GSX tekiro

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr.. Di Indonesia, Kymco yang dikomandoi oleh PT Smart Motor Indonesia, punya skutik paling besar dari sisi kapasitas mesin yaitu Kymco XCiting 400i. Meski sebenarnya memiliki Kymco AK550, tapi yang dijual secara resmi di Indonesia ya si XCiting 400 ini. Sesuai nama, kapasitas mesinnya adalah 400cc 1 silinder. Yuk kita mengenal lebih dekat si bongsor warna hitam yang sedang berada di garasi KBY ini, termasuk spesifikasi, fitur dan harganya.. cekibrot..

Karena satu dan lain hal, Kymco AK550 yang seharusnya menjadi skutik Kymco terkuat dan terbesar di Indonesia batal hadir. Dengan demikian status tersebut jatuh ke saudaranya, Kymco XCiting 400i hehe..

Si Xciting 400 ini sudah berhari hari di tangan KBY, sooo sebelum menuju ke pembahasan review lebih lanjut dan lebih lengkap, tidak ada salahnya kita mengenal skutik terkuat di jajaran produk Kymco Indonesia ini.. Are you ready lads?

DESAIN

Jika melihat dimensi, jelas Kymco Xciting ini gede dan tinggi, panjangnya dua meter lebih! Dari bentuknya masih kental nuansa Kymco alias Kymco banget deh hehe, malah kalau ditatap lebih lama, si Xciting ini seperti Racing King dalam dimensi yang nyaris 3x lebih besar!

Lihat saja bentuk lampu depan serta lampu rem belakang, ada kemiripan dengan si adik yang hanya punya kapasitas 150cc tersebut. Bedanya, jarak antara kepala setang dengan lampu lebih pendek si XCiting ini dibandingkan Racing King 150.

Ngomongin ganteng, jujur aja, K-XCT 200i dan Downtown 250i masih lebih cakep di jejeran skutik maxi Kymco, tapi bukan berarti jelek ya, kalah ganteng aja ama saudaranya yang disebut di atas hehe. Spionnya yang keren konon jadi andalan buat modif Yamaha XMax loh.

FITUR KYMCO XCITING 400i

AKOMODASI

Melihat dimensi, yang langsung terbayang oleh KBY adalah akomodasi yang bertaburan dimana mana, ah sayangnya, Kymco kurang dapat memanfaatkan ruang yang ada. Si XCiting 400 ini menang gede doang lads..

Contoh laci di bagian depan, hanya ada 1 di sebelah kiri, itupun kecil gak muat nyimpen HP. Ditambah posisinya agak turun mirip kaya laci Aerox, jadi kalau gak hati hati, buka laci bisa pada jatoh barang di dalem hehe. Bagusnya sih sudah ada colokan charger.

lacinya kecil

Bagaimana dengan bagasi? Besar sih tapi kurang dalam, untungnya ada lampu dan cukup panjang, nyaris sepanjang joknya yang sangat empuk itu. Jadi meski hanya mampu menelan 1 helm open face, namun masih bisa menampung barang lain karena sisanya masih banyak banget!

bagasi panjang dengan lampu

FITUR LAIN

Kayaknya memang alasan harga ya, kembali Kymco tidak memberikan rem ABS pada XCiting 400i, jadi meskipun respon remnya sangat baik berkat dual disc, 4 kaliper radial plus floating disc di depan namun ngeri ngeri sedap karena belum ada ABS nya hehe. Bukan apa apa, ini skutik 400cc loh mesinnya. Masukkan buat Kymco nih..

rem tanpa ABS, pakem!

Karena bobotnya nyaris 200kg, biar gak nyusahin rider kalau harus berhenti di tanjakan atau turunan, Kymco XCiting dibekali rem parkir yang letaknya ada di sebelah kanan agak di bawah. Asiiikk.. Juga adanya penyetelan tuas rem kiri kanan, khas Kymco!!

tuas rem kiri kanan dengan setelan
rem parkir, aman dan mantap
foot step model push
LAMPU DAN SPEEDOMETER

Beralih ke lampu lampu, bagian depan menggunakan lampu bohlam 2x35W (tipenya H7 kayaknya ya). Terang meski kurang kekinian ya. Lampu DRL LED yang menyerupai mulut nyengir saat menyala hadir tepat di bawah lampu depan, terlihat exciting hehe..

Di belakang, lampu remnya sudah LED begitu juga dengan sein depan dan belakang. Lampu remnya meski agak kebesaran tapi cakep dan terlihat mevvah. Oia XCiting 400 ini juga ada hazard dan lampu pass beam, sudah standar Kymco lah ya.

Speedometer, di sini kembali KBY harus kecewa, selain bentuknya tidak semewah Downtown 250, fiturnya pun mirip dengan Racing King dan K-XCT, ada tripmeter A dan B tapi tanpa AVG.. Yaaahh.. Kunci juga masih konvensional di semua produk kecuali AK550.

speedometer minim fitur

HARGA KYMCO XCITING 400 INDONESIA

Ini yang menarik lads, kalau bicara kapasitas mesin, Kymco Xciting yang punya mesin 400cc sudah masuk ranah moge. Dengan bodi sebesar itu dan kelengkapan yang dimiliki, Kymco Indonesia memberikan harga Kymco XCiting 400i cukup masuk akal, yaitu Rp. 108 juta. Menurut KBY sih affordable yak?

tes ke Jonggol

Spesifikasi Kymco Xciting 400i Indonesia

DIMENSI
Panjang x Lebar x Tinggi2220 x 795 x 1285 mm
Jarak Sumbu Roda1565 mm
Jarak ke tanah140 mm
Tinggi / Panjang Sadel810 mm
Berat bersih193 kg
KELISTRIKAN
PengapianECU lgnition
BateraiMF, 12V 12AH
BAHAN BAKAR
Jenis bahan bakarBensin, oktan #92
Kapasitas tangki bahan bakar12,5 L
MESIN
Tipe mesin4 Stroke, 4 Valve, SOHC, FI
Kapasitas (cc)399,6 cc
SilinderSilinder tunggal
Sistem pendinginBerpendingin cairan
Perbandingan kompresi10,8 : 1
Maks. Tenaga Mesin (kW/rpm)26,5 / 7000
Maks. Torsi Mesin (nM/rpm)37 / 6000
Diameter x Langkahφ84×72 mm
Kapasitas oli mesin1,5 L
Kapasitas oli transmisi / Tipe0,23 L
Sistem StartElektrik
TransmisiCVT Otomatis
RANGKA
Ban DepanTubeless 120/70-15
Ban BelakangTubeless 150/70-14
Material banNilon
Rem DepanDual Cakram @280mm
Rem BelakangSingle Cakram @240mm
Suspensi depanTelescopic Fork
Suspensi belakangDouble Swing
WARNA
Pearly Black, Mat Red dan Mat White

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

10 KOMENTAR

  1. Bikin disini biar harga terjangkau minimal ckd all product, di Taiwan sono ini merk lumayan dibanding sym lah wong tmax aja laku…

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.