Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr.. TMC Blog pernah bikin artikel tentang data penjualan sepeda motor ke setiap daerah di seluruh Indonesia dimana terbagi dalam 28 provinsi. Fakta terungkap bahwa angka distribusi terbesar sepeda motor adalah ke daerah Jawa Barat. Selama 5 bulan terakhir sejak awal 2018, dari 2,6juta unit yang tersebar sekitar 17,65 % atau total 463.813 unit sepeda motor terjual di daerah Jawa Barat. Yang busednya, untuk kawasan Jawa Barat sendiri sepeda motor merek Honda sangat mendominasi dan hanya menyisakan sebesar 18% doang untuk jadi rebutan merek lainnya! Kok bisa?

Bisa ditemukan kewajaran sih sebenarnya, pertama basis produksi sepeda motor Honda di dominasi area Jawa Barat, kedua, JaBar merupakan salah satu daerah dengan populasi terbanyak di Indonesia, secara teori, populasi banyak = banyak konsumen hehe. Yang ketiga, merek Honda ternyata menjadi terfavorit di suku Sunda tersebut. Pertanyaannya, memang berapa unit sih sepeda motor Honda yang terjual di Jawa Barat? Mengapa bisa menjadi yang terbesar dari sisi persentasi?

MARKET SHARE HONDA DI JAWA BARAT

Meskipun tidak disebutkan jumlah angkanya namun Liputan6 (Baca sumbernya disini ) menyebutkan bahwa Honda menguasai sekitar 82% market share penjualan sepeda motor di Jawa Barat. Bused, 82% lads! Kalau sebesar itu artinya Honda hanya menyisakan sekitar 18% saja untuk direbutkan dengan merek lainnya, jumlah tersebut bahkan gak sampai seperempat total market share sepeda motor di area Padjajaran tersebut lads!

Krisgianto Lilikwarga selaku Presiden Direktur PT. Daya Adicipta Motora yang merupakan Main Dealer sepeda motor Honda untuk area Jawa Barat, mengutarakannya pada kesempatan di Honda Bikers Day 2018 di Pangandaran beberapa waktu lalu, jika Model skuter matik masih mendominasi penjualan Honda, terutama Honda Beat, kontribusinya mencapai sekitar 90% penjualan motor Honda di Jawa Barat.

Model skuter matik masih mendominasi penjualan Honda, sekitar 90%. Penjualan motor Honda dari Januari – Oktober 2018 mencapai 750 ribu unit, dan kami yakin bisa mencapai target 890 ribu unit,” kata Krisgianto.

Angka 750 ribu unit saja sudah menyumbang sekitar 18% dari total market share milik Honda secara nasional, bagaimana jika 890 unit tercapai di akhir tahun yak? Angka 22% nasional bisa diraih tuh mengingat total penjualan sepeda motor Honda secara nasional ada di angka 4 jutaan unit.

MARKET SHARE HONDA BIG BIKE JAWA BARAT

Krisgianto juga sempat menginformasikan penjualan moge alias big bike Honda. Periode Januari – Oktober 2018 DAM berhasil menjual 48 unit. Target pejualannya sendiri 70 unit sepanjang 2018. Dan motor Big Bike Honda paling larsi di Jawa Barat antara lain Honda CB500X dan Honda CMX500 Rebel. Cucok sih untuk area adem, meski tidak semua area Jawa Barat itu sejuk, tuh Cikampek, Purwakarta dan sekitarnya panas beud wkwkw..

review Honda Rebel 500

Kalau angka penjualan sepeda motor Yamaha di Jawa Barat gimana kang? Nah kalau ini ga tau kenapa, Yamaha Jawa Barat seperti hati hati kalau tidak mau disebut menutup info, lah bagaimana bisa tau kalau blogger Jawa Barat-nya aja jarang disentuh let alone diundang wkwkw..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

41 KOMENTAR

      • Mending servis di yamaha ngak boring , byuuhh nikmatnya punya motor big power 4 klep vva : aerox R dan lexi tapi ngak banyak masyarakat jabar yg ngeh riding quality maxi 4 klep vva begitu nikmat joyride , yo wes sak karepmu 2 klep jadul non vva , sing penting ane woles klo servis ora antri mengular bikin boring ky antri bikin sim / perpanjang stnk

