GSX tekiro

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geberrr… Wuling, salah satu pabrikan otomotif raksasa dari Negeri Tirai Bambu Cina, terus melakukan penetrasi di Indonesia dalam bentuk menelurkan produk roda empat. Mungkin lads juga sudah tahu bahwa beberapa kali unit tes terkena jepretan kamera di jalan raya.. Jika mobil Wuling jadi mengaspal di Indonesia, kira kira bagaimana proyeksi ke depannya? Akankah laris manis di Indonesia?

Di beberapa daerah di luar Jakarta seperti Bogor, KBY sendiri sudah melihat beberapa nama dealer mobil Wuling. Di Bandung Dan Malang, beberapa pembaca kobayogas pun melaporkan sudah ada plang dealer Wuling di beberapa tempat.. Artinya, Wuling beneran serius untuk berbisnis di Indonesia.. Lalu apa saja tipe mobil Wuling yang akan dijual? Paling tidak yang terpantau itu ada dua tipe, Wuling Confero dan BaoJun juga Keduanya sudah terjepret kamera sedang dalam tes jalan, tentu dengan balutan stiker kamuflase..

Dealer Wuling Malang

Anggap saja mereka jadi berbisnis di Indonesia, dengan nama produk Wuling akankah konsumen Indonesia tertarik memilikinya? Kita pernah tahu kan mobil dari Cina juga dengan nama Cherry dan Geely, produknya ada Geely Panda yang lucu dan menggemaskan, serta Cherry Tiggo yang punya desain gado gado antara Honda CRV gen 2 dan Suzuki Grand Vitara. Nama Cherry jelas lebih kena di masyarakat Indonesia dibanding nama Wuling yang kental banget nuansa Tiongkok.. Kalau nama Cherry saja gagal, apalagi nama Wuling?

HARUSKAH GANTI NAMA?

Di negara kita ini masih kental dengan imej dan juga gengsi.. Bahkan kadang membeli kendaraan pun maksa, butuh banget gak tapi maksa beli mobil – misalnya.. Biar ngutang yang penting keren hehe.. Nama Toyota menjadi pilihan nomor 1 di Indonesia, lainnya ada Honda, Suzuki, Mitsubishi, Nissan, Daihatsu dan Subaru dari pihak Jepang. Dari eropa Mercedes, BMW, Renault, Peugeot dll menjadi pilihan berikutnya..

Bicara desain produknya, lalu kualitas perakitan serta materialnya sih, KBY yang sudah lihat sendiri tipe Wuling Hong Guan di GIIAS tahun 2016 merasa ini produk punya senjata yang oke, punya andalan yang bisa ditawarkan, apalagi harganya konon akan disetting sekompetitif mungkin..!

Tapi saat membeli, apalagi first buyer pasti ingin sedikit bangga saat koleganya bertanya mobil apa yang ada di garasi.. misal Toyota A, Honda B, Suzuki C dll.. Merek terkenal toh? Lalu kalau menjawab, Wuling Bro… Apa?? Guling? Malu dah jadinya hehe.. Tapi gak semuanya begitu memang.. Buktinya Cherry ada aja kok yang beli dan pake.. Mereka yang benar benar melihat mobil sebagai suatu kebutuhan transportasi, regardless mereknya apapun, yang penting duitnya cukup..

Bicara laku sih pasti, tapi berapa unit? Tujuan jualan juga pastinya ingin selaris mungkin bukan? Nah mengingat nama Wuling itu menurut KBY gak komersil untuk di Indonesia, kira kira mereka butuh ganti nama gak ya biar agak mentereng gitu dan membuat pembelinya berseru bangga ketika menjawab pertanyaan kolega.. Kalau menurut lads sendiri gimana?

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

96 KOMENTAR

  1. Pernah saling berbagi pendapat sama temen analyst yang mana dia selalu berpendapat bahwasanya produk cina selalu ok valuenya. Dan juga nih wuling disamakan dengan produk hapenya cina yang mana go global dan kualitas juga ok secara value. Tapi Hehe persis sama mang kobay sih saya mencontohkan chery dan geely yg secara marketshare di asalnya sono cukup memuaskan. Tp toh nyatanya di indonesia laku aja udah untung. Ujung2nya dia ngeyel bilang nih produk (wuling) pasti jadi top di indonesia. Yah cuma berbagi uneg2 aja mang hehe secara di indonesia orangnya agak sensitif kalo masalah merek di pasar mobil. Kagak bisa juga disamakan kek pasar smartphone. Bener gak mang?

