Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Selain New CB150X yang menjadi pelopor di kelasnya, sebenarnya masih ada satu lagi kelas dimana Honda (AHM) menjadi pionirnya dan sempat terlewat oleh KBY, yaitu kelas skutik adventure – tourer! Yak, untuk kelas skutik 150cc yang masuk ke ranah yang disebut di atas, KBY belum menemukan merek lain yang bermain di kolam tersebut. Nah untuk versi Eropa, pabrikan sayap kepak ini sudah merilis Honda ADV350 2022 yang sesuai namanya berkapasitas 350cc. Kapan giliran Indonesia kebagian versi 250cc-nya nih? Kuy kita gibahin rame rame wkkww..

HONDA ADV350 2022

Pada artikel Honda New CB150X kemarin ini, KBY menyebutkan bahwa akhirnya Honda AHM berani lagi menjadi pelopor di satu kelas. Dulu sekali pernah ada Honda CS1 yang meski seringkali dibenturkan dengan Suzuki Satria FU150 di kelas bebek sport, namun sebenarnya berbeda, 125cc vs 150cc.

Karena bentuk yang mungkin dianggap aneh, bebek bukan sport juga bukan, penjualannya memble meski memiliki spesifikasi mesin yang sangat oke saat itu. Akhirnya CS1 disuntik mati deh, dan sebelum hadirnya CB150X, sejauh pantauan KBY, AHM kapok menjadi yang pertama, so strateginya lebih ke ATM, Amati, Tiru dan Modifikasi yang menuai sukses.

KBY lupa bahwasanya Honda ADV150 itu juga gak punya teman bermain, alias mau dibenturin siapa? PCX itu lebih ke NMax. Artinya ADV pekgow itu ya menjadi yang pertama dan satu satunya sejauh ini. Kalaupun ada ya Yamaha X-Ride yang bermain di kelas 125cc.

Honda ADV350 2022

Kembali ke Honda ADV350, Eropa menjadi debut perdana penjualan motor ini ketimbang Jepang sebagai negara asal Honda itu sendiri, alasannya tentu karena disana menjadi pangsa pasar yang cukup besar untuk produk premium Honda, dan tentunya akan sama seperti Forza 350, ADV350 MY22 inpiun pastinya akan menjadi produk global Honda selanjutnya.

Honda Forza 2021 Naik Kapasitas Mesin Jadi 350, Apa Lagi Yang Baru?

Tidak ada yang bisa dikupas banyak dari sisi desain motor ini, karena signature-nya memang klan ADV series banget deh, ya sang kakak tertua X-ADV750, ya sang adik ADV150. Suspensi belakang pun mengadopsi model dual dengan tabung yang kalau Yamaha bilang sebagai sub-tank. Emblem Showa pada tabung dibuat nongol ala emboss, bukan stiker.

Honda ADV350 2022

Gak cuma bodi luar yang kokoh, kekar ala laki six pack, area dashboard pun setali tiga uang, bernafaskan keluarga ADV series. Speedometer kotak besar dengan model dua cluster atas bawah, tapi tentunya meter Honda ADV350 2022 terbaru ini punya tampilan lebih keren dari sang adik. Oia yang membedakan sangat jelas dengan versi 150 adalah kaki depan sudah upside down, warna emas pulak. Lampu buritan menjadi pembeda selanjutnya.

Honda ADV350 2022

Sebagai motor petualang, Honda ADV350 2022 dibekali dengan bagasi yang dapat dikatakan super luas lah, mampu menampung dua buah helm model full face. Tapi biasanya kalau bentuk bagasi tidak terlalu dalam maka yang dikorbankan adalah jok yang tipis.

