Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. All New NMax alias NMax 2020 versi non ABS sudah duluan mendarat di sejumlah dealer di beberapa kota di Bumi Pertiwi ini. Yamaha NMax terbaru yang sosoknya lebih bongsor ini memang punya dua varian, ABS dengan fitur smart key plus bluetooth yang disebut dengan Y-Connect dan varian non ABS yang disebut sebagai versi standar. Nah karena sudah tersedia di banyak dealer, para konsumen yang tertarik langsung memburunya, dan mungkin lads sudah tahu kalau unitnya sudah cukup banyak yang berada di tangan konsumen. Hanya saja hari ini ramai berita, sejumlah konsumen mengeluhkan adanya engine check All New Nmax yang menyala bahkan ada yang saat motor baru tiba di rumah. Apa penyebabnya? Gak usah risau, begini cara mengatasinya

Adalah hal yang sangat wajar jika namanya barang baru, diincar dan diidam idamkan kemudian akhirnya tiba di rumah, si pemilik sangat excited, sangat manusiawi dong. Begitu juga saat mereka kaget karena menemukan keganjilan pada area speedometer All New NMax yang baru diterimanya, yaitu adanya indikator check engine yang menyala. Yes, seharusnya lampu tersebut tidak menyala saat mesin motor sudah hidup alias on.

Kasus ini baru diketahui per hari ini, sebenarnya ramai dan naiknya berita ini karena yang share kejadian tersebut adalah salah satu pemerhati dan pelaku otomotif yang namanya sudah sohor di Indonesia, Ridwan Hanif. Kalau sering baca atau nonton autonetmagz pasti tahu beliau lah ya.

Pelaku otomotif yang lebih dikenal di dunia roda empat ini sharing di media sosial miliknya, capturenya sebagai berikut:

NMax baru saja sampai rumah, check engine nyala, baru dipake isi bensin doang. Kenapa ya? Salah gua juga sih, pas nyampe gak dicek dulu

 

Mungkin karena yang bikin status sudah masuk level seleb, sontak jadi ramai, komen pun banyak, malah ada yang berkomentar senasib dengan Ridwan, anehnya, komen yang senada mulai banyak bermunculan. Lah selama ini kemana aja kalau memang mengalami hal yang sama? Mungkin karena yang lain itu bukan selebgram yang mantau dikit kali ya..Hehehe..

Untuk melihat komen lainnya, siapa tahu gak percaya, silakan mampir di IG atau Facebooknya Ridwan yes..

CARA MENGATASINYA

Penting! Saran KBY jangan diutak atik sendiri kecuali lads memang sudah sangat paham baik dari sisi kelistrikan maupun gugurnya garansi. Intinya kalau diutak atik sendiri ya garansi bisa gugur. Jadi biarkan dealer/ bengkel resmi yang bekerja, laporkan apa yang menjadi masalah, dan si motor jangan dipake dulu daripada ada kondisi yang bisa menyebabkan lebih parah.

Penyebabnya indikator engine check All New NMax menyala apa? Gambar di bawah mungkin bisa menjawab, karena yang merespon konon orang Yamaha sendiri.. 😀

 

Jika memantau kolom komen, ada yang berkomentar socket tidak/ belum terpasang lah, ada socket kendor atau kotor lah, ada juga yang bilang penyakit Error Aerox menjangkiti All New Nmax.. wew ngeri amat yang terakhir. Bahkan kalau gak salah baca, ada juga yang komen gara gara kejar tayang..

Karena gak paham, KBY gak berkomentar lebih lanjut, tapi dengan membuat artikel ini selain agar pemilik All New NMax nantinya aware dan sangat menyarankan si motor jangan diapa apain, jangan dipakai, lapor ke dealer tempat motor dikirim biar ditangani lebih lanjut. Kejadian ini mungkin hanya segelintir saja, jangan digeneralisasikan yes… Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

117 KOMENTAR

  1. FBH: Buosookkk…!! Harus recall…!!

    FBY: Ngga masalah. Recall berarti tanggung jawab. Daripada kamu ngga mau ngaku buosok dan ngga mau recall.

    Saya: Wakakakakakak…!!

  2. Suwun kang.. Sampeyan kasih judul & isinya terkesan mature, seneng bacanya.. Blog semacam ini mengandung edukasi kpd pembacanya yg dipertanggung jawabkan dunia akhirat..
    Sy pernah punya motor merek S, Y & H, masing2 ada kelebihan & kekurangannya.. Tp blog sebelah terkesan banget memihaknya.. Ahh biarlah.. Allah ora sare..

