banner

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr… Mesin 250cc 4 silinder, apa yang ada dipikiran kira kira? Banyak, suara keren melengking, idle ala moge, dan yang paling singkat adalah, KENCANG! Benarkah demikian? Nah Kawasaki sudah resmi merilis sebuah video yang memperlihatkan Jonathan Rea dan Alex Lowes sedang mengetes Ninja ZX-25R di sirkuit Jerez Spanyol. Buat yang mungkin belum tau, kedua nama tersebut adalah para pembalap resmi tim Kawasaki di WSBK, bahkan Rea adalah pemegang rekor juara dunia terbanyak saat ini. Dites juara dunia, ternyata top speed Ninja 250 4 silinder alias ZX25R ternyata masih kalah oleh CBR250RR, Yamaha R25 bahkan Ninja 250 2 silinder! Kok bisa?

Sebagai informasi tambahan, shooting yang dilakukan kedua pembalap tersebut  dilakukan pada sela-sela winter test WSBK lalu, tepatnya di sirkuit Jerez Spanyol pada 21 Januari 2020 lalu.

Dalam video tersebut, terlihat ketika mendekati motornya, Alex Lowes berkata ke Rea Bahwa terlihat ZX-25R sperti versi kecil dari motor yang mereka pakai di WSBK. Rea bilang kalau dirinya lebih menyukai style agresifnya desain ZX-25R, lalu Lowes menyukai detail warna emas dan efek sarang lebah di sisi samping motor yang menurutnya bagus. Langsung setelah Itu Jonathan Rea mencoba motornya, tampak raungan meain dan suara knalpotnya… nyembur itu… knalpotnya…

Kawasaki menyebutkan di dalam video berdurasi singkat tersebut “For The First Preview The Brand New Bike in Action, We Recruited Our Best Riders”. Jadi sangat jelas, Kawasaki menekankan bahwa yang melakukan test Ninja ZX25R tersebut bukan orang sembarangan apalagi abal abal, melainkan best riders Kawasaki! Catet ye.

TOP SPEED KAWASAKI NINJA ZX25R

Dalam video yang berdurasi tak sampai 2 menit tersebut kita dapat melihat top speed Ninja 250 4 cylinder menembus kecepatan 160 km/jam dengan redline 17 ribu rpm posisi di gear 5 alias gigi 5.

Masuk gigi 6, raungan mesin turun ke sekitar 15.500 rpm dan angka di speedometer tertulis 162 km/jam, selesai. Cuma segitu? Nah penasaran kan? Menurut KBY ada beberapa hal yang dapat ditebak pada video tersebut, apa saja?

  1. Kawasaki sengaja merahasiakan top speed sesungguhnya dari Kawasaki Ninja 250 4 silinder, tujuannya? Ya biar penasaran dong, jadi kemungkinan akan ada video lengkapnya, ini prediksi KBY pribadi yes, soalnya tidak terlihat motor sudah mendekati ujung straight, tapi dari foto kayaknya sih sudah dekat.. hmm
  2. Top speed ZX25R memang segitu, tapi jika ini yang sesungguhnya, maka it’s a very bad advertising! Iklan yang sangat buruk! Namanya motor sport apalagi digadang gadang punya mesin 250cc 4 silinder dengan tenaga terkuatnya, top speed segitu ya mengecewakan lah.
  3. Spesifikasi versi Jepang/ Euro biasanya memang lebih lemah dibandingkan versi Asia Tenggara (Indonesia tepatnya), kemungkinan karena peraturan euro (emisi). Silakan baca deh (Tenaga Ninja 250 Jepang Lebih Rendah Dari Indonesia).
  4. Straight line di Jerez yang memang tidak terlalu panjang membuat top speed tidak mampu dikail secara maksimal.

BUKAN TOP SPEED SESUNGGUHNYA?

Tapi video iklan iklan (TVC) motor sport lainnya juga gada yang menunjukkan top speednya kang, ga usah moge deh, CBR dan R25 juga begitu.. Naaah bener, makanya, video tersebut bisa jadi bukan hasil sesungguhnya, tapi hanya sebagai teaser iklan semata.

