Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Meski Honda merupakan salah satu pabrikan otomotif pertama yang menciptakan pengaturan katup variable dan menyematkannya pada mesin mobil, namun untuk mesin skutiknya sendiri sejauh ini belum pernah dilakukan. Bukan gak bisa, karena pada dasarnya kalau di mesin lain sudah dan sukses, tinggal urusan mau apa gak menggunakannya di mesin skutik yang notabene lebih kecil. Singkatnya sih, tinggal tunggu waktu! Nah kali ini terciduk kalau Honda sedang siapkan VTEC untuk mesin skutik mereka.. Hmm buat PCX atau Forza ya?

Adalah situs konjintekibikematome menghadirkan patent mesin motor skutik dari Honda yang sudah menggunakan sistem Variable Valve. Wak Haji TMC Blog juga sudah mengulasnya di artikel beliau lads.

Mungkin Honda sudah merasa, inilah saatnya bagi teknologi VTEC yang melegenda disematkan ke dalam mesin yang lebih kecil, yaitu skutik. Pada mesin motor sendiri, Honda sudah melakukannya pada CB400 Super Four dengan kode Hyper VTEC.

VTEC UNTUK REGULASI EMISI?

Sebelumnya, Honda juga tercium menyiapkan mesin VTEC untuk moge CBR-nya (baca: Honda Siapkan Honda CBR Bermesin VTEC!) dimana settingan VTEC tersebut bukan untuk performa maksimal, melainkan untuk mematuhi regulasi emisi yang makin ketat saja di Amerika terutama Eropa yang sudah mencapai Euro V dan akan diterapkan pada tahun 2020 mendatang.

Dengan demikian ada kemungkinan skutik Honda bermesin VTEC ini bukan untuk performa.. Yaahh, kecewa? Mungkin, tapi bukan Honda kalau cuma begitu doang, ada VTEC pasti ada performa. Entah bagaimana hitungannya yang jelas tenaga pasti ada perubahan alias terkerek naik (iyalah masa terkerek turun wkwkwk)

Cara kerja VTEC bisa dilihat pada gambar GIF di bawah ini, perhatikan garis paling bawah, saat low engine speed garisnya sampai mana, dan kemudian perhatikan saat high engine speed, dimana “daging” warna oren terkunci membuat gerakan ketiga daging (profil cam) menjadi lebih turun sehingga lebih banyak udara yang masuk.

PCX ATAU FORZA

Pertanyaan berikutnya, akan digunakan dimana mesin VTEC tersebut? Apakah pada Honda PCX atau Honda Forza? Yang membuat indikasi ke arah sana adalah gambar paten yang menggunakan sebuah skutik, artinya memang implementasinya sangat besar untuk skutik lads.

Jika Honda berencana mengancam NMax yang sudah lebih dulu hadir dengan VVA, maka PCX lah kemungkinan yang akan lebih dulu menerapkannya. Tapi bukan tidak mungkin baik PCX maupun Forza langsung bersamaan menggunakannya.

Satu yang pasti, tidak akan terjadi dalam waktu dekat, konon sistem VTEC untuk skutik ini baru akan diadopsi sekitar tahun 2021 kekekeke..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

23 KOMENTAR

  1. yang non vitek aja harganya segini… dikasih vitek mau kasi harga berapa…. tp… yaa namanya honda.. mak mak juga pasti mau beli..

  2. @anto wijoyo, melihat honda laris jualan beat, scoopy, vario dan lain2, yamaha ikutan jualan juga, tapi anehnya ga ada yang kliatan di jalan . . . ya minimal lexi kliatan lah dikit.

  3. Bakal nemplok di forza dan pcx mang, namun gak lama lagi pcx250 siap memberikan gebrakan…😂 akhirnya benar, Sedikit demi sedikit…hembusan itu semakin menyegarkan 😂
    Lariss manisssssss 😂

  4. Sebenarnya kalu pcx 250, itu pasti pangsarny seditki. Jadi kemungkinan besar, PCX dan lawan ngaerox itu Yach koja dan kowa.

    Koja dulu lahir, baru kowa, Koja PCX 250 , kowa ngaerox AHM 150 , model sama, beda cc.

    Mungkin Yach

  5. Honda selalu lebih mahal dari Yamaha, itu di mana mana,ngak di mareh aja. Kalaupun ada yg lebih murah, pengecualian

  6. Betul, H itu lebih mahal dri rival karena H adalah sang penguasa, coba bayangkan sejenak 😂 H kasih harga yg sama dg rival bahkan lebih murah , dah pasti …para rival koit 😂 wong harga lebih mahal saja Laris Manizzz 😂 jadi.. penentuan Harga adalah kesepakatan mereka ( pabrikan2 jepun khususnya ) , agar semua pabrikan bisa icip2 hasil 😂.
    Nah khabarnya ni…fitur vtec ini akan disematkan pada 125cc up.. jadi, yg kebagian kayaknya..vario, pcx125 , pcx150 dan pcx 250 😂
    Untuk 110 cc… Dibiarkan begitu saja, wong dari lahir udah nguacir njengat tiada lawan 😂

  7. H disini bisa panix jika : pasukan sebelah ( 8 jenis 125+ semua 155 ) sudah mulai menggerogoti penjualan sekupih 😂 nah, sekarang kan belum…jadi H masih adem ayem 😂 yang penting semua motor jualannya bisa mencapai target, walaupun nyatanya selalu melebihi target 😂

    • AHM niat banget buat naekin pamor CBR, dan gw sangat suka caranya wkwkwk.. itu motor harganya bisa 80 juta aturan.

      Sayang kesan premiumnya sedikit tercoreng dengan adanya versi murah si Black itu

  8. Yang penting kalau dipetisi jangan dibilang cengeng yg petisi. Produk mahal kok kalah kualitas sama yang murah.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..