  3. Kalau dilihat mah nyala na stabil, brarti prediksi saya mah ada sensor yg lepas atau kendor atau ga berfungsi.
    Saya seperti Xride saya saat jarum indikator kecepatan ga nyala maka sensor engine check juga menyala stabil.
    Maklum motor dikejar konsumen mungkin QC jadi lolos.
    Sama lah kasus PxC yg bengkok visual itu hahahha xD.

  4. Mang, penyakit aerox error 12 itu yang soket kabel ada yang kendor trus konslet bukan ya ?
    itu disemua batch aerox atau gmn?
    punya ogut aerox kluaran pertama aman” aja si..

    • Saia punya taun 2018 Alhamdulillah amaaaan …masa ada yang bilang tinggal nunggu kena sih, amit amit .. kalau tinggal nunggu berarti bakal semua dong

  5. Beda judul sama blog sebelah. Blog sebelah kesan nya menyudutkan nih motor, bikin atmosfer tambah panas, seolah pasrah gak ada jalan keluar, seolah ini musibah besar buat sang pemilik Nmax baru, dan jadi ancaman buat calon konsumen kayak saya. Mungkin supaya menarik banyak pembaca? istilah nya click bait??
    Tapi blog ini dari judul nya lebih dewasa uyy, melihat issue ini dari kacamata yang lebih luas dan otak yang dingin, DIbacanya enak, soal nya seolah meredam berita panas ini, dan diakhiri sama saran yang oke punya. Salute buat mang Kobay. kalau bisa test ride donk mang, soal nya ini motor inceran saya, tinggal nunggu lampu hijau dari Nyonya di rumah, wkwkwk…

    BTw, akhir akhir ini kok jarang foto SPG mang,?? wkwkkw

  6. Bagus tuh.. beli motor trus jangan ripakai sampai solusi ditemukan.. motornya dipajang diruang tamu atau depan rumah aja dibikinke etalase biar kaya pajangan showroom 🤣😂 dijamin gak muncul engine check 🎤🎤🎤

  7. kirain mang kobay kasih solusi apa gtu ….
    malah nyaranin ke bengkel …. hadeuh
    solusi 2020 ieu mang nya ….

  8. Iya emang keliatan agak berubah blog sebelah. Bukan apa2 kalo boleh di bilang saya agak2 fbh juga. Tapi liat kurang netralnya blogger kek gimana gitu. Mang kobay lumayan lah artikel enak di baca(gak berkeaan menyudutkan) padahal fbh lo mang kobay itu…keknya lo ya….piss mang…

  9. Ada sesuatu yg terlewat… Jika barang sampai ke pembeli apakah si mekanik tidak menghidupkan motor dan memastikan motor berfungsi normal di depan si pembeli? Apakah mekanik tidak memberi kesempatan pembeli utk mengecek sendiri? Pengalaman gw beli motor spt itu bahkan si mekanik bilang silakan cek pak kalau ada yg aneh atau ada yg lecet … (pdhl kl gw mau bisa aja diam2 gw gores pake kuku pasti langsung lecet tuh motor hehe.. )

  10. Kalau check engine nyala, artinya kan disuruh cek mesin-nya.

    Langkah pertama yg harus dilakukan sama owner adalah cek mesinnya masih ada apa kaga?
    Kalau mesin masih ada, satu masalah bisa dieliminir … wkwkwkwk

  11. Ya gini lah kalo motor kejar tayang, tapi setau gw motor yamaha dari pabriknya itu gak langsung dipasang aki jadi gak ketahuan sama QC nya, aki baru dipasang di dealer setelah mau dikirim

    Cuma gw salut sama mang kobay yg gak ikut2an menyudutkan brand Y kaya blogger sebelah giliran brand H bermasalah doi bela mati2an berusaha keras bilang kalo gak ada apa2 😂

    Mestinya fair kaya kang eno kalo niat nyerang serang semua brand yg memang ada cacat / kekurangannya agar bisa direvisi brand yg bersangkutan kedepannya

  12. Makasih ya mang Kobay, sdh buat artikel dgn judul dan isi lbh netral, mengajak pembaca utk tidak mengeneralisir satu kasus. Artikel yg membuat adem yg membacanya.
    Saya prihatin dgn blog sebelah, yg menurut saya sangat mudah membuat pembacanya menggiring opini dan menjudge satu brand motor.
    Salut mang 🙏

  13. @berrubah

    Ho’oh, trasa banget buzzernya muji2 kobay.. Mreka lupa kalo kobay jg ternakan sebelah, ekekwk..

