akibat spion dilipat pengendara ninja tewas tersambar truk di malang

Kobayogas.com – Hola lads, salam geber.. malapetaka, musibah memang tidak pernah ada yang tahu tapi kelakuan kita di jalan juga dapat menimbulkan yang namanya contributory negligence yaitu kontribusi kecerobohan. Maksudnya, bisa jadi yang pembuat awal kecelakaan adalah orang lain, tapi gegara kesalahan sendiri kita pun bisa jadi korbannya. Adalah kecelakaan di daerah Bedali Malang yang melibatkan pengendara Kawasaki Ninja dengan truk box hingga sang pengendara meninggal dunia.. Ternyata kontribusi kesalahan korban adalah karena melipat spion!

Apakah karena korban ngebut? Ternyata tidak lads! Saksi mata kecelakaan tersebut adalah seorang penjaga warung Nasi Pecel yang mengaku melihat kecelakaan tersebut menyampaikan bahwa sebenarnya Ninja ini melaju dengan kecepatan sedang cenderung pelan. Saat melintas di TKP di depan korban ada gerobak, korban pengendara motor Ninja 250 hijau tersebut kemudian menghindari gerobak dan manuver ke kanan. Tanpa disadari, dari sebelah kanan belakang melaju truk box berkecepatan sedang dan menyambar Ninja hingga terlempar dan pengemudinya meninggal.

akibat spion dilipat pengendara ninja tewas tersambar truk di malang

KRONOLOGIS

Lesson learned? Ini bukan bermaksud ungkit ungkit kesalahan almarhum ya, biarlah dia tenang di alam sana, tapi sebagai pengingat kita betapa pentingnya sebuah side mirror alias spion dalam berkendara. Yang terpasang saja masih agak kesulitan untuk benar benar melihat ada apa di belakang, apalagi yang spionnya dilipat! Korban adalah contoh sahih dari ruginya melipat spion.. Lihat saja kondisi Ninja 250 miliknya, masih memperlihatkan tegaknya kedua spion – dalam arti dilipat. Andai dia bisa melihat apa yang ada di belakangnya saat itu mungkin almarhum masih hidup, wallahualam.

spion lipat

Don’t playing psychic lah lads seakan akan kita punya indera ke 6 atau punya mata di belakang kepala, yang kelengkapannya standar saja bisa celaka apalagi yang spionnya dilipat, padahal fungsi spion itu sebenarnya vital karena sebagai “kepanjangan mata” saat menemui titik buta (blind spot). Gak usah lah dengan alasan filtering filtering buat selap selip preett gak cucok meong banget, kalau ngaku skill lo mumpuni gak harus lipet spion juga bisa dong selap selip..

mobil lipat spion

KBY memang bukan pengendara yang selalu taat peraturan, tapi bagi KBY, spion itu juga sebagai alat rem tambahan, yaitu jika kita mencoba masuk diantara kendaraan lain tapi gak bisa karena ada spion, maka kita akan menahan keinginan untuk menyalip yang ujungnya bisa menyelamatkan kita dari bahaya – misal tersenggol terus jatuh.. Jadi gak usah lah spion spion dilipet segala, kalau belum siap naek motor sport, mending pake skutik aje.. setuju??

cbr lipat spion
kerennya dimana??
ini juga sama bodohnya

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

95 KOMENTAR

  1. Ya ampuun, finally makan korban jga…
    Ntah apa faedahnya lipet gtu, mungkin biar nambah kecepatan aampe 200km/h 😂😂😂😂😂

  2. Suka heran sama orang naek motor spion dilipet, buat apaan sih, biar tambah kenceng apa gimana coba?? Ane malah kagok mw kenceng kalo kaga ada spion, gabisa selip2 tanpa liat sikon blakang ei

  3. Spion bagi kita mah gk guna. Uda dibuat standar yg safety, ganti yg kecil daya jangkau minim. Itu pun gk dipake maksimal. Manuver serong aja msih leher goyang2, tangan diayun, lambat di tengah2, suka miring sndiri.

