Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Ini baru kejutan! Hot Gosip! Karena gada angin gada badai, gada info secuil pun tiba tiba ada kabar seperti ini. Honda siapkan CBR250RR 4 silinder buat lawan Ninja 250 4 silinder! Weww.. Kalau Kawasaki Ninja 250 4 silinder sih sudah sejak 3 tahun lalu beritanya selalu hadir di setiap tahun tapi realisasinya gak pernah ada, sampe artikel terakhir (lihat link di bawah), akhirnya KBY memutuskan buat menunda dulu berita sang Ninja 4 silinder. Yang menarik, justru kabar dari Honda ini.. Kuy kepoin..

Kalau Kawasaki Ninja 250 4 silinder, silakan klik artikel terakhir ini (Kawasaki Ninja 250 4 Silinder Makin Dekat). Tapi ditunggu tunggu (literally cuma nunggu, karena harganya pasti edan kalau nanti hadir), tapi gak nongol nongol wkwkwk.. Ya pada dasarnya sih terserah Kawasaki ya, mau itu sekedar decoy atau cara menaikkan rating Ninja 250 2 silinder, atau bahkan memang beneran ada, cuma Kawasaki yang tau. Karena namanya produk niche dan masuk ranah hobi, kudu benar benar cermat untuk merilisnya.

HONDA CBR250RR 4 SILINDER

Dari sisi sejarah, selain Kawasaki, Honda juga memiliki garis yang kuat akan produk 250cc 4 silinder jaman baheula.. Bahkan Vandra MMBlog pernah sangat beruntung nyobain CBR250RR 4 silinder buatan tahun 90-an berkode MC22. Yup, sejarah membuktikan kalau Honda CBR250RR 4 silinder itu pernah ada dengan kode MC19 ataupun MC22 yang lahir tahun 1986 hingga 1996.

cbr250rr 4 silinder mc22

Terus kenapa “punah”? Pergeseran pendekatan penjualan dan tipe produk di era modern memaksa “produk boros” untuk dihilangkan. Isu emisi dan hemat energi juga salah satu faktor terkuat yang membuat para pabrikan otomotif dunia berpikir keras membuat produk hemat bbm dan hemat biaya (pembuatan) hehe. Kecuali pabrikan motor/ mobil eksotis ya, karena bermain di laut yang kecil.

Kembali ke topik, adalah masbro Komeng MindGenesis dalam artikelnya hari ini makin menguatkan info yang tadinya hanya sekedar gosip diantara media dan blogger sejauh ini. Ternyata beneran bakal ada! Tapiiii terms and conditions apply yes.. kamsudnya, bakal beneran dijadiin atau tunda akan tergantung pada banyak hal.

HONDA CBR250RR 4 SILINDER PROJECT SUDAH LAMA?

Jadi menurut Bro Komeng sebenarnya proyek CBR 250cc 4 silinder ini sudah siap bahkan sejak Kawasaki diisukan akan merilis Ninja 250 4 silinder! Karena menurut beliau lagi, hal itu merupakan proyek lama yang sudah lama tertidur dan terkubur alias mati suri, kini hendak dibangkitkan kembali!

Pada saat proyek CBR250RR – yang saat ini dijual – akan dimulai (diperkirakan sekitar tahun 2014-2015), Honda sebenarnya sudah memiliki beberapa opsi rancangan dan prototipe mesin. Diantaranya ada 4 Silinder segaris dan mesin V2 250cc yang dahulunya sudah dipersiapkan untuk menggasak pasar 250cc kelas sport racing/ fairing. Malahan, sasis perimeter (dikenal dengan twin spar), sempat masuk pilihan juga loh.

Hanya saja pilihan “boros dan ambisius” tersebut kandas dan menjadi proyek terkubur karena dianggap Overkill kalau tujuannya hanya untuk melawan Ninja 250cc waktu itu. Dan seperti yang lads tahu, yang dilanjutkan dan disetujui adalah CBR250RR saat ini dengan pertimbangan realistis-ekonomis alias harga jual yang disesuaikan kemampuan konsumen dengan target volume penjualan. Hal serupa juga diungkapkan di artikel Iwan Banaran awal September 2019 lalu.