    Gue jd tringet artikel panas warung sebelah yg bahas headlamp mt25, buzzer2 pada triak..
    “Wajar mahal karena keren” , “worthlah dgn desainnya”,.blablabla…kalo dihitung ada 100 komen yg mirip… Akun kloning smua… Padahal harga proyektor mt25 lbih mahal satu satu juta dgn proyektor mt15.. Bentuk sama persis…dikira konsumen bisa ditipu apa… Ga jilat ga makan..

  14. @berrubah

    Ho’oh, trasa banget buzzernya muji2 kobay.. Mreka lupa kalo kobay jg ternakan sebelah, ekekwk..

    Gue jd tringet artikel panas warung sebelah yg bahas headlamp mt25, buzzer2 pada triak..
    “Wajar mahal karena keren” , “worthlah dgn desainnya”,.blablabla…kalo dihitung,ada 100an komen yg mirip, akun kloningan semua…Padahal harga proyektor mt25 lbih mahal satu satu juta dgn proyektor mt15.. Bentuk sama persis…dikira konsumen bisa ditipu apa… Ga jilat ga makan..

  15. Mau panas-panasan komen ? Baca blog sebelah
    Mau baca artikel penuh typo tp gayeng ? Baca blog mbah Bons
    Mau baca artikel yg kadang ada bonus spg ? Dimarihhhh 🤣

  16. Yah begitulah kalau produk yang lahir karena TerPaksa.
    Lahir karena dalam kondisi bingung.
    Produk New serasa Facelift.
    Gak lama lagi ada Produk Tandingan dari sebelah : Produk Facelift serasa NEW .

  17. Jadi kasihan sama konsumen H, media malah membela pabrikan.

    Kalo liat di forum2 kaskus/fb sebenarnya H banyak masalah juga. Contohnya windshield adv yang tiba2 copot di tengah jalan, atau velg belakang geal geol (sudah diganti baru oleh dealer ketika komplain). Yang komplain gredeg kayak PCX juga banyak.

    Tapi mereka seolah berjuang sendiri karena nggak punya “corong”.
    Di sini konsumen Y malah untung, ada problem dikit langsung keblow-up, akhirnya pabrikan jadi tahu permasalahannya.

    Situasi kayak gini mirip dengan yang terjadi di pemerintahan. Media2 “dirangkul” penguasa, sehingga hal2 buruk nggak kepublish ke masyarakat. Sedangkan Y itu mirip oposisi. Kena masalah dikit langsung dibombardir

  18. “Tak ada yg yang bisa” ini dia contoh akun yg dipelihara sama blog sebelah, modelnya Kya begini.. ckckck

  19. Ini adalah bukti kalo mang kobay udah damai sama permana triaz, Dan akhirnya dirangkul untuk dijadikan blog yang ‘netral’ menurut FBY.

    Amplop nya emang lumayan tebel ya mang kalo dibanding punya hahahem?

  20. Semua motor juga gitu, mang. Kalau udah mau dikirim ke konsumen, baru akinya dipasang. GSX-R saya dulu juga gitu. Malahan dulu akinya dikirim terpisah. Motornya udah nongkrong didealer, akinya belum nyampe-nyampe….😂.

  21. Lha…? Kok nyusruk disini komenan saya? Padahal tadi niatnya mau ngebalas komentar bro ciplux.
    Mang kobay, tolong dicek nih. Kok pembacanya tidak bisa membalas komentar? Cuman mang kobay yang bisa membalas komentar pembaca. Sementara, pembaca tidak bisa membalas komentar dari pembaca lainnya. Arigatou gozaimasu….

  22. Mang kobay ane pikir umur doang udah tuwir,ternyata buat artikel sesuai dengan umur DEWASA,ya kadang macam otak MESUM jga sih doyan yg seksi2 SPG..WKWKWK

    Smoga slalu sehat & salam sejahtera mang..

  23. Eciee cieee. Ada nama seseorang yang tercantum, di screenshot pula. Abang adek emang harus akur lah. Ikut eneng saya. Besok2 kalo buat video collab lah.
    Wkwkwkwk.