  4. mana nih yang kemaren ngemeng pake pendengaran peka (tapi yg lebih kedengeran suara knalpot bobrok sendiri) + insting tajam? ato jangan2 yang kesamber itu dia?

    btw pernah nyapa orang2 tolol itu di jalan ga? “mas kalau spionnya dilipat larinya bisa nambah jadi berapa?”
    polisi jg sama tololnya, kalau razia spion dilipat ga dipermasalahkan (sepertinya ga ada undang2nya), mika lampu belakang bening juga lolos

    • Nah, saya jg kalo dijalan pas dilamer sering iseng pura-pura nanya orang yang suka lipet spion atau nyalain hazard. Pura2 bego aja nanya “mas spion digituin tambah kenceng?” Ato “mas hazardnya nyala, emang ada apa?”. Apalagi orang lawan arus berjamaah. Biasanya saya sengaja berlagak goblok & ga kasih jalan. Semakin mereka maki semakin saya puas.

      Bukan sok bener sok suci sih.. Tp harapannya ya bisa jadi sindiran buat mereka. Mudah mudahan kedepan polisi semakin tegas sama yang ginian.

      • ngelawan arus, pake hazard, pasang lampu jauh. entah apa maksudnya…

  5. Sejak pertama bisa naik motor sampai hari ini saya justru merasa sangat-sangat tidak nyaman kalau bawa motor yang spionnya kecil, sengkleh, burem, rusak apalagi sampai ga pakai spion.
    Ini memang seperti sudah jadi perilaku sebagian pengendara sport, merasa keren dan tambah kencang kalau spion dilipat,
    Hati2, orang yang bangga dengan perbuatan tidak sesuai aturan dan keselamatan termasuk kelainan dan gangguan jiwa, kalau tidak diterapi dengan taat aturan orang2 ini akan terstimulasi dengan tindakan menyimpang yang lebih jauh hingga ujungnya orang tersebut akan mengalami sakit jiwa.

  6. Gatel pingin komen,
    Sejauh pengalan ane dijalan, klo ada biker baik seperempat liter, 150an ato matic sekalipun, klo spion nya nekuk atau ngoneng gk ngadep blakang yg seharusnya, udeh pasti klo motong jalan gk pake liat samping blakang, makanye ane slalu jg jarak, trutama wanita, ngeri bet dagh,
    Harusnya ditilang yg beginian, biar jera,kek kasus ini! die yg salah ampe koit, supir truk jd tersangka, kasian kan anak bininye semua…

  7. Oh ini pasti salah trucknya mang kobay kenapa ada motor mau nyalip gerobak gak dikasihkeun dulu lewat….motor itu harus dikasih lewat dulu mang karena kalo belok main belok aja gak perlu liat yang lain harus ngalah apalagi kalo motor kayak ninja gini….harus dikasih lewat duluan mang….(cukup sarkasmenya) saya kalo bawa motor selain lirik spion sering mesti nengok segala bukan apa2 soalnya motor lain mana mau nahan, kalo nyenggol ya galakan dia biar kita udah pake sein…..apalagi kalau lagi bawa mobil wah mesti super duper extra sabar…..mending motor dikasih duluan dari pada kesenggol nanti jadi perkara…..gak soal yang salah dia pokoknya motor mah mesti menang.

  8. akibat tidak menghargai hidupnya sendiri dan orang sekitar, ya itulah akibatnya.
    spion lipat makan korban, tinggal nunggu berita ” pengendara motor tewas mengenaskan, akibat lampu rem yang mati”.

  9. menurut ane spion dilipat sama aja esensinya ga pake spion, wong ga kepake tong..!!

    mendingan ini masuk list razia polisi, biar jera biar kapok biar sadar, bahwa spion dilipat sama aja kaya ga pake spion!! ini juga demi keselamatan bersama di jalan

    greget juga ane liat polah anak sok moge baru 150, 250cc udah belaga spion dilipat segala.

  10. Wah daerah ane kmaren2 ini mang.. Btw didaerah ane banyak yg spionnya dilipet ke tengah .. Biasanya ane lgsg salip mepet tuh yg model begituan biar pada kaget..