Kita anggap saja top speed Ninja 250 4 silinder tersebut sementara ini yang benar, maka dibandingkan rival-rivalnya, top speed nya masih kalah. CBR250RR mampu melesat hingga 179km/jam, R25 bisa 173km/jam dan Ninja 250 2 silindernya bisa 169km/jam (baca: Top Speed CBR250RR vs R25 vs New Ninja 250).

Dengan demikian, mesin 250 4 silinder berdasarkan hasil test video tersebut ternyata kalah galak dengan 250 2 silinder lads.. Kok KBY kaya kurang sreg ya.. Kalau menurut lads sendiri gimana?

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

88 KOMENTAR

  1. Barangkali dicekik oleh regulasi euro V kali mang, makanya power dan top speed nya dibatasi betul. Maklum kalau Eropa dan Jepang sangat peduli dengan masalah lingkungan. Beda sama di mari, ada orang pake motor ngebul kaya fogging aja cuek cuek bae. Padahal orang orang dibelakangnya sampe kebatuk batuk kena asap.

  2. Hm..klo masih asumsi atau nebak-nebak..sebaiknya ga perlu dijadikan berita/artikel, takutnya menimbulkan kegaduhan atau dikira mau menjatuhkan sebuah produk ??

  3. Menurut saya ya, di gear 5 160km/jam di gear 6 mungkin kena 180-190an km/jam red line mentok, dan bener juga regulasi euro juga neken top speed mungkin ya, jadi kalo di euro top speed 190kpj di indo bisa 200 up kali?? tapi inti nya yg dijual zx25r ini suara 4 silinder nya yg pertama, top speed sampe hampir 200kpj buat sunmori mah repot, zx25r datang, ganti knalpot racing, jalan santai 80-100kpj, merdu dong? gak perlu kenceng2 buat dapetin rasa “moge” nya, saya yg pake z800 aja lari 150kpj up jarang2 banget kalo nggak riding malem yg jalanan nya kosong, itupun dapet 200kpj cuma dilurusan arah halim

    • Bukan top speed yang dikebiri, tapi tenaga.. cek link yang ay kasih soal spek CBR vs R25 vs ninja di pasar Jepang, semuanya drop dibanding spek Indonesia..

  4. Betewe judulnya sarkas ya mang….?
    Pake nulis r25 segala..
    Emg kemarin ga nonton balap aarc r25 ada peningkatan, dari ketinggalan 12 detik dirace pertama meningkat menjadi 20 detik dirace kedua…

  5. klo ada data gear rationya sih bisa diitung..
    tapi klo diliat meskipun da tinggal dikit lagi napasnya, mungkin gearingnya agak panjang… jadi top speed sbenernya ya mirip2 kayak 2silinder lain di atas dyno. imho

  6. Mau top speed 100km/j
    Judulnya 4 silinder. Hhhhh
    Apalagi orang* macam saya, tiap mencapai kecepatan 100km/j tidak lebih dari 15detik dijalan raya.

  7. @jimmo… Khusus R25, yamaha tidak terlalu agresif menggarap motornya… Itu kalau kita bandingkan dgn lini produknya sendiri seperti Nmax, Mx king, vixionR, R15, R6 dan R1M yang secara power adalah terbesar dikelasnya (pabrikan jepang) kenapa demikian? Krna yamaha sangat respect pd market kawasaki.. bahkan kalau km perhatikan desain new ninja250 itu mirip dgn old R25, tk hanya itu saja bentuk speedometer nya pun identik.

  8. Bener emang headlamp ninja ini ada mirip2nya sama old r25, cuma kalo ninja ini kurang proporsional lebih monyong dikit ?

  9. Udah sah ya ,ini motor buat cari Suara…bukan speed. Kalau masih dibawah 190 kmh…artinya masih dibawah 250RR repsol gua ?

