Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr.. Diam diam, pabrikan berlogo S asal Hamamatsu Jepang yaitu Suzuki, serius menggarap kelas maxi skutik yang saat ini diisi oleh Honda PCX 150 dan Yamaha NMax 155. Sebenarnya gaung akan berkecimpungnya Suzuki di kelas maxi scoot bukanlah hal yang baru, namun kali ini beritanya bisa dikatakan makin mendekati kenyataan. Disebut sebut Suzuki sedang mencari kapasitas mesin yang tepat untuk sang skutik bongsor nantinya, yaitu antara 125 dan 150cc selain itu desainnya dikatakan makin mendekati sosok Suzuki Burgman 400!

Jika bicara pilihan mesin, saat ini di Indonesia untuk kelas skutik medium hingga maxi menengah ada 125cc yang diisi oleh Vario dan Lexi 125, sementara 150cc bentuk umum ada Vario dan Aerox, barulah bentuk maxi diisi oleh Honda PCX dan Yamaha Nmax. Manakah yang disasar oleh Suzuki? Jika masuk ke kelas Lexi maka jelas mesinnya akan menggunakan 125cc sedangkan kelas PCX dan NMax ya akan menggunakan mesin 150cc. Jika desain benar seperti yang disebutkan yaitu menggunakan basis Burgman 400 maka jelas 150cc pilihannya meskipun bukan berarti menutup kemungkinan mesin 125cc yang digunakan.

baca juga: First Impression Suzuki Burgman 400

DESAIN WAJIB KEREN!

Suzuki sudah punya modal kuat dari sisi desain kalau acuannya adalah Suzuki Nex II yang fenomenal, tinggal diterusin saja tren dan treknya yang sudah di jalur yang benar tersebut. Jadi kalau benar desainnya ala Suzuki Burgman 400 maka 80% calon konsumen – gak sih bahkan lebih, akan dapat menerima kehadiran sang maxi skutik terbaru dari Suzuki tersebut.

jangan kaya gini yak hehe

Terlebih lagi jika ingin berkecimpung di kelas PCX dan NMax, desain adalah hal yang sensitif, KBY dan beberapa rekan blogger lainnya saat ke Jepang bulan April 2018 lalu sudah menyodorkan desain yang cocok untuk calon skutik Suzuki nantinya, salah satunya adalah Suzuki Burgman 400 yang KBY lihat sendiri di sirkuit Sepang tahun 2017 lampau. Emang keren punya!

WAJIB NYAMAN PLUS FITUR KUDU MUMPUNI

Skutik diciptakan untuk kenyamanan, selain kepraktisannya yang luar biasa. Yoi, disaat kita cuma asik ngegas dan rem, maka motor kita wajib nyaman juga, percuma kalau bikin pantat pegal atau kaki dan tangan kesemutan toh? Nyaman disini bisa dari bentuk dan busa jok, ergonomi serta ayunan suspensi. Fitur jangan diabaikan, ingat, di kelas ini fitur menjadi acuan calon konsumen loh, lampu LED sudah jelas wajib hadir, keyless, smart key, speedometer lengkap juga harus hadir.

PERFORMA HARUS MENGGELIAT

Meskipun trah skutik itu kenyamanan yang utama, namun bukan berarti performa mesin maupun handling jadi diabaikan, performa punya tugas tidak kecil, percuma desain cakep dan fitur bejibun tapi larinya lemot hehe. Yah meskipun tidak harus menjadi yang terkencang – karena balik lagi yang penting skutik itu nyaman, tapi setidaknya spesifikasi baik PCX 150 maupun NMax 155 bisa menjadi acuan.

Terakhir bicara harga, yah ini juga tidak kurang sensitifnya sih hehe, mungkin masih ingat nasib Suzuki Burgman UH200 yang gak sukses karena statusnya yang CBU sehingga punya harga yang jauh dari kata bersahabat. Konon skutik Suzuki ini paling cepat bakal hadir di awal awal tahun 2019 lads.. Euh ga sabar pengen liat bentuknya! Semoga beneran mirip Burgman 400 dah!

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

49 KOMENTAR

  1. Masalah desain dan harga masih sensitif dimarih … mesin superior tapi tampang katrok ya alamat jadi penunggu gudang

    Pun juga jangan kepedeean ngasih banderol …

    coba Mang dikulik penjualan Suzy Bandit 150 dalam 2 bulan ini, moncer booming ato moncrottt tepar tak berdaya

  2. bagus sih desainnya. tapi ntar klo beli, gw repot klo mau servis.. servisnya jauh gara2 bengkel resminya dah pada tutup semua di daerah saya..
    mending beli hohon atau yama yg bengkel resminya bejibun

    • blm menikmati sudah mikir service, blm juga beli dan mikir dijual, persis pemikiran jaman prasejarah.
      itulah bedanya jaman dulu orang kreatif bisa oprek mesin padahal jebolan SMEA, beda sekarang, jebolan teknik tp buka baut saja kebalik.

      • Pembeli raja bung. 😧
        Betul kata beliau. Beli malah susah mo service.
        Gak beda jauh beli pulsar.

      • terlalu naif membandingkan suzuki dan pulsar, kata kata pembeli adalah raja itu absurd, bagi saya pembeli adalah raja bisa diartikan seberapa kualitas produk yg dibeli, bengkel tersebar tp produk sering masalah ya sama aja bodong.