    • Kan bisa sambil bikin tread mas kobayo ? judulle bebasss..dijamin Rame, asal judulle jangan yg kayak gini : berasa kiamat kecil ? sepi

  1. ya bagus lah motor kuh jadi eksklusif-ness nya berasa bgt hahahahaa wik

    Hmmm… gimana klo ahm bikin all new beat 125 esp helm in ? Ajuuurr leburrr

      • 1 buah 125 H diadu dgn 1 maxi 125 Y baby nmax keox tuh 125 H berkali² start, bahkan dikasihani start 10 meter didepan maxi 125 Y berinisial L juozz gandhos kotos²

  2. Beat itu 1 juta unit dalam waktu 8 bulanan hingga 9 bulanan ?? … Udah jalan beberapa tahun ini duasyat ?
    urutan ranking
    Beat
    Vario
    Skupih
    Pcx
    Itu yang matic ? masih gak percaya?????

    • Wenak aerox R dan lexi , dua motor itu ngalahin semua matic series H , udah gitu servisnya Penak, woles , ga bikin bete gegara antrian mengular phyton kwkwkwk

  3. Karna persib dan bobotoh mang, dia beli kaos ada logo honda jadi beli motorny juga honda. Wajar kalo 90% bobotoh iti fbh. Waktu datsun sponsorin persib, jualan datsun tertinggi jg di jabar mang. Harusnya yamama jg sponsorin tuh persija

  4. Game dgn latar jalan raya di Indonesia secara tidak langsung mempromosikan honda. Coba perhatikan apa yg terlihat di pinggir jalan.. indomaret, alfamart, warung pecel lele… dan AHASS

  5. ini zmua akibat ulah blogger2 amplopan pastinya. blogger2 amplopan terlalu giat berpromosi, menutup2i kejelekan honda, padahal apa sih keunggulan honda dibanding yamaha???

    coba kalo ada produk yamaha jadi pemimpin pasar, itu hanyalah karena konzumen zudah mengerti mana produk2 yang value saza lah . . . . .

    —–
    begitu lah balada konsumen indonesia oleh zuragan zebelah

    • Ingat sejarah bro ? sejarah yang mendasari kesuksesan H..disamping sangat pintar mengolah produk..juga sangat pintar memanage marketing ??

      Kekurangan Y yang nyata adalah menghadirkan sebuah produk dengan posisinya, dalam hal ini penempatan posisi yang masih ngambang bahkan rancu.
      Y menghadirksn 1 produk bukan untuk bersaing- mengalahkan produk rival..tapi menghancurkan varian mereka sendiri. Baik itu kelas ataupun harga.
      Jadinya kaga numbuh ..tapi statis – menurun ?
      Statiss – menurun? Ya, berkaca saja dri ms yang dulu2..
      H naik dari 50 persen up dan up dan up…sedangkan Y 30 20 diem diem diem…dan kini kayaknya tinggal 15 ?

    • Mereka menjunjung tinggi harga diri mereka bro ? nereka gak mau melachurkan harga diri mereka dg sesuatu yang ‘ murahan ‘
      Makanya.. H adalah jadi bagian tepat dalam kehiduoan ??

  6. Wah setelah blog mainstram diperketat , sampahnya pindah dimari.ya gpp sih demi sesuap nasi.
    Jago banget tuh marketingnya sampe segitu

  7. Ane ngidam cbr thai, smp skrg lum keturutan..tp klo Hondanya AHM sih no..!!! Maaf ngga suka…

  8. Lah saya pake vixion vva. Pas vva nya aktif (di tas 7500 rpm) tenaganya malah lambat naiknya. Beda dengab CB yg bisa samepek redline…

    Bobot saya 100kg wkwkwk

  9. 82% itu meskipun profesinya guru, dosen, direktur selama ngga beli merk Y bukan kaum “smart” kata fanboy sebelah yang maha benar wkwk

  10. paling enak ya servis di Honda Cihampelas, kalau bosen nunggu servis selesai, bisa nyebrang ke Ciwalk, nongkrong di sana, ngopi-ngopi sambil lihat nonik nonik bercelana pendek yg banyak berkeliaran di sana.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.