    Gua setuju dengan si Soundwave , Y memang gak agresif menggarap motornya ,karena memang gak bisa untuk agresif. Semua yang dimiliki Y itu hanya menang diatas kertas brosur ? agresif Y itu ada pada Pelarian atau istilah mereka BlueOcean ,dimana Y sudah diinjak disini, maka secara agresif akan lari k sana mencari celah baru. Dikejar kesana dan kena Tampol, lari lagi dan lari lagi dan lari lagi ?
    Kalau masing2 pabrikan sudah mengeluarkan tandingan dalam level yang relatif sama…maka Y langsung gak ada suaranya..peluang bisa eksis ? Hanya bagian kecil dari keseluruhan ?

  10. bisa jadi itu satuannya MpH
    bisa jg emang KMpH

    tp yg perlu di garis bawahi
    gimana2 itu masih 250 cc 4 tak jg
    larinya ya 11-12 ama 250cc 4 tak lain
    so jgn terlalu berlebih ekspektasinya
    beda2 paling dikit, masih bisa dikejar pake 2 silinder/1 silinder pas sunmori ke lembang

  11. Pernah baca di warung sebelah, karena alasan teknis jangan berharap banyak kepada 250 cc 4 silinder bahkan jika ditingkatkan s.d. 400 cc sekalipun. Entah benar entah tidak gw nggak begitu paham masalah teknis. Tapi klo punya duit pasti gw beli lalu ganti velg dan ban ukuran moge ?

  12. Ada 2 kemungkinan Mang…

    1. Bukan top speed sebenernya. Masa iya gigi 5 ma 6 cm beda 2km/jam. Mungkin Mang Kobay inget teaser Sonic The Hedgedog 2019 yg awalnya dicela krn buruk bangets, trus PH “buru2” ralat dgn Sonic yg buruk aja. Bisa jd in strategic yg mirip2. Sengaja bikin bahan celaan but haters, biar haters yg kerja sbg marketing. Trus dikagetin ampe zonk hatersnya. Blentanggg…

    2. Real top speed. Sebagaimana netizen yg budiman Tau, silinder Makin banyak resiko torsi Makin jelek. Bisa jadi top speed diturunin biar torsi Makin galak, jd msh enak bt macet2. Ya mirip2 near lanang nya K45G lah.

    Demikian pendapat yg disampaikan, dengan asas praduga tak jualan.

    Trims…

  13. Yang punya duit? Ya mending beli moge beneran bro.. 1000cc gitu skalian capek2 beli mainan 4 cylinder piston segede tutup botol?

  14. Fans 250cc twin cylinder ato quart cylinder, harusnya tau berapa top speed NSF250RW, KTM RC4 (dulu RC250R) berapa,,?? bahkan kedua motor itu cuman satu cylinder,
    Buat pembanding saja, memang bukan Apple to apple tapi bicara kubikasi kan sama,
    Jadi Fans 250cc di negara ini, Jangan pada Jumawa dijalan, keep safety riding nd respect sama pengendara lain, kalo mau cari top speed di circuit,,

  15. Di eropa dan Amerika lazim menggunakan hitungan mille bukan kilometer seperti di asia pada umum nya..
    Kalau pun pake kilometer mungkin mode yg di gunakan mode rendah nya..

  16. Harusnya Fans 250cc di negara +62 pada paham berapa top speed NSF250RW nd KTM RC4 (dulu RC250R), bahkan kedua motor itu cuman satu cylinder, memang bukan apple to apple cuman buat pembanding saja biar dijalan gag pada Jumawa, tetep keep safety riding nd respect sama pengendara lain,, kalo mau cari topspeed nyewa circuit,,

  17. Udahlah, sementok mentoknya 4cyl ini yaaa 200 kmh ( udah racing ? ) .
    Terima saja Cbr gua dan Cbr mang Kobay masih paling dan Terkencang dikelasnya ?
    Bagi yang cari kencang…dan dengan duit yang sama, silahkan ambil 600 seken.
    Bagi yang cari suara MOGE dengan pajak relatif kecil ,silahkan Antri Inden ?
    Jangan bicara ‘ Racing ‘ karena kalau udah diutak atik dengan penambahan part2 Racing, maka arahnya akan tetap k Cbr 250RR ?
    Yuk mang kobay pasang Speaker .
    Ngiiiiiiiiuuuuuuiiiiiiiinnnnggg ?

