Kobayogas.com – Hola laaaads, Salam geberrrr… Di dunia jual beli, khususnya di otomotif, yang namanya keterkaitan antara dealer dengan lembaga finansial alias keuangan itu erat banget, apalagi kalau ada produk baru. Tapi kadang, saking eratnya hubungan tersebut muncul sikap dan kelakuan oknum sales yang dapat membuat kerugian untuk konsumen yang in the end of the day berpengaruh terhadap si pabrikan penjual produk itu sendiri. Namanya adalah praktek upping price.. praktek oleh oknum dealer tersebut bisa merugikan kedua belah pihak? Mengapa demikian? Kita telaah lebih lanjut deh.. 

Saat KBY membuat artikel Tebak Tepat Harga All New NMax ABS Bluetooth, di kolom komentar facebook fans page ada komentator setia yang menyampaikan info dimana informasinya bikin bertanya tanya dan geleng geleng kepala dibuatnya. Sang komentator pun terkesan geram akan hal yang dialaminya tersebut sehingga merasa kudu disampaikan uneg unegnya. Memangnya kenapa sih? 

Jadi saat dirinya membaca artikel Kobayogas yang menginfokan kalau All New NMax terbaru versi standar non ABS sudah bisa dilihat di dealer terdekat, beliau ceritanya mendatangi salah satu dealer Yamaha di Bandung, iyalah masa dealer Nozomi hehe, kan motornya juga Yamaha NMax kekeke.. 

Ternyata benar ada unit tersebut, karena memang tertarik memiliki, bertanyalah beliau ke sales-nya, termasuk kalau mau beli secara cash unit ready gak? Jawabannya? Ready kalau bersedia upping Rp. 2 juta! Syok lah dirinya diinfokan begitu.. Sang sales melanjutkan, kalau ga mau kena upping bisa, tapi khusus kredit (dengan cicilan) di atas 2 juta. Melipirlah beliau, ceritanya pindah dealer. 

Di dealer berikutnya, ternyata dirinya mendapatkan jawaban yang sama, ada perbedaan sih, kalau ga mau upping 2jt bisa, tapi kreditnya wajib di atas 2 tahun! Mangkel lah beliau dan menginfokan apa yang dialaminya mengalami kolom komentar. 

Opini KBY pribadi lads, dulu praktek upping untuk produk Yamaha ini juga sempat marak (baca: Praktek Upping Price R25, Bikin Kezel! dan Ogah Beli PCX, Tetap Pilih NMax Meski Kudu Upping) namun berkat adanya tanggapan dari YIMM yang responsif, praktek upping mendem lagi. 

Apa sih untungnya upping? Tentu bagi sales bisa masuk langsung ke dompetnya, kalau konsumen ogah upping? Nah disini peran leasing sangat kuat terhadap sales, digiring untuk transaksi kredit, konon makin besar atau lama cicilannya, komisinya makin besar untuk si sales lads. 

Sekarang mentang mentang ada yang baru dan kayaknya bakal nge-hits lagi, mulai deh sales sales nakal mempermainkan konsumen. Kalau kaya gini sih bakal lumayan banyak konsumen yang mundur teratur. Gak sedikit loh konsumen yang duitnya cukup untuk membeli cash, selain duitnya ada, yang muslim pasti berusaha menghindari riba. Kalau seperti ini konsumen seakan akan digiring untuk melakukan riba dong yes? 

Praktek macam ini bukan monopoli Yamaha saja lads, karena KBY pernah juga dengar kalau pembelian Honda Scoopy dikenakan upping oleh sales nakal karena sang konsumen biasanya ogah inden lama. Jeleknya ya begini nih, produk laris, salesnya pengen kipas kipas rupiah. Kalau sudah banyak konsumen mundur, efeknya ya unit terjual gakan bisa banyak, rotasi unit keluar masuknya juga pelan, akibatnya pabrikan yang dirugikan. 

Saran KBY, kalau nemuin yang beginian, laporin aja ke Customer Service nya pabrikan, tentu harus disertai data pendukung yes.. 

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

52 KOMENTAR

  1. taon 2020 masih ada azah praktek Uppin Ippin hahahahaha … sales mah bebas kali yak, di-black list satu pabrikan tinggal pindah area ato pindah pabrikan … cuan ngalir terooosss

  2. Nah ini, harusnya setiap pabrikan menerapkan sistem het jd tiap2 diler tergantung daerah harga seragam ky waktu gsx 150 launching setiap diler sama harganya mau diler a b c asal satu daerah sama harganya

  3. Itu juga karena dealer juga harus beli new nmax paketan mang, upping itu buat subsidi produk yg bakalan kena “cuci gudang” gara2 pembelian paket. Kalo kasus Scoopy itu baru beneran upping masuk kantong sales

  4. Itu lagu lama upping price dan ga bakal hilang selama dealer wajib beli paketan.
    New nmax 3, nmax old 1, Jupiter 2, Mio s 2, Lexy 2. Subsidi hasil upping buat diskon Jupiter sama Mio s. Kalo Mio z dan Mio M3 bebas paketan

  5. Dari pabrik harganya 9 juta,kena pajak + admin dll totalnya 15 juta,kalo di jual dengan harga jujur ya mending jual pulsa aja untungnya sama,berhubung ini kendaraan paling di cari ya jadi lahan basah,di tambah kebutuhan hidup serba susah

  6. Ada juga kbr tambahan BBN setelah harga OTR sekitar 200an bisa lebih, dg alasan produk baru…
    Itu termasuk upping atau wajar mang…?
    Tapi beberapa kali beli merk sebelah termasuk kategori all new, ya tinggal byr saja sesuai harga OTR, ngak ada tambahan BBN…😇

