Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr… Kalau lads mantau blognya sobat KBY, Monkeymotoblog alias Vandra, pasti tau motor miliknya yang punya panggilan Mas Karebet. Belum tau? Gak apa apa kekeke, Mas Karebet adalah sebuah Yamaha MT-25 versi lawas berwarna merah yang jeroan mesinnya sudah menggunakan seperangkat jeroan dari Yamaha MT-03! Betul sekali, MT-25 dan MT-03 itu punya desain yang gada beda! Beda cuma di mesin aja, 250cc vs 300cc (321cc tepatnya). Nah ini dia test ride Yamaha MT-25 Modifikasi MT-03!

Kesempatan tersebut datang saat KBY dan Vandra balik dari acara Honda, lucunya kami semua (termasuk Sumarlin), pada pake Yamaha wkwkw, Marlin bawa NMax, KBY bawa Aerox dan Vandra bawa Mas Karebet alias MT-25 jadi jadian MT-03.

MODIFIKASI YAMAHA MT-25 MENJADI MT-03

Trus si Mas Karebet alias Yamaha MT-25 modif tersebut sudah diapain aja memangnya sehingga disebut sebagai MT-03 jadi jadian? Sebenarnya sudah bukan hal yang aneh kalau MT-25 dirubah menggunakan jeroan mesin MT-03 yang beredar di luar sana. FYI aja, MT-25 alias 250cc memang hanya tersedia untuk beberapa negara Asia saja, sisanya menggunakan nama MT-03 dengan kapasitas mesin 321cc.

Nah Mas Karebet MT-25 sudah dimodifikasi antara lain:

  • Menggunakan jeroan mesin MT-03 otomatis menjadi MT-03 asli karena mesin plek plek sama menjadi 321cc (detailnya googling aja yah, salah duanya adalah piston dan blok silinder yang KBY tau).
  • Knalpot full system Prospeed model underbelly
  • Piggyback Power Commander V (PCV)
  • Tenaga Asli 41hp, perubahan tenaga unknown karena yang punya belum pernah dyno.
  • Ban IRC RM810
  • Rem dan shock standar

SESI TEST RIDE

Kita tukeran motor saat keluar parkiran Hotel Harris Kelapa Gading, KBY pakai MT25, Vandra pake si Gendis Aerox. Jarak test ridenya dari Hotel Harris sampai Kantor J&T jalan Pemuda. Lumayan lah ya jaraknya.

Sooo setelah berkilo kilometer tukeran, ini dia kesimpulan yang bisa KBY dapatkan dari Mas Karebet Yamaha MT-25 modifikasi jadi MT-03:

  • Handling tetap sama dengan MT-25, lincah, mudah, sangat user friendly
  • Torsi di bawah hingga sekitar 4000 RPM cenderung kalem, alias bisa disebut sama dengan MT25
  • Begitu jarum RPM mencapai 5000 lebih, barulah torsi 321cc nya meledak, mengisi terussss hingga dibatasi redline! Sepertinya speedometer bawaan MT25 udah gak cocok, seharusnya redline bisa di 15ribu yah.. sementara MT25 standar kan cuma 13ribuan.
  • Kecepatan ke 100km/jam doang mah eces bin cepat
  • Top speed lupa, karena fokus ke jalanan, camera go pro juga ga menangkap dengan jelas akibat speedometernya belum model negative. Keknya sih 140-an.
  • Rem kudu upgrade
  • Shock belakang juga, terlalu lembut jadi ngayun, saat kencang dan ketemu jalan slope, buset goyang belakangnya wkwkwk..

Overall sangat menarik sih sebenarnya yah modifikasi MT25 menjadi MT03 ini, modalnya sekitar 25jutaan.. gak bisa dibilang murah juga, sudah gitu Vandra gak ubah desain sama sekali, jadi ini motor beneran sleeperrrr. Soooo.. ada yang mau ikutan modif kek gini?

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

22 KOMENTAR

  1. Pengen juga seh, secara tenaga R25 itu ya biasa aja. itu cylinder head ganti ga? Kan ukuran klep-nya beda, Noken beda dan head assy complete biasanya lebih mahal ketimbang Cilinder Blok dan pistonnya
    😁😁
    Shock belakang memang ngayun apalagi kalau pakai Ban gede 160 keatas terasa banget ngayun. Itu pengalaman saya seh.

  2. sempet pengen upgrade pake blok+head+nokennya R3, tapi kalau import dari thailand sih mahal amat.

    btw bedanya itu blok (piston dll), head (termasuk klep), camshaft, kopling, ecu (pastilah ya), sama gearbox. sisanya sama (kecuali mata kucing)

    fyi kalau kita hitung cc nya itu 320.44cc, jadi 321cc hanya pembulatan. dan based on brosurnya jepang, emang mesin 320cc ini minumnya lebih irit.
    250cc 27.2km/L (37.7km/L @60km/h)
    320cc 27.6km/L (42.3km/L @60km/h)

    kapan ya YIMM mau jual partnya disini?

    • jelas beda profil noken as dan ukuran klep, R3 powernya pasti jauh lebih besar di rpm bawah melihat perbedaan konsumsi bbm @60 km/h.
      kalau masalah part kayanya kebentur peraturan di sini deh

  3. Saya make MT25 jeroan MT03 juga kang. Beli second punya tetangga yang sempet dinas. Bilangnya sih yang diganti cuma sekitaran daleman mesin sama ECU aja, knalpot masih standar. Tenaga emang mantep, sering ga sadar udah jalan 80km/h. Bensin dalem kota pake shell super dapet di range 21-22 km/l buat lalu lintas Bandung

Yuk Tinggalin Jejak Lads..