  11. Ga pernah paham, motivasinya ngelipat spion apa… nambah downforce? biar lebih aerodinamis?

  12. Saya malah ga bisa naek motor kalo ga pake spion. Fokus saya akan terbelah. Buat saya spion itu ibarat kumis kucing. Kucing ga akan masuk ke celah yg kumisnya aja ga muat. Ketika ada spion saya mah masuk aja kecelah antara dua mobil misalnya…. Buntut motor dan dengkul pacar saya pasti aman. Ketika ga ada spion fokus saya pasti ke setang (lebih bawah) dan sejenak mengalihkan fokus dari apa yg ada didepan. Ketika liat depan lagi tiba²pantat mobil sudah dekat dan saya terkaget². Lagi pula ngapain spion dilipat? Terutama spion yg nempel difairing bukan disetang. Kalo nyenggol pun belom tentu jatoh kan? Coba yg nyenggol setang… Kemungkinan besar pasti motor goyang dan jatoh.jujur aja saya kalo ga pake spion bawa motornya makin culun takut dan kagetan. Ngga banget deh pokonya. Hayooo pilihan ada ditangan anda loh. Mau aman apa engga kan gimana anda menghargai hidup anda sendiri. Kalo saya sih mending aman dan cepat. Mengalir dikemacetan itu seru tau….

  13. Mungkin kl gak ada undang2 ttg spion mgkin 50persen motor diindonesia gak pake spion.. Karena bagi mereka spion itu bukan perangkat keamanan berkendara,tp cm jd perangkat keamanan agar gak kena tilang..

  14. Self reminder aja ini buat kita semua. Terimakasih mang kobay. Buat si korban kita turut berduka cita. Memang seharusnya Klo kita mau nyalip pun kita harus lihat belakang dulu karena kondisi masyarakat kita yang selalu Seradak seruduk berkendaranya. Dan yg melihat ada kendaraan di depan nya mau nyalip harusnya juga jaga jarak. Jangan kebanyakan bengong dijalan. Nalar dan prediksi kita harus tepat untuk antisipasi kendaraan lain. Jaga jarak antar kendaraan pun wajib dilakukan. Karena cuma diri kita aja yang jadi penjaga kita bukan orang lain. Thanks sharingnya mang kobay 😀

  15. sudah daru dulu pengen taruh tulisan di box belakang motor saya ” pake tuh spion..kalu nggk punya beli ” maksudnya udah lengkap pake 2 kaca spion tapi nggk di difungsikan pas lagi berkendara.

  16. Faedahnya kayak gitu apa ya?apakah tingkat kegantengan akan meningkat ya?Ngga yang 250, yg 150 juga banyak yang kayak gitu. ckkckckc….minta disleding ma Kak Seto biar agak beneran gitu.

  17. Intinya spion kudu ada dan d posisikan sesuai fungsinya
    Jangan lupa d pergunakan juga
    Percuma spion tegak kanan kiri tp ga pernah di lirik
    Klo udah biasa pake spion pasti kagok tuh naik motor kaga ada spion/dilipet2 spionnya

  18. skrg yg naek nmax pake spion lipet aje udah ikut2an dilipet spionya,
    geli liat org2 yg mampu beli motor tp trnyta ga punya otak dalam berkendara, kl yg celaka diri sendiri mending, lah kl yg celaka org lain akibat kebodohan mereka gmn coba?.
    nti iseng mau deh gw tanya kl ketemu yd dilipet2 spionya di Lamer, tanya “Password Wifi nya apa mas?”, lahhh soalnya kaya antena Wifi tegak bgtu, wkwkwkwk

    • Idem mas, barusan aja ktemu yg pake spion nmax yg variasi nempel di body itu, udah spionnya dilipet, cewek pula, bawanya beringas, narik gasnya ngga pake kira2 jalan rame juga gaspol, akhirnya kesenggol sama rider depan ane pas si cewe dari kiri tiba2 mau nyusul ngambil kanan,tanpa lampu sein tentunya.dan tetep yg ngamuk2 si cewenya.ahh…b!tch….

  19. eh buset yg naik cbr250rr di foto aja masih jinjit gitu udah boleh naik motor 250 cc inline 2.

    oh iya kang kobay bukannya juga suka ngelipet spionya samangheda ataupun zereng? wkwkwkw

  20. Pernah nanya gini ke teman kantor cewek yg bawa motor :
    “Eh knapa spion nya gak dipasang? Gak kagok bawa motornya?”
    Dia jawab: “ngapain pake spoin a.., kayak tukang ojek aja…”
    Bingung mo komen apa..cm bisa nyengir aja…
    dalam hati:’cerdas’ nih cewek….wkwkwk…

  21. Sumbar mang terutama padang kampung saya, spion cuman dikanan doang. Orang2 disitu beli motor, spion kirinya langsung dicopot.