  7. Dulu banget pernah ngalamin hal beginian.
    Pingin punya motor yg lg booming & laris,mau beli cash.
    Di display show room dekat rumah ada unit nya,tp hanya untuk yg mau kredit.Kalau cash,ngga ada unit yg ready.
    Pindah show room lain,serupa jawabannya.
    Akhirnya pulang,nyamper mamang yg dinas di koramil.Masih pakai baju dinas lengkap,menuju show room dekat rumah.
    Mamang cuma bilang : “Ini mau saya beli cash,berapa harganya ?” Sambil rada tegas khas militer.
    Tanpa banyak cingcong,langsung motor disiapin oleh pegawai show room & didampingi pemilik show room 🙂

  8. kaka ipar ane jg sama pas mau beli motor honda Scoopy, malah sales na bilang mau d dealer mana pun engga bs cash.

    untung na anak kaka ipar punya kenalan sales, jd bs beli cash. walo udh na tetep nyaranin beli secara kredit 😅

  9. Dahlah, ambil Adv saja..matic 150 paling gagah .. tampil beda 2 tahun kedepan.
    Atau tunggu Pcx baru 2 bulan lagi .

  10. belinya ke DDS dong. jangan ke dealer biasa. otak udang saja kalau motor fresh n gresss itu belinya ke dealer biasa, upping price itu sudah trade-mark dealer yamaha dari jaman dulu.

  11. sebarkan:
    “trik membeli motor yamaha dengan cash tidak kena uping, cari dealer yamaha flagship…dijamin harga sesuai list”. tanya dealer yamaha flagship di kota anda

  12. juki jimin tidak uping, tetapi harga tidak mengikat.
    jika inden dan uang muka tahun ini, unit datang tahun depan…harga distate tahun depan

  13. Ganti merklaaah. Sekarang kan dah ada kompetitor dari merk2 sebelah. Ada dari jepang, ada juga dari taiwan macem sym ma kymco.

  14. dealer besar tidak otomatis jd dealer flagship mang, contoh disemarang dealer besarnya Matr…..sakt…..yamaha flagship justru di panggung motor.
    Biasanya dealer flagship ada embel embel YIMM jika dicari lewat google map

  15. Maaf sebelumnya kang kalau saya so tau,
    Bukan na pabrikan engga akan rugi karena motor sudah “dibeli” oleh para leasing yah?

    • Betul juga, tapi lebih ke repeat order nya sih.. kalau barang jadi banyak numpuk gimana mau order lebih banyak atau sedikitnya sama jumlahnya.. ya gak sih?

  16. Semoga pada insaf orang kaya gini..demi kantong sendiri membuat orang lain susah..

  17. Sebutkan nama nama ikan:
    Ikan Paus
    Ikan Teri
    Ikan Lele
    Ikan Kon***

    Eh kon*** kon*** #latah

  18. coba peruntungan di dealer kecil atau dealer yang jual berbagai merek motor sapa tau beruntung. selamat mencoba.

  19. Pernah juga mau ambil scoopy disuruh kredit, terus buat keluhan lewat email ke pusat, akhirnya dpt beli cash juga. Pusat merespon dgn membalas lewat email dan ditelp juga.

  20. Jaman sudah maju, sales bodoh masih aja banyak ya…jadi pengen share pengalaman nih… boleh ya agak panjang…

    1. Di tahun 2010 saya pernah mau minang si Byson, tapi diminta biaya admin 1jt, Alhamdulillah saya ga jadi ambil, lebih baik mundur, coz masih ragu juga sama kualitasnya.

    2. Kedua tahun 2015 waktu mau ambil NMAX, sama Sales Counter di up 200rb Kalau mau ambil Cash, kebetulan saya kenal sama Kacabnya, akhirnya saya ngomong laporin (meski si sales ga diapa2in)l Alhamdulillah akhirnya malah dapat diskon 300rb.

    3. Kejadiannya tahun 2019 kemarin, rencana mau ambil X-MAX, kontak lah sama SPV dealer yg ready stok, eh diminta up 2jt, katanya kebijakan dari owner dealernya, busyet deh ogah ah…so pindah ke Dealer yg Kacabnya saya kenal, Alhamdulillah malah dapet diskon lagi 1jt, meski unit indent beberapa hari.

    Jadi kesimpulannya pinter2lah cari Dealer yg mengutamakan kepentingan customer, lebih baik lagi kalau kita bisa kenal/tahu no hp Kacabnya, biar kalau dikerjain Sales bisa telp/chat langsung sama pimpinannya

  21. ane ambil scoopy di dealer kecil dkt rumah, lokasinya sama dengan ktp ane. kata salesnya kena bbn 300 rb, apakah itu termasuk pungli mang?…mohon pencerahannya

  22. 2005 mau beli tiger cash ngk boleh, ane ambil scorpio, sampe sekarang pake produk yamaha.
    baru2 ini di komp*s.com ada beritanya, kl ada sales nakal tlp ke cs yamaha, bisa diurusin asal jelas nama sama dealernya.

  23. Kalo masalah kek gini dibiarin, bakal nyungsep tuh Namex lama-lama pasarnya.

    Contoh beda kasus misale saat Mio Karbu lagi jaya, dia akhirnya nyungsep dihajar Mbit gegara fitur-fitur yang ringan dan lucu.

    Bahasa Majapahit tuh (ringan dan lucu).

  24. Pengalaman dulu mau beli cash Mio gak bisa harus kredit,,itu jga harus indent..klo mau cepet saya harus beli mio soul,,krna gak mau nunggu terpaksa saya bawa pulang mio soul ,,dpt cash back cepek lumayan.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..