kejurnas ip 150 (1)

Kobayogas.com – Hola lads, area lintasan balap kerap kali dapat dijadikan sebagai rujukan superiornya sebuah paket mesin.. seperti yang ditunjukkan Yamaha bersama MX Kingnya berikut ini..

Meski KBY tidak hadir di tempat alih-alih mendapatkan info seputar hasilnya namun secara pribadi KBY tertarik ingin mengulas hasil kejurnas ini tentu versi KBY pribadi loh.. Jadi apa fakta yang terlihat dari hasil kejurnas balap motor seri IV 2015 tersebut? Mesin SOHC vs DOHC..!

Menurut KBY fakta yang tak terbantahkan adalah bahwa Yamaha MX King masih yang terbaik, meskipun mesinnya seringkali dianggap sudah lawas dan uzur serta harus segera mendapatkan penyegaran bahkan diharapkan berganti mesin dari SOHC ke DOHC..

Ya, pada kejurnas balap motor seri IV 2015 tersebut, sesuai hasil yang dishare oleh lek aripitstop, race 1 dan 2 dimenangkan oleh tim Yamaha dengan MX King 150-nya.. Bahkan pada race 1 lads, Yamaha MX King sapu podium! Race 2 Honda Sonic sang pendatang baru bisa naik podium kedua setelah race 1 DNF. Bagaimana dengan Suzuki Satria? Sama saja lads, harus mengakui superiornya sang raja.. MX King..

KEJURNAS SERI 4 TASIKMALAYA (4)

Memang, meskipun yang namanya balapan itu tidak semata-mata mesin thok, sasis, suspensi, faktor rider dan kesiapan settingan juga berpengaruh, tapi tetap saja pada hasil kejurnas di bukit peusar Tasikmalaya tersebut, Yamaha membuktikan mesin 150 cc SOHC 5 speednya mampu mengungguli lawan-lawannya yang di atas kertas lebih unggul dengan mesin DOHC dan 6 Speed..!!

Don’t change the winning team, begitu orang Tasik menyebutnya.. artinya, jika mesin 150 cc SOHC milik Yamaha memang masih terbukti tangguh dan unggul dari kompetitor ya buat apa diganti toh? mesin DOHC? Ah ga perlu dulu tuh lads 🙂

image

Baca juga artikel lainnya lads…

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)
Tweet me: @kobayogasblog

85 KOMENTAR

  1. saya sih no , ribut” sohc dohc
    tenaga itu 11-12 lho
    untuk 150 cc dan sama” 4 valve kok
    selisih nggak sampe 1 dk
    tp ini race, itu udah byk dioprek, balik lagi ke joki , settingan mesin, handling dll
    di jalan harian juga kl mah geber” an gitu sohc dohc? balik lagi ke skill , mental ridernya
    -percuma skill jago, mental lemah
    – percuma motor kenceng, skill payah
    #pengalaman saya

  2. busettt

    om kobay bae banget sm fby

    padahal mah ga dibuat juga gpp

    ane tau klo om kobay blog netral kok

    yg nyolot ama om kobay di warung om ari paling salesnya yamaha om

    😀

    • wkwkwkwk gak, gak, bukan gitu, kebetulan pas ada idenya juga kok..
      penekanan saya ada di “SOHC Yamaha masih terbukti tangguh..’

      sebenarnya sama ini.. “jangan2 gakan pernah bikin DOHC?’ hehehe

  3. Itu kan ud di oprek oprek coy bkn standaran..kalo mau adil standaran aj kita buktiin mxking lawan sonic

  4. Udah pernah ngerasain pake sohcnya cs1 4 tahun, dohcnya cb150r 2 tahun, skrg sohcnya r15. Kalo yg gak kemakan iklan sih pasti ngerti dan bisa ngerasain bedanya dimana.

    Jujur emang motor sohc itu getarannya lbh greget dan kerasa dikit dibanding dohc. Selain itu untuk pengoperasian kecepatan di gear tinggi, emang lbh ngegelitik dibanding dohc.

    Jadi sohc vs dohc menurut saya bukan masalah power sih. Jaman skrg motor itu bukan murni hal mekanis, tp jg campur tangan software (baca : ecu) yang dimana tenaga sama torsinya bisa dimanipulasi dari sifat mekanis bawaan design mesinnya. So sohc vs dohc untuk jaman skrg? Cuma masalah getar dan gelitik aja siih. CMIIW kang 🙂

    • imo dan afaik, tergantung desainnya sang insinyur juga.. SOHC Honda L15 series bisa teriak sampe 6800 RPM dan terbesar di kelasnya (120 PS), torsi sama dengan DOHC (145 Nm).

