CBR

First Drive Honda Mobilio E MT, Tenaga Bagus Suspensi Nyaman..

test drive honda mobilio E MT 2

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber.. Kembali ke artikel tes drive roda empat yang gak banyak diminati oleh pengunjung blog.. wkwkwkw.. Kali ini Kobayogas.com berkesempatan menjajal sebuah mobil MPV andalan Honda..

Honda Beat ya? Ya elah emangnya skutik wkwkwk.. Lagian AHM sama HPM beda keless… masih ada aja yang suka anggap AHM dan HPM itu sama 😀 So ini adalah produk Honda roda empat yang lisensinya dipegang oleh Honda Prospek Motor.. Honda Mobilio E Manual Transmission!! Mobil terlaris andalan Honda di kelas MPV yang bisa melewati rekor penjualan Honda Jazz..

Kang, orang mah udah ke bulan naek Honda Mobilio, dirimu kok baru bisa nyoba sekarang sih? Wkwkwkw.. Gini kalau beli sendiri BELUM SANGGUP, jadi kudu ada yang rela minjemin buat sedikit ‘disiksa’ lads.. Kalau kudu nunggu BELI SENDIRI, belum tentu akhir tahun barangnya ada wakakakaa.. Jadi bagaimana impresi berkendara bersama Honda Mobilio E MT ini?

Berhubung sudah pada mahfum gaya mengemudi KBY jadi belakangan rada susah nih nemuin UNIT PINJAMAN yang RELA DISIKSA.. Lah biar punya temen pun rela gak yang punyanya barangnya disiksa ala Kobayogas.Com? Nyari duit itu susah, punya barang disayang sayang, eh ama si Kobay udah disiksa yang diungkap kejelekannya semua, ogaaahh.. 😀 Oke ini lah hasil dari test drive Honda Mobilio E MT …

Daritadi muter muter mulu kang, kapan mulai review Honda Mobilo E MT-nya? Sabar lads.. Honda Mobilo E MT berwarna abu abu kunyuk ini milik rekan kerja KBY, setelah sekian lama merengek rengek pengen pinjam mobilnya, akhirnya om Iwan mengabulkannya juga (bayangkan, cuma buat review sebentar aja KBY sampe merengek rengek minjem) Kebetulan beliau lagi bawa dan kita bertujuh mau makan siang, geberrrr

Bicara desain Honda Mobilio, KBY gakan mengulanginya, silakan klik artikel ini Full Impression Honda Mobilio E CVT.  Honda Mobilo E MT milik om Iwan ini buatan tahun 2014, jadi belum mengalami facelift dengan dashboard mirip Honda BRV (baca: Honda Mobilio facelift, Dashboardnya Lebih Keren!) Tipe E MT sendiri sudah double blower, hanya transmisinya saja bertipe manual..

desain nilai 7,5 dari 10

test drive honda mobilio E MT 3

TARIKAN RESPONSIF

Sebenarnya melihat sosoknya yang cukup panjang, KBY agak underestimate nih akan performa Honda Mobilio E MT 2014 ini, palingan ya biasa aja.. Tapi KBY lupa, ini mesin Honda bertipe L15Z dengan output sebesar 118 PS terbesar di kelasnya! Alhasil memang ternyata tarikannya maknyus! Padahal sedang terisi full 7 orang dengan jenis berat badan berbeza beza..

Perpindahan tuas persneling Honda Mobilio E MT juga pendek dan rapat serta akurat khas Honda! Serasa membawa Honda City atau Honda Jazz manual nih gerakan tuasnya, sudah mirip quick shift.. Enak untuk perpindahan gigi yang cepat dan cekatan.. Tuas koplingnya pun lembut dan ringan seperti pedal gasnya..

nilai 8 dari 10

SUSPENSI NYAMAN

Suspensi Honda Mobilio E MT ini masuk kategori nyaman, gak mental mentul, lembut nggeleser.. Hah? Gak salah tuh kang? Bukannya katanya suspensi Mobilio itu keras dan gludak gludak? Ya kalau diisi hanya berdua atau sendiri, si empunya pun mengamininya.. Tapi kan KBY rame rame, 7 tempat duduk terisi semua.. Impresinya ya nyaman!

Pulangnya KBY duduk di baris paling belakang, sengaja mau tau kalau duduk di paling belakang seperti apa. Surprise! duduknya enak, dengkul gak mentok lutut selama jok tengah tidak di rebahkan habis. Kaki pun tidak menekuk, bagian paha hanya sedikit menggantung, artinya Honda Mobilio E MT ini akan nyaman untuk perjalanan jauh.

Baris paling belakang pun ternyata bisa direbahkan walau hanya satu step.. Ini membuat penumpang Honda Mobilio E MT di baris belakang pun dibuat nyaman dan betah, belum lagi jok tengah bisa digeser ke depan jika kurang lega.. Tapi ingat, di atas 170 cm mendingan di tengah laaahh hehehe..

