Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr.. Sebagai sebuah skutik, skutik terbaru Yamaha, yaitu Yamaha Freego 125 2018 sudah memiliki semua fitur dasar skutik, bahkan lebih loh. Apa yang diinginkan dari fitur fitur pada skutik yang biasanya terdapat pada skutik kelas yang lebih tinggi, ternyata bisa didapatkan di Freego 125. Mau tau apa saja fitur yang terdapat pada skutik 125cc ini? Mangga ditelaah lebih lanjut termasuk spesifikasi teknisnya. Yuukks di geberrr..

Yamaha Freego 125 punya tagline Amazing Matic, tagline Amazing ini disebut dalam tiga kategori oleh Yamaha, seperti Amazing Function, Amazing Sensation dan Amazing Blue Core Engine. Kita bedah deh tiap kategori biar lebih hapal dan kemudian terserah memutuskan untuk tertarik atau tidak, gas nih? Geberr..

baca deh: Namanya Yamaha FreeGo!

  1. Amazing Function
  • Bagasi yang besar: ukuran bagasinya 25 liter, bahkan lebih besar dari NMAX, fitur yang sangat disukai oleh banyak konsumen terutama Ojol karena karena bisa memuat banyak barang bawaan. Pemiliknya dapat menyimpan barang-barang bawaan seperti helm full face, tas, jaket, sepatu hingga bola basket ke dalam bagasi FreeGo yang luas ini.
  • Smart Front Refuel: Pengisian bahan bakar di FreeGo berada di posisi depan tepatnya di kiri bawah setang sehingga pengendara tidak perlu membuka jok. Tangki bensinnya berkapasitas 4.2 liter dengan posisi ada di dek kaki. Tangki dilindungi plat baja dan memiliki jarak terendah ke tanah 135 mm sama seperti NMAX. Untuk ukuran tangki oke lah toh dimensinya gak gede banget meskipun lebih oke lagi kalau sampai 5liter.

Posisi pengisian bensin di depan bukan tanpa kekurangan, lads bisa lihat pada foto, fungsi laci jadi tidak ada sama sekali karena sebelah kanan digunakan sebagai tempat rumah kunci. Sudah resiko sih ya.

baca juga:  Ketemu Yamaha QBix Di Thailand

  • 12 inch Wheel Wide Tubeless Tire
    FreeGo menggunakan velg 12 inch dan ban tubeless tapak lebar sehingga membuat motor lebih stabil saat bermanuver.
  • Long Seat & Spacious Flat Footboard
    Berkendara sendiri atau bersama pasangan tetap nyaman karena long seat dengan ukuran 895 mm. Ruang kaki yang lega pada FreeGo juga semakin menambah kenyamanan saat berkendara.
  • LED Headlight & Hazard Lamp
    Berkendara pada malam hari tidak perlu ragu karena FreeGo menggunakan LED Headlight yang lebih terang untuk berkendara. Pada kondisi darurat pengendara dapat memberikan tanda dengan menyalakan lampu hazard yang ada pada FreeGo. Tuh sudah dikasih tau, PADA KONDISI DARURAT! Andai lampu rem LED juga pasti lebih cihuy.
  • Electric Power Socket
    Bisa sambil mengisi daya smartphone melalui electric power socket. Sayang posisinya sama sekali tidak terlindung, artinya ngecas nya sang HP harus sambil dikantongin.
2. Amazing Sensation
  • Smart Key System (SKS)
    Merupakan sistem kunci tanpa anak kunci (Keyless). Fitur ini menjadikan berkendara semakin praktis dan aman karena Immobilizer dan Answer Back System. Fitur ini hanya tersedia pada Yamaha FreeGo S dan FreeGo S-ABS Version.
  • Full Digital Speedometer
    Speedometer FreeGo tampil modern dengan Full Digital Speedometer yang stylish, modern, dan informatif. Sepeedometer ini dilengkapi dengan ‘Multi Information Display’ (MID) yang berisi informasi seputar sepeda motor.
  • Antilock Brake System (ABS)
    Selain itu, FreeGo juga dilengkapi sistem pengereman canggih Antilock Brake System (ABS) 1 channel. ABS membuat FreeGo tetap dapat dikendalikan saat terjadi pengereman mendadak.
3. Amazing Blue Core Engine
  • Smart Motor Generator (SMG)
    FreeGo menggunakan mesin 125cc Blue Core konsep baru dengan sistem intake baru dan Smart Motor Generator (SMG) yang membuat starter menjadi halus nyaris tanpa suara. Fix Yamaha tidak menyebut adanya VVA, jadi murni bluecore ajah..
  • Forged Piston & DiASil Cylinder
    Seperti khas mesin Yamaha, FreeGo 125 juga menggunakan teknologi Forged Piston & DiASil Cylinder yang 3x lebih awet, 3x lebih kuat, 3x lebih ringan yang dengan garansi 5 tahun.
  • Stop & Start System (SSS)
    FreeGo 125 semakin irit karena mesin akan otomatis mati saat berhenti lebih dari 5 detik sehingga menghemat konsumsi bahan bakar yang tidak perlu dan akan otomatis hidup saat tuas gas diputar. Fitur yang kudu nyari lampu merah biar irit ujar FBY dulu wkwkw..