      SOHC dan DOHC di mobil sudah lewat masa ributnya hehehe

    • kl emang pernah pake cs1 apalagi ampe 4 taun, pst ga heran sama ganasnya putaran atas si CS1 yg sebenernya ciri khas DOHC. meskipun karakternya emang teteup beda.

      ECU ga bs maksimal kl basis mesinnya emang ga bs apa2 alias mentok. coba bandingin mesin old cd sama cbr lokal sama2 aja kan? beda di ecu. krn emang pemaksimalan mesinnya msh jauh.
      basis mesinnya berkarakter luas. saking luasnya beda ecu udah beda karakter output mesin persis kayak old CB sama CBR lokal tadi.

      stuju sama kang kobay, insinyur mesinnya gmana, bs bikin basis mesin yg mumpuni gak? ato oprek dikit dah mentok. mau SOHC ato DOHC itu masalah selera aja pd akhirnya, tantangannya ya di pemaksimalan si mesin tadi.

  5. masa mesin dohc yg katanya 20hp n 178kpj ato setara r25 keok ama mesin 115kpj mxking dan untuk kesekian kalinya dohc loyo kalah lagi ama mesin lemot sohc,ekekekekek……jlub! makan tuh dohc super letoy yg digembor-geborin tim sewot ucukkuduk…ngoahahahah…jlub!

    • hehe, satu sirkit aja belum tentu cocok sama satu dua motor tapi bisa jadi paling cocok dengan satu motor…

      intinya, karakter sirkit juga berpengaruh sih

  6. Yang ngak masuk di logika saya dan saya tekankan lagi SOHC 5 speed kok bisa menang lawan DOHC 6 speed…Skill pembalap?? pembalap Kejurnas jago2 dan udah kaya pengalaman.

    Dari basisnya saja SOHC VS DOHC udah kalah dan dari jumlah gigi 5 VS gigi 6, juga logikanya gigi 5 pasti kalah..Riset? kedua motor belum lama lahir jadi masih sama2 meraba.

    • MX memang motornya memang belum lama lahir, tapi mesinnya???.. udah 10 tahun…
      sedangkan sonic, mesinnya baru 2 bulan mengaspal… jdi kurang afdol kalo menyetarakan mesin sonic dengan mx king..

    • karena saya bukan orang teknis, jadi kita obrolin secara awam aja yah hehe..

      Setuju kalau MX King juga belum lama lahirnya, hanya imo nih, basis mesinnya sudah lama, keuntungannya adalah secara riset untuk mesin thok, Yamaha sudah punya keuntungan waktu, karena bisa ambil dari riset yang sudah sudah..tinggal menyesuaikan saja.

      yang bikin agak lama mungkin settingan ke arah lain misal suspensi, karena sasis bisa jadi berbeda, meski masih bisa dikatakan ada DNA jupe MX disana..

      Selain itu, ini yang ay dengar, karakter sirkit bukit peusar kurang cocok bagi mesin karakter Sonic dan Satria..

      Satria yang sudah kawakan (mesin sudah beredar lama, sasis juga masih sama) saja bisa dikatakan gak bisa berbuat banyak..

      Intinya, balapan memang bukan faktor mesin saja, tapi karakter sirkit, settingan suspensi, skill rider juga berpengaruh..

      Kita juga tau kalau di MotoGP ada istilah ‘sirkuit Yamaha’ dan ‘sirkuit Honda’.. itu karena kedua motor tersebut memiliki kelebihan pada sirkit2 tertentu..

      yah ini hanya opini orang awam aja om..

      • bener om kobay,…
        biar lebih afdol komparasi mx ama sonic ya di kejurnas tahun depan, itu juga klo masing2 motor msi dalam spek yang sekarang….

  7. tidak dipungkiri, mesin SOHC mx king, walopun bru rilis, namun basic mesinnya sudah ada dri jaman vixion dlu, jdi untuk riset kyy tinggal estafet aja, klo mesin DOHC honda sonic, itu mesin fresh kluar dri oven alias total baru.. ngk bisa estafet dri mesin DOHC CB yg lama,… logika sederhananya gini aja, mesin baru fresh keluar dari oven bsa podium 2 di race ke-2 nya, dan bisa best lap??.. itu sudah luar biasa.. dengan keterbatasan riset ini itu..

