Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr… Susah sudah mudah kau kudekati, kucari engkau lari kudiam kau hampiri, eh itu mah lagunya Iwan Fals ya hehe.. Gak mudah mencari bengkel atau toko ban motor yang kompeten sekaligus mau menerima pemasangan ban meskipun bannya kita bawa dari luar alias gak beli di toko ban tersebut. Kalaupun bisa harganya digetok! Mentang mentah kita gak beli di situ ya.. Nah salah satu yang bisa melakukannya adalah Rumah Ban Motor Pondok Kelapa lads. Disitu KBY pasang ban Michelin Power RS untuk CBR250RR.

Kalau lads tukang gonta ganti ban motor atau senang mencari ban yang nyeleneh dari sisi merek alias ban motor yang ora umum merek maupun tipenya, pasti tau Rumah Ban Motor Fatmawati atau Lebak Bulus kan? Ayo ngaku hehe.. Rumah Ban Motor tersebut memang selain menyediakan berbagai ban merek yang umum, juga biasanya menyediakan ban impor yang namanya bahkan asing di sebagian pengguna sepeda motor, misal Heidenau, Metzeler, Avon dll, atau merek umum seperti Michelin, Bridgestone, Pirelli, Dunlop tapi ingin tipe yang gak beredar di sini juga ada.

Rumah Ban Motor Pondok Kelapa

Sudah lama KBY ingin main ke rumah ban motor lebak bulus, tapi batal terus, yang pertama adalah alasan klise, jauuuh dari rumah ahaha, males bawa balik ban bekasnya nanti.. kedua saat nyari ban bridgestone S21 untuk CBR250RR Zeref. Kebetulan itu ban stok kosong, rumah ban motor punya tapi nunggu, eh akhirnya tau sendiri kan, pake Pirelli Diablo Rosso II terus ganti lagi ke Pirelli Supercorsa, eh dapet endorsan dari Michelin suruh pasang Power RS.. rejeki anak sholeh bin charming alhamdulillah 😀

ada cafe dan salon motor

Kembali ke topik yang bukan TMC Blog, sudah dua kali KBY ke Jaya Motor, bengkel umum di Pondok Bambu yang juga terima bongkar pasang ban pakai mesin, pertama saat pasang Supercorsa, kedua saat pasang Diablo Rosso di GSX-R150 Samehada, hibahan dari si Zeref. Biayanya kena 100rb – termasuk mahal sih sebenarnya – sudah gitu insiden ban kedua, orisinil GSX – IRC Exato – dibikin ilang sama tuh bengkel! Padahal sudah titip langsung sama yang punya.. ill feel abis!

bengkel luas dan bersih

Untunglah masbro Arvy, sahabat pemilik GSX-R600 K8 menginfokan kalau Rumah Ban Motor baru buka cabang di Pondok Kelapa! Ah ini info sedap banget, reputasi toko ban Rumah Ban Motor sejauh ini yang KBY tahu sangat baik.. kini makin dekat dengan rumah. Ya gak deket banget sih tapi daripada kudu ke Lebak Bulus atau ke Jaya Motor lagi? Ih ogaaahh.. Jadilah Sabtu minggu lalu KBY dan Arvy meluncur ke Rumah Ban Motor Pondok Kelapa..

Alamat Rumah Ban Motor Pondok Kelapa terletak di jalan Haji Naman, persisnya kurang paham hehe, tapi kalau dari arah kalimalang, dia ada di kanan setelah Yayasan Yatim Piatu lads. Satu area dengan bengkel salon motor dan Cafe.. Cihui kan?

Tempatnya cukup lega dan resik (semoga begitu terus bukan karena baru hehe), semua ban berjejer rapi di bagian belakang, di paling depan ada ruang tunggu dan di tengah adalah area bengkel bongkar pasang ban motor. Kebetulan hari itu masih sepi, hanya KBY dan 1 motor yang ada. Langsung saja sama mekanik di sana dikerjakan, mereka bermodal paddock stand loh.. iya dong satu keharusan bagi sebuah bengkel ban motor hehe..

Tim disana juga sangat menjaga barang milik konsumen, ban plus velg tidak digeletakkan begitu saja di bawah lantai, melainkan ada alas yang menjaga agar velg tidak baret. Ban bekas juga langsung dibungkus dengan menggunakan plastik wrap up. Mantap deh!

ban di beri alas biar velg ga lecet
ban bekas langsung dibungkus

BALANCING VELG

Satu info lagi dari bro Arvy, Rumah ban motor pondok kelapa juga punya mesin balancing velg lads! Ini sangat bermanfaat terutama bagi motor mulai dari 250cc ke atas, karena velg dan bannya sudah pada lebar. Sesuai namanya, balancing membuat keseimbangan pada velg dan ban agar tidak bergetar di kecepatan tinggi. Gak mau juga gapapa sih terserah aja.