Harga dan Warna Yamaha FreeGo 125

FreeGo 125 hadir dengan tiga tipe pilihan dan dijual dengan harga Rp. 18.500.000,- OTR Jakarta untuk FreeGo standard, Rp.19.700.000,- OTR Jakarta untuk FreeGo S, dan Rp.22.500.000,- OTR Jakarta untuk FreeGo S ABS.

FreeGo punya beragam pilihan warna yang menarik. Matte Black, Metallic Red, Metallic Blue dan Metallic White untuk FreeGo standar. Untuk FreeGo S dan S-ABS tersedia dalam dua warna pilihan Matte Red dan Matte Grey.

SPESIFIKASI YAMAHA FREEGO 125

SPESIFIKASI

FreeGo

Remarks

DIMENSI (Dimension)

P X L X T (Length x Width x Height)

1905 x 690 x 1100 mm

JARAK SUMBU RODA (Wheelbase)

1275 mm

JARAK TERENDAH KE TANAH (Ground clearance)

135 mm

TINGGI TEMPAT DUDUK (Seat height)

778 mm

BERAT ISI (Curb weight)

100 kg

Untuk FreeGo tipe ABS beratnya 102 kg

KAPASITAS TANGKI BENSIN (Fuel tank capacity)

4,2 Liter

MESIN (Engine)

TIPE MESIN (Engine type)

SOHC

SUSUNAN SILINDER (Cylinder arrangement)

Silinder Tunggal

DIAMETER X LANGKAH (Bore x stroke)

52,4 x 57,9 mm

PERBANDINGAN KOMPRESI (Compression Ratio)

9.5:1

VOLUME SILINDER (Cylinder Volume)

124,96 cc

DAYA MAKSIMUM (Maximum power)

7,0 kW / 8000 rpm

TORSI MAKSIMUM (Maximum torque)

9,5 Nm / 5500 rpm

SISTEM STARTER (Starting system)

Kick & Electric

Untuk FreeGo tipe S & ABS hanya memiliki electric starter

SISTEM PELUMASAN (Lubrication system)

Wet Sump

KAPASITAS OLI MESIN (Engine oil quantity)

Total: 840 cm3
Berkala: 800cm3

SISTEM BAHAN BAKAR (Fuel system)

Injeksi

TIPE KOPLING (Clutch type)

Single Dry Clutch

TIPE TRANSMISI (Transmission type)

Full Automatic

RANGKA (Frame)

TIPE RANGKA (Frame type)

Underbone

SUSPENSI DEPAN (Front suspension)

Telescopic Fork

SUSPENSI BELAKANG (Rear suspension)

Unit Swing

BAN DEPAN (Front wheel)

100/90-12 59J

BAN BELAKANG (Rear wheel)

110/90-12 64L

REM DEPAN (Front brake)

