review all new PCX 150 harian dan dibawa turing

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr.. Meskipun gak sampe gumoh alis olab, all new honda pcx 150 lokal 2018 ini KBY habiskan selama 3 hari, dibawa ke kantor pulang pergi dan menghabiskan lebih dari 100 kilometer, cucok meong lah udah pas. Selama 3 hari dan digunakan hanya di perkotaan sebagai simulasi skutik komuter untuk city riding, berikut hasil review harian Honda PCX 150 lokal 2018 CBS dimana KBY berkesimpulan motor ini merupakan skutik yang enak, mantap sekaligus banyak “tapi”-nya. Memangnya kenapa kang kok banyak “tapi”-nya? Penasaran ya? ya? Wkwkwk, mangga digeber dulu ke bawah..

Cuma 3 hari, dimana efektifnya hanya dua hari, tentu sebagai orang yang sibuk (ejiyeee) ngantor, Honda PCX 150 CBS ini (iya betul CBS, bukan yang ABS) praktis hanya kepake di rute harian rumah kantor pulang pergi ajah. Beruntungnya, Rabu kemarin ada janjian sama orang dengan jarak lumayan, jadi bisa terakomodir lah riding jarak jauh area perkotaan. Ditambah ada sesi turing bersama AHM ke Tanjung Lesung Banten, nah KBY sekali lagi nyobain All New PCX CBS ini karena ingin tahu kalau dibawa rute luar kota.

DESAIN PCX 150 LOKAL

Gakan diulang ya, KBY dah ulas beberapa kali akan desain dan sosok All New PCX 150 lokal, jadi silakan klik aja link di bawah ini:

PERFORMA dan KEIRITAN

Ini adalah kelima kali KBY berkesempatan mencoba performa keseluruhan dari All New Honda PCX 150 lokal, yang pertama saat launching perdana, yang kedua saat launching di Bandung, ketiga punyanya masbro Hadi, keempat review harian dan terakhir saat ke Tanjung Lesung minggu lalu. Singkatnya, sudah khatam dong akan review keseluruhan skutik ini, jadi tau persis mana kekurangan dan kelebihannya.

Dibilang luar biasa tentu tidak, ini skutik, bukan motor sport moge hehe, tapi tetap dapat membuat senyum dari tarikan alias akselerasi dan performanya, dapat dikatakan sangat mumpuni dan tak pernah habis atau ngos ngosan baik di jalan datar maupun tanjakan. Tapi ini bicara riding sendirian ya, gak boncengan.

review all new PCX 150 harian dan dibawa turing

Akselerasi di bawah baik, di tengah sedikit lambat nah atasnya baru jengat. Semuanya terasa halus tanpa sentakan dan getaran mengganggu.. kecuali, ya kecuali, saat stop dan go.. Ini penyakit lama PCX yang diturunkan ke Vario, kanvas CVT nya gampang banget kotor hingga saat stop dan go akan terasa getaran, dan itu akan tambah parah jika didiamkan seiring bertambah kotornya si kanvas.

Top speed All New PCX 150 di dalam kota dapat diraih 117km/jam, luar kota gak bisa lebih dari 105km/jam karena kudu ikutin road captain di depan toh? Sementara konsumsi bbm Honda PCX lokal di dalam kota adalah 42.9km/liter, sedangkan saat digunakan turing kemarin, ditangan KBY dapat 46.9km/liter..

top speed Honda PCX 150 lokal 2018

konsumsi bbm all new PCX 150 lokal 2018

HANDLING

Seperti yang sudah KBY bahas di artikel test ride PCX lokal sebelumnya, handlingnya gesit, tangkas layaknya skutik berukuran di bawahnya. Ya kejutan, karena PCX CBU Vietnam handlingnya agak kaku dan berat serta cenderung understeer alias lurus mulu. Hal ini dibuktikan tak hanya di dalam kota, namun juga luar kota. Si PCX lokal ini sigap baik dalam selap selip di kemacetan maupun saat menyusul kendaraan di luar kota.