Honda ADV350 2022 luggage

Bicara soal mesin, bisa dibilang motor ini berbagi mesin dan rangka dengan Forza 350. Mengusung mesin 330cc eSP 1 silinder SOHC 4 klep berpendingin cairan, power motor ini mencapai 21,5 Kw atau setara 28,8 Hp dan torsi 31, 5 Nm. Motor ini memiliki bobot 186 kg dan menggunakan ban ukuran 120/70 dengan velg 15 inch di depan dan velg 14 inch dibelakang 140/70 yang menggunakan patern ban dual purpose. Masih terlalu berat sih memang dengan tenaga sebesar itu, tapi ini kan tujuan utamanya menikmati petualangan, sudah cukup semestinya ya.

Honda ADV350 2022

SPESIFIKASI HONDA ADV350

MESIN 
Jenis4-langkah berpendingin cairan, 4 katup SOHC tunggal; Sesuai dengan Euro 5
Pemindahan330cc
Lubang & Stroke77mm x 70.8mm
Rasio kompresi10.5: 1
Maks. Keluaran daya21,5 kW (28,8 HP) @ 7.500 rpm
Maks. Torsi31,5 Nm @ 5.250 rpm
Tingkat Kebisingan (dB)perkotaan 76.9db / L wot 81.9db
Kapasitas Minyak1,8 L
SISTEM BAHAN BAKAR 
KarburasiInjeksi bahan bakar elektronik PGM-FI
Kapasitas tangki bahan bakar11.7L
Emisi CO2 WMTC

 

79g/km

 

Konsumsi bahan bakar29,4km/L
SISTEM LISTRIK 
StarterListrik
Kapasitas baterai12V-8.6 AH
RANTAI PENGGERAK 
Tipe KoplingKopling sentrifugal otomatis; tipe kering
Tipe transmisiCVT
Bagian terakhirV-Belt
Rangka 
JenisTulang bawah baja
CASIS 
Dimensi (P x L x T)2200mm x 895mm x 1430mm
Jarak roda1,520mm
Sudut Kastor / Sudut Garpu26,5 °
Jarak89mm
Tinggi Jok795mm
Ground Clearance145mm
Berat186kg
Suspensi 
DepanUpside down 37mm – stroke 125mm
BelakangTwin Shock – travel 130mm
RODA 
Depan15 inci enam spoke aluminium cor
Belakang14 inci enam palang aluminium cor
Ukuran Pelek Depan3,5 inci
Ukuran Pelek Belakang4.0in
Ban Depan120/70-15MC 56P
Ban Belakang140/70-14MC 62P
REM 
Tipe Sistem ABS2 saluran ABS
DepanKaliper Nissin 2 piston tunggal. Disk tunggal 256mm
BelakangKaliper Nissin 1 piston tunggal. Disk tunggal 240mm

Seperti motor modern pada umumnya ADV 350cc ini sudah dibekali fitur kekinian seperti connect dengan smartphone lewat aplikasi Roadsync atau yang Honda sebut sebagai fitur Honda Smartphone Voice Control, namun sayangnya panel speedometernya belum TFT berwarna. Honda Smartkey atau keyless hadir termasuk USB Socket charger type C didalam gloves box, punya traction control atau HSTC dan juga rem ABS dual channel. lengkapnya lihat dibawah ini :

Honda ADV350 2022

Fitur

Fitur Unggulan 
InstrumenLCD digital, jam, dua meter perjalanan, pengukur konsumsi bahan bakar, indikator Honda SMART Key.
Sistem keamananimmobilizer
lampu depanLED
Lampu belakangLED
KonektivitasYa
USBYa
Kontrol PelayaranTidak
Fitur tambahanHSTC (Kontrol Torsi yang Dapat Dipilih

Untuk pasar eropa, motor ini dijual dalam 3 pilihan warna diantaranya warna merah, silver dan abu-abu atau grey, kesemuanya tampil polosan tanpa striping sehingga tampak lebih elegan dan gagah.

HoT Banget, Honda ADV250 Juga Bakal Dihadirkan Dalam Waktu Dekat..Gelo Euy

Nah soal Honda ADV250 Indonesia, KBY sudah pernah ngasih bocoran skutik tersebut. Konon AHM memang sudah mempersiapkannya, tapi kemungkinan yang menjadi kendala besar adalah harganya, mengingat untuk mesin 250cc seperti Forza, AHM belum terendus untuk memproduksinya secara lokal, sehingga ada kemungkinan mesin diimpor dari Thailand.

