Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr.. Hari Jumat tanggal 13 Desember 2019 kemarin, Indonesia kedatangan produk baru yang unik di belantara roda dua.. Well, nyebut roda dua itu biasanya sepeda motor dengan jumlah ban atau rodanya dua bahkan bisa tiga.. Tapi bagaimana kalau jadi empat? Lah kalau empat mah mobil kang! Eit tunggu dulu, itu benar tapi bagaimana kalau sepeda motor tapi jumlah bannya empat!! Memang ada? Hehe, ada makanya dibahas juga bwambaank 😀 Namanya Qooder, pabrikannya asal Swiss dan baru diperkenalkan di Indonesia kemarin ini. Yuk kenalan sama Qooder skutik roda empat termasuk cari tahu harganya.. Cekidottt..

Perilisan berlangsung di Papabro Cafe, Moto Village Kemang, Jakarta Selatan pada Jumat (13/12/2019). Perilisan ini berlangsung cukup meriah lads karena dirilis di hadapan para awak Media dan Blogger. Nama Qooder sendiri awalnya adalah motor dengan nama Quadro 4 dan telah berganti nama menjadi Qooder yang memiliki arti Quad Scooter, jelas banget yes artinya, yaitu skutik roda empat. Meski berasal dari pabrikan swiss, namun Qooder skutik roda 4 sendiri dibawa masuk oleh GForce Republic ke Indonesia secara utuh alias CBU dari Taiwan.

DESAIN QOODER

Sebenarnya desain dari skuter 4 roda ini jika tanpa melihat roda belakang bisa dikatakan tidak ada yang aneh, maksudnya, kita mungkin bisa terbiasa dengan desain mirip mirip yang pernah hadir lewat Piaggio MP3. Headlampnya model dual keen eyes dengan bentuk fascia yang cukup masif berkat desain winshieldnya yang lumayan gede juga. Desain lampunya mengingatkan kita pada Kymco Xciting 400i yes.

Melongok persis ke bagian moncong di bawah headlamp, desainnya nyentrik, sekilas kita seperti melihat si Qooder ini tersenyum lebih ke nyengir hehe. Di bawahnya lagi ada corong terlindungi cover, sepertinya untuk jalur masuk pendingin radiator lads.

Melongok ke bagian samping, body terlihat besar, khas big scooter. Tempat duduk pun lebar cocok buat postur badan yang besar. Melirik ke bagian belakang barulah faktor keunikannya hadir lebih kuat, selain terdapat stoplamp kotak hadir juga dua roda tambahan yang uniknya memiliki sumbu yang lebih kecil dibanding roda depan. Hal ini, diakui oleh pihak GForce dengan tujuan agar motor ini bisa masuk klasifikasi sebagai motor roda tiga, bukan empat laiknya mobil. KBY sempat baca di websitenya, katanya sih SIM nya mobil, tapi di Indonesia gak keknya yes kalau menurut penuturan di atas mah.

SUSPENSI FULL INDEPENDEN!

Yang unik lainnya dari Qooder ini adalah selain memiliki 4 roda ternyata suspensinya ajib laiknya mobil, yaitu sudah FULL INDEPENDENT! Dan literally, benar benar bebas karena kinerjanya masing masing antara roda 1 dengan yang lainnya, liat foto nomor 2 deh contohnya. Fitur suspensi tersebut punya nama HTS (Hydraulic Tilting System).

Hydraulic Tilting Systemini adalah sistem suspensi Independen yang telah dipatenkan oleh Qooder. Suspensi ini hadir tanpa spring atau per yang membuat redaman suspensi menjadi lebih nyaman karena full hydraulic. Selain itu, suspensi independen ini juga sangat membantu dalam melewati jalan yang tidak rata berkat roda yang bisa begerak independen, sehingga membuat redaman suspensi jauh lebih nyaman untuk sang riders! Mantap!

