Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr… Sebuah mobil bergenre Crossover, satu jenis kendaraan yang memadukan ketangguhan sebuah SUV (Sport Utility Vehicle), kelincahan sebuah hatchback dan kemudahan akomodasi dari MPV (Multi Purpose Vehicle) KBY bawa mudik saat Lebaran lalu atas dukungan PT. Suzuki Indomobil Sales.. Ini lah kisah sebuah Suzuki SX-4 S-Cross bertransmisi otomatis dibawa ke luar kota dan jalan jalan di kota Bandung.. cekidot

Tahun ini adalah jatah shalat Ied dan lebaran di Bandung, so KBY mudik ke mertua dengan ngegas Suzuki SX-4 S-Cross AT bersama keluarga lengkap, berempat kita.. Kuy dari Jakarta H-2, Jumat sore sekitar jam 4.30an.. Bekal buat buka puasa di jalan sudah disiapkan jadi kita gak perlu lagi mampir mampir ke rest area yang sudah diprediksi padat oleh pengunjung…

Kondisi jalanan saat itu dari Gerbang Tol (GT) Pondok Gede ramai lancar.. Tapi memasuki kilometer 19 sudah mulai padat dan tersendat..Benar saja lads, saat maghrib itu yang namanya rest area fullll muaceett, mau KM 19, 40, 54, dan berapa lah ga apal wkwkw hingga ujung.. Bahkan bahu jalan juga juga penuh lads.. Karena sudah prepare, Suzuki SX-4 S-Cross warna biru bertransmisi otomatis tersebut gak pake berenti…gas terusss.. meski macetos..

suzuki SX4 S-Cross AT

 

buka puasa di jalan

MENCOBA KENYAMANAN DI KEMACETAN

Karena jalanan macet akhirnya KBY memutuskan untuk menitikberatkan pada kenyamanan berkendara dari Suzuki SX-4 S-Cross AT 2016 ini seperti driving position, menyelami lebih jauh kenyamanan jok sebagai pengemudi.. Busanya, lekukan dan bentuk joknya, penopang bagian paha/ kaki hingga posisi antar pedal, karena ini transmisi otomatis jadi pedal cuma ada dua, gas dan rem doang hehehe..

Hasilnya? Wah maknyus juga nih kejutan, meskipun sayap joknya tidak terlalu rapat memeluk, namun lengkungan sandaran punggung terasa sangat pas! Gak bikin lelah apalagi capek, apalagi jok pengemudi memiliki pengatur ketinggian, jadi bisa disesuaikan dengan postur tubuh..Busa kursinya juga tebal dan nyaman serta dapat menopang paha dengan baik.. Ditambah setir yang selain bisa naik turun (tilt) juga bisa maju mundur (telescopic/ reach & rake), makin mantap karena tubuh bisa rileks banget..

suzuki SX4 S-Cross AT

Di kemacetan pun SX-4 S-Cross AT 2016 terasa membuat nyaman bagi kami sekeluarga.. Bagi driver segalanya jadi lebih mudah karena transmisinya menganut otomatis 6 kecepatan plus adanya footrest membuat kaki kiri bisa selonjoran di sebelah sana. S-Cross memang belum ada armrest khusus untuk pengemudi, namun console tengah dapat digeser sehingga dapat disesuaikan sebagai sandaran siku kiri.. unik deh..

AKOMODASI

Ruang belakang jelas lebih lega dari Honda Jazz i-dsi CVT yang sempat KBY miliki.. ANak anak bisa lebih santai dan merasa punya ruang masing masing karena ada pembatas berupa armrest belakang dengan cup holder dua buah yang dapat dilipat saat tak digunakan. Sandarannya juga dapat direbahkan satu step jika default-nya terasa terlalu tegak..

Jok belakang dapat dilipat ke depan tapi masih kurang rata lantai, sementara bagasi Suzuki SX4 S-Cross ini lebih dari cukup lads, banyak barang bisa masuk ke dalamnya. Hanya saja bibir bagasinya cukup tinggi, mayan menyulitkan saat kudu ngangkat barang berat..

suzuki SX4 S-Cross AT

Untuk amenities alias pernak pernik lain, Suzuki SX-4 S-Cross AT dilengkapi dengan cermin di bagian sun shade alias penahan matahari, dengan lampu di kedua sisinya, jadi kalau mau dandan atau ngaca malam malam, wajah tetap keliatan.. Pernik kecil yang suka ada di kelas lebih tinggi tapi bermanfaat khususnya bagi pengemudi wanita. Tempat menyimpan kacamata juga ada di bawah lampu kabin depan.. Penyimpanannya termasuk lengkap di kelasnya nih…

PERFORMA MESIN dan TRANSMISI SUZUKI SX-4 S-Cross

Kemacetan blas terurai bersih begitu masuk tol sadang, saatnya mencoba performa mesin Suzuki SX-4 S-Cross AT dengan kode M15A yang legendaris di Baleno dulu yang bertenaga 109PS/6000 RPM dan torsi 138 Nm/4400 RPM… Secara spek memang tidak terlalu istimewa karena beberapa rivalnya punya tenaga yang lebih baik. Lantas bagaimana pada prakteknya? Yang jelas top speed suzuki SX4 S-Cross AT ini dapat dipacu 160km/jam dengan cukup mudah, perkiraan jika jalan memadai bisa 180km/jam..

top speed suzuki SX4 S-Cross AT
lari 160km/jam diraih cukup cepat

Karakter mesinnya lebih ke lembut, namun bertenaga saat dibutuhkan, responsif meski tak terlalu wow.. penyaluran tenaganya dipadukan dengan transmisi otomatis 6 kecepatan plus mode manual yang cukup cerdas dan adaptif dalam membaca keinginan pengemudi.. Misalnya, kalau diperlakukan lembut, tarikannya akan smooth, tapi kalau diajak beringas maka SX-4 S-Cross ini dapat diandalkan.. Transmisi AT nya gak sok pintar lah hehe.. Apalagi kalau dirasa kurang ajib, tinggal geser ke posisi M maka transmisi akan langsung menyesuaikan dengan kecepatan yang ada..

Saat di mode M (manual), akan ada dua opsi, biarkan komputer yang atur naik turun gigi, atau gunakan tuas paddle shift ala F1 di balik setir.. Mesin M15A punya redline di 6500, tapi untuk versi matik, bahkan di mode manual pun dia akan berpindah otomatis di 6000.. cukup lah.. Paddle shift-nya juga mudah digunakan kok.. Mengasyikan kalau bosen di jalan kosong hehe.. Kalau mau cruising? Gampang, tinggal tekan tombol cruise control (baca: Mengenal Fitur Cruise Control Pada Suzuki SX4 S-Cross AT)..

Untuk suspensinya juga ternyata mengejutkan, meskipun dalam kecepatan tinggi dan melakukan manuver pindah jalur masih terasa agak limbung karena ground clearance yang cukup tinggi, namun kestabilannya layak diberikan acungan jempol.. Racikannya pas mantap! Cenderung empuk namun tetap stabil.. Bagaimana dengan kinerja saat melalui jalan yang rusak atau bergelombang? Nanti lanjutannya akan KBY bahas seputar ketangguhan dan kenyamanan dari kaki kaki yang dimiliki oleh Suzuki SX4 S-Cross seharga Rp. 261.850.000 ini, stay tune ya..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

9 COMMENTS

  1. Kalau model exterior lebih suka yang lama, memang kalau interior lebih bagus yang baru. Untungnya, desain aman seperti ini cenderung lebih awet.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..