Pun demikian siapa tau ada kejutan, karena mereka pernah melakukannya terhadap CBR250RR, mesin dibuat di Jepang namun dirakit di sini dan ternyata harganya mengejutkan! Skutik ini sih yang KBY tunggu hehe, atau kalau X-Max nongol lebih dulu dan keren gimana? Semoga ada rejekinya deh..

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSLTV]

96 KOMENTAR

  1. Suspensi depannya pake punya sport loh bukan suspensi matic pada umumnya, jangan-jangan ADV160 bakal pake suspensi model gini pake punyanya CB150 🤔

        • Mosokkk???
          Sy lg di sulawesi loh.. Basis Y loh disini…
          Makanya jalan2 kesini biar tau. Jangan ngarang demi jatah kuota 😆

          • Target metik 150 premiun Adv Hnd ini gak tinggi , hanya 10 rbu unit perbulan , tapi nyatanya malah kipas2 dollar melebihi target. Kesuksesan ini bakal disambut Hnd dengan peluncuran versi berikutnya dengan menambah kapasitas produksi plus menambah target penjualan 🤭

      • Sebenarnya yang 160 juga udah cukup sih , wong tenaganya udah setara dengan metik 250 tetangga 🤭

  2. kalo Wak Haji TMCblog, Mang Kobay dan Lek Aripispot udeh bikin artikel yang seirama … romannya bakal jadi petunjuk nih klo ADV250 bakal rilis di Indonesia

    mungkin jadwalnya setelah loncing Vario 160 – CB 150 Exmotion – ADV 160 + ADV 250

    #sotoyyy banget ahhh

    • Jangan ngompor Beh….sebelah bingung mau BC yang mana…saking banyaknya yang mau keluar ga sebanding sama jatah kuota mereka 🤭

    • Namun…jika ada yang bertanya
      Mau Adv 160 plus VTEC atau Adv 250 ?
      Pilihan Saia jatuh sama Adv160 VTEC . Jika yang 160 belum dipasang VTEC….pilihan jatuh pada Adv 250 🤭 .

      Peluang kaum sebelah buat kerja sampingan nyebar brosur2 Hnd …gak usah gengsi dengan harga diri , Cuannya banyak 🤭 , daripada ngurusin yang Mangkrak dalam gudang ..peningkatan karir pun ga jelas….

    • Kenapa di jalanan kita lebih sering ketemu meong geol berkepul2 ketimbang GeARott misalnya? Asumsinya motor dipertahankan karena 1. Baru beli sekenan harga mbanting kandas 2. Beli dari baru, masih dipiara sambil sumpah serapah, seraya nyiapin tabungan buat beli unit baru, tapi gak merek ini lagi..dah tobat. Nahhh 70%, sesuai MS, akan pilih HaHon🤭🤭🤭..yang rajin nyinyir aja bertahan makek Burung Hancoorr kok🤣🤣🤣. Gamau dia ganti ke RobotGedek, apalagi Meking, apalagi Vexong. Logis jadinya kan? Wakakakak #makanyabeli #bantuSulthon

      • Hahaaa.. Iya, Burung Hancor.
        Emang udah beneran ancur juga sih punya sy. Produk Y terakhir yg sy punya dan sy akui lumayan tahan banting sih.
        Tp Setelah itu.. Gak lagi.

