Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. baru juga kelar beberapa jam lalu artikel tentang kecurangan Yamaha di MotoGP eh sudah dapat updatenya. Ternyata pihak Yamaha mengakui kesalahan dan menerima sanksi yang diberikan oleh FIM, berupa diskon atau korting alias pemotongan poin tim pabrikan sebanyak 57 poin yang terbagi dua, untuk tim Monster Energy 20 poin dan 37 poin untuk Petronas SRT. Mengapa Yamaha tidak banding? Kita telusuri dulu kuy.. geberrr..

Yamaha Terima Penalti MotoGP

Menyusul pernyataan FIM mengenai sanksi karena gagal mematuhi protokol yang membutuhkan persetujuan mutlak dari MSMA (Motor Sport Manufacturer Association) saat menggunakan klep dari dua pabrikan (pemasok) berbeda pada mesin motor Yamaha YZR-M1 Monster Energy Yamaha MotoGP dan motor Yamaha YZR-M1 Petronas Sepang Racing Team Yamaha pada musim 2020 ini, Yamaha Motor Co., Ltd. membagikan pernyataan resminya .

Yamaha Motor Co., Ltd. mengakui, menghormati, dan menerima keputusan FIM tentang protokol yang salah yang diikuti. Yamaha Motor Co., Ltd tidak akan mengajukan banding atas sanksi FIM.

Karena pengawasan internal dan pemahaman yang tidak benar tentang regulasi saat ini, Yamaha tidak memberikan pemberitahuan sebelumnya kepada MSMA dan tidak mendapatkan persetujuan dari MSMA untuk penggunaan klep dari dua produsen (pemasok) yang berbeda.

Yamaha ingin mengklarifikasi bahwa tidak ada kesalahan penggunaan katup dari dua pemasok berbeda yang diproduksi sesuai dengan satu spesifikasi desain umum (ini belum paham maksudnya apa, terkesan ngeles gak sih?).

Menyusul sanksi yang diberikan oleh FIM pada Kamis 5 November, Yamaha tetap berkomitmen penuh untuk mendukung pebalap MotoGP dan kedua tim dalam pencarian gelar mereka. Ini akan membuahkan upaya luar biasa untuk tetap bersaing memperebutkan piala MotoGP Constructor dan Rider World Championship 2020.

Nah menurut KBY pribadi ada 1 hal yang penting mengapa Yamaha tidak mengajukan banding terkait kecurangannya mengganti part tanpa ijin MSMA tersebut, yaitu karena dari sisi perolehan poin pembalap, mereka masih aman alias tidak dikenakan sanksi. Dari sisi ini Yamaha sangat beruntung, sehingga daripada melakukan banding dan malah jadi kacau, lebih baik konsentrasi ke sisa seri ke depannya.

KBY juga belum dapat kabar terkait tidak adanya sanksi berupa pemotongan poin untuk pembalap, apakah sudah fix tidak dapat diganggu gugat, ataukah FIM sendiri masih melihat/ memantau apakah dua tim Yamaha tersebut dapat mengambil keuntungan banyak berupa poin maksimal dari adanya penggantian part yang bermasalah tersebut?

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing ๐Ÿ™‚

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
Youtube: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSL-TV]

29 KOMENTAR

  1. katanya yang kena poin pinalti hanya mesin2 yang klepnya diganti (buatan vendor B) setelah qatar di cancel dan sebelum jerez 1, yang mana ga sesuai dengan yg sudah dihomologasi (buatan vendor A).

    jadi waktu mesin disegel sebenernya klepnya emang uda diganti sebelumnya untuk beberapa mesin.

  2. Jangan bilang siapa2.. sebenarnya ada 1 pemasok lagi yang disembunyikan, yakni pemasok tiruan segel mesin. Karena itu lagghh mesin yang sudah homologasi dan disegel bisa dibuka lagi dan dipasang segel valsu. Ck..ck..ck. Dorna dan FIM memang jahattt๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ surrrraaaaam oh surraaaam. Bloody bad news buat yang mujamuji YiahYiah sampai ayan berbusa2. #ayongakuuu

  3. untungnya petinggi2 Y ga kaya kroco2 sales dimari yg suka ngeyel …. keukeuh ga bersalah meski kebohongan sdh di buktiin dgn fakta dan data ….

  4. pertinyi-innyi … apa iya Dorna gak tau pebalap Yamaha mana aja yg sudah balapan dgn “mesin ilegal” dan dapat poin bagus di klasemen ?? umpama pebalap Yamaha jadi jurdun, apa Dorna rela jika musim balap 2020 ini jadi cibiran gegara skandal Valve Gate ??

    heheheheh layak ditunggu nih drama yg mungkin muncul jelang akhir musim balap 2020

    Vinales udeh “ditembak satu ban-nya” dgn penalti start dari Pitlane … jurdun makin jauh

    next … ???

  5. Menurut saya ya Beh… Next nya adalah fby akan ngedumel dikolom komentar bahwa sizusi juara karena si yamyam lagi banyak masalah…. Ekekekekk dah gitu azza

  6. Kalau ymh banding….dijamin , pabrikan2 lain bakal meradang dan mengajukan Gugatan yang lebih Pedas dan Perih buat ymh .
    Lagian jika diselidiki secara terbuka…bisa2 tuh semua jeroan Penting udah ditukar ck ck ck ๐Ÿ˜€

    sekarang mari kita carikan gelar dengan kalimat terbaik untuk Jurdun ymh musim ini , agar AIB Skandal Illegal Katup Protol bisa diminimalisir ๐Ÿ˜‚

    Ampe segitunya ck ck ck ….

