GSX

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Secara resmi, All New Yamaha MT-15 dirilis oleh Yamaha Indonesia (YIMM) pada tanggal 18 Januari 2019 lalu, artinya sudah 3 bulan berselang. Bahkan unitnya terlihat sudah didistribusikan ke dealer seluruh nusantara sejak 5 Januari 2019. Namun hingga kini, sport naked keren dan gahar tersebut belum terlihat sliweran di jalanan Ibukota – setidaknya di rute harian KBY. Apa penyebabnya? Benarkan karena faktor harga yang dianggap terlalu tinggi?Β 

Melihat langsung sosok All New MT-15 pertama kali di sirkuit Buriram Thailand pada awal bulan Oktober 2018 lampau. Tidak ada yang salah, desain keren, fitur mumpuni, spesifikasi pun menggigit dengan mesin VVA. Hanya saja saat itu dalam hati bergumam, harganya gakan bisa murah.

baca: Ketemu All New Yamaha MT-15 Di Thailand

Tinggal menunggu waktu hadir di Indonesia – secara aslinya MT-15 memang buatan Indonesia untuk diekspor – akhirnya YIMM merilis motor sport unik dan sangar tersebut dengan harga Rp. 35.335.000. Termasuk tinggi untuk sebuah motor sport 150cc meski opini KBY pribadi harganya masih masuk akal melihat spesifikasi yang diusungnya.

baca: Ini Dia Harga Resmi All New Yamaha MT-15

BELUM TERLIHAT DI JALANAN IBUKOTA

Klaim KBY yang belum pernah melihat Yamaha MT-15 memang nyata adanya, rute harian ngantor adalah dari duren sawit lewat cipinang indah, jatinegara, kampung melayu, tebet dalam hingga pancoran. Kalau pulang, MT Haryono, Otista, Kebun Nanas, Basuki Rahmat hingga duren sawit.

Dari resmi rilis hingga hari ini, belum pernah ketemu sekalipun. Tidak sulit untuk melihatnya karena bentuknya punya ciri khas dan karakter sendiri, gakan salah liat deh kalau di jalan.

Lucunya, KBY sudah pernah melihat sekali di jalan, tapi di pedalaman Jonggol! Yoi, waktu turing ke Jonggol bersama Nyonya pakai Kymco XCiting 400i tempo hari. Sayang waktu itu GoPro lagi non aktif.

FAKTOR HARGA?

Pertanyaan yang sama seperti di judul ditanyakan dari pembaca blog, apakah gak laku? Padahal keren loh kok jarang yang minat ya, lanjutnya. Pertanyaannya membuat KBY menerbitkan artikel ini, sekaligus siapa tau ada feedback dari pembaca lain apa penyebab Yamaha MT-15 kurang laku?

Kalau opini KBY pribadi memang ada di faktor harga.. Bagi yang mampu dan suka mungkin tinggal beli. Bagi yang minat tapi ngepas? Mikir mikir dulu. Mungkin karakter konsumen Indonesia itu menganggap motor sport naked 150cc ga bisa terlalu mahal, kalau fairing oke lah. Harga 35jt lebih memang cukup tinggi sih.

Meskipun terbayar oleh upside down, lampu LED depan belakang, speedometer digital, swing arm banana model, mesin VVA yang powerful namun tetap efisien dlsb. Tapi ya kayaknya sih emang gitu ya, gak dapet harganya untuk konsumen Indonesia.

BIKIN CB150 EXMOTION GAK HADIR?

Naahh.. gegara ini KBY jadi mikir lebih jauh, jangan jangan AHM udah menyimak karakter konsumen Indonesia lebih jauh, dimana kalau motor sport 150cc naked akan sulit bersaing jika harganya di atas 30 jutaan.

Itu mengapa hingga kini, AHM belum terlihat adanya gerakan untuk menghadirkan Honda CB150R Exmotion.. Ditambah rapor dari Yamaha MT-15 yang sudah 3 bulan belum menunjukkan taji yang positif. Kalau menurut lads sendiri gimana?