      • Ane ada ide mang…supaya laku suru tacik2 mangga 2 yg jual…wkwk…guling guling…owe owe di beli lah…10rb 3…

    • Kalau memang kualitas bisa sma truk dari cina macam FAW atau shinotruk. Mungkin bisa laku tanpa ganti nama. Karena kenyamanannya gak kalah sama truk eropa.
      Ai aja yg pernah naik truk CBU Jepang bisa ketagihan. Lebih enak daripada naik xenia. Apalagi truk rakitan lokal macem hino ranger. Kalau truk CBU jepang bisa senyap dan empuk. Bagaimana rasanya naek truk CBU eropa. Kok jadi OOT 😀

    • Smartphone korelasinya jauh (ada tp kecil) dari tingkat keselamatan.
      Nah mobil kan berbahaya kalau pilih sembarangan, apalagi kalau bawa keluarga.
      Blum lagi kalau mogok, dll.
      Sy gk bilang mocin jelek, tp yg pasti orang2 umum nyari ya yg udah pasti2 aja (part, service, dll).

      • Bener bro secara pola pikir konsumen mobil di indonesia gak mikir value sih tp lebih prefer ke kemudahan 3S dari yg jualan itu sendiri.. Cmiiw

  2. Salah kang bukan cery panda tapi gely panda,klo merk cery tipenya cery qq,mobil gely dipakai taksi kota kembang dibandung,dealer gely dulu ada dibandung tapi skrg bangkrut

  3. Ga bakal laris.
    Bukan masalah value produknya atau brand imagenya, tapi masalah tingkat kesejahteraan masyarakatnya.
    Kesejahteraan di Indo baru sampe tahap hp (org beli hp yg penting value.. udh ga liat merk, harga seken, atau jaringan servis)
    Tingkat berikutnya motor, kalo suatu saat nanti mayoritas org beli motor udh ngutamain value, baru bs optimis naik ke tahap berikutnya, mobil. Masih jauh.

  4. Duh udah merknya wuling, type nya hong guan pula. Bisa jadi bahan bully temen2 sekantor dah, tambah lagi ada yg nanya itu isinya beneran biskuit atau rengginang

    • bener bro..pdahal msin proton itu mitsubhisi ( dulu ) …trus krjsma dgan lotus.. tp sekarang sham proton dibely geely 49% ..

  5. Wuling Hong Guan? Ngakak bacanya, mang. Knp gak sekalian wuling khong guan aja? ???

  6. Saya heran sama petinggi Wuling yang kepedean, napa gak diganti brand Chevrolet aja, jelas2 di blok mesin tercetakbtulisan GM

    • Mungkin dari GMnya sendiri yang ngelarang om! Sebenernya yang bikin wuling ini akan sangat susah untuk penetrasi pasar adalah trauma masa lalu akan produk otomotif China. Dulu motor China ketika pertama masuk Indonesia cukup laku. Sayang ketika disandingkan dengan produk Jepang terlihat seperti produk sampah yang asal jadi dan tidak memikirkan kualitas. Saran saja kalo pingin menghilangkan trauma tersebut. Buatlah ekspedisi ketahanan mobil seperti Toyota ketika pertama menuju kejayaan. Bisa:
      1. Ekspedisi keliling dunia/Indonesia
      2. Lakukan puteran full lap di Sentul atau sirkuit mana aja selama sebulan penuh.
      3. Lakukan uji ketahanan apapun itu yang bisa menunjukkan kalo ini mobil yang kuat/bandel seperti produk Jepang atau Eropa.
      Orang Indonesia itu sudah terlanjur Punya pikiran kalo produk China itu jelek dan gampang rusak apalagi ada pepatah ada harga ada rupa. Ketika itu barang China dan harganya murah, semakin skeptis lah market Indonesia akan merespon.

      • Setuju. Trauma masa lalu akan motor cina alias mocin tu msh membekas terlalu dlm. Bkn soal kualitas aja, tp betapa kurang ajarnya para importir yg cm hit and run. Jialing sempat tanggung jawab dan mencoba bertahan, sayang ikut lebur krn namanya kebawa hancur oleh teman2nya.

