Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Di IIMS beberapa waktu lalu, KBY mampir ke booth produsen asal Taiwan yaitu Kymco. Di booth mereka saat itu sedang menggeber promo skutik yang punya model ala skutik Italia namun dengan sentuhan lebih modern dan futuristis, Kymco Like 150i namanya. Salah satu sentuhan modern serta canggih adalah dengan adanya aplikasi Navigasi Noodoe yang tersemat di speedometer Like 150. Yuk kepoin lebih lanjut punya kelebihan apa sih si Like 150 ini.

Sistem aplikasi navigasi Noodoe buatan Kymco ini bukan yang pertama, adalah Kymco AK550 yang memiliki pertama kali di jajaran skutik Kymco lads, so Kymco Like 150 ini menjadi model kedua yang memiliki sistem Noodoe. Apaan sih sebenarnya Noodoe itu?

Sooo sebelum KBY membahas secara visual dan first impression akan Kymco Like 150i, kita kenali dulu tentang sistem Noodoe yuks..

MENGENAL APLIKASI NAVIGASI NOODOE

Noodoe merupakan sistem Navigasi modern yang sederhana dan mudah dimengerti, memudahkan pengendara untuk melihat navigasi dengan hanya melihat ke layar navigasi noodoe yang menyatu dengan layar informasi pada speedometer. Dengan mengutamakan keselamatan pengendara, Navigasi noodoe di rancang untuk memungkinkan pengendara untuk fokus di jalan dan tidak menggenggam smartphone saat berkendara.

Navigasi noodoe akan memberitahu Anda berapa meter sampai belokan berikutnya dan jumlah persimpangan di sisi jalan Anda sebelum belokan berikutnya. Jadi intinya Noodoe ini merupakan GPS terintegrasi dengan layar speedometer pada Kymco Like 150 lads. Selain GPS, layarnya juga bisa berubah ubah disesuaikan dengan keinginan pemilik, bisa foto yang tersayang maupun display speedometer.

Navigasi Noodoe bisa digunakan dan diubah setelah kita mengunduh dan meng-instal aplikasi Noodoe yang terdapat di playstore, apple store juga kayaknya sih.

KYMCO LIKE 150i

Melihat langsung skutik ini ternyata punya karakter yang menarik, memang desainnya ada kemiripan dengan skutik asal Italia, tapi soal desain yang mirip, bukan Kymco saja kok yang pernah membuat skutik dengan desain klasik seperti ini.

Desainnya bagus, enak dilihat dan ternyata tak hanya bermodal desain klasik, tapi juga diberikan sentuhan modern serta kecanggihan berkat diterapkannya sistem navigasi noodoe pada Like 150. Jelas fitur fitur yang ada membuatnya berbeda dengan “original version” asal Italia dan juga dengan desain skutik yang mirip lainnya.

Memiliki kualitas plastik yang menawan dengan finishing yang oke. Pemilihan warnanya juga menarik ditambah kombinasi warna antara jok dengan bodi yang membuat Like 150 mampu memukau calon konsumen.

FITUR KYMCO LIKE 150

Selesai membahas desain klasik yang tak perlu KBY kupas tuntas karena foto sudah menjelaskan lebih gamblang, kita beralih saja ke fitur yang dimiliki oleh Kymco Like 150. Fitur yang menjadi andalan dan membuat Like beberapa langkah lebih maju dari skutik sekelasnya.

  • Sistem Navigasi Noodoe, sudah KBY jelaskan di atas
  • Lampu lampu FULL LED
  • Speedometer full digital dengan tombol pengoperasian di kanan setang
  • Laci depan anti maling, meski tidak terlalu besar tapi muat dompet dan handphone. Terkunci secara otomatis saat posisi setang terkunci
  • Hook/ Cantelan belanjaan di depan jok
  • Passing beam
  • Bagasi yang lega muat 1 helm open face
  • Port charger model USB di bagasi
  • Pengisian BBM di depan
  • Shock breaker ganda di depan dan belakang
  • Shock belakang dengan pre-load 3 tahap
  • Rem Cakram depan belakang
  • Rem ABS dua channel dari BOSCH

Yang menarik menurut KBY pribadi adalah, Kymco menggandeng Bosch, produsen asal Jerman untuk menerapkan sistem ABS dua channel pada Kymco Like 150i. ABS Bosch tipe 9.1M ini diklaim paling ringan di kelasnya, hanya 0.7kg saja.

HARGA KYMCO LIKE 150i

Nah selain fitur, yang menarik dari Kymco Like 150i ini adalah harganya lads! Kymco biasanya memiliki harga jual yang cukup tinggi di kelasnya karena statusnya yang CKD ataupun CBU, tapi untuk Like ini harganya cukup menarik, tidak sampai 30juta padahal fiturnya bejibun plus rem ABS 2 channel dari Bosch!

Seharusnya dengan harga tersebut, Kymco Indonesia setidaknya mampu menjaring konsumen baru yang lebih banyak lagi, asal jangan lupa, after sales nya diperbanyak juga ya hehe.

Semoga KBY habis lebaran kedapetan nih Kymco Like buat direview, penasaran euyyy..

SPESIFIKASI KYMCO LIKE 150

Bicara performa, untuk sebuah mesin 150cc memang Kymco Like 150i tidak lah istimewa, hanya 13.5PS/8.500 dengan torsi 10.2Nm/6.500 dengan berat bersih 129kg, jadi yang terlemah sih memang di kelas 150, tapi skutik model ginian kan memang tidak berorientasi ke performa yak hehe.