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing πŸ™‚

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

73 KOMENTAR

  1. hari Senin lalu beberapa MT15 lewat d Kalimalang, kliatannya mo jadi motor dinas polisi, coz d kawal mobil polisi pake sirine.. yang naek jg serba hitam dari helm ampe sepatu lars..
    Bulan lalu dah 35,8jt..katanya sekarang dah naek lg harganya..πŸ˜₯

  2. Udah pernah liat 2 kaling mang lewat jalur kerja bekasi-sudirman,,

    Btw tepat kah mang pakai parameter “jarang keliatan di jalan” buat nentuin sebuah produk laris atau engga?

    Buat sebagian produk apalagi yg segmented kayanya ga tepat deh parameter itu,, mt15 ini segmented ga sih mang?

    • Segmented mang, setuju parameternya pasti ada.. Siapa tau 100 unit per bulan seluruh Indonesia sudah sesuai target ya? Misal.

      Jadi, versi target sih ya laris

  3. Untuk harga segitu klo menurut saya pribadi kang mending pilih ktm duke atau second mt25 sama z250 yg pastinya udh bisa masuk lobby mall

  4. Penyebabnya masa @kobelyogaskobokyogays gak nalar, jelas faktor mepetnya harga kawasaki ninja 250mono di angka psikologis 250cc melawan 155cc nanggung, jadi faktor benturan harga antara naked 155cc dengan kubikasi motor fairing 250cc aji mumpung promo serta fresh color naik kelas tentunya

  5. Sudah sesuai dg penjabaran gua dari dulu πŸ˜‚ dulu si xableng hanya jadi pemain cadangan bayangan πŸ˜‚ terjual pasti..namun persentasenya jauh dibawah target. Nah, saat koar2 kemunculan si Mangkrak Total ini…gua juga bilang, akan jadi Pemain Cadangan jilid 2 πŸ˜‚
    Dan simak komen gua..walau ditunggu setahunan lagi ..nih motor hanya punya status..’syukur masih kejual ‘πŸ˜‚
    Jangan lupa..simpan komen gua ya πŸ˜‚

  6. Zaman udah berubah boss, jalanan semakin macet, pilihan paling rasional ya skutik/maxi scooter. Imho

  7. Mungkin takut sama yg kinclong2 polozzz πŸ˜‚ sekarang kalau nguber topeng Ultramannya dah bisa didapatkan di Bonjer πŸ˜‚
    Fans nya sampe teriak2 kegirangan..wuhhh usb poloznya Gedi…gedi πŸ˜‚ ditampuol sama usb bermerk cb exmo yg 41 mm ..langsung terdiam πŸ˜‚

  8. Coba masukin cb exmo ke indo kalo ngga laku tanggung jawab yo πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

  9. br sekali2nya ketemu daerah bandung kab. kirain gede eh taunya cm agak tinggi doang masih gedean duke terutama buritan mt15 slim bgt dilihat dr belakang

  10. Saya juga baru ketemu satu di daerah Binus Rawabelong Jakbar. Jangankan MT15, CB/ CBR150 minor facelift (yang velg Y tegak & cakram petal) aja baru ketemu satu biji di daerah ITC Roxy yang pake security.

  11. masa sih kang? dulu kayaknya pas baru rilis di thailand netizen kita banyak yg bilang ‘kalau yimm rilis di indonesia auto beli nih’ wkwkwkw

    setuju kang, masalah harga yg dianggap terlalu mahal kayaknya, at least buat most people ya

  12. Gw kalo disuruh beli baru juga ogah. Sayang bujetnya. Udah mana sekennya motor2 batangan 150cc pada ngedrop. Abis beli, setaun bosen, mau dijual lagi, anjloknya parah.