  7. Padahal brand mobil cina yang bagus ada banyak. Ky misalnya venucia, everus, qoros & maxus. Tapi apesnya yang masuk sini yang abal2. Hwehwehwe.

  8. nama jualnya bukan hong guang kang
    tapi jadi wuling confero s, dan di PRJ dia udah nerima inden
    info dari salesnya juli ini launching produk sekalian dealernya

  9. Yang ini versi pameran beda dengan versi yang dijual di pasar, salah satunya exterior, yang versi massal gril lebih tipis, rumah lampu bawah dog lamp garisnya terbalik lebih mirip garis Toyota, terus aksen garis chrome di bawah pintu

  10. Walau orng indo lihat merk mobil tidak sesensitif merk motor, tp memang nama wuling gak berkesan wah dan berkelas. Andai pun honda misalnya ada jenis mobilnya honda wuling atau toyota wuling, tetap saja sy akan bilang, apa apaan ini nama ya. Apalagi ini merk cina. Nasionalisme tinggi itu baik tp berbisnis juga perlu strategi. Btw kalau harga tipe terendah sama dengan xenia tipe terendah dan tertinggi maksimal sama xenia r deluxe, kalau sy ini mobil pilihan sy.

  11. merk nya aja udah kurang greget Mang, walo nama produknya keren : CONFERO S

    yah smoga aja nasibnya lebih baik dari para pendahulunya … Cherry, Geely dan Proton yang gagal di pasar Indonesia

  12. nama emang penting, tapi dulu proton dengan nama keren pun gagal. selain itu ssangyong dengan nama yg masih kental nama oriental tapi mengusung produk yg mirip mercedes benz (ssangyong muso) jg gagal maning. sepertinya brand jepang di indonesia terlalu kuat efeknya

    • Jangankan merk Proton dan SsangYong, merk Ford aja menyerah di Indonesia…. Kalah bersaing dg produk Jepang… Merk Jepang sendiripun ada yg kembang kempis macam Mazda… Inilah uniknya Indonesia.
      Lalu Merk Wuling? Nunggu sampe 5 Tahun dulu, apakah mobilnya bisa awet, harga jual kembalinya gimana?, ketersediaan komponen gimana? pertanyaan itu yg harus dijawab Wuling Confero S…

  13. Paling logis, imho.. Harusnya dari awal ini merk kerjasama sama pemerintah. Dibuat mobil merk lokal aja. Kyk mobil timor dl yg digadang2 jadi merk nasional. Soalnya liat skr berasa gk mungkin merk jepang disini rela dibuat kyk malaysia beberapa tahun lalu yg membatasi merk luar masuk. Jd akhirnya toyota rela si avanza di jual sama perodua dengan merk lokal.

  14. menurut ane nama seharusnya bisa lebih menarik ketimbang nama2 chinese. karna konsumen indo kebanyaakan under estimate trhdp image produk chinese.(kualitas, mutu, plagiat. dll)

  15. Sudah jelas pas pameran, wuling ini akan pakai nama CONFERO dan sdh dibuka inden dan saya pun KESENGSEM sama confero ini. Tapi…
    Setelah tak pikir-pikir tiga hari akhirnya gak jadi inden soale tetep akan mikir after sales. Dari pada nanti RUGI banyak mending ambil mobil jepang.
    Soalnya siapa tau pas pingin ganti mobil harga jualnya maaih OK. Sedangkan kalo mocin/mobcin ya pasti LEGREK harga jualnya.
    Wes NGONOAE
    MANTAB JIWA

  16. SAIC-GM-Wuling invest sampe 700 juta dolar buat bikin pabrik n jaringan dealer itu invest ga main main, GM sampe rela matiin spin demi joint venture ini, spin itu produk bagus baik dari material body dan mesin, cuma GMnya ga punya modal gede buat bikin jaringan dealer. gantinya dia suplai mesin ke pabrik wuling ini..selama performanya bisa setara spin, sapa yang ga bakalan ngiler body segede inova harga calya. liat aja tata dengan kendaraan niaganya, mulai dapat tempat dipasaran, btw namanya wuling confero..

