KTM RC250 IndonesiaKobayogas.Com – Hola lads, salam geberrr.. Pada part I review harian KTM RC250 ini KBY akan menitikberatkan pada desain dan ergonomi motor sport berkapasitas 250cc 1 silinder asal negara Arnold Schwarzenegger ini.. Yuk disimak dulu review KTM RC250 1 silinder, motor seharga Rp. 48juta ini..

KTM RC250 ini adalah merupakan unit pinjaman dari KTM Indonesia yang dikomandoi oleh PT Penta Jaya Laju Motor, meskipun pinjaman KBY akan berusaha seobyektif mungkin dalam melakukan review, dan tentu saja KTM merupakan pabrikan yang open minded, gakan baper kalau produknya disebutkan memiliki kekurangan.. Toh itu yang diinginkan konsumen bukan? Yuk digeber…

DESAIN KTM RC250

Bicara desain, KTM RC250 sudah punya keunikan tersendiri bahkan dilihat dari jauh sekalipun! Tampil berbeda dan seakan memiliki ciri khas yang bahkan orang awam pun akan tahu kalau itu adalah sebuah motor KTM RC series -kecuali kalau emang sama sekali gak tau hehe.. Kalau tujuan pembeli adalah mendapatkan sesuatu yang berbeda, bersama KTM RC250 ini sudah dapat banget, apalagi ada warna oren orennya yang unyu unyu.. 😀

Dari bentuk fascia nya pun KTM RC250 sudah punya ciri khas tersendiri, KBY sih menyebutkan “the woodpecker’s face bike”, habis mukanya kaya burung pelatuk hehehe.. Lampu depannya ada dua buah dalam bentuk proyektor, tepat di bawahnya, ada dua garis DRL di kiri dan kanan yang membantu “memperbaiki” penampilan wajahnya. Di bagian belakang, jok boncengannya sangat unik! Terlihat seperti single seater tapi begitu ditekan, laahh ternyata busa! Dibuat one piece, keren euy! Kejutan kan? Lampu remnya juga bagus, segaris saat off, begitu rem on jadi 3..

windshield one piece lebar dan cukup tinggi

Dari samping ciri khas produk KTM juga sangat jelas terlihat pada KTM RC250 Indonesia ini, apalagi kalau bukan rangka pipa teralis yang memang menjadi trade mark dari semua produk KTM, bahkan di motoGP pun hanya KTM yang menggunakan sasis tubular trellis semacam ini.. Apalagi warnanya juga corporate KTM banget, orange! Sayang knalpot underbelly yang sebenarnya udah keren agak ternodai dengan nongolnya moncong panjang yang kaya sosis 😀

Detail merupakan satu kelebihan juga dari KTM RC250 ini lads, seperti sein depan yang unik dan menyatu pada spion, kemudian windshield bening yang lebar dan berbentuk one piece hingga ke samping depan.. Swing arm belakang juga terlihat kokoh dan solid.. Paling asik kalau sore atau malam hari, di area cockpitnya ada lampu dimmer pada tombol dan tuas di kiri kanan setang, ciri khas KTM yang juga diadopsi Bajaj.. New PCX 150 KBY juga pake hehehe.. Mewah terlihatnya..

Kualitas buatannya menurut KBY juga rapi, solid dengan cat baik.. hanya saja pada beberapa bagian seperti setang, tipe catnya yang mudah pudar jika terkena sentuhan/ gesekan terus menerus.. Tidak ada yang salah dari keseluruhan desain milik KTM RC250 ini meski bukan selera semua orang, cukup enak dilihat, unik, berbeda dan berkarakter.. meski desain itu selera tapi bolehlah KBY kasih nilai 8 untuk model yang juga dimiliki oleh KTM RC200 dan RC390 ini ..

ERGONOMI KTM RC250

Setang KTM RC250 ini agak membingungkan, dibilang underyoke bisa, dibilang bukan juga bisa.. triple clamp-nya menyatu dengan setang.. jadi lurus begitu.. Hanya saja masih terasa tinggi, terlalu lebar dan kurang menekuk ke dalam.. So, feeling setang di awal terasa seperti sebuah motor sport fairing tapi dengan cita rasa turing! Enak apa gak jadinya kang?