    • Owh itu salah , justru getar sepanjang jalan udah bagian Hak paten sebelah 🤭

      • wah baru tau malah…..sebelah gredek…..bukannya itu bawaan lahir matic honda ya……yang terinspirasi dari vespa 4tak

        • Kalau lgi gak bener , umumnya metik itu gredex , coba aja tarik gas nyemex atau ngorox .
          Makanya servis sendiri , kalau orangnya bersih dan telaten…dijamin gak bakal gredek.
          Kalau getar sepanjang jalan ( salah 1 paten yhm ) , itu lain soal …dari mesinnya mendukung🤭

        • @joki
          Emang bener koq
          Honda cuma gredek karna kotor cvtnya, memang lbh sering munculnya, tpi kalau gredek lewat mesinnya halus bgt koq
          Kalau nmax gen awal n lexy itu geternya sepanjang jalan, memang mesinnya geter

  3. Masih mersiapin gudang dulu
    Jaga2 kalau zonk kayak Adp150.pecex160.kardus lipatRRR.gudang yang lama dah penu buat nampung giono mang

      • Lagi sibuk menggelar pesta dimana-mana, maklum hampir semua ajang balapan kelas dunia Yamaha juara dunia, begitu juga dgn balap nasional / kejurnas dikuasai total olej yamaha…

        Jadi maaf kalau banyak sekali FBH yg menantikan kehadiran Sulton Ymh di pameran gratisan Gias 😂,

        Betul, tanpa Kehadiran Sulton Y pameran gias jadi SP (sepi peminat 😂🤣)

        • Sibuk menggelar pasar malam , yang laku olie berhadiah 🤭
          Jauhlah sama Sultoooon Hnd , jual mongky mesin parut kelapa aja 20 biji masuk duit 1 M 6 ratus 🤭

    • Sultoooon Dah kenyang kali , beda sama yg masih laper , itupun dapetnya susah …kayak dijatah 🤭

      • Hehe.. Dia lupa pencapaian H 2019 yg menang 12 seri dalam semusim smpai dpt triple crown. Belum lagi yg menang semusim 10 seri berturut tanpa perlawanan Y sama sekali. Rekor zonk yg memalukan

      • @vision?
        Gak salah loe?
        Yang duluan bikin maxi scooter itu honda bukan yamaha
        Belajar dulu sono jangan ngarang
        Cari honda cn250, itu yg bikin tren maxi scooter pertama

        • Trnyata memang benyek ini kurang membaca tp selalu aja ngotot mengakui sembahannya adalah pionir. Dikepalanya selalu ada bayangan bahwa H yg ngekor.
          Cobaaa.. Model ram air di motogp aja dibilangnya mirip m1. Gak pernah baca apa gimana H dari jaman jebot udah pake ram air model gituan meski sempat berubah pipih melebar.
          Dikit2 dibilang mirip yamahe. Iya dehhh.. Ambil aja deh..
          Masuk akal banget kali bagi mereka.. motor yg sdh gagal bertahun-tahun akan diikuti H, ya sekalian aja ngikutin bokong dan klep-nya yg sering meledug itu yaaa.. 😅

        • @Sonwep aka Vision
          Tambahan nih: Honda Juno K itu rilis tahun 1954 terus stop produksi tahun 1955 karna ga laku, penyebab ga laku karna saat itu orang-orang belum terbiasa dengan scooter berbodi bongsor
          Yamaha baru bikin scooter tahun 1960 namanya Yamaha SC-1 yang bentuknya jiplak Fuji Rabbit

        • Masih aja ngemeng Ngekor2 , yhm bikin motor setelah Hnd duluan bikin motor .
          Yhm masih nyerut2 kayu Pinus , Hnd udah bikin motor 🤭

    • Harap jangan salah menilai inspirasi design YiaMaap sekarang…Mereka lagi getol2mya mengidentikkan model barunya dengan penghuni Bikini Bottom, coba liat si LeXong identik dengan bekicot Gary, ERLimolas tangki bawal kalau dilihat dari depan air scoop falsu yang ada lampu mengingatkan ane sama gigi si Bobob 🤣🤣🤣. Calon retro matic baru stoplamp kayak hidung Squid Ward ini diluar kemiripan EneghMakk dan Ngoroxx dengan kodok Bangkong ya🤭🤭🤭Sayang kayaknya ide brilian ini membawa MS tenggelam ke dasar lautan..buktinya wewep dkk tetep gak beli unit baru #BikiniBottom

