Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Apakah lads memiliki Honda PCX Lokal terutama di batch awal? Apakah mengalami gejala gredek alias bergetar pada kondisi stop dan go? Jika ya, dari sekian tips cara mengurangi gredek Honda PCX yang sudah dibahas salah satunya dari KBY, mungkin bisa dicoba kembali tips yang ini, soalnya murah! Cuma modal 10 ribuan maka gredek Honda PCX bisa berkurang bahkan menghilang loh! Mau tau caranya? Simak lebih lanjut yes…

Honda PCX 150 lokal cukup banyak dikeluhkan oleh pemiliknya akan gejala gredek yang menyertainya. Gejala tersebut biasanya timbul pada kondisi awal terutama di kondisi stop dan go seperti pada di kemacetan misalnya. Jadi saat gas dibuka dan motor siap berjalan, getaran itu hadir, begitu sudah di atas 30km/jam gejala tersebut menghilang tak berbekas.

Bahkan kasus tersebut sempat membuat muncul adanya petisi Recal Honda PCX 150 dan ditandatangi lebih dari 3 ribu orang (baca: Honda PCX 150 kena petisi recal). Di luar itu, sudah cukup banyak upaya yang dilakukan oleh pengguna Honda PCX agar gredek tersebut tidak muncul dimotornya. Salah satunya ya KBY hehe, betul, PCX CBU Vietnam juga mengalaminya kok.

Berikut Link Modifikasi Honda PCX Untuk Menghilangkan Gredek

USAHA MENGHILANGKAN GREDEK HONDA PCX

Ada yang dari yang sekadar membersihkan kampas kopling CVT yang kemudian gredek hilang dan kembali muncul hingga komplain ke bengkel resmi dan diganti bagian satu set puli belakang CVT-nya. Tapi kalau hanya membersihkan dan mengganti set puli CVT hilangnya hanya sesaat, seminggu dua minggu sudah nongol lagi.

HILANGKAN GREDEK HONDA PCX MODAL 10 RIBUAN

Kalau lads merasa tips dari KBY pada link di atas masih termasuk mahal, nah cara yang dilakukan berikut ini bisa dianggap cara yang murah meriah yang ada untuk menghilangkan Gredek Honda PCX. Wewww murah banget tapi efektif gak? Coba simak dulu yes.

Damien CikaLem di grup Honda PCX 150 2018 berbagi pengalamannya. Katanya ganti karet dumper kopling gandanya pake yang ada boss besinya dijamin gredek yang ada akan hilang. Komponen yang dimaksud biasa disebut karet dumper kopling yang berfungsi awalnya menjaga entakan kampas kopling ketika membuka dan menutup. Sebagai tanda karet ini rusak, ada bunyi seperti besi beradu ketika akselarasi atau deselarasi tapi ini biasanya sangat jarang terjadi.

karet damper kopling CVT

GANTI KARET DUMPER KOPLING

Penggantian karet dumper seperti ini pernah dilakukan oleh Rama Rachmawan dari JTF Junior. Ketika itu pada Honda Vario 125 atau 150, sepertinya sama dengan PCX 150 karena mesin Vario dan PCX basic-nya sama. Ketika karet ini rusak, bentuk karet tidak bulat sepenuhnya dan karet mengeras. Hanya, untuk kasus gredek ini gak perlu nunggu rusak, dari baru juga sudah boleh mencobanya.

Yang jadi masalahnya adalah, karet ini sulit ditemui di pasaran. “Jangan khawatir, bisa kok pakai karet dumper Honda Grand,” ucap Rama, panggilan akrabnya, dikutip dari motorplus-online.com. Saat dilakukan pengukuran dengan sigmat, diameter karet kopling bawaan motor sama dengan milik Grand, yakni 10,56 mm.

diukur sama persis

“Untuk diameter dalam pun sama, jadi bisa langsung plek,” tambah mekanik yang membuka bengkel di Komplek LKBN Antara, Tambun, Bekasi, Jawa Barat tersebut.

CARA MENGGANTI KARET DUMPER KOPLING CVT

Cara untuk menggantinya, bongkar keseluruhan CVT dan buka mur kampas kopling. Posisi dari karet tersebut berada di dalam kampas kopling dan berjumlah tiga buah. Dengan posisi pemasangannya, karet kopling Grand yang terdapat tulisannya/ kode menghadap atau ada di posisi atas. Part berkode 22804-GB4-000 ini dijual dengan harga Rp 10 ribuan untuk tiga pcs.

Selain biaya yang keluarkan murah, banyak yang merasa getaran yang ditimbulkan ketika motor mulai berjalan sedikit berkurang. “Banyak yang ganti karet dumper Grand ini, konsumen merasa getaran atau gredek berkurang. Mungkin hal ini karena adanya ring besi di karet dumper tersebut,” sebut Rama.

Salah satu pemilik PCX yang sudah mengganti karet dumper kopling CVT ini adalah sobat blogger mas Didik nh. Seperti penuturannya pada KBY beberapa waktu lalu, gejala gredek memang jauh berkurang bahkan bisa dibilang menghilang, ungkapnya. Saat bercerita dia sudah melakukan penggantian selama kurang lebih 2 bulan dan tidak mengalami gredek lagi.