  24. Selama saya ke dealer Honda semua unit nya bisa di tes nyalakan mesinnya mang, kalo Yamaha jarang yg bisa tes nyalakan mesin karena akinya gak dipasang

  25. Wah2….kemarin2 n max baruku gk nyala semua malah indikatornya di speedometer…..setelah di cek dgn rasa was2….ternyata baru paham…..kalo aku blm beli motornya…..masih dlm khayalan aja…😂

  26. Kenapa buzzer pada pindah kesini… Wkkk

    Blog ini kejatuhan durian runtuh, mendadak dibilang netral, dewasa, dll… Wkkkkk

    Sbnere isi sama, sama” langsung kontak dealer, cuma yg satu terlanjur dicap blogger ternakan yg kebetulan stiap rivewnya bnyk yg nonton.

    makanya kalau benci sesuatu jgn keterlaluan, kalau suka sesuatu jangan keterlaluan juga. Biar hidupnya gk ngegas terus, darah tinggi jadinya… Hahaha.

    —-
    Engine check nyala kalau pas starter dan dipakai gk ada msalah/gk trasa bedanya, biasanya masalah di listrik/sensor.
    CMIIW

  27. klo menurut ane … blog inih belakangan semakin kurang dewasa … udah gak ada lagi foto-foto SPG Geulis cihuy sebagai pemersatu para FB seperti beberapa tahun kemarin hahahahahahaha

    Ai lop yu pull Mang Kobay … lanjoottt

  28. Mantab mang, netral dan independen memang nomor 1 buat bloger sejati… Kalau bloger sudah memihak seperti iwc memang sangat disayangkan, padahal dulu iwc terkenal sbg blog yg jujur dan independen

  29. Belum dapet hasil dri nemex daur ulang , udah ditiban lgi oleh Pcx FL
    Gak Hooot gak seru 😂

  30. Meskipun mang kobay fbh tp isi artikelnya jauh lebih dewasa daripada warung yg onoh 😂🤣

    Oot mang knp ko bales komen malah langsung loncat kebawah? Kita sebagai komentaror jd kurang nyaman bales balesan komen

  31. Hadeeh mau komen udah rame takut ga di baca,,

    Btw udah selesai kok mang,, masalahnya ada di sensor cranksaft (sensor nya ya) yg kendor atau gmn gitu,,

  32. Salut buat om triaz, suka membantu customer di saat ada yg butuh bantuan.
    Bisa jdi penyambung antara pabrikan dan customer.
    Gak cuma jas jes jos.

  33. Enak blognya bang komeng..produk k dibilang jelek,,ya jelek aja..tanpa tedeng aling2…wkwkwkwk..
    Bocorannya jooss..

  34. monyong” isi artikel yang memihak or enggak cuma bs dinilai sama fans boy kan ya?
    maklum bang,eike bukan fansboy.artikel yg memihak itu yg bagaimana masih abu abu eike

  35. semua produk psti ada minusnya.ada juga produk yg minim minusnya karena yaaa memang produknya sedikit yg beredar.kalo beredar banyak ya kelihatan banyak jg minusnya kan

  36. Sebelum berita ini trending topik…
    Punyaku sdh nyala duluan mang di dealer saat proses PDI ya untungnya blm dikirim ke rumah wong mau tak naikin sendiri kerumahnya 😊
    Ya memang cuma diriset di scannernya bengkel dan sudah hilang kode engine ceknya…
    Walaupun kepmeknya sempat telp instrukturnya pas saat training new produk😅
    Meskipun baru sekali ini pakai produk Y semenjak bisa naik mtr thn 90an mlah bisa dikatakan fbh😊
    Ngak khawatir mang, karena scanner di bengkel nya lebih modern drpda merk H🙏

  37. @Ross :Ridwan Hanif nggak sekalian lu Judge?? Baca dulu persoalannya Buzzer kejar tayang model lu

  38. saya heran banyak pembaca yang baru menyadari kalo mang kobay itu orang dewasa. lihat dari KTP saja umurnya udah kepala berapa gitu

  39. Anehnya, kenapa yah itu baru ketauan setelah motor sampe customer yah. masa iyak dealer kirim motor gak di cek terlebih dahulu unitnya. semoga pihak dealer lebih teliti lagi cek unitnya sebelum di kirim ke customer.

  40. Kog dealer yg disalah.in .harusnya pabrikanntempat merakitnya yg dipertanyakan QC nya ngapain aja masa engine check bisa dikirim ke dealer

  41. Udah ketahuan masalahnya nih, jadi nggak usah bully2an lagi … Bro “tak ada yang bisa” nggak usah manas2in lagi ….

    “Kepastian masalah ada pada CPS atau crankshaft position sensor. Posisi komponen ini berada diluar atau tepatnya diatas magnet, di hard reset pakai yamaha diagnostic tool”

    Damai terus ya di blog adem ayem ini 😊

  42. moral of the story.
    kalau ada produk all new, tapi belum butuh butuh banget,
    beli yg batch kedua, jangan beli batch pertama.