review all new PCX 150 harian dan dibawa turing

ERGONOMI dan KENYAMANAN

Sangat halus dan tenang bangeeett.. Lebay? Haha, mending nyoba sendiri lah, jangan deket jaraknya, jauhan dikit. Kondisi halus dan nggeleser ini ditemui saat mode cruising alias dalam kecepatan 40 hingga top speed.. Iya, bahkan saat menggapai top speed pun bisa dikatakan bebas getar!! Mesinnya sangat kalem, halus dan tenang.. ini yang bikin rider menikmati perjalanan bersama All New Honda PCX 150, karena nyaman itu tak hanya ayunan skok atau empuknya jok, kondisi bebas getar juga bikin senyum terus loh.. Hal ini yang tak ditemui pada kompetitor.

review all new PCX 150 harian dan dibawa turing

Bagaimana dengan shock nya? Yak memang harus diakui agak firm, lebih empuk dari NMax lawas, tapi lebih keras dari PCX CBU. Jujur agak sulit dan bikin bingung menjelaskannya dalam bentuk kalimat, karena kondisi dan kinerja si sokbreker PCX lokal ini bisa berubah ubah, saat jalan mulus sangat nyaman, ketemu jalan agak bopeng masih oke, nah ketemu jalan bumpy kaya aspal yang lumer bentuknya gede gede baru kerasa keras, ketemu patahan jalan yang agak tinggi juga berasa keras.

Joknya gimana? Ini juga nyaris setali tiga uang dengan suspensinya, ditekan jari terasa empuk meski gak empuk banget pastinya. Bentuk joknya sangat suportif, seakan siap menyangga si rider. Betul saja, begitu duduk di atasnya kita seakan terpatri dalam cetakan jok, nyaman dan pas banget. Tapi begitu sudah jalan baru terasa jok ini tidak seempuk saat ditekan, keras banget kaya batu sih gak tapi ya pokoknya terasa gak empuk. Lucunya, KBY dan rekan rekan yang mencoba tidak mengeluh akan kondisi ini.

Jawabannya sama semua, gak empuk sih tapi gak cape atau bikin bokong kebas (kesemutan/ pegel). Aneh kan? Keluhan hanya muncul dari bungkus jok yang licin, bukan licin di bokong tapi licin karena seperti tidak nempel dengan sang busa, akibatnya saat kita menggeser posisi duduk, bungkus jok ikut bergerak, kaya kulit kisut mengkerut gitu, jadi inget kulit sunat.. eh.

PENGEREMAN

Untung banget KBY dapat yang remnya CBS, karena justru disini bisa diketahui letak perbedaan antara PCX 150 CBU Vietnam yang juga CBS tapi rem belakang teromol dengan PCX lokal yang juga Combi Brake System (CBS) tapi rem belakangnya sudah cakram.. Kesimpulannya? Ih KBY demen banget sama sektor ini! Mengapa? Karena perbedaannya nyata! Paling mantap itu menurut KBY sih kesan natural yang diberikan oleh sistem CBS-nya, empuk, responsif dan pakem!

Tapi saran nih, jangan terlalu mengandalkan tuas rem belakang (CBS) saja, jadi begitu tuas kiri ditarik, ikuti dengan rem depan. Ya, untuk sistem rem CBS memang paling cucuk meong itu menurut KBY justru rem belakang dulu, biasanya sih KBY rem depan duluan, baru diikuti rem belakang (jika diperlukan). Tapi bebas sih kalau mau depan duluan diikuti CBS belakang juga oke, KBY sudah tes dua metode ini.

