suzuki gsx-r150 vs New CBR150R K45G vs New R15 2017 v3Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber.. Kelas sport 150cc beberapa tahun belakangan ini seakan menjadi arena pamer keunggulan, baik desain, teknologi maupun fitur.. Tak heran disebut juga sebagai kelas pertempuran para dewa! Ini adalah Honda CBR150R K45G vs Suzuki GSX-R150 vs Yamaha All New R15 2017

Kenapa KBY sebut pertempuran para dewa? Karena kelas 150cc sport fairing di Indonesia ini unik, mirip seperti kelas street fighter 150cc yang diisi oleh Honda CB150R, pendatang baru Suzuki GSX-S150 dan (yang bakal hadir) Yamaha New Vixion 2017.. Pengennya banyak dan seabreg, motor harus keren dan terkesan moge look (desain), kudu punya banyak fitur, kudu kenceng sekaligus hemat (fakir bensin) dan terakhir, kudu murah! (fakir duit) hehehe.. Banyak kan mintanya? Memang kelas ini sangat demanding (menuntut).

Jadi gak aneh kalau KBY sebut kelas ini merupakan kelas dewa, dan pertempuran antar pemainnya ya bisa katakan sebagai pertempuran para dewa.. Siapa yang layak menjadi pemenang? Apakah New CBR150R? Si pendatang baru GSX-R150 atau bahkan yang baru diperkenalkan kemarin sang Yamaha R15 2017? Ini merupakan penilaian awal mengingat satu motor New R15 2017 belum pernah kena sentuhan (test ride) KBY, so hasil dan poin bisa saja berubah lads..

HONDA NEW CBR150R K45G

Usianya bisa dibilang masih muda, sudah setahun di bulan Februari kemarin, sementara ini CBR150R K45G sudah menuai panen hasil dari update yang dilakukannya seperti desain yang makin agresif dan modern yang bukan Honda banget, lampu full LED, speedometer full digital serta mesin racikan terbaru DOHC yang overstroke atau nearly square kalau bahasa Honda-nya..  Mesin ini bisa dikatakan powerful dari bawah hingga atas, meskipun akibat bore x stroke yang mendekati sama (square) membuat kitiran atasnya batuk batuk..

Masalah handling bisa dikatakan ada di atas Yamaha R15 yang lawas begitu juga dengan tenaga mesinnya.. Sayang, Honda tidak mencermati ancaman dari Suzuki yang terkenal suka ogah setengah setengah soal performa mesin.. Saat ini New CBR150R K45G sedang menikmati menjadi pimpinan dalam penjualan.. Dijual dengan harga OTR Jakarta Rp. 33,875 juta (Repsol Edition) mampukah sang CBR ini mempertahankan mahkotanya?

baca juga: Full Review Honda New CBR150R K45G Asik Sih Tapi Sayang

SUZUKI GSX-R150

Ini dia sang kuda hitam di kelas sport fairing 150cc, lahir sebelum Yamaha R15 2017 hadir, Suzuki yang berjanji bangkit di tahun 2017 ini optimis kalau Suzuki GSX-R150 dapat menuai sukses di penjualan, tentu kadar sukses ini jangan langsung dihakimi naik melampaui penjualan R15 lawas atau CBR150R ya, sukses untuk target Suzuki sendiri yang saat ini akhirnya mampu meraih sekitar 1.3% dari keseluruhan pasar roda dua..

Seperti biasa, desain bukanlah kehandalan pihak Suzuki, tapi tengok senjata di bawah bodinya.. power sebesar 19,1PS (bahkan konon 21PS) dengan torsi 13,9Nm menjadi yang terkuat saat ini.. Fitur pun lumayan dahsyat, speedometer sudah full digital LCD, lampu depan pun kekinian dengan LED meski belum full lampunya LED seperti CBR150R. Setang undeyoke yang agresif seakan menunjukkan ya beginilah motor sport itu lads..