Singkat cerita, kelar deh semua pemasangan ban Michelin Power RS di Honda CBR250RR, ukurannya 120/60/17 depan dan 160/60/17 belakang. Total biaya pasang di Rumah Ban Motor Pondok Kelapa adalah Rp. 190.000 dengan rincian sbb:

º Biaya Bongkar pasang ban: Rp. 60.000
º Biaya balancing dua ban: Rp. 100.000
º Ganti pentil bengkok 2 buah: Rp. 30.000

Tuh segitu, murah laaahh.. kalau gak pake balancing velg cuma Rp. 90.000, malah kalau gak ganti pentil bengkok cuma Rp. 60ribu! Itu sudah termasuk pakai mesin dan angin nitrogen loh.. Bayangin di Jaya Motor, udah gak pake paddock stand, mahal, angin biasa, eh ban pake ilang pula.. Cih!

Rumah Ban Motor Pondok Kelapa Jakarta Timur ini juga menerima tambal ban motor dengan metode tiptop alias menambal ban bocor dari dalam, bukan cara ditusuk dari luar yang bisa merusak serat baja ban. Sayang KBY lupa menanyakan biaya tambal ban tiptop tersebut lads.. Kalau ada info KBY tambahkan deh nanti. Okeh?

Mekanik Rumah Ban Motor lokasi Jakarta ini juga tidak menyarankan untuk mengisi ban dengan cairan penambal ban, terutama bagi motor motor yang hi-performance semacam CBR250RR, Ninja 250FI, R25 dan di atasnya.. Padahal mereka jualan cairan penambal juga loh hehe.. Alasannya, dibuat menikung terutama kecepatan tinggi bikin ban kurang stabil, namanya ban diisi cairan yang ikut bergerak selama ban berputar pasti pengaruh. Yaudah KBY batal deh isi pake itu wkkw..

Oia kalau lads bosen nunggu karena antri atau sekedar lapar ingin makan atau ngopi, tinggal melipir ke sebelah aja lads, ada cafe yang terjangkau disitu. Atau setelah pasang ban terus motor kesayangan mau dicuci dan poles juga bisa, tinggal dorong ke sebelah ada bengkel salon motor! Mantap dah.. Nah silakan diintip penampakan Michelin Power RS yang sudah terpasang di Honda CBR250RR!

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

40 COMMENTS

  1. ini baru service ban motor yg bisa ane kasi jempol sampe detail karet alas velg biar gga lecet + ban bekas aje dibungkus dipikirin… manteb.
    semoga makin banyak di daerah lain yg servicenya jempolan seperti ini .. plus deket cafe juga lagi.

  2. Mang kobay…di ahas emang ga bisa mang? Ane pasang battlax S21 di ahas bisa..+ balancing 2 ban depan belakang + nitrogen. Semua cuma abbis 75rb.

  3. 60k itu ganti 2ban?
    bener tuh deket rumah kena getok, bongkar 1ban kena 50k, pasang kena 50k lagi.. uda gitu pas copoting as roda digetok pake palu besi, padahal uda dibilangin berkali-kali dan mereka PUNYA palu karet. trus alasan “ganti ban mah pasti lecet punya bang, ga bisa kaga lecet” so stupid.

    btw tu jaya motor sengaja ga disensor?
    klo gitu ane tambahin daftarnya, abadi jaya motor (aladin, dekat kalijodo) juga ga rekomen.

      • @Valen Valeria
        klo ane velg lecet karena di taro di atas lantai tanpa alas..

        oh iya, waktu itu pernah ane mau copot ban battlax di revo jari2 pake mesin di abadi jaya motor..eh dia bilang ga bisa klo velg jari2 (ga ada logikanya)..alhasil terpaksa dicongkel karena ban dalam bocor.. beberapa taon kemudian ganti ban di planet ban, bisa tuh pake mesin..payah tuh

        btw buat owner abadi jaya motor, FYI velg takasago excel (JEPANG) ane lecet parah karena ente, dan FYI AGAIN itu 1bh-nya masih lebih mahal daripada velg ninja250 ente, so unresponsible

  4. kasih alas bukan biar velg lecet tapi keramiknya, dimana² ban pasti lebih keluar dr bibir velg entah mobil/motor
    yg bikin lecet yg ada saat bongkar/pasang

    • nambahin uda sering ke situ tetep aja begitu beres pasang aga bingung, pengen ngasi tips montir tp ragu takut malah tersinggung hehe

Yuk Tinggalin Jejak Lads..