Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. All New Nmax versi standar atau yang lebih sering disebut dengan Non ABS sudah dapat dilihat di beberapa dealer Yamaha terdekat. Ya karena memang Yamaha (YIMM) selain memproduksi juga mendistribusikan terlebih dahulu tipe ini sehingga dapat dikatakan kalau prioritas mereka saat ini adalah untuk NMax terbaru 2020 tipe non ABS duluan. Harganya pun sudah dapat diketahui pada artikel sebelumnya, yaitu gak sampai 30 juta. Pun begitu, beberapa sumber sudah memberikan sinyal harga untuk tipe teratas dengan fitur lebih lengkap. Tebak tebak berapa harga yang tepat untuk All New NMax ABS Bluetooth nantinya?

NMax 2020 terbaru versi standar memang diproyeksikan sebagai money maker alias tipe yang diprediksi sebagai yang terlaris dibeli oleh konsumen. Pun begitu banyak juga yang menyayangkan mengapa tipe non ABS tersebut tidak sekalian dibekali fitur keyless? Bener juga mengingat saudara saudara yang di bawahnya, yaitu Aerox, Lexi bahkan Freego pun sudah memiliki fitur yang disebut Yamaha dengan SKS (Smart Key System) ini.

Akhirnya, tidak sedikit yang berkomentar, harga NMax non ABS lebih murah Rp. 9000 dari PCX tapi belum keyless. Iya juga sih kalau melihatnya dari sisi itu. Mungkin juga pertimbangan Yamaha ada di sisi harga, production cost NMax sudah cukup tinggi, sehingga jika ditambah dengan SKS, harganya gakan jadi Rp. 29,5 juta, tapi bisa 30 juta kecil.

Tapi bukan itu yang akan kita bahas, melainkan saudara kembarnya yang lebih lengkap, yaitu All New NMax ABS Bluetooth. Sebenarnya Yamaha Darling tersebut tidak hanya memiliki dua fitur tambahan saja, tapi lebih.. yaitu adanya Traction Control System (TCS) dan juga SKS.

Sebenarnya dengan hanya menambahkan fitur Bluetooth yang disebut dengan Y-Connect saja sudah cukup untuk melebihi fitur PCX, namun Yamaha ingin lebih, makanya TCS ikutan dipasang, meskipun menurut KBY pribadi sih, daripada nambah nambahin harga mending dihilangin, karena sebenarnya gak butuh butuh amat juga untuk sebuah skutik 150cc, hanya nice to have dan pastinya menambah fitur safety.

Kembali ke harga, menurut beberapa sumber seperti Ari PitStop, meski belum 100% tahu berapa nanti harga yang akan diberikan untuk dealer, namun pemilik dealer sudah memprediksi harga jualnya. Yaitu paling mahal ada di angka 36 juta, angka tersebut hadir dari faktor adanya ABS, TCS, SKS dan Bluetooth. Perbedaan antara NMax lama ABS non ABS saja 4jutaan, itu tanpa TCS dan Bluetooth serta SKS. Nah bagaimana kalau harganya 36 juta? Masih masuk akal? Kalaupun tidak, kan strateginya volume maker ada di Non ABS toh.

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing ๐Ÿ™‚

71 KOMENTAR

  1. Nambah abs 4jt
    Nambah sks 3jt
    Nambah yconect 1jt
    Nambah tcs 2jt
    Pas 40jt….balik mlipir wahana aja

  2. Tetep nunggu kapan trend cat matte berakhir sih om,ngeselin sumpah nggk bisa di poles ๐Ÿคฃ

  3. tebakan si sekitar adv abs harganya..
    biasa kan udah janjian dulu buat seting harga, wkekekk…

  4. kok saya mikirnya beda ya,

    Nmax ABS kayanya di set dibawah atau sama dengan PCX ABS. soalnya harga yang non ABS nya kemahalan sih menurut saya.
    kunci kenapa Nmax lama masih lumayan penjualannya karena harga nya lebih muyah dan ada cashback nya, coba cek lagi aja.

    jadi secara ga langsung yamaha mau push konsumen untuk beli tipe abs yang cuma beda dikit tapi banyak dapetnya.

