blogger pertama yang icip langsung! :D

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Sang legenda telah hadir! Mini atau compact SUV yang terkenal seantero jagad otomotif roda empat tersebut sudah dipastikan kembali mengaspal di tanah Indonesia.. Dia adalah Suzuki Jimny generasi ke3 lads.. Sempat punya nama macam macam seperti Jimny Jangkrik, Samurai, Katana hingga SJ410 namun semuanya berasal dari roh dan nama yang sama, yaitu Jimny. Nah ini adalah test drive Suzuki Jimny 4×4 AT yang KBY coba sekaligus merasakan gerakan dari ke 4 rodanya yang ditransfer dari transmisi otomatis.. Geber yuks review nya..

test drive suzuki jimny 4x4 AT terbaru
test drive suzuki jimny 4×4 AT terbaru

Nama Suzuki itu sebenarnya punya sejarah yang kental di keluarga besar KBY.. Mobil pertama orang tua saat mereka mampu membeli mobil adalah Suzuki Jimny 4×4 berkode Jangkrik kondisi bekas berwarna biru.. Mobil pertama KBY dibeliin juga Suzuki Escudo JLX gres tahun 1996, adik sempat dibelikan gres Suzuki Karimun Kotak.. Keluarga kami sempat punya motor Suzuki dua kali, Tornado GS warna ungu dan Shogun kebo.. dari gres semuanya.. KBY pribadi sempat beli Shogun 125SP jaman baru kerja di Bandung..

 

Bahkan kalau ditarik lagi, mertua KBY dulu sempat lama pakai Carry 1.0, keponakan mertua yang tinggal di rumahnya juga ada Jimny Jangkrik, malahan dulu pernah punya mantan pakai Suzuki Katana kemana mana 😀 jadi benang merah dengan nama Suzuki itu sebenarnya kuat hehe.. Gada yang tau kan? Wkkwkwk.. Jadi punya merek Suzuki itu cuma serasa kembali ke masa lalu, bukan benar benar baru punya sekarang ini.. bukan karbitan! Lantas apa hubungannya dengan test drive Suzuki Jimny 4×4 AT ini? Ya karena berasa nostalgia dengan Jimny Jangkrik dan Katana! hehe..

test drive suzuki jimny 4x4 AT terbaru

Kembali ke laptop.. Suzuki New Jimny akhirnya mendarat juga di Indonesia! Dijual dengan harga Rp. 285jt. Dan hehe.. Maaf yak, KBY blogger pertama yang icip icip Mini SUV ini di Indonesia! Sombong dikit boleh dong kekeke.. Bertempat di Suzuki Head Office Pulogadung Jakarta Timur, atas ajakan officer PT SIS, KBY yang saat itu sedang mengembalikan Suzuki SX4 S-Cross AT berkesempatan mencoba berkendara singkat atau yang akrab disebut dengan First Drive, so bagaimana Driving Experience si New Jimny ini? Yuk geber!! First Drive Suzuki Jimny terbaru Indonesia!

blogger charming jadi yang pertama yang icip langsung! 😀

Dari sisi desain eksterior dan interior KBY tidak akan mengulangnya lagi, lads bisa melihat dan membaca seputar desain SUV tangguh ini di link First Impression New Suzuki Jimny silakan puas puasin deh bacanya hehe.. So untuk artikel ini Kobayogas akan menitikberatkan pada performa mesin, handling, kinerja suspensi serta mencoba kemudahan perpindahan transfer case dari gerak roda 4 wheel drive-nya! Asik kan? Koridornya memang terbatas, di area industri pulogadung dan beberapa titik yang jalannya mengakomodir kinerja 4WD..

KENYAMANAN SUZUKI JIMNY 4×4 AT

Bagi yang pernah berpengalaman mencoba atau bahkan memiliki Suzuki Jimny series (Jimny jangkrik, Katana, SJ410 dll) pasti tahu kalau suspensinya super rigid! Per daun di belakang menambah ajrut ajrutannya. Tapi di Indonesia Suzuki Jimny terutama Suzuki Katana itu sangat populer terutama di kalangan anak muda, maklum mobil entry level paling terjangkau di kelasnya saat itu dengan tampang gagah ala jip meskipun kerap disebut sebagai jip banci karena cuma 4×2 alias 2 wheel drive saja.. Lantas, bagaimana dengan kenyamanan Suzuki Jimny 4×4 AT terbaru ini? Masihkah suspensinya bikin melompat?

Wahhh ketika KBY test drive Suzuki Jimny 4×4 AT CBU ini ternyata kenyamanannya mengalami lonjakan cukup jauh! Memang masih terasa rigid tapi gak sampai bikin badan lompat lompat.. Malah untuk sebuah SUV mini masih bisa ditoleransi banget!

