Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr.. Motor sport bergenre penjelajah dari KTM yakni 390 Adventure sudah hadir resmi kemarin, 28 Agustus 2020. KBY anggap sudah pada baca ya press release dari KTM Indonesia yang dipegang oleh PT Penta Jaya Laju Motor, so di artikel kali ini KBY akan membahas first impression alias kesan pertama saat bertemu Ayana Moon eh salah, si KTM 390 Adventure Indonesia ini.. seperti apa rasanya? Yang jelas yang bikin wow salah satunya adalah bertabur fitur!

Motor bergenre adventure yang kental, sangat jarang yang memiliki tampang atau sosok ganteng, rata rata lebih mengedepankan fungsi dibanding desain yang manis ala K-Pop Lanang, begitu pula dengan KTM 390 Adventure ini.. Tidak ada rasa deg degan apalagi mimisan seperti misalnya bertemu dengan lovely Ayana.. ooohh..

Tapi sosok aslinya jauh lebih baik dibanding hanya melihat dari foto saja, kalau dari foto apalagi bagian samping, mengingatkan kita pada motor TVS Apache model lawas yang dangak dan mirip cencorang – eh dipikir pikir Triumph Street dan Speed series juga punya desain kek gini deng, liat foto di bawah ya.. jadi ga masalah juga sebenarnya..

Triumph Speed Triple 1050Motor sport yang dirakit di Indonesia dari India ini dibuat dengan menggunakan basis saudaranya, KTM Duke 390, jadi tidak salah kalau ada yang mengaitkannya dengan si saudaranya tersebut. Duke 390 1 silinder sendiri pernah KBY kupas tuntas saat dites harian, silakan diklik link nya yes..

Meski memiliki basis sama, tapi bentuknya cukup jauh berbeda, misal bagian samping dan lampu rem, lampu depan sama tapi posisinya lebih tegak si Adventure sehingga seperti paruh burung, sementara Duke punya lebih tidur.

lampu rem 390 adventure
lampu rem duke 390

Kalau ditanya, KBY pribadi lebih suka lampu rem 390 Adventure, ada manis manisnya gitu, yaitu DRL, sementara lampu rem yang aktifnya ada di bagian bawah. Kalau punya Duke menyatu semua.. Setidaknya kita bisa langsung tau kalau liat dari belakang, oh ini yang tipe Adventure.. karena bokong itu krusial sebagai bagian yang paling sering dilihat di jalan. Kalau sama aja bagaimana bisa tau itu model baru apa bukan? Masa kudu liat tahun di plat nomornya 😀

Oia, bentuk knalpot juga berbeda, tapi kalaupun sama gak susah membedakannya dari samping kok, soalnya langsung terlihat perbedaannya antara adventure dengan Duke. Kalau Adventure lebih pipih dan pendek tapi agak besar dibalut warna silver, si Duke punya lebih panjang dan berbentuk pentagonal dalam balutan warna hitam.

ERGONOMI

Sebelnya motor adventure itu rata rata seat height nya kurang bersahabat – bagi KBY tentu wkwkkw.. dengan tinggi tempat duduk 855mm, sudah pasti jinjit. Ditambah unit display dalam kondisi digantung oleh paddock stand, kaki cuma napak ujungnya doang wkwkwk..

Tapi posisi ridingnya lebih santuy daripada Duke, iyalah ini kan untuk menjelajah, trek on road dan off-road ringan. Jadi gak sabar gimana kalau dipakai harian ngantor, nyusahin gak ya untuk rider bertinggi badan 165cm..

BERTABUR FITUR

Tapi dari semuanya yang ada pada KTM 390 Adventure adalah fiturnya, banjir fitur! Melihat harganya yang “hanya” Rp. 119 juta, lads bisa dapat fitur yang bisa bikin bengong.. nih KBY sebut lagi fiturnya, meski di artikel sebelumnya sudah ada..