Desain GSX-R150 tidak memiliki wow effect yang dahsyat atau lekukan yang dramatis, namun selaras dan mengalir dari depan hingga ke belakang.. Ibarat wanita, dia adalah gadis desa yang cantik tanpa make up, kaya Desy Ratnasari dan Maudy Koesnaedi jaman dulu lah kwkwkwk.. Pendekatannya adalah desain motor Moto3 dan diklaim punya aliran udara yang sangat baik setelah diuji di terowongan angin..Percayalah, melihat langsung jauh lebih baik daripada di foto. GSX-R150 sudah dijual melalui online atau direct dengan harga promo Rp. 27,9 juta hingga akhir maret 2017.

Handling dan performanya dapat dikatakan yang terbaik saat ini, meskipun kurang afdol dan belum head to head mengingat Honda CBR150R K45G belum pernah KBY uji di sirkuit, sementara Yamaha All New R15 sama sekali belum tersentuh oleh KBY. Mampukah GSX-R150 menyeruak diantara Honda CBR150R dan Yamaha R15 2017 nanti?

Baca juga: Test Suzuki GSX-R150 Di Sentul, Overbore-nya Edan!

kobayogas vs warungasep

YAMAHA ALL NEW YZF-R15 2017

Ibarat gatal, mungkin Yamaha sudah sangat ingin menggaruk sumber gatalnya.. kalah telak di penjualan sport fairing 150cc dari Honda CBR150R membuat Yamaha R15 hanya pasrah saja sambil menunggu momen yang tepat untuk bangkit.. Good news is, tahun 2017 memang menjadi momen untuk Yamaha R15 berubah total! Life span nya sudah habis dan saatnya berubah menjadi lebih modern pada sosok All New YZF-R15 2017!

Mencoba menahan laju penjualan CBR150R dan juga menyalip GSX-R150 di tikungan, Yamaha curi start memperkenalkan Yamaha YZF-R15 2017 baru baru ini dengan dihadiri banyak blogger ternama serta motovlogger yang sedang naik daun.. Sontak sosok yang sudah banyak spy shot nya ini menjadi sorotan nomor satu di dunia maya.. R15 2017 terlihat lebih modern, lebih agresif dengan mengambil basis desain sang kakak YZF-R6 meski tak dapat dipungkiri sisi depan sangat mirip dengan Honda CBR600RR..

Tampil trengginas dan fresh, Yamaha R15 2017 membuat standar baru di kelas sport fairing 150cc.. suspensi depan upside down, speedometer full digital LCD yang keren dan lengkap banget, mesin SOHC 4 valve yang naik kapasitas menjadi 155cc plus bantuan Variable Valve Actuation membuat tenaganya terdongkrak menjadi yang terkuat di kelasnya, 19,3Ps dan torsi 14,7Nm! Ini bahkan lebih powerful dari GSX-R150! Yamaha bahkan memberikan bonus berupa Assisted Slipper Clutch yang biasanya hanya tersedia di kelas 200cc ke atas!

Dengan rencana penjualan di awal semester dua 2017, mampukah All New R15 2017 menahan konsumen untuk membeli produk lain dan membuat mereka rela menunggu sang sport fairing 150cc berbulan bulan? Time will tell laggghh…

R15 2017 v3 menjadi yang terlengkap

Berikut adalah perbandingan spesifikasi antar produk dewa di kelas 150 cc sport fairing.. cekidot lads..

tabel perbandingan spesifikasi mesin GSXR150 vs CBR150 vs R15

THE VERDICT

Jika desain adalah selera masing masing, maka fitur dan spesifikasi adalah mutlak, maka di atas kertas Yamaha All New R15 2017 v3 punya segalanya di kelas ini.. Terlengkap dan terkuat. Tapi Suzuki sudah membuktikan performa mesin dan handlingnya melalui bukti banyak blogger dan juga media, plus harga yang paling murah! Sementara Honda sendiri masih cukup aman karena desainnya banyak disukai dan… nama Honda itu sendiri..

