayanya2 FBY2 dsini ip nya diblok sama mang kobay, jadinya ga bisa komen2 buat bantah artikelnya, parah banget sih.

    atw jangan2 FBY juga pada manggut2 kalo motor2nya pada ga nyaman . . . ?

  11. Scoopy emang gak enak buat bocenger om… Landai, gampang mrusut ke depan, trus pendek lagi… Maju kena drivernya, mundur Bokong gampang njedug begel belakang…
    Tau gitu, ojolnya aja yg ane bonceng… Wkwkwkwk

  12. @DmNc vario 125 geter dimananya? Justru halus. Di kantor ada bbrp di rumah ada, tidak ada satupun yg geter 🤔 klo mbit joknya mmg kurang panjang, rider harus maju ke depan. Posisi footstep aneh mah bukan mbit tapi si itu … enak kan selonjor wkwkwkw 🤣

  13. Emang gak ada yang sempurna 😂 udah dikasih berimbang masih belum puas..bikin deh mang ,bonceng adv mantul2 karena jok keras ..tapi wuzzzzz kek 250 rr 😂
    Jangan sampe d ulas naik ojek Pcx elektrik mang 😂

  14. setuju mang, matik kecil paling nyaman vario 1st gen. jauh kalo dibandingin mio sporti atau beat karbu mah. wkwkwk

  15. terakhir ane dapet megipret 150 karbu, bener joknya empuk… tapi ane dapetnya yg uda ambles, jadi kena plastik bawahnya jok..
    shock juga kayaknya uda rada ambles dikit, klo sehat kayaknya memang top nih..

    btw klo dapet drivernya cewe cantik, bole tukeran ga ya? rela deh ane yg setirin

  16. Kalau pakai byson FI, gimana ini gak masuk pada daftar di atas, mas kok blognya gak pakai SSL? Jadi muncul iklan gitu saat buka blognya… 😁👍

  17. Abi oge ojol mang di bandung. Motor beat 2013, pasti udh faham eta jok na tipis dan ga enak untuk perjalan jauh. Tapi da kumaha perawatan we, dua minggu kemarin servis nu make cairan Tea jeung ganti oli di p#anet b#n (baru pertama kali na hoyong nyobaan we), meser shock blk mu murmer di olsop merk dbs non tabung harga 120rb an we, shock depan ganti as nu lokal. Alhamdulillah dalam wktu seminggu kemarin 2 orang penumpang hampir sepanjang perjalanan yg cukup jauh helm na cipokan wae ka helm abi (pek teh ketiduran), aya nu hiji deui emang ngaku motor nya kok enak cnah. Alhamdulillah rating abi oge langsung naek ka bintang 5, hehe. Kitu we mang kobay, sehat terus mangga

  18. Berdasarkan pengalaman saya, Untuk kategori GAK enak di
    – Sport :
    R15 v2 , GSX S/R150 , Sonic 150. Kalo naik R15 ato gsx series, sya yang tinggi nya 172 cm berasa lg berdiri dan jok cenderung agak menukik ke bawah (sijuki lebih parah, udah tinggi dan kecil banget buat duduk) jadi klo nge rem suka maju ,ga ada handle bar jadi bingung tambah susah, ga recommend pokoknya. Soal sonic jok nya ga nyaman karna tipis dan shock belakang yg keras
    – Bebek :
    Honda Revo , honda blade 110, honda suprax 125/helm in. Honda tuh budeg klo soal jok motor, tipis dan ga seempuk yamaha. pernah dapet ojol dengan motor yg disebutkan, ngoper gigi nya ga natural, jadi pembonceng ikut terhentak ketika oper gigi, coba di lain waktu dengan motor yg sama(beda driver) hasilnya persis , ini masalah motor apa driver nya yg ga nyantai klo ngoper gigi? Shock belakang juga ga bisa ngeredam guncangan
    – Matic :
    Semua jenis mio .saya ga pernah nyaman ketika duduk di motor mio, posisi duduk kayak orang jongkok karena footstep nya tinggi, klo pindah pake yg besi ,malah sering terbentur footstep body nya dan kaki driver
    Vario gen2 dan gen3, busa nya licin jadi tanpa sadar bokong suka sliding ke depan, dan tipikal mesin matic honda suka gredek