  8. semua punya keunggulan masing”,,tapi dgn hasil ini maka mx king adlah motor dengan paketan terbaik

  9. untuk saat ini, MX king masi yang terbaik, apakah itu mesin, rangka, dll..
    ibarat kata rossi, balancenya mx king tu masi paling bagus, terlepas kondisi standarnya gmn untuk masing2 motor.. klo udah bcra balap ya lain lagi ceritanya..
    mesin boleh setingkt dibawah sonic atopun FU, tapi secara keseluruhan mx king yg terbaik di kejurnas selain trek sentul besar.
    kalo dah ngomongin sentul besar,.. yah tau sendiri lah siapa yang berkuasa…

  10. joki juga pengaruh… kemarin bmw e36 racikan temen padahal dengan biaya super minim masih dapet juara 2 etcc sentul kelas 2000cc novice… pembalapnya agak edan…

        • gak apal, nyerah wkwkkw…
          afaik mesin MX King kode 2PV konon yang buat harian, buat yang balapan mesinnya masih 1PA, Jupie MX 135 (OVI – NVL) yang dinaikkin cc-nya…
          Nah ternyata mesin sonic pun yg buat balap, masih K15 bukan K56

          dua duanya tujuan sama, hemat waktu dan biaya riset..

          nyambung gak sih? wkwkwkw

        • nih kalau kata lek ari mang

          “setelah melihat2 jeroan dari MX King ini ternyata berbasis mesin vixion bahkan sampai crankshaft, piston dan ring piston memakai milik Old vixion ( OVI), artinya sangat mudah untuk menyamai power MX King dengan vixion lawong dari gearbox saja sama cuma beda ukuran gear roda belakang saja kalau vixion memakai mata 43-14 maka untuk MX King memakai 42-14, ratio yang sama.”

    • mesin sonpig itu baru tp masih dungu

      jgn samakan ma mesin cbr karbu,real dohc bukan dohc kw2an..

      hahahem masih riset bikin dohc

      riset pertama dohc overbobroknya terbukti gagal dan disuntik mati karena ga niat bikin cuman iseng” aja

      semoga mencerahkan

  11. Kualitas material mesin n jeroannya jg amat sangat berpengaruh, secara teknis bisa d upgrade hingga powernya sundul atap seng tp bagaimana dg durability nya, ibarat power sm dg nafsu, nafsu besar tp kalo daya tahan kecil ya siap2 ejakulasi aja sblum finish alias ngowos engine nya, pd akhirnya balapan cuma di atas kertas buram dg sgala rumus dg kata kunci “seandainya” untk menggali potensi atopun balap tebar brosur

  12. sirkuit yg cocok buat MX.
    FU yg single fighter juga bagus sudah bisa diposisi 4.
    buat Sonic yg DNF, silahkan dikunyah2…

  13. Om kenapa kalo buat balapan ban belakang MX king dibuat kecil ya..

    sorry to say yang di dealer ban belakangnya kan lebih gambot

    ehm..lebih seru kalo balapan dari lampu merah, bener-bener the real stock bike

    *risiko tanggung dw

  14. klo menang cm 1 podium, bisa jadi krn faktor lain2. klo podiumny hampir semua diborong (race I diborong malah) mx king, msh bisa bilang bukan faktor motor?
    hehe jd inger balapan yg apa tuh namany aarc 250cc kah? senang betul fbh liat motor hon2 menang. dikiranya faktor motorny. emang iya sih, setelah hon2 di bore up jd 300 cc trus turun jd 284/7 cc. trus yg 2 cilinder ditambahin beratnya 10 kg. ini baru faktor motor menurut fbh. panitiany fbh jg mgkn kali. gk tau jg qt. hehe.
    intinya dg kondisi mx king yg katanya torsi & powerny yg lemot, malah bisa ngalahin sonic yg superior. koq bisa? au ah gelap. apa jangan2 yg bikin ototes sebelumny fbh jg. hehe. klo gitu kejadianny, memang gak bermoral orang2 macam tuh. gk tau malu. kelaut aje.
    pembodohan masyarakat….! sayangnya fbh gk peduli tuh. sudah bodoh bawaanya mungkin… kesian…

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.