  5. Nyimak mawon Om harga absnya,..
    Segmennya sudah masuk kategori sultan wkwkwk
    Utk menunjukan kepremiuman dan pridenya all new nmax…
    Bulan Des kemarin sdh pesan, sesuai bugjet type standart sahaja…
    Dapat unit cepat dan sesuai otr setempat sudah terima kasih Om wkwkwk

  6. Non ABS kemahalan. Kunci sebenernya di keyless. Kalo elu ngasi keyless dengan harga yang dibilang permana yogas cuma seharga kecap ya PCX bisa dihantam lagi. Dengan spek yang masih 11-12 dengan model lama tapi harga mirip pcx mending gw ga usah makan kecap sekalian

  7. Mepet2 Adv .
    Jika Ymh narok harga tinggi dari Adv dg alasan droid dan tcs . Itu bisa jadi malapetaka.
    Karena konsumen udah pada pinter2, dah pada tau ‘ kelas ‘ pada fitur yang disematkan Y gak bisa lebihi ‘ kelas ‘ yang dikasih H.
    Semisal Abs , yg diberikan Y itu Abs standar ( kelas 3 ) hanya supaya lebih mentereng dalam menarik calon konsumen.
    Kami punya Abs 2 channel. Sedangkan H hanya 1 channel .
    Tapi konsumen tau, 1 Channel Abs H itu..’ Kelasnya ‘ melebihi 2 channel yg dimiliki Y.
    Untuk saat ini Tcs droid hanya kelebihan sebagai Pembeda dari Standarnya. Bukan senjata berarti untuk kompetitor.
    Kenapa berat sekali untuk Y mengeluarkan harga tipe Abs nya? Karena mereka harus sangat berhitung Cermat..gak lama lagi siPcx sudah masuk dalam masa Facelift , jgn sampe nanti Y baru mengeluarkan harga… udah kacau dg hadirnya Pcx facelift dg membawa fitur yg baru juga. Itu Sandungan sesama 150 cc , ditambah sandungan sicalon Scoopy yang kalau gambarnya bocor bisa bikin jagat Jungkir balik.
    Kompor itu bisa bikin masakan Super enak , tapi kompor itu juga bisa bikin Neraka .

  8. eh ada om Tak Bisa Yang Ada, saya ikut daftar jadi buzzer ahaem kaya situ dong . . . et dah, dari kemaren2 ga dijawab2

  9. @mang kobay yang terCharming
    Hehe ,coba Mang kobay Bedah dulu Abs yang terpasang di 250Rr. Nah ,Abs itu yang diturunkan k Abs 150 H ,walau untuk 1 channel.

  10. Atau biar head to head sesama 1 channel ,bolehlah dibedah perbedaan abs yg terpasang di Pcx versus abs yg terpasang d aerox ,eiiitt jangan dilihat tromolnya atau..cukup dibagian abs saja , baik modul..sistim kerja dll , khusus buat pcx ,bagaimana si abs 2 channelnya terintegrasi ke kaliper belakang

  11. Ralat, khusus untuk Pcx , bagaimana si Abs 1 channelnya terintegrasi ke Kaliper belakang

  12. Komennya ngelantur ini. ABS itu fitur keselamatan masa pake main alias ada kelas 3. Blm ngopi kali ini sdh komen..
    Ya PCX sptnya bakal dikasi mesin mirip SH15i Eropa yg 4 klep ngikut Yamaha dan offside 6,9cc jd 156,9cc, tp tanpa katup variabel mcm VVA. Anda bayangkan saja sendiri harganya bakal naik jd brp juta nanti..
    Kalo mau fair, mari kt bandingkanโ€ฆ
    NMAX Standard = PCX CBS 29.5 jt krn anggap fiturnya plus-minus : NMAX mesin baru 4 klep plus VVA dan suspensi Tabung, PCX ada Keyless dan rem Combi. Lalu sekarang :
    NMAX Connected = PCX ABS 32.5 jt + TRACTION CONTROL SYSTEM + CCU BLUETOOTH Y-CONNECT + ABS DUAL CHANNEL + HANDLEBAR SWITCH CONTROL + SUB-TANK SUSPENSION sepantasnya dikasi harga brp?
    Justru mnrt survey, konsumen segmen ini yg sdh pinter2 alias hi-tech ngerti fungsi ABS, manfaat TCS, dan bluetooth connect macam di mobil2 mewah jaman now. Beda dgn konsumen di segmen low dan medium skutik..
    Begt kira2 Bro.