  7. Panteeeezaan , Prediksi gua meleset .
    Paling lama 9 seri , semua mesin ymh dijamin MeleDuk ( duaaaaarrr )

    ehhh taunya masih anteng semua
    Hebat hebat ….. usaha untuk juara dunia yang Cemerlang…bahkan Aprillia pun gak sampe punya siasat blow On sept itu ๐Ÿ‘๐Ÿ˜‚

  8. Pandemi pun mendukung keGiatan ILLEGAL ini ,
    Work from home ( utak atik Klep Protol ) …Masker pun bisa mengurangi ‘ malu ‘ yang mengarah ke muka. Kira2 pada tebel2 gak Masker pendukung ymh besok???
    Ngah ngah ngah ๐Ÿ˜‚

  9. Masih ELEGAN kah perebutan Juara Dunia Musim ini ????

    Masih dooong….jawab FBY Kaum Klep klep Protol ๐Ÿ‘๐Ÿ˜‚

  10. Yamaha cukup cerdik dengan tidak banding. Kalau banding bisa saja berakhir lebih buruk bagi yamaha. Lagipula diakhir kejuaraan yang diingat HANYA siapa juara dunia dan dengan motor apa dia juara. Tidk ada yang ingat siapa juara kedua, ketiga, kesepuluh, siapa juara konstruktor, siapa juara tim, dst

    Tapi kali ini ada pengecualian ..

    Yang paling diingat tahun ini bukan hanya siapa juaranya tapi SKANDALnya. Tercatat sebagai sejarah kelam sekaigus melekat abadi sebagai AIB bagi [sebagian teks hilang .. ]

  11. Kalo dalam perojolan kesalahan fatal berahir putus mitra….ojol aja profesional ini sekelas motobiji pilih kasih

    • Dalam beberapa hal, HRC disorot karena konon jadi kesayangan DORNA dan FIM, hak istimewa seakan diberikan terus menerus..

      Tapi cmiiw – gak pernah bikin kasus seperti ini

      Pasti kusut banget Dorna nih, di sisi lain kudu tegas, kalau ga tegas pabrikan lain bisa aja ikutan di masa depan karena kasus ini bisa jadi preseden “baik” buat mencari celah..

      Tapi kalau tegas, Yamaha bisa menarik diri dan berkurang lah pesona MotoGP …

      Awooookkk ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

  12. Kang K0bay,
    Tulung dianalisis dan di buat artikel (jika mungkin)
    Ini Yamaha sebetulnya sedang ada apa di motogipi ya Kang?
    Kok sepertinya nasibnya sedang tidak aduhai.
    Mohon pencerahan dari suhu Kang K0bay
    Tapi tidak perlu dengan bahasa ilmu kanuragan mlumah, njengking, ngesot, hehe
    Sing simple bae, hehe
    Plus foto eSPeGe yang aduhai hehe suwun Kang.

  13. Kalo menurut saya sih ini emg bener yamlehoy ga ngerti regulasi mang…
    Inget ga waktu kasus sendok angin dukati….
    Hanya yamlehoy satu2nya pabrikan yang ga ikutan protes disaat pabrikan lain bersatu melakukan protes…
    Disinyalir yamlehoy ga ngerti tentang regulasi makanya diem bae ga ikut2an protes…
    Wkwkwkkwkwkwk….

  14. Kemarenยฒ fby kenyang bully fbh gegara mamakes patah tangan & ga bisa balap.

    Sekarang keadaan berbalik 180ยฐ
    Fbh puas balas dendam membully krn tim yamama melakukan kecurangan.

    Pertanyaan nya :
    Dari 2 kondisi diatas,manakah yg lebih bermartabat ?
    Kalah dgn gentle atau menang (kalau menang) dgn curang ? Wkwkwkwkwk

  15. Dalam race selanjutnya yamaha pasti kurang bergairah apalah arti jd juara dunia klo penuh kontroversi hanyalah tinggal membalap aja tuk menyemarakkan suasana itupun dgn perasaan setengah hati pada pembalapnya kasian..
    Its not silly season for yamaha but sadness of kind!

  16. Tragisss ๐Ÿ˜‚
    masih kepingin Jurdun dengan cara begitu ?
    Pabrikan manapun yang Jurdun musim ini , sudah tiada mendapatkan Klimaks berarti karena coretan dan Skandal Klep Protol yang benar2 Merusak semangat Sportifitas kejuaraan ๐Ÿ˜‚
    Ambisi tak sesuai kemampuan….menempuh cara ILLEGAL ! ๐Ÿ‘๐Ÿ˜‚

  17. Ajaibnya fans sebelah masih aja ngeles, merendahkan atau mengalihkan isu alias playing victim. Sungguh kalau otak ketusuk garpu jadinya biar koplak tetap menyalak. Namun gak ada kalian gak rame…anyway I like you guys, wakakakak๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

  18. Ini semua mungkin teori karburasi pak darno demi meningkatkan rating krn absennya marc, yamaha diwakili el diapet ๐Ÿ˜‚ yg digadang2 calon jurdun terpaksa motor super nyamannya dirusak biar drama2 nya lebih nonjok dr ku menangiiisssssssss….

  19. Jualan olie lagi seret , akhirnya pake klep grade C aka KW 3 ๐Ÿ˜‚
    Mental nya pun mental Kw …hingga mampu melakukan sebuah Tindakan yang Amat Sangat Tidak Profesional …. MenCoreng Gengsi sebuah kejuaraan dengan Catatan sebuah Musim yang dikenang sepanjang Masa.

    Ymh…semakin didepan kePROTOLlannya .
    ambil noh tropy Jurdun…Tropy yang ada AIB Skandal Klep ILLEGAL ๐Ÿ‘๐Ÿ˜‚

  20. Sampai detik ini di blog manapun, kaum jambaners= efbenyek/efbenyet ๐Ÿคฃ

Yuk Tinggalin Jejak Lads..