Disc

REM BELAKANG (Rear brake)

Drum

KELISTRIKAN (Electrical)

SISTEM PENGAPIAN (Ignition system)

TCI/Transistor

TIPE BATTERY (Batttery type)

YTZ4V

Untuk FreeGo tipe S = YTZ6V, FreeGo tipe ABS = YTZ7V

TIPE BUSI (Spark plug type)

CR6HSA

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

42 KOMENTAR

    • Ane langsung tertarik beli 1 yg black , bagasi jumbo +.dek lebih lega dari vario , ckckck emang amazing banget nih motor , semoga konsumen lebih mempertimbangkan dual function amazing ini daripada sekedar alis Led yg keren di tebeng ky pertimbangan alay bocah abg (dual maksimum function harusnya yg lebih dipriorutaskan daripada tampilan alis Led belaka)

  1. Nambah 1 lg dah di rumah , aamiin : freego black utk nemenin lexi grey , sama² punya dek paling lebar , bagasi freego jadi penyempurna bagasi lexi yg ngak begitu lega

  2. Akhirnya itu velg berubah juga desainnya, setelah sekian lama. Develop mesin baru 3-4 tahun selese, lha ini 15 tahun gak berubah2, cuma upgrade lebar doang, dari 2003 coooy.

    • ya klo dikomper penjualan gw yakin akan kalah lagi. tapi masalah gitu? motor bagus ya bagus aja mau laku banyak atau dikit. mayoritas orang beli motor blm tentu research dlu mcm om2 enthusiast disini. ttp tidak mengurangi kualitas motor yg bagus wlpn gak banyak yg beli

  3. “bagasi lebih besar dari NMax”
    sepertinya daripada menaikkan image FreeGo, fitur ini justru malah menurunkan imagenya NMax wkwkwk

    bakal ada yg mikir “lho NMax lebih gede dan mahal, tapi kok bagasinya lebih kecil?” (Lexi juga)

  4. untuk Stop & Start System (SSS), ada dua kondisi kayak Lexi ga ya? Kondisi pertama kan yang 5 detik. Kondisi kedua ketika sedang jalan santai under 20kpj, berenti dan selongsong gas bener2 nutup, SSS aktif.

  5. artinya ini soul gt yg ganti baju,

    tanki dipindah ke bawah biar bagasi lebih gede.

    plus tambah fitur yg dulu dibilang fbnya fitur gimmick ngak guna

  6. FreeGo 125 juga menggunakan teknologi Forged Piston & DiASil Cylinder yang 3x lebih awet (dr mocin), 3x lebih kuat (dr kayu), 3x lebih ringan (dr knalpot) yang dengan garansi 5 tahun (jika boleh).
    😂😂😂 santay…

  7. Mesinnya sama persis ya kang dengan blukor lama?
    Ga ada perubahan sama sekali?

    Misalnya klepnya lebih gede? Atau sekarang make rekomendasi oli lebih encer kaya motor ngahaem?

  8. Mang..pake freego kalo ngepom..apakah harus nyari nozle kiri terus? Kalo nozle kanan..ribet gak? Ya sepe tau ribet kalo pake nozle kiri..masak gak jadi ngepom? Tidunggu yak rivewnya halan2 ngepom naik freego.

  9. Target pasar ojol harusnya di permudah kredit dan diskon gede buat ojol. Minimal diskon buat service gratis di perpanjang, terus diskon oli gratis di tambahin. Misalkan setelah 4 kali ganti oli pake yyemeheklube dapet oli gratis .dlll dll

    Btw ini motor kalo tangki bensinya bisa 6,3 literan ojol bakalan suka nih, apa lagi premium langka. Jadi ojol bisa isi fultank premiun pas lagi tersedia (walau 1 minggu pengiriman jatah cuma 1 hari aja

  10. kayaknya akan booming si freego, kadang resopon pasar tidak terduga, ntr di jiplak ahm lagi2 dh kalau laris, ini modelnya everlasting freego desain elegan (membulat) dan sportynya (tajem2) seimbang, jadi pas lah desainnya

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.