Kobayogas.Com – Hola lads, salam geberrr.. Ada salah satu fitur yang dahulu biasanya hanya terdapat pada mobil mobil kelas premium, bahkan kadang kelas premium pun belum tentu memilikinya. Fitur melaju tanpa injak gas ini belakangan juga ikut hadir pada mobil kelas middle up seperti SUV, Crossover, MPV atau Hatchback.. Fitur tersebut adalah Cruise Control yang dimiliki oleh Suzuki SX4 S-Cross.. Yuk mengenal fitur cruise control dan cara mengaktifkannya..

cruise control Suzuki SX4 S-Cross

Belakangan, fitur cruise control telah menjadi fitur yang tidak aneh lagi pada beberapa jenis mobil, tak harus memiliki mobil berkelas premium untuk mendapatkan fitur menjalankan mobil secara konsisten tanpa harus menginjak pedal gas ini.. Ya, di beberapa mobil kelas menengah juga sudah bisa mendapati fitur yang mengistirahatkan kaki kanan ini lads.. Salah satunya pada Suzuki SX4 S-Cross AT seharga Rp. 261,850,000 ini.. Tapi bagaimana sih cara kerja dan juga mengaktifkan serta me-nonaktifkan cruise control ini?

Pada dasarnya, fungsi fitur cruise control adalah untuk membuat mobil tetap melaju dengan kecepatan konstan tanpa kaki harus terus menerus menginjak pedal gas.. Jadi kaki kanan bisa istirahat namun mobil tetap melaju pada kecepatan tertentu dengan stabil.. Pada kecepatan yang sudah ditentukan, misal 100km/jam, meski nanti kecepatannya berkurang akibat menemui tanjakan misalnya, si komputer nantinya akan menaikkan kecepatan kembali pada speed yang telah diset sebelumnya, yaitu 100km/jam secara otomatis..

CARA MENGAKTIFKAN FITUR CRUISE CONTROL

Pada dasarnya, fitur cruise control pada setiap mobil mirip mirip, ada tombol cruise, cancel, set and res/ accel dengan tanda (+) dan (-). Hanya saja kadang posisi tombolnya beda beda, ada yang pas di pinggir setir, ada juga yang dibawah kolom setir.. Cruise Control milik Suzuki SX4 S-Cross AT pinjaman Suzuki Indomobil Sales ini tombolnya ada di pinggir kanan lingkaran setir..

tombol cruise control ada di kanan
tombol cruise control ada di kanan

Untuk mengaktifkan fitur cruise control pertama tama adalah geber mobil sesuai kecepatan yang diinginkan, misal 100km/jam, afaik cruise control tak bisa aktif di bawah kecepatan 60km/jam. Setelah tercapai, tekan tombol CRUISE (icon CRUISE akan menyala pada dashboard) dan kemudian tombol SET (Icon SET akan menyala juga), otomatis cruise control sudah aktif, angkat kaki kanan dari pedal gas untuk mengetahuinya..

Lalu bagaimana kalau 100km/jam dirasa terlalu kencang atau justru kurang kencang? Gampang, tinggal tekan tombol RES yang ada (+) dan (-), plus untuk menambah kecepatan sementara minus untuk mengurangi kecepatan.. Mudah bukan? Silakan lihat jarum speedometer apakah bertambah atau berkurang..

KBY sendiri sudah mencobanya saat berada di jalur tol Padaleunyi menuju Bandung.. asyikkk tenan

MENONAKTIFKAN FITUR CRUISE CONTROL

Cara mengaktifkannya sudah, gimana cara mematikan atau menonaktifkan fitur cruise control? Ini malah lebih mudah lagi.. Tinggal injak pedal rem, maka icon SET akan padam, artinya fitur tersebut sudah non aktif alias padam..atau tinggal tekan tombol cancel deh. Cara mengaktifkan kembali ya ulangi step di atas lads…

Catatan: Gunakan fitur Cruise Control dengan sangat bijak, yaitu saat kondisi jalan lengang, jangan mencobanya ketika kondisi jalan dalam keadaan padat..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

24 COMMENTS

  1. Sebenarnya kalo di luar negeri fitur cruise control sudah lama ada.
    Dulu tahun 1989 di Dallas, saya pake mobil kantor, Chevrolet Impala tahun 1984, udah ada cruise controlnya.

  2. Mantab yeuhhh mobil sekelas ini ada Kruz kontrol gitu loh…..
    Asal para fb jangan minta teknologi ini turun ke motor aja…. bisa2 selonong boy… wkwkwk…..

      • Bener” cuma nahan kecepatan dan gak mengadaptasi kecepatan. kalo misalnya mobil di depan kurangin kecepatan. Mobil kita juga ikut pelan. Begitu jalan lancar, mobil otomatis ngegas sampe kecepatan yang di set lagi

      • Nah kalau adaptive kek gitu emg gada.. Kalau ga salah di Mazda2 sama accord utk Mobil Jepang Ada deh, cx5 mgkin Ada juga.. Itu termasuk lane departure warning..

  3. Kl di calya justru cruise control nya bekerja di gigi rendah (1&2). Masukin gigi 1, buka kopling 1/4, mesin naik, buka lagi kopling jd 1/2, mobil maju deh tanpa di gas.

  4. Di motor honda 70 koleksiku juga sdh pake kruz kontrol dr dulu.
    Tapi mengaktifkannya yang agak sulit. Yaitu kudu nunggu hujan turun 🙂 pas motor dipake hujan2an setelah kehujanan biasanya kruz kontrol langsung otomatis berfungsi.
    Tinggal puntir gas sesuai keinginan setelah itu lepas tangan kanan motor tetep jalan sendiri.
    Tinggal ngerogoh rokok disaku sambil “cul-culan” sedat sedot rokok 🙂

Yuk Tinggalin Jejak Lads..