    • Mirip dulu mas di makassar. Tp sejak polisi beberapa tahun lalu tegas, sekarang sdh pakai 2. Standar lagi. Padahal dulu kalau pakai dua spion trus standar dibilangin berdoa.

    • Itu kebiasaan lama gan, jaman dlu mayorita gtu juga soalnya, alasannya karna kita jalan di lajur kiri, dan kebiasaanya dan peraturannya kndaraan nyalipnya di kanan makanya perlu kanan aja, nah tapi karna sekarang kndaraan nyalip ga bisa di tebak lewat kanan atau malah nyelip di kiri makanya wajib kanan kiri, gtu sih mnurut ane

  22. Kerennya dimana coba spion dilipet begitu?
    Nah artikel ini lah yg menjelaskan kerennya spion dilipet bisa langung cepat pulang.. Buat apa sebuah kendaraan di beri spion buat ngeliat jerawat buat ngeliat cabe nyempil di gigi atau buat ngeliat muka kurang ganteng atau cantik. Entahlah apa yg mereka pikirkan para pelipat spion itu…

  23. Artikel yg sgt bagus bung Kobay. Mmg pola pikir biker itu byk yg ga masuk akal, lebih milih gaya dr safety (sy setuju ga ada keren2nya lipet spion dan pake sendal jepit naik motor).

    Pernah liat biker copot sepatu terus nyeker naik motor waktu hujan? Biasanya jam2 pulang kerja di jakarta kalo ujan gampang tuh ketemu yg kaya gitu.

    Bela2in sepatu yg mungkin cuma beli 200rb di marketplace, tp ngorbanin kaki sendiri yg ga ada spartpartnya.

    • Rasanya kalau masalah sendal itu kondisional, kalau hujan wajar saja kalau di ganti sendal, kan besok bakal kerja pakai spatu yg sama mungkin? Ga mungkin kan kering cepet, lagian kondisi hujan kecepatan kendaraan jg ga terlalu ngebut, mungkin anda belum pernah rasain kerja kaya mereka?

      • Wah yg ini gw lupa respon, gw pribadi gak sekali dua ngelakuin kek gini, ya emg sama sekali ga Aman telanjang kaki, tapi gw Ogah sepatu basah.. Apalagi kalau bukan arah pulang ke rumah tapi kudu ke satu tempat..

    • Iya nih,,gw pnh liat langsung di jalan 2 motor saling nyerempet berlawanan arah, yang satu cuma pakai sandal & kebetulan kaki kanan yg ketabrak, ngeri liat tu kaki ngucur darahnya g berhenti2..hiii..abis tu ane selalu pake sepatu biar ujan sekalipun (kcuali klo cm jln sekitar komplek msh pakai sandal)

  24. Iya bro. Spion lipet itu haram. Apalagi ngebut, adu drag, sama ngincer top speed motor di jalan umum. Terus lu upload ke channel YouTube lu. Please jangan ya.

  25. Wakakakak
    Komen gue ilang. Bagus bener lu manage blog bro. Makasih loh udah ingetin safety ride ke orang lain. Tapi kayanya lu juga perlu safety ride bro. Respect, salam satu aspal.

  26. Dari jaman diajarin sama bokap naek motor, sampe sekarang kalo naek motor ga nyaman kalo ga liat spion, apa lagi saat mau belok, itu vital banget, sama bener kata om koba, spion juga bisa buat rem kita pas mau nyalip tapi celahnya sempit jadi kita mengurungkan niat buat nyalip..

  27. Dr atas ampe bawah pada nyalahin spion.. selamat ts sdh berhasil menggiring opini bahwa yg bikin mati rider itu spion. Gda yg nyadar tu org gak pake helm,atau pake helm gak bnr jd pas crash helm mental duluan ( lepas dr kepala ). Bgsnya memang bnr pake spion,tp disamping ada dan tdknya spion,klo menghindar dadakan dan lg apes kesamber mobil dr belakang mau ngm apa?

    • Yaelah pake alesan apes.. yang apes itu disini ya supir truknya.. lain kali kalo baca jangan sambil tahan napas bang..

  28. Kapok… Hahahahahahaha… Sori ye bukannye kagak punya ati.. tapi yang beginian emang sekali kali perlu kejadian buat contoh yang lain juga..