  • First Class MTC (Motorcycle Traction Control) system
  • Build in Quick Shifter (plus auto blipper)
  • KTM Myride: Connection bluetooth
  • TFT speedometer – paling demen nih liatnya
  • Full LED light
  • Cornering ABS
  • Off Road ABS
  • Slipper clutch
  • Ride-by-wire
  • FRONT SUSPENSION WP APEX, Ø 43 mm, adjustable compression / rebound
  • REAR SUSPENSION WP APEX shock absorber, adjustable rebound and spring preload
  • FRONT BRAKE Four piston, radially mounted caliper

Tuh, jika kita bandingkan dengan harganya sih dapatnya memang lebih banyak.. Cuma memang kalau bahas suara, mau gak mau karena 1 silinder ya gitu deh hehe.. Keknya KTM wajib bikin 2 silinder deh, tau sendiri people +62..

Semoga bermanfaat lads..

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog

16 KOMENTAR

  1. Ketangguhan Pabrikan ini di dakkar memang daya jual , sekalipun kemaren diputus Hnd juaranya 😂
    Tapi ini ” mending ” sih ada Usd nya . motor2 ginian rerata 1 cyl 😂
    Dan ini celah ktm bermain diangka 390 cc .. dimana gak banyak yang bermain di Cc ini
    119 jt x ambil 2 biji = wohhh masih murah .

    Buat nambah2 ” perbedaan ” di garasi..mang kobay layak ambil 1 😂

  2. Entah kenapa kalau switch indikator model nyala begitu berasa wah ,, terutama di malam hari… Kadang jadi iri lihat motor pabrikan acha-acha yg udah tua bulukan pakai handle switch model beginian terasa ganteng di malam hari… akhirnya ikut2an pasang di satria jadul ane dengan modal 250k dan sukses menambah kegantengan motor 15 persen di malam hari… Sampai orang2 di lamer nyeletuk ” beli di mana Bg?? keren ya bang tombol2nya pada nyala kaya stik PS” lha….😂😂 Ia jg sih🤯🤯 akhirnya banyyyk yg ikut2an. Wkwkwk … Btw kenapa ya mang pabrikan Jepang gak ada yg ikut pasang switch model beginian?? Dari mocil sampai moge. Entah ane yg kudet…🤔🤔

  3. Keren banget dong mang … Padahal PCX indikator knob keyless pun nyala jg kan mang,,?? Walaupun ntar mati kalau hidup mesin kalau gak salah….

    • Punya ay kan CBU Vietnam mang masih kunci, tapi dah di modif dooong wkwkw.. dibikin nyala terus ring nya..

      Cek aja artikel artikelnya ada udah dibahas

  4. Mang coba dibahas itu “first class MTC” arti “first class” nya itu d bagian apanya??? Bedanya sama TC yg ada d motor2 laen apa gitu?? Kok menurut ay kesannya kata2 “first class” itu seakan2 yg laen TC nya abal2 gitu CMIIW

  5. 😂
    Ngomong2 Keyless… kok difoto gak keliatan pisisi keylessnya…sebelah mana ya ? Keylessnya aman dari begal kan? 😂 Jangan kek sebelah keyless namun masih wajib bawa Gembox

  6. Sip mang ….udh ane baca…. Sambil menghayal,, seandainya new PCX brojol ntar pakai fitur begituan, rela ane selingkuh walaupun ane gak demen metik….😎😎😎😂😂 Masukin dong mang usulan ane ke petinggi2 AHM . kan belum ada tu pabrikan Jepang yg nerapin… Mana tau jadi kenyataan, kan ujungnya konsumen jg yg di untungkan….wkwkwk

  7. Buat adventure dimari mah 1 silinder 45hp udah lebih dr cukup, malah enak motor enteng. Yg penting torsi nampol dan bobotnya ringan, serta BBM yg sekali isi bisa jauh (konsumsi berbanding dgn volume tangki). Fiturnya itu loh, apalagi shock-nya WP depan blakang, duh ampun racun euy. Kalo ada yg bilang butuh BBM oktan tinggi bikin mubazir, dia harus liat R6 sama Multistrada diisi Pertamax di PERTAMINI eceran 😂, laju terus koq pada prakteknya 😅.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..