iklan gma

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Assalammualaikum semuanya.. happy Saturday Night! Dari artikel perbandingan antara pendatang baru Yamaha R15M vs CBR150R vs GSX-R150 yang rame di kolom komentar, artikel berikut adalah opini KBY terkait harga motor sport 150 fairing yang makin ke sini dirasa sudah melebihi angka psikologis, yaitu tembus lebih dari 40 juta! Pun demikian lads, meski harganya terkerek naik tapi KBY cukup yakin kelas ini akan tetap cemerlang penjualannya, mengapa demikian? Cekidot

Angka psikologis 40 juta untuk harga sebuah motor sport fairing 150cc pertama kali nyaris ditembus oleh pihak Astra Honda Motor dengan produknya Honda CBR150R ABS di tahun 2020. Motor tersebut dijual dengan harga Rp. 39,8 juta. Dua ratus ribu lagi menyetuh angka keramat.

Ternyata Begini Sosok Honda CBR150R 2020 Facelift K45S, Nothing Really New!

Tentu harga tersebut tidak bertahan lama, karena setahun kemudian model New CBR150R 2021 meluncur dan akhirnya angka keramat itupun tembus! Yang cukup bikin kaget waktu itu adalah, dengan ubahan yang cukup banyak, harganya hanya naik 400 ribu saja dari versi lawas, menjadi Rp 40,2 juta. Tapi tetap saja sudah tembus kan? Sebagai update tipe yang sama yaitu livery MotoGP ABS kini sudah berada di harga Rp. 41,080.

Akhirnya Ini Dia All New Honda CBR150R 2021 USD, Spesifikasi, Fitur dan Harga!

Jreng jreng, kemudian hadirlah sang penantang dari Yamaha, dengan All New R15M ABS Connected, motor ini akhirnya mampu memenangkan sabuk Harga Termahal di kelasnya! Tipe atau varian termahal dimiliki oleh R15M dengan livery 60th Anniversary yang berwarna putih merah dan kuning dengan harga Rp. 44,1 juta saja.

Yamaha R15M 2022 Indonesia! Paket Terkomplit Di Kelasnya! Segini Harganya

Tentu kaum mendang mending tidak diam saja, dan muncul lah produk yang dianggap tepat untuk membuat CBR150R apalagi YZF-R15M itu overprice, yaitu Kawasaki Ninja 250SL yang dahulu bernama RR Mono. Tapi benarkah perbandingan tersebut tepat?

Tepat jika yang ingin diadu itu murni sebuah kapasitas mesin dan tenaga. CBR150R gak sampai 17ps, R15M 19ps.. Ninja SL? mesin 250cc-nya ya gak boong, 28ps! Tapi Ninja SL ini bisa dibilang sebuah motor sport “prasejarah”, seperti halnya Suzuki GSX-R1000 K5, tanpa fitur elektronik kekinian apapun!

Test Ride Suzuki GSX-R1000 K5, Suara Dahsyat Seat Height Bersahabat!

Satu satunya yang modern adalah speedometer full digitalnya yang layarnya gedean HP dan kudu pake LUV saat melihat pergerakan RPM-nya.. Tentu ini lebay, biar bombastis dan dianggap lucu aja sih awokawaokwkwowk

Nah ngomongin performance to price, jelas CBR serta R15 jadi terlihat overprice, loh 41 juta vs 44 juta vs 35,9 juta! Sudah cuma 150cc dan 155cc, udah geber sambil nunduk nunduk eh swiinggg.. kelewat sama Ninja dan Gixxer SF250 wkkwkww.. Nah bahkan si Gixxer wannabe aja jadi terlihat masuk akal harga 49 jutanya.

First Impression Suzuki Gixxer SF250, Seharusnya Bisa Menggeliat

Tapi bicara fitur dan gimmick, mohon maaf.. Ninja dan Gixxer tiada maaf bagimu. Kalah telak! Ga usah sama R15M deh, sama CBR150 aja dulu.. Gada USD, lampu lampu gak full led, tanpa ABS (Ninja die like a real men), gada Assist Slipper Clutch pula!

First Impression Suzuki Gixxer SF250

Jadi meski harga dan performa bisa jadi tolak ukur untuk membeli 250cc daripada beli 150cc yang tenaganya mencret saat diadu, tapi ingat.. konsumen kelas ini sudah cukup wawasan untuk mengetahui bahwasanya memelihara motor 250cc itu gak semurah bacot kaum mendang mending, mau baru atau bekas ya sama aja! Mahal!

Konsumen kelas 150cc ini masih mikir ketersediaan dan harga spare parts, masih mikir konsumsi bbm, masih berpikiran biaya servis juga! Jadi in the end, penjualan kelas ini masih akan tetap jauh lebih ramai dibandingkan 250cc satu ataupun multi silinder. Yang mendang mending mendung silakan aja beli 250cc berarti kalian sudah siap toh? 😀

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSLTV]

40 KOMENTAR

  1. Jadi , disini lebih ditekankan kepada kaum mending..jika di kerucut lagi , kaum mending masuk kategori jas Jes jos doang beli kaga 🤭

  2. Selain harga spare parts, konsumsi bbm, biaya servis, Urusan pajak tahunan juga jd pertimbangan nih

  3. klo ane sih tetep mending 250 2nd, ato klo dipaksa ambil 150 ya gsxr kali ya..
    uda say no sama motor yang “your weight outweighs your power”. in the end of the day, fitur keyless lebih kepake daripada usd yang ga berasa signifikan di jalan biasa. lom cerita klo bocor langsung kena cakram (r25 ane aja yang pakenya disayang, seal shocknya bocor di odometer rendah vs reva ane yang lebih tua, pakenya kasar & odo uda 70rebuan dan lom bocor).

    fitur calling alert lebih kepake daripada sms alert (karena klo kondisi darurat orang ga sms, telepon coyyy..) paling sms masuk cuman dari operator nawarin promo. mobile battery status juga ga pake² amat, mana enak sih charge hp di motor beginian (itupun klo bisa ngecharge).