  18. Bicara facelift…gaung 4 cyl kawak ini sudah berasa dari 2 tahun lalu . Reject25 secaa resmi sudah facelift ditahun 2019. Dengan muka Tayo plus RamAir untuk mendinginkan klakson serta Usd kw serta sebuah Ultimatum yang disematkan sebagai Fitur yaitu , kecepatannya bertambah 8 Kmh dengan disain Fairing baru.
    Dan hasilnya memang terlihat , dengan motor barunya Reject25 semakin menampakkan Tajinya dalam Berbaris berjamaah dibelakang dalam balapan ( peserta paling banyak menurunkan starternya , habis balapan bisa main bola ? ) malah yang berada didepan Reject25 adalah motor2 yang Sudah kena Sunat dan dikebiri…namun masih bisa powerfull.

    Jadi, Sesuai judul … Yang dibahas adalah tentang Kecepatan , bukan keMiripan .. kalau mirip2 , yang dual keeneyes itu tetap saja ada kemiripan dari keluarga Cbr . Trus Klepnya juga mirip yang kek payung2 gitu… ,Atau Y mau bikin klep kek permen Lolipop bonus 1 biar beda ? ?

  19. tim mirip mirip, pernah liat muka honda civic 1978 sama toyota corolla 1978 ga? desain mirip tiap jaman itu wajar karena mengikuti keinginan pasar. tujuan perusahaan kan jualan.

  20. Masih ok koq segitu buat 250cc kan blm gasss poll takut ada apa2x kali Rea.
    Itu sales mbit kenapa masih buat artikel di kolom komentator wkwkwkwk.
    Laper sih laper tapi ya liat2x artikel napa , boss lu bakal ngerti koq lagian duit nyampah paling cuma seharga es boba ngah..ngah…ngah…ga’ gitu2x amatlah jadi budak belian jepun.
    Hindari keramaian n pake masker bila perlu.pisss…

  21. Menjijikkan liat komentar dari @takadayangbisa. Orang yg tidak bisa diajak berforum. Sales ada tempatnya. Gx disana gx diwarung sini komen lu seolah olah paling dewa aja produk lu. Blog itu tempat buat diskusi. Bukan buat tempat ngeluarin kotoran kayak lu

  22. Kalo masuk indo harganya tembus/mendekati 120jt, taa mending rc/duke 390 kemana mana dong ? enteng, kuenceng, iritt poll

  23. @takadayangbisa sukses bikin fbenyek kejang kejang….
    Lanjutkan….
    Ayo fbenyek di debat dong,katanya kaum lu ngaku smart

    Kakekekek

  24. Ya lanjutkan aja brooo semangat !!!! Pendukung AHMpass satu lagi mendukungmu
    Mau debat apanya wong ini berita kawoskaki wkwkwkwk
    Dungu tiada akhir ini kaum ahmpasss

  25. Emang siapa yang gak terima speed kawak ini segitu? Ya emang cukuplah…sekalipun sampe 200an kmh..gua anggap wajar, toh dengan 4 cyl nya kenapa gak bisa .
    Yang gak terima bukan gua, tapi efbeyek dengan junjungannya ?
    Jangankan Reject250 koma sekian ..Reject 300an aja mpot2 an hingga KO juga ditangan 250RR ?
    Terima Nasib saja deh…gunskan strategi BlueOcean untuk merilis priduk baru…dan silahkan tunggu kedatangan Tamu berikutnya yang datang mengIntimidasi ?
    Kesimpulan :
    Jangan panas jika cbr bisa 190 kmh redline 14 ribuan ecu standar, kalau udah dipasanng bermacam2 part Racing …apalagi buat balap..liat sendiri cbr di Arrc ..diatas 200 kmh semua ?