    Top 5 kategori Enak
    – Xmax + mbtech, top markotop dah
    – Pcx-Nmax, untuk pcx impresi nya mirip dengan mang kobay, tp soal nmax saya blum mengalami hal yyang mang kobay bilang ,mungkin karena saya postur nya agak tinggi jadi paha-kaki tidak ada masalah
    – Vario 2017, mungkin karena faktor driver yg hebat jadi bawa motor nya smooth ga beringas, naik dari setiabudi ke cicendo ga kerasa, jok nya lebih baik dari gen sebelumnya
    – Vespa Sprint 150 , jok empuk, shock empuk tp ga bouncy , agak awkward buat kaki khas vespa but still fine
    – CBR250RR, kaget pas dapet driver bawa ni motor, motor 250cc dipake ngojek…. Dan ini pure personal excitement karena jarang2 diajak ngebut 130km/h sepanjang flyover pasteur-surapati (kondisi malam dan sepi)

  19. Iya mang kobay, saya tanya kenapa CBR250RR dipake ngojek, dia bilang pcx CBU nya lg bongkar mesin, jd sementara CBR nya jadi pengganti… Saya tanya lg kenapa jd ojol, ternyata dia bilang asik ketemu banyak orang , bisa tahu karakter wataknya tiap customer, btw doi mahasiswa psikolog 😂

  20. Padahal naik Beat karbu tuh enak, tapi kalo dibonceng emg ga nyaman 😂

    Ngomongin ga nyaman, menurut pengalaman pribadi, hampir semua matic ga nyaman (non maxi, karena belum pernah dapet). Karena apa, kebanyakan orang naik matic tuh kaya ga dirasain gitu putaran mesin nya. Mis, pas lampu ijo, pokok gas nya dipuntir pol aja, ga enak getaran mesin nya. bikin kudu bilang, “dah sini biar gw yg bawa” 😂

  21. Motor yg enak buat penumpang ojol, bisa jadi standar operasional untuk pengelola ojek daring. Harus dikasih bonus dari pengelolanya. Tapi bagi yg diluar kategori ya gadapt apa2, berlomba mandapat bintang dari kenyamanan dan safety drive.

  22. Lah revo 100cc padahal shocknya sama seperti supra 125 karbu. Mungkin sudah bocor olinya. Supra 125 yg shock belakang empuk itu yg karbu. Supra fi 2014 > malah keras.

  23. Menurut gw naik ojol paling gak myaman itu waktu drivernya homo. Suka elus elus sendiri

  24. @overlap lebih ke gregel sepertinya. pas tarikan awal. gak tau variyo si abang yg ga kerawat apa gmn tp bbrp kali dapet seringnya kek gitu. terutama versi awal wantufaif

  25. Montorku 2 2 megapro satu primus satu lg NMPFi warna putih seperti yg Mang Kobay tesdrep, sayang sekali penjualannya ancuuurrr (NMPFi) sebenernya motor saya ini enak tapi ya itu pelan banget daah terlalu smooth jalan e

    Nyaris 1 kecamatan gak ada temen sesama NMPFi saya mang😢😢😢
    Disini kadang saya merasa sedih😭😢

  26. Yoi matic yamaha mio gtau gen berapa tu nyaman bgt, biar kecil shock empuk, stabil, klo ngerem juga badan tetep stabil..pernah dapet NMax dan Aerox, keliatan nyaman ni motor gede, eh kaget begitu jalan terutama jalan agak rusak, beton bergelombang itu hentakan ke pinggang berasa banget, kalo dr berhenti ketemu jalan agak nanjak ngeden bergetar lumayan mesinnya.

    Bapak saya yg udah tua pernah juga sama, 1 kali naik NMax, ga nyaman banget katanya, mau ke RS ceritanya eh beberapa kali ketemu jalan agak rusak pinggangnya nyeri banget.

    Oya saya punya nmp fi sama pulsar 220, komen orang rumah yang dibonceng 22 nya nyaman, tapi masih lebih nyaman pulsar 220, jok tebel shock empuk

Yuk Tinggalin Jejak Lads..