  13. MT 15 ini mah motor flagship naked bike 150an cc Mang … laku gak laku asal ada di daftar jualan buat dibeli Sultan wannabe

    ane yg harian nge-lewatin 5 kodya ( jaksel, tangsel, depok, kab. bogor dan bogor kota) aja gak pernah liat inih motor

  14. Pemegang kasta tertinggi cukup jual matic sama kampas rem beat πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ ngga usah urusin sport πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

  15. di kota malang jg ampir g ada tuh =(
    kemahalan, pada nyari sekenan 250 yg di olx ato fjb di fb seminggu laku
    harga sama dpt lebih gahar,sangar
    z250sl 22-26jt, z250 30-34,mt25 31-35

  16. Tambah 3jt bisa dapet Kawak 250SL, gengsi lebih oke (buat mata awam) dan lebih gampang gaet cabe2an πŸ˜€

  17. Kebetulan saya org desa mang kobay..
    Kalo disini yg paling penting desain mang sama brand image..
    Desain MT15 ini sangat2 segmented banget, hanya org2 yg antimainstream aja mau beli..
    Kalo harga, kebetulan didesa saya banyak yg jadi petani udang vanami, dimana kalo sekali panen untuk waktu 100 hari keuntungan bersihnya bisa buat beli CBR250RR/R25/Ninja250..
    Tapi tetep saja yg rame malah matic..
    Saya aja yg tiap minggu pulang pergi Pekalongan Semarang blom pernah ketemu ni motor..
    Liat didealer sih ada…

  18. Cb lariss maniss..Cbr pekgo masihh larisss manis dari tetangga πŸ˜‚ 250rr nya masih banyak yg ngembat πŸ˜‚ truss sitetangga Y posisinya dimana? Matic? Sport ? Bebex?πŸ˜‚ Lama2 bisa jualan helm tuh , wong si H jualan motor dg helm trx ..motornya lariss helmnya tetaap ikut diembat πŸ˜‚ ..sitetangga kalau gk dibagusin helmnya motor kaga laku πŸ˜‚

  19. Kelakuan netijen mendingan mendingan club dan auto beli suka komen banyak minta ke pabrikan minta ini minta itu(fitur , power ,irit , fungsional dll) akhirnya pabrikan kasih dan akhirnya konsumen dan netijen mendingan mendingan club dan auto beli itu pd kicep … Kasta nya mereka di matic entery level DP 0 angsuran 36bulan , dikasih pabrikan sesuai lagunya eh alesan nya kemahalan … Hahahahahahahahaha (ketawa jahat)

  20. Yg namanya motor egois Yach segmented. Bukan masalah flgship kelas 150 cc. Saya juga belum pernah liat.

  21. Di jalur saya kerja bekasi – Tj.priok baru lihat sekali om sama jarangnya sama motor saya rr mono hehehe

  22. Si MT ini ane liat di malang cuma sekali doang mang abis itu kagak pernah liat lagi hhahaha

  23. Rakitan indonesia 35jtan. Harganya sama kayak Duke 200 CBU india vin 2017 (uda kena diskon 3jt) pas pameran di PRJ 2018 padahal ccnya lebi banyak 50cc, auranya pun beda kalo di jalanan. Keliatan banget setting harganya kemahalan.

  24. Nah betul mang,, mungkin targetnya emang ga muluk” cuma sebagai pelengkap line up aja..

  25. Kalo MT15 harganya kemahalan mungkin targetnya bukan kelas anda πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ karena setiap motor beda kelas beda harga πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ kantong anda cukup untuk beli kampas rem beat πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

  26. Kalau urusan harga dah pasti H itu yg pasti lebih mahal secara head to head dibanding kasta2 bawah lainnya. πŸ˜‚ Hasilnya tetap jumlah pembeli/ konsumen H itu jauh lebih banyak.
    Jadi masalahnya bukan diharga πŸ˜‚ Mungkin tiap2 produx Y perlu dirukiah..πŸ˜‚
    Karena bagaimanapun juga..keuntungan jualan kampas rem beat masih jauh dri keuntungan jualan total para rival πŸ˜‚

  27. ane kerja Bogor – Pulogadung tiap ari belom pernah liat motor 1 ekor pun…………

  28. Yg ada dipikiran pemake pixcen adalah…kalau mau motor gue sept itu, maka gue akan siapkan budget dan waktu untuk mampir ke Bonjer.. πŸ˜‚