    • Kamsudnya lebih ke arah apa ya, material mungkin yang ujung-ujungnya memang ke kualitas..

      Kan kita tau di market pembuat ABs ini ada beberapa merek.. salah satu yang paling terkenal itu Bosch ..

      Ada juga Dunlop Maxaret, Bendix, Wabco sampai Denso.

      Itu merek terkenal, yang gak terkenal atau gak bermerek juga cukup banyak, biasanya buatan Cina, dan udah gak aneh cina hari gini lah ya..

      Untuk mengejar harga, biasanya dilakukan mixing, misal module utama tetap menggunakan merek branded, Bosch misalnya, sisanya ga tau. Bisa juga buatan pabrikan itu sendiri.

      Intinya sih tetap ada grade grade gitu mang…

      Kaya kanvas rem lah contoh gampangnya, kanvas rem kan part keselamatan, masa ada alias aliasnya? Buktinya? Ada istilah KW KW an hehe..

  13. Mksdnya td reply komen @Tak ada yang bisa, mas Yoga, yg blg ABS Yamaha itu Abs standar (kelas 3) buat bela2in Abs Honda yg cuma 1 channel. Aneh2 saja komennya

  14. Blablahblah mesin yamaha xyz…percayalah bro…. Kelas nmax sudah bukan monopoli “orang pinter” yang elu selalu katakan. Sudah banyak orang2 “biasa” yang naik kelas kesana. Yang mereka lihat pertama itu kecanggihan secara visual macem keyless. ABS dual chanel lebih bagus? Iya tapi orang2 yang gw bilang itu lihat ada cakram 2 artinya ya sama aja keduanya bagus buat ngerem. Banggain aja terus konsumen smart kalian dan taruh harga tinggi. Kalo gagal ya tinggal buka pasar baru lagi kayak yang selalu kalian lakukan ya

  15. Hahahaha..ada yg kepanasan diblg Honda ngikut Yamaha bikin mesin 4 klep dan offside 6,9cc. Lha, kenyataannya begt..
    Teknologi selalu berkembang dan mau ngk mau hrs ikut jaman. Mknya jgn komen 4 klep ngk guna, offside 5cc dan katup variabel mcm VVA yg notabene sdh dipake hampir semua merk mobil ngk bermanfaat..
    Betul ngk..hehehehe

  16. Upss satu lg. Sy ngk prnh blg kelas maxi skutik monopolin org pinter. Tp berdasarkan survey, ada sebagian konsumen segmen tsb mmg org2 yg hi-tech yg ngerti perkembangan teknologi, ngerti fungsi piranti keselamatan, dan fitur2 jaman now. Selain jg, msh byk yg beli motor asal sesuai selera desain, model, dan merk, ngk lihat fitur2 hi-tech..
    Begt kira2. Drpd ketinggalan jaman kan, org udh pake iOS n Android, dia msh aja tetep keukeuh pake OS kuno nan jadul.. Peace BroโœŒ

  17. Yamama fiturnya mendahului zamannya.enggak saya bilang mubazir, cmn liat nanti kegunaannya sangat2 segmented hanya orang yg paham teknologi dan style. Harusnya mereka jg liat potensi pasar dikelas standar dgn fitur keyless pasti AHM panik. Saya sebagai fbh sedih yamama ga serius disini. Untuk update PCX bocornya sih pasar Indonesia bakalan dikasih VTEC

  18. Geus mang ah moal loba carita, nmax abs 32-33jt an. Mun bener ay moal jd meuli zx25r wkwkwkwkwkwkwkwkwkwmwkwkwkwmwwk

  19. Kalo PCX update 2020 dikasi mesin 4 klep 156,9cc + TCS + bluetooth connect MyHonda + ABS Dual Channel + Handlebar Switch Control + Shock Sub-tank + VTEC harganya bakal dipasang di 42.5 juta..๐Ÿ˜œ

  20. Ya ga sekomplit itu fiturnya mbloooo. Saya ingat kemarin ngobrol sama pakar oto, dia bilang dalam 4 tahun kedepan harga motor low entry akan di sett dirange 19-20jt dan kelas mid 30jt dan high di 40jt.. makanya Suzuki masih ragu2 terjun ke Indonesia karena mereka takut modal ga balik. percayalah kongsi dagang Jepang itu ada

  21. kalau ada yang bahas soal ABS punya kelas, mungkin ada benernya (tapi tentunya harus ada bukti ya)…
    kenapa saya bilang “mungkin ada benernya?” karena klo dari kualitas karet seal shock depan, sealnya R25 itu ga sedikit yang ganti di skitar 25ribuan km (atau sekitar 3 tahun).. seal shock honda? belum pernah ketemu yang umurnya di bawah 5 tahun uda ganti, bahkan ga sedikit yang bisa 8-10 tahun belum bocor karena seal shock depan.