    • Orang Indonesia itu gampang sebenernya, Wuling uji ketahanan aja keliling Indonesia naik turun gunung rendem banjir terus diberitakan secara massif dimedia-media Nasional. Review blog vlog sana sini pasti manjur. Tapi jangan lupa ketika barang sudah laku, silahkan aftersales dikuatkan dan jangan sampai mengecewakan. Aftersales bisa meniru Samsung atau Huawei, service max 1 jam selebihnya ganti baru. Di jamin Moncer dan bakalan dicari-cari kelemahan dan BC dari penguasa pasar.

  17. masalah nama awalnya aja grogi, lama2 konsumen terbiasa. yg perlu direvisi dr mobil ini desain bonet nya krn terlalu landai kebawah kayak mpv pendek kelas livina, sedangkan atapnya sendiri tinggi kayak innova, jadinya aneh. kalo desain nya aneh susah untuk menarik minat konsumen sini

  18. Asal kuat dalam arti ga mudah bobrok serta mogok,,,
    Plus harga jual murah dijamin bagus penjualannya,,,
    Lumayan buat ojek online atau bawa-bawa barang,,,
    Eehhh,,, Harusnya nih wuling bikin kendaraan niaga macam grandmax,,,

  19. Laris atau ga, tergantung dari 3S nya. Perusahaan leasing juga harus banyak untuk mengangkat image produk. Feature juga harus lebih tinggi dari kompetitor dan jual di bawah kompetitor. Di jamin pasti laris.

  20. justru jgn diganti namanya! krena dgn nama baru konsumen akan susah mencari prestasi wuling ini! klo emng produknya solid dan sudah laris diluar negeri! otomatis juva konsumen jadi tahu khn?
    yg perlu diyakinkan itu cuma after salesnya!
    ini duit ratusan juta,dan jualan mobil! yg spre part dan bengkel itu penting!

    nitip link mi5 v mi5s

  21. Klo aku sih berfikirnya mau ini brand pake nama mocin asal penetrasinya bagus dan value of money dan berani ngasih diskon serta menguatkan jaringan after sales yakin dalam 3 tahun toyota bakal nyungsep klo kgk berubah

    Contoh nyata kita berkaca dari produk hp xiao mi aja sekarang siapa yg masih malu klo pake xiao mi ku pikir kgk ada tuh malah gara2 xiaomi samsung n the geng bikin produk hape murah dan bagus karena takut kegerus market sharednya

    Nah tinggal dilihat aza seberapa serius wuling ini mau maju perang dalam menghadapi tyrant macam toyota dan honda tinggal lobby2 pemerintah az dan pinter2 dalam menelurkan produk yg value of money serta perang harga dan diskon

  22. Orang sini emng msh sensitif soal merk dan nama kayaknya bang Kobay…
    Coba dikasih nama lokal…
    Hal yg sama mungkin jg bakal terjadi klo Perodua Myvi masuk sini gak pake nama Daihatsu Sirion ato dulu Chevy Captiva masuk sini pake nama Daewoo Winstorm pasti jg gak ada yg ngelirik hehehe….

  23. semoga ada rezeki buat inden confero s agustus ini… aamiin
    sayang belum ada matik
    saya percaya dengan produk yg bikin pabrik di indonesia, berarti doi bisnis serius

    • Kalo masalah serius ya semua bisnis gak ada yg gak serius.
      Tapi liat aja FORD, Chevrolet, Mazda, KIA, Hyundai, Proton, Cherry, Geely semuanya juga serius tapi ya AJUR MUMUR dilibas ASTRA GRUP

      • merk yg disebut itu kurang serius, ga bikin pabrik sampe 10T disini… paling hyundai yg baru bikin perakitan disini, ford indonesia aja karyawan cuma 35 orang
        bayangkan, ngucurin duit 10T kurang serius apa coba?

        • dan Wuling ini pabrik mobil terbesar di cungkuo sana, 2016 kemarin aja laku 2,13 juta unit mobil…. berapa toyota laku di indo 2016? sori 400rb aja belum lewat

  24. Untung sekarang namanya udah diganti jadi Confero S jadi agak bagusan dikit, daripada Hongguang kayak nama biskuit hehe.

  25. sudah pakai selama 6 bulan ini dan lebih nyaman dari xeni+ava, yang nungguin wuling sampai 2-3 tahun kedepan dipastikan tidak akan value for money lagi, apalagi wuling sekarang sdh mulai revisi harga NJKB hehehe…. selisih 50 juta dengan veloz bisa buat beli sparepart yang lebih murah di Alibaba….

    hehehe…

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.