review all new PCX 150 harian dan dibawa turing

ALL NEW PCX, NYAMAN BANYAK TAPINYA

Setelah membahas semua akhirnya bisa disimpulkan kalau All New PCX 150 ini memang motor yang nyaman dengan mesin yang powerful serta keiritan bbm yang mantap. Hanya saja juga banyak tapinya alias kekurangannya. Yoi, bukan produk sempurna lads.. Berikut daftar kekurangan All New PCX lokal:

  • Jok cenderung keras
  • CVT getar saat tarikan awal, kondisi stop dan go sangat terasa. Penyakit ini juga ditemukan pada PCX CBU dan Vario series.
  • Mesinnya meski dikatakan mumpuni tapi kurang teknologi seperti VTEC
  • Cat kurang tebal
  • Lampu depan cukup tapi kurang terang
  • Shock belakang relatif keras

All New Honda PCX 150 lokal Indonesia seharga Rp. 27.7 (CBS) juta dan 30,7 juta (ABS) ini merupakan sebuah skutik yang diciptakan memang bukan performance oriented, cocok bagi rider penyuka jalan santai dengan mesin dan akselerasi yang sangat halus, hening dan tenang.. Performa sangat mumpuni? Anggap saja sebagai bonusnya.

review all new PCX 150 harian dan dibawa turing

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

104 COMMENTS

  1. Kulit sunatnya #eh kulit joknya berarti rawan sobek, btw mengapa semua cat motor hunda berwarna hitam gampang buluk (cat body-pala babi rem)?

  2. ini motor kayaknya paling pelit stripping ya. sebodi2 cuma tulisan pcx…

  3. Jd dpt diabil kesimpulan walaupun ini matik yg much fitur dan ok performanya tp ini bukan masterpiecenya ahem, berarti masih ada batch lain yg bakal jd masterpiecenya ahem ?

  4. Menurut mang kobay kalo disuruh milih mending pcx atau nmax?sisi fitur kayanya menang pcx ya?kalo nmax unggul disisi engine.soalnya lagi galau nih udah indent pcx cbs dari awal maret sampe sekarang tapi belum ada tanda tanda bakalan datang itu pcx,jadi pengen melipir ke dealer yamaha nih tapi masih ragu ragu mau ngambil nmax abs.silusi nya dong mang kobay eh maksudnya solusi 😄
    Salam dari reader kalsel

  5. Kalo mang kobay disuruh milih antara pcx dan nmax,yg mana yg mang kobay pilih?soalnya lagi galau nih hehehe.udah indent pcx dari awal maret sampe sekarang belum ada tanda tanda bakalan datang tuh pcx.mau melipir ke dealer yamaha ngambil nmax abs tapi masih ragu ragu.kalo pcx kan menang difitur tapi kalo nmax unggul di engine.silusinya dong mang eh solusi maksudnya hehehe
    Salam silent reader kalsel

  6. ……nyaman itu tak hanya ayunan skok atau empuknya jok, kondisi bebas getar juga bikin senyum terus loh……

    Itu yang membuat saya ingin meminang…..pertimbangan usia…..

    • ……nyaman itu tak hanya ayunan skok atau empuknya jok, kondisi bebas getar juga bikin senyum terus loh……

      Permainan kata2’y mantap broww.
      Brhubung shock’y keras jdi lari’y k geter.
      Ehhh pdhal sama ada geter2 jg yakk
      Kwkwkwkw

      • Asal kampas cvt dibersihin udah pakem lagi kok, ngga gredeg. N max kalo habis kena banjir/1500km an gredeg parah juga tuh CVT nya karena kotor.. ane pakai 2 2 nya soalnya.. bagus smua kok, cuman emang bener , pcx atasnya alus pisan bikin senyum dah.. kaya terbang

      • Salah satu yg gak pernah gw sharing, lepas nerjang genangan aer (banjir), CVT Nmax/mio pasti selip.. Gak pernah terjadi di pcx/scoopy /vario dengan kondisi yg sama..