  22. Yup. Sy setuju dgn bro Martin. Smg nanti ada yg bedah piranti ABS PCX dan NMAX spy clear dan tidak ada keraguan hny gara2 single channel dan dual channel (lalu blg dual channel pake ABS kelas 3)..
    NMAX ini produk global yg dipasarkan sampai ke Eropa #ehh nanti ada yg blg produk lokal materialnya didowngrade lg..wahh repot kali nih.

  23. @martin serius ni bro? Gw ada bukti nih beat esp tahun 2016 punya bini belum genap 25ribu km kok seal shocknya udah bocor, meskipun bocor cuma sebelah tp tetep ganti dua2nya supaya takaran olinya sama. Babeh user supra fit new, motor buat kepasar sama anter anak sekolah seal soknya jg jebol kurleb 3 tahun pemakian, vixi gw juga dulu sama kurleb 3 tahun sealny udah bocor meskipun cuma sebelah, bohong aja kalo bilang 5 tahun pemakaian normal seal shock kagak bocor ๐Ÿ˜‚
    Mungkin 10 tahun kagak bocor motornya cuma digantungin jd pajangan rumah ๐Ÿคฃ

  24. @Firmansyah
    serius, ane kebetulan punya motor 2 merk itu..
    R25 tahun 2014 odometer kisaran 23ribuan (waktu januari 2018) ganti seal shocknya. sebelumnya temen ane ada yang uda ganti duluan 1 bulan sebelumnya, R25 tahun 2015 klo ga salah, odometer uda 25ribuan.

    ane sendiri boleh dibilang R25 lebih jarang dipakai (sekarang odometer 30ribuan), dan pastinya lebih hati2 bawanya. lebih sering dicuci juga, khususnya bagian as shock depan supaya ga ada debu yang nempel.

    disisi laen ane ada revo absolute 2012, odometer sekarang uda 62ribuan dan jalan jelek (kerikil, ga rata, u name it lah) ane hajar. motor jarang dicuci, debu di as shock depan ya silahkan dibayangkan aja klo motor jarang dicuci (per hari ini berarti uda sekitar 7bulan ga dicuci). kondisi seal? aman… ada juga beat pop istri ane, tapi odometer masih belasan ribu dan dipakai jarak dekat aja (seal masih bagus).

    bukti lain ya motor di deket rumah ane, tetangga2 yang ane kenal so far belum ada yang ganti seal shock depan motor hondanya, kalau yang jupiter mx uda ada yang ganti 2x.

    sebenernya masih ada yang lain, motor bokap ane dulu (udah dijual di tahun 2008, ganti tvs) glpro 145 1992, itu ganti seal shock depan cuman pernah 1x (itu pun ane yang ganti sendiri) di tahun 2003-2004 (lupa persisnya, ane lagi stm waktu itu). tapi ya mungkin karena part motor lama beda kualitas, kita ga perlu masukin ke contoh kasus. mungkin yang lain ada pengalaman yang beda.

  25. @Firmansyah
    oh iya sedikit kenapa ane brani hajar jalan jelek pakai revo, karena kebetulan dulu ane pake takasago excel yang jepang (depan belakang).. ceritanya mau ngetes bener ga tuh cerita yang di race (di bali klo ga salah) pada patah semua jari2nya… ya ane sih ga sampe patah jari2nya, cuman kendor2 aja klo keseringan hajar lubang. dan kebetulan ane ma bokap ane yang pasang & setel jari2nya.

    coba Kang Kobay sendiri pengalamannya gimana di lintas merk motor?

    • Ga bisa dijadiin pegangan mang saia mah, paling lama miara ya si Sniego PCX, 6 tahun nanti Oktober kilometer 18rban..