Bagaimana di kabin belakang? Wah ga usah dibahas deh, masih sama kaya jaman Katana, sempit hehe.. Memang bukan mobil penumpang sejati sih si Jimny ini sebenarnya.. Tapi buat para ABG yang sudah layak dapat SIM sih asik banget buat gaul! Asal sizenya gak jumbo semua ya hehe..

FITUR 4WD SUZUKI JIMNY 4×4 TERBARU

Saatnya mencoba gerak 4 rodanya Suzuki Jimny terbaru, iya dong masa gak dicoba, kan itu kelebihan utama Jimny generasi ketiga CBU Jepang seharga Rp. 285jt ini.. Jimny punya 3 pilihan penggerak, 2WD (normal), 4WD dan 4WD-L (Low). Nah KBY penasaran apakah penggantian atau peralihan dari 2WD menjadi 4WD baik high maupun low itu bisa sambil berjalan (shift on the fly) atau harus benar benar berhenti.. Nah ini cara menggunakan 4WD Suzuki Jimny terbaru..

Ternyata untuk beralih dari 2WD menjadi 4WD high bisa sembari jalan dan gak harus di posisi N (neutral), yang penting kecepatan jangan lebih dari 40km/jam. Tinggal tekan tombol 4WD agak lama hingga berbunyi beep dan icon 4WD berwarna hijau menyala maka 4WD sudah aktif.. Nah KBY coba tuh 4WD nya, tenaga memang terasa lebih berat sedikit, maklum 1300cc suruh narik keempat roda hehe..

Sementara untuk mencoba 4WD-L nya si Jimny 2017 ini harus benar benar berhenti dan transmisi harus di posisi N. Tinggal tekan tombol 4WD-L agak lama hingga berbunyi dan ikon 4L warna merah akan ikut menyala. Untuk pengetesan 4WD sayangnya area kurang memadai, hanya ada jalan sedikit berbatu dan menanjak, jelas yang kaya gini mah bukan lawan 4WD Jimny hehe.. Tapi yang dicari kan impresinya, bukan beneran ngelakuin offroad, ya gak lads..

Lalu kalau kembali ke 2WD? Saat di posisi 4WD tinggal tekan tombol 2WD, sambil berjalan juga bisa. Nah kalau dari 4WD-L kudu berhenti dan transmisi kudu di posisi Netral. Oke lads?

THE VERDICT

Bicara fitur ala mobil modern, Suzuki Jimny sudah memadai sih, ada power window, power steering, electric mirror hingga MID pada speedometernya. Tapi dia minus tilt steering, jadi posisi setirnya fix, bagusnya untuk pengemudi 165cm masih pas, gak terlalu tinggi. Untuk keamanan ada dual airbags.. ABS? Lupa, kayaknya sih gada ya..

Dengan harga Suzuki Jimny terbaru Rp. 285jt, jelas ini bukan mobil kacang goreng yang diset untuk laris manis, lebih ke mobil hobi, tapi jangan salah, penyuka offroad itu jumlahnya gak sedikit dan duitnya banyak juga.. Bisa jadi Jimny 4×4 terbaru ini malah laris dibeli konsumen seperti mereka..

Mengapa AT? Karena Suzuki cukup yakin mobil ini juga digunakan harian, jadi transmisi otomatis sudah menunjang kegiatan mereka lah ya.. Plus untuk medan offroad, transmisi 4AT nya juga sudah lebih dari mumpuni menurut KBY.. Itulah review Suzuki Jimny 4×4 AT Indonesia, semoga bermanfaat lads..

matik 4 kecepatan

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

28 COMMENTS

      • Bukannya switch nya emg pad pakai tombol ya
        Sya pernah cba dmax cbu jga gitu pakai tombol
        Apa sebelum2nya ad cara lain ya
        Maklum kudet soal beginian hehe

      • kalau mobil 4WD jaman dulu, untuk pindah mode 2WD dan 4WD pakai tuas transfer case (kalau orang jaman dulu di subu menyebut tuas itu dengan nama “handel”), biasanya tuas tersebut bentuknya lebih kecil dan posisi tuas tersebut berada pas di sebelah tuas persneling.

  1. itu penumpang difoto kondisi jok depan rebahan, dr area kaki udah kebayang sempitnya klo jok depan tegak 😀

  2. 4×4 jaman skr tinggal pencet ya Bang Kobay….
    Gak kyk jaman FJ40 dulu hehehe…
    Jd inget wktu nyobain Evoque punya temen. Mau nanjak ato turun, mau jalan aspal ato lumpur, mau 4×4 ato 4×2, semua tinggal pencet. Komputer mobil yg nyesuaikan traksi dan torsi di tiap roda. Kita tinggal nyetir aja hehehe….

  3. Pergantian transmisi dari 2WD ke 4WD udah kekinian krn bisa dilakukan sambil jalan.
    Untuk mengeluarkan ilmu pamungkasnya 4WD-L yg harus berhenti dulu, jg udah sesuai. Krn penggunaan transmisi 4WD-L hanya dilakukan di medan yg ekstrim.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..