Nah sejak 2,5 tahun lalu ketika terendus Kawasaki hendak melaju pada level yang lebih tinggi yaitu Sport Racing 4 silinder 250cc, maka Honda mulai membangkitkan kembali proyek ambisius 4 Silinder ini, bahkan tidak menutup kemungkinan proyek mesin V2 juga bisa dipilih sebagai rival project atau lebih gokil lagi yaitu mesin V4 250cc.

KAPAN HONDA CBR250RR 4 SILINDER RILIS?

Sabar mang hehe.. Seperti KBY jelaskan pada paragrap dua di atas, semuanya akan tergantung strategi, termasuk diantaranya faktor harga jual dan cost & benefit. Namanya jualan kudu ada yang beli, dan kalau target penjualan sesuai, maka margin baru bisa di dapat.

Tapi intinya, semuanya akan kembali kepada Kawasaki, loh kok gitu? Karena dalam hal ini KBY melihatnya Kawasaki adalah rival Honda dari sisi jenis sport fairing/racing. Jika Ninja 250 4 silinder ternyata benar hadir, maka Honda pun sudah siap, tinggal memilih mesin mana yang akan digunakan untuk CBR250RR 4 silinder nanti, segaris atau V4?

Duh djiwa misqueenkuh menggelinjaaaang maaang..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

35 KOMENTAR

  1. Nah, mang kobah mulai deg deg serr…… Bayangkan mang kobay, bayangkan. si zeref upgrade jadi 4 silinder….. hehehe

    Silahkan di imajinasikan.

  2. Kawasaki bikin 250cc inline 4, Yamaha ga mau kalah bikin juga tapi triple cylinder, disusul Honda dengan I4/V2/V4…. sementara Suzuki masih dalam tahapan angan2 bikin 2 cylinder wkwkwk….

  3. lah kan sudah dijelaskan ini sudah paln baheula, plan lama, artinya riset mesin dan lain lain sudah sejak lama, bambang. kok bisa bilang risetnya sebentar 😦 semalas itukah anda membaca dan memahami artikel sampai akhir?

  4. HONDA CBR250RR 2 silinder tetapi di cangkok SUPERCHARGER yg lebih logis…’mana angkat tangannya yg setuju!!

  5. Nah..kali ini tebakan Mang kobay apa ? Bener apa kaga? 😂

    Ngarep 😂

    Jika nanti ada..maka harga H dan K mirip2 ,yang murah tar ( katanya orang kebanyakan palu por moni ) adalah Y , tapi tau ndirilah… 😂

  6. saya vote honda V twin 250 aja, alias RVT reborn.
    alesannya, pasti sizenya paling kecil, paling segede motor2 150cc, suara pasti bringas, torsi enak buat stop n go.

    terus saya beli ga? mungkin nanti kalo cicilan rumah selesai (5 tahun lagi) dan saya udah beli mobil baru 😀

  7. Gossip yg kliatan utk mnahan kawasaki keluarin 4 silinder… biar kawasaki galau… Wkkkk
    Kalau sy nanya” di komunitas, trnyata bnyak juga yg siap indent, pdahal prkiraan hrga dari berita antara 125jt.

  8. Maksudnya yg diproduksi dan dipasarkan resmi di Indonesia, kalau Suzuki global sih ga usah diragukan line up nya lengkap mulai 1 sampai multi cylinder, dan pastinya bukan kaleng kaleng 😁

  9. Kita Ga Usah Ngributin Yamaha Kawasaki Honda Skrng paling penting Negri Kita yg lgi Genting soal Hukum Refisi RUU KPK
    Simpel Sebenernya ny ………………!!!!!!!
    Buat…….. Pemerintah Sm DPR
    ADA KORUPSI………..???
    MAKANYA ANDA BIKIN REFISI
    UNTUK APA ??? ADA REFISI
    KLW ANDA TDAK KORUPSI

Yuk Tinggalin Jejak Lads..