Kobayogas.com – Hola lads, sama geberrr.. Sudah pada berbuka puasa yah pastinya? Kemarin kita sudah bahas nenek moyang alias Uyutnya Honda Beat yang lahir di tahun 80an.. Bentuknya memang jauh dari kata modern jika dibandingkan dengan All New Beat saat ini, tapi di jamannya memang model motor ya seperti itu lah adanya hehe. Dengan berbekal mesin 50cc 2 tak berteknologi V-TACS, seperti apa aksi dan suaranya skutik tersebut? Kuy cekidot

Video tersebut unggahan dari tim musium Honda (Honda Collection Hall) yang terletak di area sirkuit Twin Ring Motegi Jepang. Jadi pada video berdurasi tidak sampai 2 menit tersebut, diperlihatkan bagian bagian lengkap dari Honda Beat 1983 hingga sosok utuhnya. 

lihat juga motor aneh lainnya: Honda Helix CN250 Mbahnya Honda Spacy Yang Mirip Bemo

Selesai video produk, giliran menuju ke sesi test ride. Terlihat salah satu tester dari tim pembuat video nyemplak di atas Honda Beat klasik tersebut lads. Entah testernya yang memang badannya tinggi besar atau memang skutik lawas tersebut memiliki dimensi mungil?

Kalau membandingkan dengan All New Beat 2020 yang punya dimensi 1.877 x 669 x 1.074 mm sih memang tergolong mungil. Tapi bicara spesifikasi mesin, untuk tahun 80-an sih termasuk canggih, liquid cooled 50cc dengan V-TACS (Variable Torque Amplification Chamber System) bertenaga 7,2PS, mampu bejaban dengan cicitnya yang bertenaga 9PS loh hehe. 

Berikut spesifikasinya dari Honda Beat 1983 2 tak:

PxLxT: 1690 x 580 x 985
Axle: 1,140 mm
Berat: 65 kg
Mesin: typeAF07E / Water-cooled 2-stroke single cylinder, V-TACS
Kapasitas mesin: 49cc
Tenaga maksimum: 7.2PS / 7000rpm
Torsi maksimum: 0.73kg-m / 7000rpm
Kapasitas tangki bahan bakar: 4L
Suspensi depan: Teleskopik
Suspensi belakang: Swing unit
Ban depan dan belakang: 3.00-10-2PR

Melihat tes yang dilakukan si rider, Honda Beat 1983 ini terlihat asik untuk dikendarai, akselerasinya mumpuni dengan kelincahan menawan saat melewati tikungan yang ada di area tes. VTACS sendiri diaktifkan lewat tuas yang diinjak di tumit bagian kiri, prinsipnya jadi kaya membuka chamber lebih besar. Wah dasar penjiplak VVA nih, ujar mereka :D. 

Jadi penasaran hehe.. Videonya ada di bawah yes, jangan lupa follow atuh IG KBY …  

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

15 KOMENTAR

  1. Dasar pengekor…tuh teknologi pepeah ditiru dan dimodif sedemikian rupa ke taon 83..
    Awokawokwok

  2. Ini vtacs seperti super kips yg pengoperasiannya dibikin manual ya?. Kalo super kips membuka chamber di rpm 7000 ke atas memanfaatkan mekanisme putaran mesin. Sedangkan RC valve membuka chamber menggunakan elektrik motor servo

  3. pitaks ? ayeuna mah nu aya dina sirah mang
    tuh liat design jepang …. meskipun moncongnya monyong tp tetep pake spakbor depan kan ….ga kaya di taiwan ….

  4. Kasihan, yang lain sudah bikin snowmobile, ini malah motor dipaksakan model snowmobile…. hehehe

  5. desainernya penyuka film doraemon dan mengidolakan suneo, sehingga bagian depannya persis manyunnya mulut suneo

Yuk Tinggalin Jejak Lads..