Blessing in disguise, di sisi lain posisi setangnya akan terasa “aneh” karena mirip under yoke namun masih terasa tinggi dan kurang menekuk ke dalam serta lebar, sehingga akan terasa kurang sporti.. Namun di sisi lain, saat sudah riding hal tersebut malah jadi sesuatu yang positif.. raihan tangan ke setang cukup, rendahnya juga pas.. Ini merupakan kombinasi yang tepat jika KTM RC250 Indonesia ini berencana digunakan harian.. Bikin gak cepat pegal! Kejutan kan?

KTM RC250 Indonesia

Di sisi lain memang feelingnya jadi kurang sporty, hanya saja yang KBY rasakan pada ergonomi KTM RC250 ini justru jadi pas dibanding Samehada yang lebih rendah cepat bikin pegal pada tangan, nomor dua di bawahnya ada Honda CBR250RR.. Meliak liuk bisa, trek lurus kencang masih tetap stabil.. Nah tapi lads, bagi yang menginginkan lebih sporty kayaknya bisa diturunin lagi deh setangnya.. Ya karena keinginan rider kan berbeda beda..

Untuk Foot step yang KBY rasakan sih agak sedikit mundur dan tinggi dibandingkan CBR250RR, sedangkan seat height alias tinggi jok 820mm – lebih tinggi 30mm dari CBR250RR – membuat KBY jinjit meskipun gak sampe jinjit balet. Bobot KTM RC250 hanya 147kg (dry weight alias kosong tanpa cairan), artinya jika ditambah cairan seperti bensin dan radiator pun, KTM RC250 masih lebih ringan dari CBR250RR yang punya bobot 168kg (ABS tipe).

Dari sisi sudut kemiringan setang (rake? Caster? – lupa) KTM RC250 terlihat lebih tegak sedikit dibandingkan CBR250RR yaitu 66.5°, ditambah wheel base yang lebih pendek maka secara teori KTM RC250 akan lebih lincah.. Prakteknya gimana? Nanti dibahas pada artikel terpisah tentang performa dan handlingnya ya hehehe.. sabarrrr..

Kualitas busa joknya baik, meskipun dalam beberapa point, milik Honda CBR250RR terasa lebih nyaman.. Begitu juga dengan bentuknya pas dalam menopang bokong KBY yang seksi ini.. Lebih unik lagi jok boncengernya..Tidak terlihat seperti sebuah jok! Terlihat seperti bodi single seater lads hehe.. Penasaran juga kalau dibonceng kek gimana ya.. Ternyata tetep aja pegel karena bukan murni untuk membonceng penumpang apalagi jarak jauh hehe..

baca: Begini Posisi Berboncengan pakai KTM RC250!

Artikel berikutnya KBY akan membahas seputar performa dan handling dari KTM RC250 ini, bagaimana feeling-nya saat dikendarai harian, panas mesin, kehalusan transmisi, enteng atau berat koplingnya, getaran pada setang atau bodi hingga tenaga yang responsif.

KTM RC250 Indonesia
tunggu review berikutnya tentang performa!

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

69 COMMENTS

  1. keren KTM kemarin lihat dijalan tapi yang duke, eh sandalnya tukeran ya mang sama boncengernya …..

  2. Mang ane mau ambil motor bingung pilih gsx ato rc200 yak?? R15/cbr ane ga tertarik . Kalo gsx pertimbangan ane bkn soal harga tp lbh ke kualitas mang, kalo rc200 ane suka ga pasaran dijalanan, apalagi buat ane yg tinggal diluar jabodetabek kan bisa jd daya tarik kalo dijalanan hihi.
    Cuma kalo rc200 ane rada takut ke surat2nya yg lama turunya , coba mang tanyain ke pentalaju ada jaminan dlm sebulan-duabulanan stnk tnkb udh turun .. Mksh mang slm josgandos. #andalangue

    • andalangueeee yang disana, hmmm kalau gw sih kayaknya bakal ambil RC200, apalagi keknya andalangue yang disana itu gak terlalu mikirin sales and service, tp lebih ke surat surat… hajar lah RC200

      • Kalo soal sales service ane ga peduli banget sih mang , selagi ada dilernya satu juga its oke. Okee thnks mang rekomendasinya . Tanyain ya mang tu surat suratnya gimana mash bakalan lambat kya yg udah udah apa bakal ada perbaikan kedepannya. #andalangue