      • @Hary, berapa banyak konsumen motor yg mau sedikit repot ngerawat motornya? Terutama segmen entry-medium level.
        Pabrikan sdh tahu hal ini berikut konsekuensinya.
        Jadi wajar saja kalo konsumen membandingkan soal after sales service antar pabrikan.

        Dg volume mass production unit baru saat ini, pabrikan secara tdk langsung juga mendorong konsumen selalu ganti unit dg yg baru dlm rentang sekian tahun. Efeknya ke harga unit bekas, sah-sah aja konsumen jadi pertimbangkan poin ini sblm beli motor

      • gw punya honda kirana keluaran 2003 sampai sekarang ga pernah rusak. punya honda vario 2012 sampai sekarang juga ga pernah rusak. ya jelas aja gw lebih pilih honda atau yamaha. dah bengkel resmi bejibun, ga gampang rusak pula.. suzuki motor? dealer2nya pada tutup semua.. sekarang bengkel resmi terdekatnya aja 20km dari tempat gw tinggal. ya males cong.. nyinyir aja lo..

    • Yg beli merk Suzuki dah pada tahu sebelum beli, klo service nya itu jauh boss

      So kenapa tetap beli motor Suzuki ???

      Karena kualitas nya gak bohong bosss
      Motor nya awet,,,,,jarang rusak, cukup rutin ganti oli sama rutin servis ringan saza

      So klo ada yg pilih suzuki kenafa ente sales pada sewot,,,,,herman ane

  3. kalo menurut ane ya mang… misal nyemplung di kelas 125cc desain ala burgman street india itu gak terlalu masalah sih… cuma ya jangan terlalu buntet aja kaya burgman india dan ukuran ban nya harus direvisi (tau sendiri kan ukuran burgman street 125 india berapa??) hehe…
    kalo nyemplung di maxi 150cc untuk fitur ya setuju sama mang kobay dengan adanya keyless… dan mesin juga harus bertenaga…sama kalo bisa windshield bawaan yang rada tinggi gitu biar lebih keliatan maxi hehe

    • Betullll.. sepakat!!
      Burgman India jg g terlalu jelek, malah lebih jelek Lexy yg terlihat kedodoran Krn di paksain kelihatan gede!! Cmn ganti ban ukuran standard di Indonesia, yakin bisa adu bonyok2an ma Lexy klu di jual dimari

    • Btull setuju.. masih bagus juga. Tuk lampu LED nya bisa ditambahin aksen didalemnya misal beda warna seperti Nmax juga keliatannya bisa

  4. Saya kok merasa ini sekedar buaian sebelum mang kobay tidur ya …
    Mungkin ada nti skutik maxi dr sijuki ….mungkin
    Tapi ………lamaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa
    Hahahaha ……peace!!!

  5. Taek kelamaan jing, isu-isu aja dikeluarin kemampuan produksi nol besar (noob) yang masih ngefans merk s (sakit jiwa)

  6. Kereeeenn ban belakangnya 😂 Mencerminkan pemikiran yang out of the box dan karakter suicidal tendencies

  7. suzuki kebanyakan php… males nunggu nya, klo mau keluar yah keluarin aja lah, jangan kelamaan… udah bosen kena php suzuki

      • ASAL LOE TAHU LEXI ITU MAXI SERIES
        KENAPA TULIS BUKAN MAXI
        BC TERUS KERJA NYA, TAKUT VARIO 125 GG LAKU YA
        WKWKWKWKWKWK

  8. Awal 2019 harusnya keluar barengan (nmax my19, burgman 150, pcx ganti warna 2019) jadi calon konsumen gak galav milihnya

  9. Harapan nya mudah2an:
    Desain 400 dibuat mini 150.
    Spido sama sprti 400.
    Keyles dan nonkeyles.
    Sein bohlam mobil (PY21W)

    Yg lain menyesuaikan aja.

  10. Bagus tuh kalo basis disainnya dari burgman 400, kalo dari 200 agak aneh bentuknya. Masalah fitur samain aja sama tetangga.
    Yg 125 mungkin “skywave” reborn dengan bagasi segede address dan dek rata?

  11. Tampang nya harus /WAJIB model yang di India yang ban nya kecil kalau mau laku di marih kalau kaya 400mah wasalam dah. TAPI ban nya di setandarkan macan Aeroxxx ya jangan make Donat ngeri di semutin .

  12. Kalo disebut kelamaan nunggu juga kita pernah nungguin Forza keluar lama banget setaun lebih itu juga nunggu gebrakan Yamaha.

    Kalau suzuki jadi ngeluarin maxi yaa risetnya mesti hati-hati. Jangan ngeluarin warna yg tabrakan. Bikin sayembara desain Striping it’s ok 👌👌. Daripada nanti release aga kurang cocok semisal Bandit 150

  13. desain aja sih pak. suzi blm konsisten. kualitas udah ga usah diragukan. nyari bengkel servis? mau ngapain ? paling yg rutin cmn ganti oli doang. kaga rusak2.

  14. Pasti nu kaluar burgman india… Geus pasti eta mah… Nyieun bandit ge kolaborasi bahan2 nu geus aya…

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.