Terima kasih sudah bantu sharing.. Baca juga yang menarik lainya dan kunjungi blog mang saka www.sakahayangna.com :

Kontak kobayogas.com :

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube Channel: Yogas Erlangga
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

46 KOMENTAR

  1. dan….. nama Honda itu sendiri
    haha
    Orang indonesia itu banyak maunya, dengan dana seadanya, dan dengan keadaan kepaksa.
    jadi gak aneh nih kondisi sekarang rame banget haha
    selamatkan indonesia

  2. keyless nya kok ga disebut mang, pdahal mnrt saya keunggulan Suzuki diantara ketiganya ya itu

  3. Saya nih mangkobay setia nunggu all new r15 semenjak awal spyshoot all new r15 sampe rela jual R25 demi baby r6 😊 mau balikan lagi ke mantan yang sebelumnya owner old r15 😊

  4. Bang Kobay… klo boleh koreksi…itu infografis perbandingan 3 motor sport fairing kok yg Yamaha msh pake R15 versi lawas? Bukan yg all new? Sprti yg dibahas sampeyan…

  5. Mau yang paling keren & banyak fitur: R15
    Mau yang performa joss: GSX R150
    Mau motor sport tapi kere: CBR150

    • verza, vario, cbr, cb, supra, sonic cc nya sama persis.. tenaga2 beda2 😂😂
      kok masih ada yg kuno begini. ngukur peak power ama peak torque mesin mah ilmu pasti bos, kalo ngambil data displacement doang mah ga bs ngitung apa2

    • Sory bro kalau km tahu sedikit tentang mesin mungkin bakalan tahu kalau mesin single cylinder cc kecil (250 cc kebawah) susah untuk dinaikkan tenaga nya (hp) jika menggunakan parts kelas murah.bisa pasti dengan perbedaan cc segitu naik sampai 4-7 hp. Tapi material mu harus kelas wahid karena rasio kompresi juga bakal dinaikkan, rpm ditinggikan misal sampai 15 ribu rpm dst.dan itu nanti mengarah ke cost produksi yg besar.kembali lagi nanti pasar yg dituju tidak tercapai.

  6. CBR 150 OTR 34 jt

    No USD 37mm
    No Underyoke
    No Deltabox
    No Alumunium Banana Swing Arm
    No shifting timing light yang akan memberitahu sudah waktunya oper gigi
    No “assist dan slipper clutch system”.
    No Hazzard
    No Bubble Windshield (ngak pelit kayak NCBR150 yg windshield seuprit)
    No VVA technology (mirip VVTI di Camry)
    No. Ban Gambot 140 dengan Velg 4 inch belakang
    No keyless key
    Power cuma 17ps torsi 13,5 Nm (paling inferior dikelasnya)
    Muka Gepeng
    Model bodi Cungkring
    Posisi terbaik IRS 150 2016 No. 14

    Fix yang beli CBR150 setelah New R15 lahir hanya fansboy buta merek yang doyan produk AHM yang overprice

    Salam Sakit Hati

    TTD
    Kartel

  7. Efek jual R15 lawas ,,langsung melejit dah GSX R. iKon GSX R ,nih si kobay…Wkkwkwkwk kaaburrrr

  8. anehnya..fby yg suka ngatain cbr muka gepeng… eh r15 sekarang ikutan geoeng..cuma windshield doang di gedein…
    pinter RnD ymha..mna motor laku…
    #ehh..

  9. Jadi intinya curhat nih minta diundang Yamaha, gak bakall dehh, lha wong situ jual R15 bekas pakek diskon 70% lagi biar laku 😛

  10. Masalahnya r15 v3 terlalu lama keluarnya
    Konsumen banyak yg lari ke gsx
    Spyshot dah lama beredar, launching dah dapat 3 bulan. Harusnya bulan 4 sudah harus di jual

    • launching yang dilakuin yamaha semata buat menghadang minat konsumen ke GSX.. membuat konsumen wait and see.. yang mau beli GSX biar bilang “bentar ah, nunggu R15 yang baru “.. padahal sebenernya yamaha belum siap.. tapi mereka kepaksa nge-launch produk yang belom siap dijual..

  11. Akselerasi bagus kaya fitur moge look..y r15..
    Desain everlasting,powerfull di putaran atas..ya gsx 150..
    Mau hrga jual tinggi..ya cbr150..
    Pilih2..

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.