      Hasil servis 5 tahunnya udah dishare..

      Oia udah pernah ganti oli shock depan sekali tahun 2018, udah pernah jadi artikel juga.

      Keluhannya kok lembut banget.. bukan karena seal bocor sih, soalnya aman gada rembes sama sekali..

  26. Ini pengalaman sy. Sy punya Jupiter MX135 kopling generasi 1 tahun 2006, sampai skrg baru ganti shock depan dan belakang satu kali, mileage saat ini 150rb km. Kemudian Aerox 155 generasi 1 thn 2017 km 32rb jg fine2 aja shocknya..
    Sy rasa byk faktor kalo soal shock ini, dr kontur jalan, kebersihan, cara berkendara, dll.
    Brgkali Bro2 punya pendapat lain

  27. Mungkin maksudnya kelas ABS NMAX dan PCX beda itu seperti yg pernah diulas wak Haji Taufik. Tapi cuma dijelasin frekuensinya saja sih. Kalau PCX frek nya lebih tinggi, jadi tidak terasa ndut2 an ketika ABS nya nyala, lebih smooth. Kalau daleman ya silakan dibongkar sendiri

    • Persis mang, beda di tangan.. PCX itu getar nya beneran terjadi saat rem ditarik keras alias saat ABS nya on..

      Sementara NMax rem medium udah geter di tangan..

      Lebih ke kenyamanan aja sih ujung ujungnya… Entahlah kalau berimbas ke perbedaan kualitas mah

  28. Kok jadi bahas seal shock ya ๐Ÿค”
    Jika bahas keyless,abs,tc masih nyambung dengan artikel..gagal paham Saia atau mang kob bisa menjelaskan ๐Ÿ˜๐Ÿ˜…

  29. @Prengel
    soalnya salah 1 komponen abs itu seal karet.. kan ceritanya ada yang berasumsi klo punya H dan Y itu beda kelas, bisa aja dari kualitas part perintilannya..

    klo soal pas di rem medium atau hard baru aktif maupun frekuensi on-off nya sih tergantung settingan/programnya ya… atau bisa juga maksudnya beda kelas itu macam teknologinya… misal bosch sekarang kan mungil2, mungkin salah 1 dari mereka masi ada yang pake bosch yang rada gedean (klo merk bosch)

  30. Mang Kobay, akun “tak ada yang bisa” sampai segitunya sih?
    Pembahasan kan kira2 harga utk nmax abs, kasih komen yg nggak pas.
    Menurut saya kurang cocok kl akun ini komen disini, maaf saya hanya berpendapat saja. Silakan kl akun ini komen di blok i*b dgn gaya spt itu

  31. Tenang aja mas @prengel … Komen bebas kok, cuma bicaranya ke inti saja mengenai harga … Nggak usahlah bicarakan perbandingan … Cukup berikan opini sesuai judul artikel mang kobay … Piss mas

  32. NMAX Standard = PCX CBS 29,5jt (krn fitur plus-minus : Nmax unggul mesin 4 klep plus VVA, Handlebar Switch Control, Sub-tank Suspension smtra PCX ada Keyless dan Combi Brake..
    NMAX Connected = PCX ABS 32,5jt + TCS + BLUETOOTH CONNECT + ABS DUAL CHANNEL + HANDLEBAR SWITCH CONTROL + SUB-TANK SUSPENSION sepantasnya dikasi harga brp mnrt Bro?
    Dgn penilaian jujur dan adil kyk pemilu lho, secara fitur aja msh jauh di atas ADV ABS 36,5jt.

  33. Betul, mas Yoga. Smg sih bisa di bawah 36jt spy banyak yg beli. Biar Honda jg puter otak lg..hehehe..ujung2nya kan konsumen jg yg untung..
    Yg tipe Standard di IG All New Nmax sdh byk yg parkir di rumah tuh..
    2020 pasar maxi skutik seru abis nih. Mantap.

  34. Wowww.. ALL NEW NMAX 2020 tipe Connected/ABS 33.750.000. Cuma beda 1.250.000 dpt PCX tipe ABS + TCS + BLUETOOHT Y-CONNECT + ABS DUAL CHANNEL + HANDLEBAR SWITCH CONTROL + PRELOAD SUB-TANK SUSPENSION.
    Mantap kannn!

Yuk Tinggalin Jejak Lads..