Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr.. Saat Suzuki memperkenalkan Suzuki Satria F150 2019 warna baru hari Kamis 26 September 2019 lalu, 4 hari kemudian Honda meresponnya tanggal 30 September 2019 dengan merilis Sonic 2019 juga warna baru! Adakah perbedaan lain antara keduanya? Ternyata tidak ada! Dua rival ini, terlihat sangat santuy, diawali oleh ubahan santuy dari sang Satria F150 injeksi.. Ada apa dengan kelas ayam jago yang dulu begitu brutal saling adu desain dan performa ini? Kenapa pada cuma ganti warna aja?

Salahkan pada motor skutik! Mungkin itu jawaban simpelnya. Tidak bisa disalahkan tapi juga tidak dapat dianggap 100% benar. Salah satu faktor mengapa motor jenis skutik saat ini lebih banyak dibutuhkan ya karena adanya pembangunan (jalan raya), efeknya jalanan makin macet. Kalau macet enakan jelas skutik lebih pas, tinggal gas dan rem, akomodasi besar dan nyaman bagi rider. Gada istilah tarik kopling dan injak persneling.

Akibatnya timbul efek domino juga sih, berimbas kepada penjualan motor laki (sport/ berkopling), bahkan bebek pun kena imbasnya. Saat ini sejauh yang KBY tahu, hanya skutik lah yang penjualannya stabil cenderung naik terus.. lainnya? Stagnan cenderung menurun.

STAGNANNYA DEVELOPMENT MOTOR AYAM JAGO

Mungkin akibat efek penjualan menurun jua lah, para pabrikan melihat tidak ada gunanya memperbaiki atau memberikan update yang “wah” untuk motor ayam jago alias bebek sport underbone tersebut. Ya gimana ya namanya bisnis, kalau gak menguntungkan dan terlihat tidak ada perkembangan penjualan ke depannya ngapain dirombak besar besaran?

Soalnya, yang namanya development atau research and development itu memang biayanya tidaklah sedikit lads, karena meliputi banyak parts yang kudu berubah. Biasanya pabrikan akan melakukan ubahan yang signifikan jika hasil investigasi dan prediksi ke depannya akan ada kenaikan penjualan yang lumayan masif. Kalau tidak ada ya gambling namanya.

Itu lah mengapa baik Suzuki Satria FI 150 2019 maupun Honda Sonic 150R 2019 hanya mendapatkan penyegaran berupa ganti warna. Percuma dikelilingin gakan ada yang berubah selain warna. Tidak ada parts baru atau fitur baru yang menempel pada kedua motor tersebut.

New Honda Sonic 150R 2019 Racing Red
RINDU PERSAINGAN EDAN

Jadi ingat masa masa keemasan sport bebek ayam jago beberapa tahun ke belakang. Saat Satria FU karbu menguasai penjualan sehingga Honda tertarik ikutan terjun dengan Honda Sonic 150. Bahkan lebih ke belakang lagi, era ayam jago begitu eksotis, desain menarik, performa mesin dengan teknologi ajib serta parts handal menempel di sekujur tubuh mereka, sebut saja era Suzuki RK Cool, Honda Nova Dash, Yamaha Tiara hingga Kawasaki Leo Star.

Apakah era edan edanan tersebut bisa kembali? Entahlah, mungkin menunggu jalanan jauh lebih lancar daripada sekarang kali ya?

SATRIA FI 150 WARNA BARU

Kembali ke Satria F150, Suzuki memberikan 2 pilihan 2 varian terbaru, All New Satria F150 Special Edition dan All New Satria F150 Predator, kini mendapatkan kombinasi warna terbaru. Pada varian All New Satria F150 Special Edition, warna Met. Triton BlueTitan Black – Rogue Red CW dan Brilliant White – Vigor Blue CW. Sedangkan varian All New Satria F150 Predator pilihan warna Solid Black dan warna baru Met. Mat Stellar Blue seperti pada Suzuki Nex II.

Terdapat perbedaan fitur antara kedua varian, jika pada varian Special Edition telah dilengkapi Alarm dan Color Casting Wheel, maka pada varian Predator mendapatkan AlarmUSB Charger, dan 3D emblem logo. All New Satria F150 tetap dibekali mesin kegendaris 150cc Double Over Head Camshaft (DOHC) berteknologi fuel injection yang memiliki tenaga dan akselerasi paling mengagumkan di kelasnya plus transmisi 6 percepatan.

HARGA ALL NEW SATRIA F150 2019

Penyegaran yang dilakukan terhadap All New Satria F150 dapat segera dimiliki oleh calon konsumen di Tanah Air terhitung mulai pertengahan bulan Oktober 2019, dengan harga yang menarik yaitu Rp 24.795.000,- untuk wilayah DKI Jakarta (on the road), dan berlaku sama untuk kedua varian.

Pantesan Sonic juga cuma rubah warna, wong Satria aja gak berubah desain dan spek..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

19 KOMENTAR

  1. Padahal Satria Baja Hitam RX dan Kamen Rider lain di era millenial pada bisa ber-evolusi kostum yang lebih keren, nambah senjata yg lebih powerfull

    Halah … ngemeng apaan sih guweh, kepikiran beli juga kagak hahahahahaha

  2. Selain kurang nyaman jika macet, desain kurang macho. Tidak perlu dibandingkan dgn aerox yg besar, cukup dgn vario 125/150 masih kalah macho.

  3. sekarang yg edan2 udh pada tua mang….termasuk saya almost 40 …..
    yg muda2 mah yg penting ada boncengan di blkng udh seneng……hehehe

  4. Anak muda skrng pada lemah mang… jaman dl cita2 anak sma pengen punya fu skrng pengen punya beat/scoopy biar bisa dimodif ala2 “hobi kami mahal” itu

  5. Selain yang mang kobay sebut d atas.. juga karena kontestannya cuma 2 ,dan masing2 udah punya penggemar 😀

  6. Kalau saya malah seneng di jalan tambah banyak yang pakai matic.. semakin tampak mana orang yang hanya tau naik motor dan mana yang tau dan bisa merasakan nikmatnya naik motor..tarik kopling dan pindah gigi..tarik gas..wuih.. nikmat tiada bandingannya..😁

  7. Yg jelas gue pilih sonic bodi ramping
    Irit tenaga tidak kalah sama Fu
    Bahkanebih nyaman di pke nya..

  8. ya udah, mau digimanain lagi… simpel, lincah, si gesit irit. paling nambag gear jadi 7 percepatan 😁

  9. Pagi pagi jam berangkat Kerja kantor coba nikmatin sensasi main kopling Di Pondok cabe cirendeu di jam berangkat Kerja senin sd jumat

Yuk Tinggalin Jejak Lads..