  29. kebetulan punya ninin abs om, sepion biasa dipake, eh dikatain sama abg waktu dilampu merah, “om jangan kaya orang cupu lah masa sepionnya panjang kyak gitu”

  30. Heran, apa rasanya naik motor tanpa liat sepion ya? Bagi ane sepion itu penting banget, tiap pake motor apapun dan siapapu pertama kali naik pasti ane benerin sepionnya dl, apalagi di jalan yg rame penting banget ketika mau masuk jalur dari bahu jalan

  31. Spion di lipat itu termasuk ketololan dorna dalam melarang winglet. Kudunya winglet boleh asal bentuknya mirip spion motor. Biar gak ada orang goblok yg nganggep spion itu gak keren

  32. Posting yg di Instagram sudah dihapus. Untuk menghormati mendiang teman saya, tolong hapus artikel ini, atau diganti yg lebih bermanfaat dan tidak menyalahkan siapapun.
    Gunakan hatimu untuk menghormati sesama biker.
    Hapuskan ajaran kebencian dan bullying.

  33. Manusia itu kalo ngebacot emang pinter ya, coba kalo yang kena musibah itu elo semua n di bahas kaya gini??????? Apa masih bisa ngomeng kaya gini………lebih baek doain aja lah……..smua lo pasti co.id. jangan sok suci deh………pura2 ga pernah nglakuin itu smua padahal ??????????

  34. # Eh, elu elu pada ngritik yg spion nya dilipet, krna elu ga punya motor sport kan?. Kalo lu 1 saat punya motor sport berfairing,,paling juga sama kaya gue. Gausa muna lah..

    # Motor motor gue, beli pake duit gue, ngapa ente pada nyinyir?

    # Ajal orang Tuhan yg atur Bos ,, lu mau pake riding gear lengkap juga,kalo waktu nya mati,ya mati aja.

    ——-

    Mungkin kira2 begitu balasan rider berspion lipat. 😁

    #Tapi kalo bole berandai-andai,,kalopun 1 saat memiliki motorsport berfairing,bukankah lebih enak berkendara sesuai aturan yg berlaku & menggunakan perangkat yg sudah disediakan pabrikan di motor kita dgn sebagai mana mestinya. Tentu semua perangkat tersebut sudah lewat Quality control yg ketat . Yang sudah didesain sedemikian rupa , demi keamanan &kenyamanan konsumen.

    # Iya,motor lu,duit elu.. Tapi kan lu naekin motor lu dijalanan umum tong. Yg juga digunakan orang lain. Kalo lu celaka kemugkinan lu bakal ngelibatin orang lain juga. Jangan egois tong.. Kalo lu punya jalan/lahan milik pribadi,lu mau naek motor sport sruntulan petantang petenteng atau bugil sekalian ,ya silakan aja.

    #Bener bos,, Ajal itu rahasia Tuhan. Tapi bukannya lebih baik,ketika waktunya kita meninggal,kita di dampingi orang2 tercinta, ditempat yg baik,,dalam situasi yg baik.
    Bukannya mayat kaku kita teronggok dipinggir jalan, seperti anj– eh tikus yg digiles mobil. Dilihatin orang, difoto lalu viral di dunia maya.
    Dibego-begoin orang & jadi contoh buruk bagi masyarakat yg lain. Amit amit dah..

    ———-
    Jangan di hapus ni artikel mang Kobay. Biar bisa dishare &mengingatkan yg lain. Saya uda share di medsos saya.
    Ya Setidaknya dengan kedunguannya si korban uda memberi manfaat bagi yang lain. In ironic way that is..

    #LahPanjang #BikinBlogSendiriSana #IyaSayaButuhKopi

  35. spion ready, tali helm uda dipasang, cek bentar lampu2, tekanan ban, bensin ada, baca bismillah… ready to ride (SOP)

  36. Sebagai orang asing (baca: bule) yg sudah lebih dari 20 tahun di Indonesia…..maaf ya, pemotor di sini punya banyak kebiasan buruk. Salah satunya emang ‘spion terlipat’. Saya berterima kasih kpd Mas Kobayogas yg highlight kebiasaan ini.

  37. mudah-mudahan jadi pelajaran untuknya supaya berkendara lebih aman lagi kedepannya…
    eh, apa yang mau dipelajari? kapan mau berkendara lagi? udah mati gitu…

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.