  4. Gak salah juga Sales-nya ngomong gitu Om , SOP dari zuragannya memang sept itu , Kate Zuragannya : walau elu ga gila…lu harus gila kek gua , akhirnya ya rada2 gila sales2nya 🤭

    Lexi aj dimasukin ke keluarga Maxi ( kerjaan Zuragannya ) , ngakak ga tuh ? 🤭
    Coba baca diforbess atau visordown atau lainnya : yang masuk kategori Maxi itu yang gimana..salah 1 nya yang bertulang tengah ( gak tau dah istilah tepatnya mang kobay tau tuh ) . Lah ini dek Rata dimasukin k Maxi 🤭 SOP nya harus gitu.

    Bentar lagi gear juga di Maxiin 🤭

  5. kalo ngomongin market Indonesia aja yak … sudilah kiranya sultan Sonwep, Vision dkk cek temen2 komunitas Kymco

    dari taon dua rebuan Kymco udeh masupin Kymco Dink 150, Grand Dink 250 bahkan Xciting 500 walo gak banyak … klo ada duit nganggur juga ane masih pengen punya Kymco Trend SR ato Trend Kebo the Legend

    • kalo kimko easy100 mau ga beh? masih idup dan masih sering keluyuran di rumah bokap saya.

      orang2 belom pada pake matic, saya warawiri pake ni motor cebol (easy100), rintangan terberat ya polisi tidur 😀

  6. @vision, elo dibayar sama siapa sih? sumpah kok bego banget ya komennya…
    jujur aja kalo emang yahaha bayar dia, yahaha bego banget deh, ngabis2in uang

    apa jangan2 double agent?

    —-
    eh itu kanzeng mazZapahit bneran dibayar sama yahaha juga ya dari dulu? sama2 ga berkualitas juga sih celotehannya. (atw jangan2 juga double agent buat jatohin yahaha dari dalem dengan Ztrategi2nya dari dalam??)

  7. oi vision.. Kalo goblok jgn lu borong semua anjir wkkwkqkwkk.. Tapi bnar untuk sekarang harus di akui honda lg gila ama gencar bikin motor baru.. Sedangkan yamaha adem ayem bingung mau ngapain

      • Bakalan jadi The Forgotten Champ kayaknya, Mang. Soalnya menang undian ban mulu😂😂😂. Kalo kata si Takada itu juara versi Lite. Aukkk ahhh💥💥💥

  8. Daftar juara dunia 2021
    Motogp – Yamaha
    Wsbk – Yamaha
    Wss – Yamaha
    Mx2 – Yamaha

    belum lagi ditambah juara kelas regional seperti :
    Bsb
    Moto America
    Japan Superbike
    dan tentunya Juara Nasional One Prix…

    • Baru musim ini doang?
      Udah brp trophy bung?
      Euforianya msh ditambah musim depan kah? 😁

    • Jualan jalan terus 24 jam
      Juara 1 kali dalam 5 -10 tahun … Versi lite numpang lewat 🤭

  9. Honda menguasai pangsa motor di indonesia ya jangan nyalahin hondanya kompetitornya aja yg stuck
    Desain ,allnew mesin konsumen mana yg tidak tertarik gua aja kalau ada duit pengen beli ADV 250 CC

    • Jangan nyalahin pabrikan kompetitor Honda yang stuck mang…

      Konsumennya salahin, kebanyakan jasjesjos tapi gak dibeli…

      Yg ga tau menahu larinya dah jelas ke merek mana soalnya..

      Nah yg jasjesjos ini justru dibutuhkan agar membeli .. yekan..

      • Mentok juara tarkam mah buat apa? kualitas H emang kayak mocin semua sih dipakai balap ya keok semua jadinya 😂🤣🤣🤣

        • Coba suzuki dan kawak dipegang ngastra, kayaknya yg lebih laris itu suzuki dan kawasaki dibanding honda..