      • Bener banget mang, Nmax desainnya doang kaya speedboat tapi main air dia selip CVT nya sedangkan vario 150 yg keliatan lebih inferior malah baik2 saja. Kebetulan ane pelihara 2 matic itu

  7. kira2 bakalan nyalip nmax gak ya? potential buyer nmax bakalan jatuh hati ke pcx atau malah tetep setia ke nmax (nungguin peslip). soalnya tau sendiri lah ya sebagian konsumen nmax itu orang yang suka turing2 & motornya dipasangin box2, strobo (beberapa oknum yang suka sruntulan) & stiker klub yang ‘pating trembel’. kayaknya kalo pcx didandanin gitu ga pantes soalnya terlalu cantik.

    • Gw gak mau sotoy, kemungkinan nyalip Ada tapi kecil, karena Yamaha protektif banget sama NMax krn jadi mesin atm baru nya nih.. Lah paling laris di jejeran produk yamaha lainnya. So nantinya Nmax bakal Ada ubahan pembaharuan..

      Mungkin Mepet Mepet sih bisa, dan sekali dua kali bisa nyalip Nmax tapi gakan jauh jauh..

      • Semoga pcx lokal ga laku…biar pcx ane ga pasaran kayak nmax….ato anggap barang gagal stop produksi aja gpp..beralih ke new vario…biar ane jadi orang yg beruntung beli pcx lokal batch pertama. @mang kobay…kalo mang kobay dah punya PCX CBU apa whorted ganti ke PCX LOKAL?

    • Bakal laku pasti..tp klo nyalip nmax kyknya berat..desain bagus tp gak terlalu wow, nmax jg gak keliatan kebanting…fitur ok tp nmax berpotensi nyamain jg..
      Yamaha kyknya belum perlu terlalu khawatir walaupun gak boleh lengah jg..
      Kecuali……..keluar pcx tp desainnya kyk forza..
      Yakin dah nmax tewas….

      Gak kyk cbr yg totalitas bikinnya (wlwpun ttp kurang laku 😂) klo pcx kyknya lebih ke cara honda ngeredam penjualan nmax yg bagus..untuk sementara..
      Klo nmax nya masih ngelunjak juga….kyknya baru deh honda ngeluarin forza 😃😃

    • Ane yakin bakal lebih laris PCX nantinya, karena dari desain lebih bagus / mewah PCX yg bilang lebih bagus ataupun berkarakter nmax itu cuma owner nmax atau fby yg menghibur diri. Fitur jauh lebih lengkap PCX dari keyless sampai full LED Light, walaupun belum VVA tapi siapa peduli karena efeknya pun gak terlalu signifikan dibanding PCX lokal. Dan yg terpenting adalah harga, cuma beda tipis sama nmax tapi dapet lebih banyak

      Masalah brand, keduanya punya brand image yg sama2 bagus kok

  8. Servis gratis pcx lokal cuman 3x ya kang? 1000+oli gratis, 6000, 12000. Jadi interval waktu servis normal 6000km. Hmm mirip2 mobil interval servisnya

      • Penyakit kang wkwk. Dan biasanya ahass buat bersihin cvt ada biaya tambahan selain servis wkwkwk

      • Di AHASS salah satu dealer wing kota bekasi biaya bersihkan CVT vario itu lebih mahal daripada service rutin dan yg koplak kalau kita ambil paket servis rutin biaya bersihkan injector itu beda lagi ditambah wajib beli injector cleanernya

        Jadi sebetulnya servis rutin itu ngapain aja ya?
        Padahal biayanya lebih mahal daripada servis nmax ane di beres yamaha

  9. Topspeed all new pcx 2018 tembus 140kmj utk performa fast ride sang juara

  10. Saran buat AHM Untuk facelift PCX kedepannya harap diperhatikan untuk area clucthnya agar bisa tetap clean sehingga efek grenjel tidak terjadi lagi,la soalnya cost untuk clean area cvt larang mas bro ,75k kalau dikalikan 12 kali dalam 1 tahun ya bisa buat cicilan to, hahahaha. Dan biar awet bautnya.