  43. Sangat Membantu Gan,
    bagi yang cari honda jogja punya promo bulan ini dapatkan segera diskon murahnya dengan cara klik disini >>KLIK Harga Honda Jogja

  44. All new nmax saya baru sampaiii sore ini. Pas saya pulang kantor langsung lah saya buru buru kerumah. Pas sampai dirumah saya cek cok cek cok motornya. Alhasil saya bingung dengan indikator check engine nya. Besok saya mau bawa lagi ke dealer, untungnya dealer cuma 500 meter dari rumah. Doakan saja semoga check enginenya langsung hilang. Thanks infonya yaaa ini postingannya sangat bermanfaat.

  45. absen mang, tuh di iwb katanya error lagi
    eh mang kobay jg udah absen disono ya,
    semakin menguatkan beli new beat street aja deh buat nemenin aerox ane
    ntar polda ane kasi berita error nmax ini pasti pindah halauan… Wkwkkkk

  46. Motor status all new baru rilis ada problem… ya wajar… kalo mau aman2 aja ya tunggu batch 2 atau 3 dimana sudah banyak improvement di semua part2 nya bahkan termasuk cat…

    “Lho kok gitu? Kan pabrikan harusnya sudah test dan cek semua sebelum diterjunkan ke pasaran?”

    Ya memang, tapi namanya buatan manusia gak ada yg sempurna 100%
    Kayaknya ini cuma masalah di program elektronik nya… toh motor mungkin gak mati total kan… cuma nyala engine check nya aja yg ganggu pemandangan… contoh kaya gsx s150 ane sendiri yg batch 1… penyakitnya apa? Kalo setelan kopling dibawah standar, MIL nya nyala dan akan ada tulisan FI di speedometer, tapi setelah di reset gak muncul lagi… dan oke2 aja gak masalah…

  47. Hallo om om semua. Hari ini saya baru selesai dari dealer yamaha, alhasil all new nmax saya langsung ditukar unit baru. Abisnya langsung ditawarin mau tukar apa ngga? Ya saya langsung dong bilang tukar. Dan saya disuruh pilih dan cek sendiri motornya. Semoga bermanfaat ya.

  48. Crankshaft sensor om,,dan udah 2x reset hasil nya tetap nihil..kata mekanik nya belum ada kejelasan untuk kasus ini,jadi smentara hanya ini solusi nya..dan hari ini saya k dealer lagi untuk komplain lagi..

  49. Vlogger Sultan Yg beli
    Ya pasti mendadak rada rada sopan komennya
    Yg dihujat 1wb kan diblogg tetangga😁😁😁

  50. Kata nya sich gk akan ngefek kmna2 om,klau nanti ada efek mreka mau tanggung jwab.ya sempet beradu argumen cuma ya mau gmna lagi kerna blm ada solusi pasti,akhir y ngalah aja,..smpai d liatin dri grub wa trnyata gak saya aja yg mengalamin itu ada sktar 9 kasus d daerah sya..kbtulan dealer tmpat sya ambil cma 1 pnya sya yg kena..

  51. Kok malah kemana mana balasan komennya.. mau balas komen abang roy malah melipir kebawah komenku mang 😂

  52. Maaf baru balas om kobayogas. Iya saya serius all new nmax saya beneran 100% ditukar oleh marketingnya. Karena saya lihat di dealer deket rumah saya (jaktim) banyak stock all new nmax nya. Baru diturunin dari truk. Dan marketingnya pun sangat jujur dan dia sendiri yang menawarkan untuk ditukar.

    Padahal motornya sudah saya pakai kurang lebih 3 kilometer saja sekedar ke pom bensin, indomaret, dan mengembalikan ke dealer.
    Mungkin saya sangat beruntung karena pembeli pertama di dealer itu om (jaktim).

  53. Mungkin itu juga karena saya pas liat check engine nya nyala terus, saya langsung telfon marketingnya untuk tidak mendaftarkan no.rangka dan no.mesin. dan untungnya bungkus plastiknya belum ada yang saya copot. Hehehe

    Sampai saat ini dengan unit yang ditukar, sudah tidak ada problem dan saya sangat puas dengan all new nmax.
    Semoga temen temen bisa belajar dari pengalaman yang saya alami ya.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..