Oia hasilnya bisa lebih maksimal dan optimal apabila saat dibongkar juga dilakukan pembersihan pada bagian part lainnya, ya sekalian bongkar sekalian bersihin semua. Jangan lupa, berikan juga grease atau gemuk di bagian pin guide agar tidak kering dan menjaga part tersebut dari gesekan yang berlebih.

Gimana? Murah banget kan cara mengurangi gredek Honda PCX ini? Cuma modal 10 ribuan doang! Ada yang mau nyoba? KBY sih belum sempet ya, tapi gredek di si Sniego gak parah sih, biasa aja jadi ya didiemin hehe.

sumber & foto: Otomania.com

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

43 KOMENTAR

  1. Ganti mangkok yg bolong bolong punya vartech 125/150 harga 200rb an malah ada harga yg di bawahnya,yg bikin gredek gredek debunya ngga keluar makanya di bolong bolongin

  2. sebenernya gejala gredek ini muncul di motor apa aja sih?
    soalnya ane cobain beat pop ce ane sampe sekarang lom pernah ada gredek² (km masi belasan ribu).
    trus ganti karet ini pun tetep debunya ga bisa keluar kan? bingung penyebab aslinya apa

    • Terparah, Vespa, yg 125 pun begitu, kebetulan waktu punya Primavera gak sempet kejadian soalnya keburu ganti kopling pantekan.. cuma suka liat aja di jalan pas stop n go geternya parah. tapi katanya Vario 125 juga gitu (gak pernah nyoba lama)..

      Vario 150, PCX CBU/lokal, Kymco RK, Like, KXCT.. Makin didiemin (cvt kotor) ya makin parah gredeknya..

      Kok Yamaha gada? Yamaha bagus, di awal bisa dibilang gredeknya minim, getaran normal aja, cuma getarannya konsisten sampe atas (udah jalan juga masih terasa geternya). Yang Laen gredek/geter cuma di stop n go aja.

      Kesimpulan sementara gw, kejadian gredek ini cuma di cc 125 ke 200cc beat ga, skupi gak, DT gak, X-Max , Forza gak, Xciting 400 gak

  3. Kalau di Aerox155 punyaku juga ada gejala gredek pas diawal/putaran bawah..di Aerox155 punya kang Kobay apa mengalami hal yg sama? Aerox gue kesehariannya buat ngojek online, rata2 jarak tempuh per hari 150 s/d 200an km. Pemakaian April’19 – sekarang.

  4. Kalo ganti mangkok yg bolong bolong 99% di jamin ngga balik lagi gredek gredeknya,lihat YT buktikan sendiri

  5. Lahh address aja pake karet dumper beat. Bikn krna gredek di address, tpi krna dumper suzuki assy sma kampas ganda nya 😆😆.

  6. AHM aja diem bae dan tidak mau bertanggung jawab sama spt kasus vario 125 gen awal yang tarikan gembos..
    Intinya kalo beli motor honda jangan yang gen awal, biasanya jadi ajang uji coba AHM.

    Salam Anti gredek gredek club wkwkwk

  7. Kang Kobay,
    1. Sependapat karo Kang Doel, wong solusi murah meriah, mbok yao pabrikan sing ndandani.
    2. Ojo lali artikel ekspor AHM yang melejit Kang.
    Makasih, hehehe

  8. Coba ganti pengapiannya mang pake busi ngk platinum cpr ea gp, cuma 30 rb, kalau masih gredek tambah 9power 2 biji di kabel busi. Spacyku langsung hilang gredeknya pake ini, udah 25rb km jalan no gredek

  9. Ane nggak paham kang koba dhn vario 125 gredek. Kebetulan ada vario 125 di rumah. No gredek, bahkan ketika jalunya ane lepas. Sama aja rasanya dgn vario 110.

  10. Mmm nganu.. akhirnya saya merasakan getar2 cintanya pcx setelah kurang lebih 6bln berkendara.. ya gitu deh, mau oprek sana sini biar gak gredek kok ya masih mager.. lagian geter2 dikit anggap aja fitur vibrator lah

  11. Mio J 2012 gen awal juga gitu… Dulu diperbaiki di bengkel resmi, montirnya bilang banyak kasus mio j seperti itu, dan desainnya beda sm mio smile….

    • Selama punya skutik Yamaha, Mio awal, Mio Soul, Namex Ampe Vario, ga pernah ngalamin gejala gredek dengan definisi kaya di PCX ya.. cuma itu loh getarannya.. paling parah di Mio soul .. sampe bikin kesemutan kaki Ama tangan wkwkw

  12. vario 110 old ane gredek juga, scoopy 2018 ane juga, kalau nmax ada gredek nya dikit tp punya temen sih, udh gitu suara cvt ny ngorook euy

  13. Dah pernah coba di vario 150,gredeknya muncul lg,dr mulai ganti kampasnya pake nmax,per sentri vario 125 gak hilang2 gredeknya, akhirnya jual ganti nmax

  14. masih sama aja ,ya namanya juga jadi bahan percobaan hon hon , pastilah motor nya ada aja masalah ,
    nyesel beli nya ..
    maap ya om bukan bermaksud menjelekan junjungan mu , realitanya bgtu

Yuk Tinggalin Jejak Lads..