  11. Yang saya rasakan sama dengan apa yang di artilel ini. 1 jam bersama PCX terasa ingin terus….

      • Hehe iya kang nikmatin aja yg dipunya. Sy jg keburu ngambil yg cbu. Gara2 kang kobay keseringan pamer sniego #klokagasalahnama di blognya.

    • cbu msk banyak kekurangan tp maintenance cost nya lebih rendah dr lokal yg modal fitur doank. tp ini kl bicara 5-10 thn ke depan ya.

      • waktu di sirkuit emang tabung NMax lebih empuk dan nyaman, tapi masih kurang valid, namanya juga sirkuit, gada lobangnya. Simulasi jalan bumpy ada sih makanya gw bisa bilang lebih nyaman shock nmax facelift.

  12. ada yang kurang nih, bunyi ngoroknya belum dibahas…
    kalau tarikan bawah disebut baik ya? padahal berasa lemot

    • Gak kerasa lemot tuh menurut gw mah.. Gesit aja.. Meski hentakan awal gak kaya NMax yg kasar (nyundul)

      Ngorok nya normal menurut gw.. Soalnya pernah denger yg lebih kasar dan kenceng wkwkkww

      • Nmax itu ngorok kenceng banget….ane 4000km jual nmax tuker pcx…lebih nyaman jauh dr nmax…tapi kalo buat tarikan yg kasar nyendel2 gt lebih berasa nmax…maklom beda klep 2 biji ma 6cc belom VVA nya…tapi ke 100 lumayan cepet lah…

  13. Mantapp reviewnya, sebenere ada kasus. Klo dpake boncengan dl jln yg rata, terasa suspensinya ato cvt nya bergesekan “grek grek” dgn frekwensi yg tetap. Kira2 apanya ya. Kepo bgt nih soale mengganggu bkendara

  14. “ini yang bikin rider menikmati perjalanan bersama All New Honda PCX 150, karena nyaman itu tak hanya ayunan skok atau empuknya jok, kondisi bebas getar juga bikin senyum terus loh.. Hal ini yang tak ditemui pada kompetitor.”

    Jadi kompetitor shock sama joknya lebih nyaman mang??

    “Bagaimana dengan shock nya? Yak memang harus diakui agak firm, lebih empuk dari NMax lawas, tapi lebih keras dari PCX CBU.”

    Kamu jahat mang di bandinginnya sama NMax lawas.. ckck

    • Makin sensitif makin canggih wkwkwk, salut 2 channel juga pertama di indonesia matic pakai rem Abs

      • Baru tau Ada yg bilang gini.. Makin sensitive Makin Canggih.. Kl gitu harusnya moge moge dibikin sensitive jg dong abs nya..
        Atau kalau moge kejauhan, abs R25 deh samain kek punya Nmax.. Wkwkw

  15. Bentuk frame beda ama CBU jelas jadinya lebih bagus handlingnya. Tapi tebal framenya berubah drastis. Sama pegangan speedometer ga besi lagi tapi pake plastik resin

  16. mmmm, review motor yang aneh sebenernya, judulnya sih banyak tapi nya, eh cuma dipembahasan dibilang oke2 aja, shungguh aneh dan tak masuk logika #RIPLOGIC

    jok keras + shock keras + CVT gredek2 = nyaman dipake WTF?

    logikanya dimana?? #RIPLOGIC
    fix artikel bayaran.

  17. Utk jadi maxi skutik sejuta umat kayaknya susah. Secara dimensi bodynya kegedean/kelebaran. Beda sama NMax. Dibawa pembokat imut aja masih cucok….

  18. Ternyata….begitu.
    Byk yg komplain shock belakang miring,/bengkok….
    Mudahan mudahan laku…keras.tumbangin Nmax &Aerox155….

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.