  4. menarik.. dengan harga yang semakin dikerek tinggi, apakah 5 tahun mendatang bisa tembus harga 50 juta?
    atau bahkan tembus 60 juta di mana 150cc sudah menjadi dua silinder karena saking panasnya persaingan, dan 250cc pun sudah banyak yang 4 silinder (selain zx25R

    • Kayaknya Ga Bakal makin Laris. krna Mulai terbagi Lagi sejak Munculnya CB150X. Sekarang Trendnya Ke Semi Touring klo di kelas 150cc. Kayak ya honda skrng masih akan tetap penjuapan Di atas, krna Mereka Memegang Kunci trend sekarang dengan adanya ADV150 dan CB150X.. gua sih Yakin Cbr,r15,dan gsx tidak akan seramai dulu.

      Apalagi makin Banyak Kerinduan rider akan Touring. Sampe Youtuber motovloger aja Bkin Motor Ducati dan Sportnya dibkin Touring mode.. saya si yakin followernya jg ga Mungkin Beli Sport fairing buat Jdi touring, dan pstinya Milih Motor yg cocok buat touring.

      Masalah Harga dan fitur yg d berikan R15M jg ga akan berdampak signifikan sama penjualan. terbukti di kasus PCX160 sama Nmax baru jg ttp Ramaian PCX ( di daerah saya Serang Banten, dlu sih Nmax rame, skrng biasa aja ). nmax bru pun jarang orng beli yg connected

    • Kayaknya bakal stagnan karena di jalanan sering dikepret matic 155 – 160 cc. Ntar tambah turun pamor, sport kok kalah kencang vs matic. Btw. Apalagi matic yang mesinnya dipakai motor sport.

  5. Nah…..untuk 3 sport 150 yang diatas , emang Suzi dengan gsxnya kurang ajiar …khususnya spare part, bener2 bersahabat dengan kantong pelajar dan mahasiswa….Pajak tahunan juga termurah dikelasnya.

    Dari brosur yang diperlihatkan mang kobay diatas 😀
    Ada 44 jt
    Ada 41 jt
    Ada 37 jt
    Tinggal sesuaikan kemampuan dan kebutuhan…selesai.

  6. nasib motor bebek yg menyedihkan mang …
    yg laku malah bebek madura sm bebek mercon …. hehehe

  7. Semua akan metik pd waktunya
    Sport buat anak muda
    40 keatas mending pake pcx beat vario nex
    Syngnya produsen nggak nerusin bebek metik di indonesia

  8. Ga da yang mau bakar sumbu Mercon cabe nya , rada hening kurang warna .
    🤭

  9. tumben kolom komentar masih adem ayem
    btw kelas 150 yg gak banyak protes kayaknya user ninja 2t, padahal bener2 minim teknologi, wkwkwkw

  10. Sepertinya perkelahian seperti dulu gak bakal kejadian lagi mang, generasi tukang ribut (kurang lebih circa 2009-2014) rata-rata sekarang udah pada pake avxen, xpander, ertiga, mobilio dan sejenisnya, dan sebagian (sangat ketjil) darpadanya udah megang fortuner-pajero-crv…

    Isin atuh woy, gelut we hayoh, gagah henteu, gelo heu’euh

    Sementara itu, generasi penerusnya, yang sangat diharapkan kiprah dan keberaniannya oleh bangsa dan negara, justru telah me-MATIC-kan dirinya sendiri.

  11. Bagaimana upaya dan Usaha sales buat menggaet kaum mending ini , itu yang amat penting 🤭

  12. Sepertinya perlu Pencerahan , atau Solusi versi Mang kobay untuk kaum Mending yang memang kepingin semprot. Semacam opini namun mana tau ya , mungkin bisa jadi referensi .

  13. btw boleh donk dibuatin artikel kenapa belakangan banyak mobil nissan yang terbakar, denger² dari peredam kabin yang di belakang mesin ya

    • Jual murah hp lebih CC lebih , kok kalah laku sama yang mahal , jadi …buat tandingan kudu bikin yang mahal juga…sekalipun harus dikirim dari India 🤭

    • Dikisaran harga yg sdh hampir mencapai 50jt, sy lbh milih gsxr250f. Tinggal pasangin sticker 150cc buat nge-decoy 150an CC yg reseh dijalan 😅

  14. udh booking versi WGP 60th
    jadi item koleksi yg kesekian……akan gw taruh di lantai 2…..cuma gmn cara naikinnya

  15. Masuk akal sih. Kayaknya jualan sport 150 lebih cerah dr bebek yg semakin berdarah2. Makanya CB150X jd pertimbangan yg masuk akal di launch walaupun lg paceklik. Sayangnya data AISI kayaknya ga bakal pernah direlease lg.

  16. motor sport fairing 150cc laris sih enggak mungkin ya, tapi masih akan ada peminatnya sampe kapanpun.

    motor matic emang udah kelewat nyaman dan fungsional, dari low sampe high udah dikasih (segmen matic sport 250 blm ada sih), dan kedepannya saya yakin bakal lebih banyak lagi kompetisi dan inovasi (berharap yamaha ga kendor supaya honda juga ga kendor)

Yuk Tinggalin Jejak Lads..