Selain itu, sistem suspensi independen hidrolik ini juga masih menggunakan sistem mekanis alias full tanpa kelistrikan! Sehingga, katakanlah sistem kelistrikan ada kendala,  suspensi masih bisa bekerja dengan baik, artinya motor masih sangat memungkinkan untuk didorong kekeke. Tersedia juga fitur Lock Suspension untuk mengunci suspensi saat keadaan miring, atau roda dalam keadaan tidak rata. Jadi bisa parkir di medan yang gak rata. Lebih aman lagi tersedia juga rem tangan untuk ngunci motor supaya gak meluncur saat parkir.

SPESIFIKASI QOODER

Qooder dibekali mesin 400cc 1 silinder berpendingin cairan, yang tenaga puncaknya berada di angka 35,5 HP. Torsi besar 38,5 Nm @5.000 rpm memudahkan motor seberat 281 kg ini untuk berakselerasi. Menurut pihak ATPM topspeed motor ini bisa hingga 145 km/jam! Sedap juga yes..

Pengereman motor ini pun sudah full ABS, mengikuti standart Euro 4 yang sudah mewajibkan motor dengan rem ABS. Namun sayangnya untuk motor sebesar ini, belum ada Traction Control secara elektronik, pun begitu, ada sistem buatan Qooder yang dianggap berfungsi mirip dengan traction control. Apaan tuh?

Motor ini menggunakan Double CVT, artinya ada dua buah CVT pada bagian kiri dan kanan. Uniknya, dua CVT ini bekerja layaknya suspensi dari motor ini, yakni bergerak secara independen. Artinya, CVT memberikan putaran yang berbeda sesuai distribusi beban yang dideteksi. Nah si dual CVT ini lah yang bekerja layaknya Traction Control di motor biasa. Jika sedang miring ke kiri, maka distribusi beban akan diatur supaya tenaga lebih condong ke roda yang menapak lebih kuat. Oke juga yes??

HARGA QOODER

Soal Harga, GForce Republic membanderol motor 4 roda pertama di Asia Tenggara ini Rp 357 juta! Hahah, jelas bukan buat tim mendang mending kek KBY ini.. harga tersebut sudah include 2 tahun free maintenance dan spare parts. Jadi, spareparts selain fast moving parts diganti gratis jika ada kerusakan selama interval waktu 2 tahun. Hemat lah itungannya yes..

Qooder tersedia dalam lima pilihan warna. Antara lain warna Hitam, Merah, Putih, Biru, dan Silver(Grey). Dealer resminya sendiri terletak di Lebak Bulus, tepatnya Jl. Lebak Bulus 1 No. 62. Gimana ada yang mau beli? Ajak ajak KBY buat tes yesss..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

39 KOMENTAR

  1. Wew..gimana ga mending2 deh…ga liat harga dulu..tp kl macet mau ga mau ikutan berhenti bareng mobil yg berderet…ga bisa selap selip…pas hujan…diliatin kanan kiri yg naik mobil…😅😅

  2. cvt nya terbuka gtu ya mang klo kotor gimana itu … atau cuma belt pengganti rantai ….
    *foto bagian belakang yg ada knalpotnya

  3. bukannya asli indo itu mang??? aslinya merk kodir trus di ekspor ke taiwan balik re impor lagi dimari??
    liat aja SPG nya si Sumini adiknya kodir itu

  4. Wow diwakilin anaknya? Gw dulu paling banter ngewakilin almarhum bokap rapat erte trus pulangnya bawa berkat.. anaknya mang kobay ngewakilin rilis produk motor pulang bawa nocan.. #hampuramang..

  5. Saya malah pingin kenalan sama mbaknya tuh. Dah balik dr bali om. Kapan kapan klo kebali kita vlog lagi.

  6. mang coba banding dgn quadski roda 4 iya bisa ngambang jg di banjir ☔……knapa ngk komodo bandung di gini in ya bisa di jalan (jgn offroad doang – pdhal army kita pakai onroad🚧) ….oh ploduk ploduk lokal ☕

  7. Jiahhh mang kob, kirain udah berpengalaman, masa percaya gtu aje,
    itu yakin anaknya cm foto2 motor doang, nah iya pake kamera khusus kerjaan,
    nah kamera yg lain gmn hayooo, upssss, heee

Yuk Tinggalin Jejak Lads..