Piaggio

DIY, Bersihin Ruang Bakar dan Ganti Oli Motor

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber.. Soal ganti oli sendiri di motor mungkin sudah banyak yang tahu, tapi banyak juga yang belum tahu caranya, nah kali ini sebagai orang awam KBY akan berbagi tips do it yourself dalam membersihkan ruang bakar dan ganti oli sendiri..

ganti oli motor sendiri

Mengganti oli di bengkel mungkin banyak alasan, karena gada waktu atau males atau bisa saja karena gak tahu caranya bagaimana.. Nah ini KBY kasih tahu, dari awam untuk yang awam.. Karena awalnya pun KBY malas cari tahu bagaimana cara mengganti oli motor milik sendiri dan dikerjakan sendiri.. Setelah tahu caranya ya mudah banget! Tapi sebelumnya, kobayogas.com akan memberikan tips membersihkan ruang bakar dulu ya..

MEMBERSIHKAN RUANG BAKAR MOTOR

Kenapa membersihkan ruang bakar dulu yang dilakukan dibanding ganti oli? Karena ada kemungkinan meski kecil, setelah ruang bakar disemprot cairan carbon cleaner/ engine conditioner (atau carburetor cleaner) lelehan cairan itu akan masuk ke dalam sela sela ring piston dan menetes serta bercampur dengan oli.. akibatnya oli alias pelumas menjadi rusak dan bisa membuat kinerjanya jauh berkurang..

Pembersihan ruang bakar ini KBY lakukan pada Frozen Yamaha NMax non ABS, caranya tidak terlalu sulit, ini metode termudah yang bisa dilakukan meskipun dengan resiko hasilnya kurang maksimal.. Yaitu dengan menyemprotkan cairan engine conditioner/ carbon cleaner melewati saluran air filter/ intake yang menuju ruang bakar..

Apa saja yang harus disiapkan dalam membersihkan ruang bakar motor?

  1. Carbon Cleaner atau Carburetor Cleaner (DCS/G’Zox dlsb)
  2. Obeng plus (kembang)
  3. Kain Lap
  4. Rokok
  5. Kopi susu hehee..
  6. Partner buat bantu putar gas

engine conditioner atau carbon cleaner

Bedanya apa sih kang Engine conditioner/ Carbon Cleaner dengan Carburetor Cleaner? Kalau Carbon Cleaner biasanya cairannya berbentuk foam dengan concentrate kuat alias daya bersih/ bilasnya lebih kuat dalam merontokan jelaga/ carbon. Sementara Carburetor Cleaner bentuknya cair biasa, sama sama membersihkan tapi daya bilasnya tak sekuat carbon cleaner..

Setelah selesai membuka rumah filter udara, akan terlihat ada lubang intake tuh yang menuju ruang bakar, panaskan mesin sekitar 1 menitan dengan asumsi kalau udah panas maka si foam akan bekerja lebih baik dalam merontokan kotoran di ruang bakar. Semprotkan carbon cleaner ke dalam saluran intake tersebut sambil menggantung gas, kalau gak mesin bisa mati, dan bakal susah nyalainnya hehe..

bersihin ruang bakar mesin sendiri bersihin ruang bakar mesin sendiri

Setelah menghabiskan sekitar 1/2 botol, biarkan mesin mati dengan sendirinya, dan diamkan sekitar 10 menitan.. Setelah itu kembali mesin dinyalakan dengan membuka gas 3/4 hingga penuh agar kotoran yang sudah rontok tersebut terbuang melalui knalpot. Biasanya ditandai dengan asap putih tebal, tergantung kondisi ruang bakarnya.. Jangan lupa pasang kembali tutup air filternya ya kalau sudah selesai.

MENGGANTI OLI SENDIRI

Nah sekarang giliran mengganti sendiri oli mesin Yamaha NMax, mudah kok asal tahu bautnya sebelah mana. Apa yang harus disiapkan untuk mengganti sendiri oli mesin? Nah dicatat nih lads..

  • kunci ring 14
  • kaleng bekas atau ember kotak
  • oli baru (iyalah apa yang mau diganti kalau gada)
  • kain lap
  • corong
tuh baut pembuangan oli yang dilingkari

tuh baut pembuangan oli yang dilingkari

Kenali posisi baut pembuangan oli seperti pada foto, gunakan kunci ring 14, siapkan kaleng bekas di bawah bak oli.. buka baut dan biarkan si oli terbuang, mau sampai motor dimiringin juga boleh, bebas aja wkwkw.. Setelah benar benar habis tak tersisa, bersihkan lubang dan baut olinya dan tutup kembali hingga kencang.

baut pembuangan oli nmax

Setelah oli baru disiapkan, buka lubang dipstik dan siapkan corong kalau terlalu miring, pakai botol bekas air mineral seperti pada foto biar gak tumpah tumpah olinya.. Ingat Yamaha NMax butuh 900ml ya, kalau bisa jangan sampai kurang, apalagi lebih, tar malah berat.  Sudah kelar? Silakan dipanaskan si mesin selama beberapa saat, dipakai keliling halaman juga boleh..