  29. Betul mas Cobay.. . Malah serser ketemu xabre akhir2 ini.
    Salam Gandhoz mas

  30. Betul mas Cobay.. . Malah sering ketemu xabre akhir2 ini.
    Salam Gandhoz mas

  31. Exmo ngga usah di bawa ke indo,fbh ngga pantes bawa sport πŸ˜‚ takut mesin mati di lamer πŸ˜‚ biasa bawa beat πŸ˜‚

  32. Blm pernah liat sekalipun dipusat kota bandung Mang padahal dealer yamaha sampe ada 2 tempat kebanyakan LEXY Malah yg sering ane liat di setopan

  33. Betul mang, saya driver online bandung yg hidup di jalan setiap hari dari pagi sampe malem, dari awal peluncurannya sampe detik ini baru satu kali liat motor ini di jalan, di daerah dago dket rs boromeus

  34. Exmo gak usah d jual di indo πŸ˜‚ kasian tetangga incomenya hanya dari ngaiz2 sampah πŸ˜‚ xableng aj dibiarin ngadu nasib sendiri..gak perlu dihadirkan lawan, nyatanya jadi pemain cadangan ( jilid 1 ) πŸ˜‚ jadi…kalau bicara tentang politix marketing..maka H menerapkan posisinya di jalur yg benar πŸ˜‚ rival2 tsb adalah juru Marketing sebenar benarnya πŸ˜‚ .
    Udah berusaha pake topeng Ultraman..usb nya ampun2an kinclongnya ,sampe gak keliatan merknya apa saking kinclongnya πŸ˜‚
    sementara H nyingkir dulu deh, jangan diusix ..kasian nyang ini πŸ˜‚

  35. Design bingung ya kayak gini πŸ˜‚ si exmo lariss..yang ini akhirnya berusaha menghadirkan keMiripan πŸ˜‚ sementara untuk globalnya..mt125 itu masih mirip2 xableng πŸ˜‚
    Usb nya gedi gedi gedi…. Insyaf deh saat disandingkan sama punya si exmo yang lebih Gedi pluzzz ( ada merk nya lowh ) πŸ˜‚.
    Jadi ..agar gak M-angkrak T-otal…Rumusnya sekarang..’ syukur2 masih terjual ‘ πŸ˜‚

  36. RUte ane pasuruan (pandaan) – malang (suhat) aja gaperna ketemu sama sekali dari awal rilis , kalo di dealer sih sering nengok pas macet pasti di display di depan sendiri biasanya tapi sampe sekarang keknya display nya gak ganti2 mt15nya karena gak laku atau emang itu khusus display gatau juga.

  37. Di tempat gue kerja, ada anak SMA bawa motor ini ke sekolah. Dri depan, headlampnya memang garang…

  38. It wasnt like that bro…
    Trend sudah bergeser om, tadinya masi suka koplingan, lha sekarang macet dimana mana… Mungkin pembeli mt15 cuma di daerah yg masi sepi, sepi polisi, sepi mobil, sepi motor, sepi manusia, sepi binatang…

    Matic unggul dimana mana, kecuali lumpur.
    Apalgi matic seperti beat, cukup isi bensin, ganti oli, udah….

  39. favo di thai aja sih om, kalau di sini beda lagi peruntukannya, konsumen sini takut ama istri, beda ama suami suami di Thai yang bebas mengeksperikan duitnya, istrinya nurut aja. Kalau disini bapak bapak dah pada ikutan perkumpulan suami suami takut istri.

  40. Resiko motor very very segmented ya gitu boss..😁desain sama harga nya bukan pilihan org banyak.

  41. MT-15 lahir d saat yg kurang tepat, d saat Kawasaki Mono lg jor”an promo banting harga. Ah coba sj design MT-15 ini bwt Vixion, mungkin bisa dongkrak penjualan dan memuaskan konsumen…

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.