Handling Honda Mobilio E MT di tikungan juga cukup dapat diandalkan, diisi penuh body roll nya cukup minim, meskipun tetap saja isi nya alias penumpangnya mah pada ikutan miring wkwkwkw..

nilai 8,5 dari 10

KEKURANGAN Honda Mobilio E MT

  • Jika mengangkat kopling kurang pas, terjadi getaran, hal ini juga kerap ditemui pada Honda Jazz dan Honda City manual bahkan Honda CRV 2.0 MT
  • Ketika diisi sendirian atau hanya berdua, suspensi belakang keras dan glodak glodak
  • Diisi sendiri atau berdua kestabilannya kurang
  • Kualitas material plastik bisa lebih baik lagi
  • Tampang depan yang kurang agresif, mirip Honda Brio
  • Peredam kabin kurang

KELEBIHAN Honda Mobilio E MT

  • Tarikan responsif
  • gerakan tuas transmisi presisi dan cekatan
  • Kopling dan gas ringan
  • Driving position
  • Jok baris belakang cukup lega untuk penumpang 165 cm
  • Fitur cukup lengkap di kelasnya, ABS, EBD, Dual Airbags, MID
  • Ada petunjuk eco drive dengan pendaran warna hijau, membuat ritme berkendara terjaga
  • Fleksibilitas kabin dan ruang kabin lega

Nah itulah first drive Honda Mobilio E MT yang KBY selesai lakukan, tentu untuk review yang lebih mantap seperti handling dan stabilitas di kecepatan tinggi, performa di tanjakan harus lebih jauh lagi tesnya.. Semoga bermanfaat..

note: kalimat merengek rengek di atas bohong, yang ada KBY disuruh bawa sejak awal 😀

Baca juga artikel artikel TEST DRIVE lainnya ya lads… makasih sudah bantu sharing…

Kunjungi juga blog mang Saka di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 0812 180 44747
tweetme: @kobayogasblog
Instagram: Kobayogas
Line: yogaskobayogas.com

About Kobayogas 3366 Articles
Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil

67 Comments

  1. Dari judul ane kok berburuk sangka.
    “Nih mentang mentang FBH dan naik nmax terus, suspensi mobilio dibilang empuk” eh di naikin 7 orang. Jelaaassss
    Desain paling bagus menurut ane mobilio dikelas mpv dibanding papanjah atau ertiga yg kedua desainnya sama sama mundur 2 generasi.

  2. Wah ane ngeri euyy liat MPV sekarng isi 7 orang dewasa penuh smua. Ane skrg klo nebeng naik mobil MPV lebih dri 5 orang dewasa, ane mendingan gk ikutan alias naik angkot aja.

  3. Nambahin pengalaman 😀
    *kekurangan
    -rpm rendah agak loyo
    -Suspensi stif buat kelas mpv
    -Keredaman kabin kurang
    -Jok tipis
    *kelebihan
    -nafas panjang, pernah 160km/h(limiter) di 5000rpm
    -Handling buat ngebut anteng
    -Bensin pernah tembus 22 km/l

  4. itu joknya warna oren om ? 0__0

    eh yaa mobilio udah facelift, dashboard grand canyonnya udh menghilang 😀

  5. ini mobil yang dashboardnya ga rapet + punya fasilitas kursi peron dilapis sedikit busa itu ya?

    Rem nya bagaimana? Klo ga salah sekarang mobil honda mayoritas pake rem tromol di sisi belakangny

  6. Kalo gw sih

    Oh no:
    Jok tifis
    Plastik ahsudahlah
    Kerenggangan antar panel serem

    Oh yes :
    Performa paling oke di kelasnya
    Handling paling enak biarpun gladak gluduk…ya namanya mobil honda pasti lebih atos dari rival

  7. (((Kualitas material plastik bisa lebih baik lagi)))

    bilang aja mas: plastiknya butut

    ntar dikira memperhalus kata-kata lho apalagi ini unit pinjeman bukan beli sendiri #eh

  8. ditunggu test drive B-RV om…

    bwt compare to avanza ada pengalaman tak om?

    prnah bawa veloz 1.5 lux, bedua nyaman rame malah limbung.

    sensasi fwd vs rwdnya mana enakan ya om?

    minat sama B-RV euy, kan sama ya rwd ma mobilio?

    • ealah FWD kamsudnya…

      udah pernah liat review diyoutube, katanya kualitas plastik semirip kiram** wedusss :)..

      BRV gmana ya… kmrn tak smpt cek di pameran.

    • honda gada yang RWD, FWD semua om.. untuk pemakaian normal dan sering di dalam kota, RWD-FWD gak ngaruh ..

      avanza terbaru lebih baik tapi soal handling ya Mobilio karena lebih rendah. duduk di belakang juga masih ttp enak mobilio

  9. mang, ane user papanza. rencana mau ganti mobilio kalo sudah longgar. cuma masih ragu ya itu FWD nya. maklum ane keluarga besar kalo pergi full 7 orang. kalo buat jalan pegunungan mobilio sm papapza menang mana ya? macam daerang Tawangmangu/sarangan ekstrim nanjak nikungnya, maklum orang sekitar solo.

  10. Mobil kakak saya ini mang, kalo saya yang badan nya 175cm/100kg tiap kali masuk kepala saya sering kebentur pilar, trus karena badan saya lumayan besar jadinya serasa masuk ke mobil kecil kayak brio. Soal performa mesin yang matic cvt aja cukup pakai gigi D sudah lumayan ngacir, apalagi yang manual. Nah kalo kualitas dashboard ini asli bikin gregetan hihihi, kayak mobil cina aja kualitas dan kerapatan plastiknya, saya belum pernah lihat yang model 2016 yang dashboard model baru, semoga aja yang baru udah ada peningkatan.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..