Berikut spesifikasi lengkap Kymco Like 150

DIMENSI
Panjang x Lebar x Tinggi1935 x 690 x 1145 mm
Jarak Sumbu Roda1315 mm
Jarak ke tanah120 mm
Tinggi / Panjang Jok mm
Berat bersih129 kg
KELISTRIKAN
PengapianECU
Baterai12V 6AH
BAHAN BAKAR
Jenis bahan bakarBensin, oktan #92
Kapasitas tangki bahan bakar6,8 liter
MESIN
Tipe mesin4 Stroke, 4 Valve, SOHC, FI
Kapasitas (cc)149,8 cc
SilinderSilinder tunggal
Sistem pendinginBerpendingan udara
Perbandingan kompresi10,9 : 1
Maks. Tenaga Mesin9,9 kW / 8500 rpm
Maks. Torsi Mesin10,2 Nm / 6500 rpm
Diameter x Langkahφ59 x 54,8  mm
Kapasitas oli mesin0,8 liter
Kapasitas oli transmisi / Tipe0,12 liter / #90
Sistem StartElektrik
TransmisiCVT Otomatis
RANGKA
Ban DepanTubeless 110/70-12
Ban BelakangTubeless 130/70-12
Material velgAluminium Alloy
Rem DepanCakram @220mm [ABS]
Rem BelakangCakram @200mm [ABS]
Suspensi depanTelescopic Fork
Suspensi belakangDouble Swing
WARNA
Pearly White  [ NH193PA ]
Mat Silver Crystal  [ NH263FA ]
Bright Red  [ CR613PA ]
Deep Blue  [ PB183FA ]
Plain Grey  [ CN506SA ]

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

    • Email me: kobayogasblog@gmail.com
    • Facebook : @kobayogas
    • Twitter : @kobayogasblog
    • Instagram: Kobayogasblog
    • YouTube channel: Yogas Kobayogas
    • Path: Yogas Kobayogas.com

18 KOMENTAR

  1. Nah, masalah utama motor di indo itu emang poldur sama jalan rusak

    Kalo polisi beneran. Cukup sipitkan mata .Pake plat dan stnk yg katanya palsu aja dianggap gagah gagahan

  2. kang, klo ntar dapet unit buat test ride, tolong dicek 2 ini: mentok poldur gak secara gc cuma 120 mm dan klo malem ujan, lampu nya cukup terang nggak. nuhun kang.

  3. Motor bagus cuma sayang ada beberapa kelemahan menurut saya (berdasarkan unit yang dicoba dab dilihat waktu IIMS) :

    1. Unit yang dijual dengan harga segitu itu VIN 2018 (coba cek di brosur price list) artinya kalau unit VIN 2019 kemungkinan harga bakal lebih mahal dan aneh aja beli motor baru pertengahan 2019 tapi dapetnya VIN 2018….:-(
    2. Versi yang masuk ke Indonesia colokan usb-nya pindah dari console depan ke underseat (coba bandingin sama video review dari luar yang ada di youtube) gak tau apa alasannya? Apakah karena faktor safety atau yang lain, tapi buat saya mengurangi fungsionalitas karena jadi repot kalau mau cek koneksi hape ke display Noodoe-nya mesti buka-tutup jok dulu…
    3. Dibawah sinar matahari terik agak susah liat display (hampir semua display motor yang pakai lcd begini sih makanya saya lebih seneng yang analog atau campuran analog -lcd).
    4. Shock mayan keras (dicoba di arena IIMS yang pakai paving block ) mungkin faktor saya terbiasa shock skywave dan pcx tapi pas nyoba kymco downtown shocknya gak sekeras itu (faktor ban yang ring 12 mungkin juga ngaruh) atau setelan defaultnya gitu saya lihat sih di set medium.
    5. Posisi lubang tangki yang di deck meski bagus karena center of gravity rendah tetep ngurangi kepraktisan karena waktu beli bensin di spbu pertamina pasti tetep yg bawa harus turun kalau tinggi badan dan panjang tangannya pas2an.
    6. Motor ini lumayan gede dan panjang apalagi ruang underseat gak kemakan tangki bensin tapi kok cuma muat helm half face sebiji ya, sayang banget sih padahal kalau di rubah sedikit aja malah bisa muat dua helm…
    7. Belum ada rencana dari kymco buat masukin asesoris bracket top box, yang di tawarkan malah asesoris side bar, fly screen dan senderan jok yang IMHO malah kurang dibutuhkan (inget underseat jok cuma muat 1 helm half face…)
    8. Meski secara detail tampilan cukup beda dan value of money lebih tinggi, tetep selama naik dan nyoba gak bisa ngilangin feeling kalau seperti bawa vespa kawe….dan orang2 yang gak ngerti pasti nuduh gitu 😀

    Mudah2an om kobayogas bisa lebih detail nanti ngereview-nya

  4. Udah ada yg compare dgn cara Jalan Jakarta – Bandung via puncak antara PCX, Nmax & Like i
    Hasilnya :
    – Putaran Rendah PCX juara
    – Putaran Tinggi Nmax Juara
    – Like hanya mengandalkan fitur kekinian tapi performa mesin ketinggalan

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.