  3. “…dan tentu saja KTM merupakan pabrikan yang open minded, gakan baper kalau produknya disebutkan memiliki kekurangan.. Toh itu yang diinginkan konsumen bukan? Yuk digeber…”

    Awas kang, yg pake materai bisa merasa😂

  4. “di area cockpitnya ada lampu dimmer pada tombol dan tuas di kiri kanan setang, ciri khas KTM yang juga diadopsi Bajaj”

    ini teh bajaj yg nuturkeun ktm atawa sebalikna? beneran nanya ini mah. kade bisi digulung ku penboys bajaj mang wkwkwkwkwk

    • Berkat Bajaj, sparepart jadi murah. Oli filternya bisa tukeran sama pulsar. Harga 20rb saja. Oli ganti sendiri aja.

      • Oli ganti sendiri. Coolant juga ganti sendiri. Busi nih yg belum pernah. Mari servis di rumah saya Om. Kunci-kunci lengkap, ada cordless screwdriver dsbnya ga capek muter-muter.
        Memang harus segera ganti oli dan coolant setelah motor diterima. Mungkin pabrik india pelit kalinya, kasi fluida ala kadarnya.

  5. mang itu motor udah klyar blum STNK nya… jangan asl review lho… ntar dtanyai STNK pakpol gk bisa nunjukin surat2 ..malah jadi rempong…😁😁😁
    eh..ini austria apa india..??

  6. Pertanyaannya: jadi sendal crocs itu punya sapaa? Rider atau boncenger? Serius nihh…

  7. Memang enak kok rc250 ini..
    Gue dh nyoba pas harga masih mahal..
    dapet unit pinjeman di dealer suzuki tmpt ane kerja dlu
    Tarikan enak.. handling enak… Buat ngerebah ajib.. ban pirreli nya napak bikin pede asli

  8. Ya pasti lebih enak slipper clutch dong. Ninja250/300 semua sudah pada slipper clutch. R25 baru nanti katanya juga tapi tdk mungkin 2 thn depan ke depan diluncurkan mengingat baru 3 thn lalu lahir. Jadi R25 akan Dead On Arrival.

  9. duke200 sy sil usdnya kok pd bocor y pak, panas mesin jg lumayan menyengat betis mst sering2 ngangkang biar g kepanasan

  10. Mang harga usdnya KTM rc/Duke berapa ?
    Di jual gak diBeRes nya ?
    Harga usdnya berapa tak ?

    Mau w pasang di mono ni

  11. Om, kalo berkenan, tolong dibandingkan kenyamanan pembonceng (yang pasti tdk nyaman) antara woodpecker ini sama zeref & samehada dong.
    Thanks in advance ya oom.

  12. kalo dari foto boncengan, posisi dengkul boncenger ga menekuk sedalam GSXR.. apa mungkin karena posisi dudukan footstep belakangnya lebih ke bawah alias jauh, ataukah dudukan footstepnya lebih panjang? 🙂

  13. Ngebandingin motor Jepang sama motor eropa emang sulit. Apalagi kalo udh biasa sama motor Jepang yg minim vibrasi dan heat management yg cukup baik dibanding motor eropa. Jadi kalo menurut ane, ktm ini untuk brand eropa, harganya sangat bersahabat. Yg mau beli, mending beli dah. Gak ush malu kalo dibilang pabriknya di India, mungkin yg ngomong kurang paham kalo Ducati monster, scrambler, dan Triumph yg harganya 400 juta keatas juga “cuma” buatan Thailand. Jadi konsumen Indonesia bersyukurlah ada motor eropa yg harganya msh dibawah 50 juta. Apalagi berkaca kalo BMW 310 harganya akan diatas 100 juta, dan proyek motor 250cc Triumph dibatalkan.

    • Amin mas. Kita memang bersyukur bisa kedatengan KTM dimarih. Moga2 aja ada yg tertarik jd dealer khusus jualan HD street 500 – 700 dgn harga kya KTM. Kan sama sama buatan India. Iya toh?

  14. hmmm harga segitu ban bawaan dikasih pirelli rosso2 ya ….. koq yang laen cuma dikasih IRC …

Yuk Tinggalin Jejak Lads..