          Onda hnya ketolong oleh astra sih mang, dulu sudah mau bangkrut waktu masih dipegang federal… 🤣

          • Ha? Bangkrut? Si sonwep ngarang lagi. AFAIK dari oroknya honda federal itu emang kepunyaan si astra internasional. Barulah ketika prinsipal jepang mulai nanam saham ke astra jdi kepemilikan 50:50, namanya berubah jadi ahm.

            Pas ymki berubah jadi yimm dulu juga alesannya sama.

          • Eit jangan salah!!! Emang astra punya siapa??? Punya yahaha corp lah…
            Toyato juga punya yahaha corp kalo kata kanzeng Zuragan, pokok nya semua punya yahaha…

          • Ga usah coba ini coba itu , lihat saja Hnd vs yhm di Thai…sama2 di kendalikan dari Japan , tetep saja yhm ngampazzzz ( jual olie keliling pake pick up ) 🤭

          • Data penjualan di blog Kanjeng aja dah ogah dilanjutin ..mpeeet dia liat angkanya segitu2 aj dan cendrung turun 🤭
            Kalau kemaren2 total junjungannya masih dijabanin total mbeat , sekarang mbeat makin melejit…dan posisi tsb dah digantiin sama parioh 🤭

    • Bukannya yang pailit dibawah 2008 secara global itu yhm ? 🤭 Untungnya market yhm di indo masih kuat diantara market yhm lainnya didunia. Ketolong deh….tapi jangan lupa , ada lowh duit Sultoooon Hnd sebagai bantuan…walaupun istilahnya pinjaman 🤭

  10. Mang kobay ayo ganti Aerox lama nya dengan ADV250 atau 350, hehehe

    Siapa tau bisa makin tambah ganteng MAXIMAL ketika dipakai jalan jalan dan turing

      • Saran aja sih mang , jangan sampe cakep dari depan doang naik metik 250 , tapi juga cakep dari samping….moso dari samping kek naik perahu 🤭

  11. Ane tunggu artikel retro metik stoplamp hidung Squid Ward…can’t wait😂😂😂. Another Bikini Bottom design wakakak.

    • Masih didaerah Pantura bareng angkot2 disana..belum sampe Jakarta .
      Velg abad 19 masih dipake di abad 21 , bener2 unik dan Vintage .
      Sabar saja , ntar ada deep review-nya 🤭

    • Yang masih dipantura Kenapa lampunya lurus dan memanjang kebawah ?
      Berikut alasannya :
      1. Tertarik juga sama model lampu super cub , untungnya supercup kan emang kurus …jadi gak kayak hidung siSquid.
      2, bikin lampu mendatar itu gak pernah beres, selalu miring , terakhir miring tsb ada di batok lampu belakang Gear ( miring k kanan )
      Please check 🤭

      • Akibat kualitas mesin H yg setara mocin, ikut balapan jadi mentok juara tarkam 😂🤣

        • Banyak mana juara Tarkam Hnd atau Yhm .

          Tropy yhm dah pasti banyak ( versi Tarkam )
          Bikin iri saja….

          Tarkam dan pasar Malam Deket jaraknya 🤭

          • Fby merayakan pesta di seluruh dunia, beha malah sibuk buka arsip jaman batu 🤣, itupun ternyata masih sejempol kaki sulton Ymh 🤣

  12. Jadi gimana ini?? Udahan kah?? Sepakat sudah bahwa Hahon merajai MS dan jumlah trophy kelas duniya??? Gitu aja?? Gak asikk!!! Wakakak🤭🤭🤭…

  13. all new xmax bakal meluncur tahun depan kah om kobay? kebetulan ada rencana mau beli xmax nih cuman khawatir kalo tahun depan keluar all new hehe

  14. Dari sales sampe dedengkot ditambah yg punya warung turun gunung membela adv kehorapayuan yg hakiki 🤣🤣🤣

Yuk Tinggalin Jejak Lads..