Jangan lupa reset lagi oil trip di speedometer, biar tahu jarak tempuh olinya, caranya tekan dan tahan tombol reset kalau sudah kedip kedip, tekan reset sekali lagi. Nah kalau bisa, langsung aja bawa keluar dan geber kalau jalan kosong, biar sisa karbon yang sudah rontok bisa ikut terbuang.. Jangan lupa pake helm ye.. Selamat mencoba.. Dari yang awam untuk yang awam

note: oli sebelumnya Shell AX7 scooter terpakai sejauh 1675km

jangan lupa direset lagi

jangan lupa direset lagi

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

Advertisements

About Kobayogas

Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil
This entry was posted in Sharing, Yamaha and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

32 Responses to DIY, Bersihin Ruang Bakar dan Ganti Oli Motor

  1. ardiantoyugo says:

    wedan setengah botol kui iso banjir…
    jo lali ados sek…

    Modifikasi keren Vario 150: http://wp.me/p7LBn5-26M

  2. daf says:

    koq g pake oli mobil mang? carbon cleaner plg efektif dimasukkan ke ruang bakar lewat lubang busi mang,tp klo mesin selonjoran jg tdk maksimal jg 😀

  3. Kang ari says:

    bersihin ruang bakar dengan disemprot melalui lubang filter udara/karburator/TB atau lubang busi sangat beresiko tinggi karena kerak atau kotoran yang lepas bisa membuat dinding cylinder dan piston lecet akibat kotoran terselip di ring piston, resiko juga motor mogok atau power menurun akibat kotoran/kerak menempel di klep sehingga kompresi bocor.
    untuk mengurangi resiko (mengurangi resiko bukan tanpa resiko…!!!!!!!!!) pakai pembersih yang dituangkan ke tangki (cairan jangan bentuk pil/serbuk) seperti carbon cleaner (sori bukan promosi, promosiin nggak ada dwitnya, SUWEK…!)

  4. DNFmagz says:

    Untuk pembersihan ruang bakar mang kob rekomendasiin tiap berapa km? Atau berasa feel ga enak aja?

    https://dnfmagz.wordpress.com/2016/10/12/hari-ini-3-pabrikan-berebut-media/

    • Kobayogas says:

      rekomen saya setiap mau ganti oli.. soalnya kalau di tengah tengah takutnya ada lelehan cairan masuk ke bak oli.
      Kalau di tengah tengah mending fuel system cleaner aja yang dicampur ke tangki bensin

  5. CBeAT says:

    Njiiirrr.. Gk ktinggalan ududnya..
    Rokok buat nyulut tanki bbm.. Wkwkwkwk..
    Partner suruh nyolong singlet tetangga…

  6. gie says:

    Lebih enak slang yg dari injector ke box filternya di copot dulu nah baru semprot pake carb cleaner/injec cleaner di mulut injectornya biar bersih merata…
    kang buka oli dikala mesin dingin dan proses pengencangan baut oli jangan terlalu kencang tapi jangan juga terlalu kendor alias mejeuhna (pas) kalo terlalu kencang takut ambrol tu drat baut olinya..hehe

  7. Mekanik Awam says:

    Om terus bekas olinya gimana ? disimpen? dibuang ?
    Terus kalo dibuang, dibuang dimana ?

  8. Rizal says:

    Weesss pelopor oli sesat,awas mang mesin rusak,wkwkkkwkk

  9. fahri says:

    cobain conoco gt1, dijamin langsung jatuh cinta

  10. handoyo says:

    carbon clean , setahun sekali aje. bener buka tutup oli pas adem kekerasannya asal cukup aje, oli bekas coba di tampung masukin ke botol bekasnya, lebih bagus pakai galon oli 4l jadi banyakan kasih ke bengkel biar dijual lagi, botol olinya tusuk biar ngak dipakai lagi

  11. jadi pengen coba, tapi susunya dipakai dimana ya :mrgreen:

    Penyebab Lampu LED cepat Mati / Putus
    http://rpmsuper.com/penyebab-lampu-led-cepat-mati/

  12. rigel says:

    saya malah pake yang H-TECH 100Plus, SAE 5W30 untuk vario 150 saya mang..

  13. meneng reader says:

    kudu sedia dulu oli baru utk ngganti yah

    wkwkwk
    kasian yg udah mbuka baut dan “ngetap”,
    tapi lupa nyediain oli baru.
    wkwkwk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *