Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr.. Selain Honda, setahu KBY sangat jarang mobil Jepang lain yang mampu memepet penjualan jagoan Toyota yang satu ini, Avanza. Kalau gak salah Suzuki juga pernah sih dengan Ertiga saat awal kemunculannya dulu hanya tidak hapal berapa penjualannya saat itu. Yang jelas baru kali ini Mitsubishi benar benar nyaris membuat Avanza tersusul, perbedaan penjualannya cukup tipis, tidak sampai 500 unit. Mitsubishi XPander lah yang punya andil dalam mendekati penjualan mobil MPV sejuta umat dari Toyota tersebut di bulan Januari 2018. Pertanyaannya, akankah konsisten?

Mitsubishi bisa dikatakan sukses dalam melahirkan MPV terbaru yang punya tag line “Next Generation MPV” karena gak sekedar bacot, desainnya saja menggiurkan, seakan tahu kalau konsumen Indonesia kebanyakan melihat sisi desain dulu baru cari tahu merek apa hehe.. Dan meskipun namanya tak sebesar Toyota ataupun Honda, namun Mitsubishi yang punya logo tiga berlian ini punya nama cukup disegani dari sisi ketangguhan serta performa mesinnya. Tangguh? Lihat Mitsubishi Colt yang hingga kini masih digunakan sebagai angkot di daerah Cibeunying, padahal rutenya nanjak semua. Kencang? Gada yang gak tau generasi Lancer Evolution..

baca juga: Gigi Mundur Xpander Manual Unik!

Hanya saja Mitsubishi belum dikenal sebagai kendaraan yang irit bbm di versi bensinnya hehe.. Nah untunglah XPander punya desain yang oke banget, modern, futuristis dan tangguh menyatu semua ada pada MPV 7 tempat duduk Mitsubishi ini, setidaknya, Mitsubishi Xpander tertolong oleh desainnya dan membuat konsumen sendiri penasaran dan ingin mencoba sendiri yang ujung ujungnya kudu beli hehe..

Sedikit flashback, spesifikasi Mitsubishi Xpander dipersenjatai dengan mesin berkapasitas 1500cc DOHC MIVEC 16 Valve yang mampu mengeluarkan tenaga sebesar 104.7PS/6000 dan 141Nm/4000. Melihat sejarah Mitsubishi sih angka segini gak besar amat, tapi oke lah. Yang mantap adalah spesifikasinya, selain fitur standar seperti power window, electric mirror, power steering dll, Xpander juga punya Hill Start Assist, pedestrian safety, ABS, EBD, BA, immobilizer, rear camera dan keyless. Bodinya juga sudah menggunakan teknologi Reinforced Impact Safety Evolution (RISE).

Jadi berapa banyak sih penjualan Mitsubishi Xpander yang punya harga mulai Rp. 192juta tersebut di bulan Januari 2018 hingga bisa mendekati Toyota Avanza dan bercokol di posisi dua? Mangga disimak angkanya di bawah ini:

  1. Toyota Avanza 7.543 unit
  2. Mitsubishi Xpander 7.079 unit
  3. Toyota Calya 5.322 unit
  4. Toyota Innova 4.553 unit
  5. Daihatsu Gran Max Pick Up 4.390 unit
  6. Honda Brio Satya 4.377 unit
  7. Daihatsu Sigra 4.142 unit
  8. Daihatsu Xenia 3.912 unit
  9. Toyota Rush 3.416 unit
  10. Suzuki Carry Pick Up 3.233 unit
  11. Suzuki Ertiga 3.223 unit
  12. Honda HR-V 3.059 unit
  13. Daihatsu Ayla 2.611 unit
  14. Daihatsu Terios 2.512 unit
  15. Toyota Agya 2.258 unit
  16. Suzuki Ignis 1.922 unit
  17. Honda Mobilio 1.847 unit
  18. Suzuki APV 1.799 unit
  19. Mitsubishi Pajero Sport 1.631 unit
  20. Toyota Fortuner 1.622 unit

Tidak menemukan nama Wuling di atas sana? Well namanya memang masih asing di telinga lads, tentu tidak mudah menumbuhkan kepercayaan terhadap konsumen, harga murah dan fitur banyak saja tidak cukup, jadi pekerjaan rumah Wuling memang masih banyak meskipun Wuling Confero dan Cortez memiliki fitur yang seabreg.

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

48 KOMENTAR

  1. Xpander muncul avansasenia jd keliatan ehhemm …. bahkan dibanding rusterios kerenan xpander, apalagi dibanding mobil busuk lcgc 7 seater langsung “terbunuh”

  2. Yg keliatannya bersaing ya wuling tp merknya itu loh masih dipandang sebelah mata, udh sebelah agak sipit lg

  3. Luar biasa yg paling laris dari suzuki trnyata…..pick up nya.

    Xpander palu gada! Avanza sikat, Rush sikat!

    • oi mana bukti statement saya ngeributin soal galon?? A elaah ditungguin dari kemarin di artikel sebelumnya sampe sekarang ngga kunjung ngasih bukti juga nih orang malah kabur kesini wkwkwk

  4. nyumbang mobilio e cvt 1 biji, belon sebulan udah kena recall master rem, masuk bengkel 2 jam kelar, kualitas cat menyedihkan, tetapi driving exp, feeling mesin dan performance lumayan lah, dibanding ono. syukuri apa yg ada zaza.

    • Yup.. setuju mang.. ga cuma honda ko yg downgrade.. hampir semua produk.. ga usah jauh2 bandingin ama malaysia aja..

  5. Dulu mobilio juga pertama keluar hype-nya besar sekali.. Sampai antri berbulan-bulan. Hanya karena isu kualitas interiornya yang bahkan lebih buruk dari Avanza maka jadi cepat berlalu, bahkan unit bekasnya sudah ada di 6 bulan pertama dengan harga yang sangat miring. Kalau Ertiga itu faktor dimensi yang bahkan terkesan lebih sempit dari Avanza, tapi terbukti faktor kualitas dan kenyamanan ertiga, membuat bertahan dan mampu unggul dari Mobilio bulan ini.
    Xpander ini lebih komplit, dari segi kualitas bisa dikatakan mendekati ertiga, bantingan lebih nyaman dari Avanza, dimensi dikelas lmpv masih yang paling besar jadi prediksi saya, rasa hype konsumen akan berlangsung lebih lama.

    • Hondut sih ufah downfall banget build qualitynya. Crv kelas 0,5M aja bisa2nya tombol shift gearnya patah sendiri. Kalo masalah civic turbo semua sudah tau kali ya sampe2 masuk koran. HRV sampe detik ini masih banyak masalahnya. Cuma ya HRV masih laku banget

      • Soal civic turbo terbaru ga nyangka, menggagetkan klo Mobil jepang merek Honda bisa kehilangan kebandelannya.

        Semoga brand jepang yg lain jgn ikutan Down bgini

  6. Gak bakal beli Calya – Sigra,,,,kakaknya saza kualutas kaleng rombeng,,,,apalagi adiknya,,,crootttt

  7. Taun ini, jauhin dlu merk H sama merk T klo konsumen rasional yah, itu merk skrg teknisnya byk bermasalah 😂, dipastikan taun dpn gk ad perubahan besar dri kedua merk tsb, kecuali facelift avxen yg cuma perubahan model tanpa kualitas 😂😂😂

  8. Lumayan masih masuk walaupun masih nomer urut 6 dan 12. Adanya cums itu…tapi liat xpander pengen jg… Klo nomer 1 sih g minat… Kembarannya terlalu banyak di daerah saya klo dijalan tiap 5detik bisa ketemu kembaran… 😂😂

  9. XPANDER itu ibarat batu akik, orang yang dulu ga tertarik beli mobil jadi ikut2an terbawa arus beli mobil. Orang indonesia memang seleranya hampir sama, dengan desain yang cantik dan tajam akan sangat laris di pasaran dengan label industri yang kuat dan punya nama besar.
    Semoga larisnya XPANDER di imbangi dengan sparepart murah dan kualitas mesin yang bandel dan nyaman disegala medan jalan.

  10. “..Selain Honda, setahu KBY sangat jarang mobil Jepang lain yang mampu memepet penjualan jagoan Toyota yang satu ini, Avanza…”

    Ralat, dari top 20 penjualan cuma ada 2 mobil jepang, Honda Vezel (hrv) dan Suzuki Ignis. Sisanya bukan mobil jepang.
    Jadi tidak ada persaingan mobil jepang seperti yg dimaksud (avxen vs xpander).

    • Slow mas, maksudnya mungkin pabrikan jepang, klo bilang yg mobil jepang vezel kn bukan hrv, kialitasnya beda jauh am yg JDM

  11. Toyota ngira paling banyak Xpander betelor 5000an.. Kan 2000an buat ekspor..Gak taunya semua unit di gerojok utk pasar lokal. Sebuah test case menggoyang sang Raja dari Mitsu cukup membuat sales TAM ketar ketir….

    • Apalagi bentar lagi ertiga facelift,,

      Bisa makin ketar ketir duo kaleng

      Salah siapa cat buluk mudah kusam, bodi tipis, interior gemlodak, suspensi mantul2 goyang kanan kiri

    • Gini gini ane rajin jg komen di Autonetmagz. Fb r4 gak kalah seru adu komentnya dg fb r2 Apalagi sejak Wuling datang dg seduatu yg beda wuih makin rame tu blog…

  12. Avanza perbulan rutin 12k an….mungkin lg kesedot expander,waktu akan membuktikan kualitas expander

  13. Gak ada ternakanya triatmono di sini bay

    Sekli kali lu bahas drum sama suling kek. Biar banyak ternakan momok ngamuk ngamuk disini .apa bahas genset .Jangan bahas mobil, pesawat terbang, roket. Sama robot. Gak bisa rame blog lu. Gak ada buzzernya soalnya

  14. Xpander mesti bikin satu varian lagi, UltimateX. Tambahin bodykit depan belakang, kaki kakinya pake r17 permak tampilannya jadi SUV. Dipakein pelk/ban Outlander aja udah gagah banged buat nonjok Rush…

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.