  26. ? tak guna berkeluh kesah..tapi gunakan buat Debat kalau ente Kontra sama gua .toh ini ajang keSeruan… Permainan terbuka…
    @ takadayangbisa menjijixkan bla bla…anak kecil juga bisa bilang ente : @hilrock cuman bisa mewek dan bla bla bla .
    Asli, sama gua itu kagak greget sama sekali…kaga lepelll…kaga bikin gua Bi-rahi ? pizzzzzz

  27. Saran gw buat fbenyek..
    Jangan blog walking keblog ternakan macem kby ini,bikin atit atiii…
    Mending stay cool diblog paling netral sejagad…
    Disana gak ada suara fals,yang ada paduan suara dengan harmonisasi yang sangat indah, dgn panduan juragannya sangad semart..

    Kakekekek

  28. Liat di video onboard 160 km/jam mirip mirip larinya kelas moto2,prediksi saya itu 160 MPH bukan KPH jadi kebayang kan 160 MPH berapa KPH

  29. ini Korban merk yg minim literasi produk,,
    Motor kencang taunya cuman Ninja,,
    Dasar bocah alay kurang wawasan,,

  30. Ya memang segitu topspeed 250cc satu cylinder jaman now,, 162kph itu kan belum mentok rpm masih ya mentok rpm 17000-18000 ya sekitar 165-168 kph gag jauh beda sama yg 250cc 2 cylinder, berharap saja tahun ini udah dijual nd tahun depan bisa ikut ARRC , diadu sama yg 250cc 2 cylinder sama sama sudah ketambahan part racing kita lihat bagaimana kekuatan sebenarnya di track,
    Biar gag ada yg asumsi itu 162mph ,,

  31. bacanya pgn ngakak saya mang hahahaha.. 250cc masa 160mph, apa kabar motor 1000cc yg cuma 185 mph ? mode rendah wkwkwkw

  32. kesimpulannya 1 mang.. gigi 5 rpm 17ribu tpi dpt cuma 150an entah itu Speedo error cuma 1% pun bisa di simpulkan

    motor ini Khusus yg pgn Suara Dan Banyak Duit buat Beli Bensin krna rpm tinggi identik boros (fact), dan Mampu Ganti Oli dan Busi lebih Banyak krna Cylindernya 4 wkwkwkk

    Ga perlu zx25R klo mau cepat, Cbr250rr mang kobay tinggal tuker speed sensor gigi 1 ke gigi 6 aja bsa tmbus 190an kpj kayak youtuber davidxxo.. Real Speed mungkin 178-180 kpj

  33. Pada ngerti gak sih 1 mil itu = 1602 m? Maen calangap aja komen tanpa mikir? 160 mil per hour = 256 ++ km per jam waow! Gigi 5 = 256 km per jam, sounds exactly just like superbike’s treshold!!!

    Kesimpulan artikel ini:
    1. Fby sangat menikmati ketek kaoskaki, bahkan hingga nyawa taruhannya.
    2. Fanatisme ketek kaoskaki mendahului akal sehat. R.I.P. logic!!!

  34. Sangat mungkin ada perubahan gear rasio utk menyesuaikan track Jerez. Hp ZX25R jelas lebih tinggi dari 250cc 2 silinder, jd udh pasti lebih powerful.

  35. Yang dibahas produk Kawasaki, yg diserang Yamaha. Pendukung Astra Honda Motor ini gobloknya ga ketulungan

  36. keknya gak akan jau2 amat dr yg 2 cyl . kira2 180 kpj lah. selling pointnya bukan itu soale. tp eargasmnya

  37. sejak kapan r1 power terbesar di kelas 1000.cc pabrikan jepang,,,gsxr jg skitar r1,,,lah cbr rrr 1000 jauh diatas r1 gmn critanya lw tong r1 paling gede

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini