Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Tak hanya berkesempatan melakukan review dari sosok motor 150cc yang sedang menjadi fenomenal di Indonesia yaitu Yamaha MT-15 2019, tapi KBY juga berkesempatan melakukan sesi test ride motor sport 150cc dan 300cc yang sebenarnya juga dinanti nantikan oleh para pecinta otomotif roda dua di Indonesia, yaitu Honda CB150R Exmotion serta Honda CB300R Neo Cafe Racer! Tak disia-siakan, dalam waktu yang singkat karena menjelang kembali ke Hotel, KBY menggunakan trek dan waktu yang ada untuk melakukan sesi Test Ride Honda CB150R Exmotion dan CB300R Neo Cafe Racer!

Di booth Honda di arena Sirkuit Chang International ada area untuk sesi test ride lads, sebenarnya Yamaha juga ada tapi pas ditengok lah semua motornya udah dites kabeh, R25, MT-25 dan R15 VVA, ga menarik dah. Sementara di booth Honda ada 2 motor yang menarik perhatian dan sangat sangat bikin penasaran buat ngetes, yaitu Honda CB150R Exmotion dan Honda CB300R Neo Cafe Racer! Alasannya jelas, keduanya tidak atau belum ada di Indonesia!

Ada yang sama antara arena test ride Honda di Thailand dengan di Jakarta (Indonesia), yaitu sama sama sempit dan kecil yang cuma bisa mendapatkan impresi berkendara singkat dan mendapatkan sisi ergonomi saja. Apa boleh buat, tai kambing bulat bulat, diminum jadi obat, disimpan jadi jimat hahaha.. Setidaknya perdana dan satu satunya dari Jakarta Duren Sawit lads wkwkw..

TEST RIDE HONDA CB300R NEO CAFE RACER

Sempat ragu, mana dulu yang mau di tes, Honda CB150R Exmotion atau CB300R NEo Cafe Racer? Yang jelas dua duanya warna merah! Hehe. Ah karena waktu kian sempit menjelang kembali ke hotel, akhirnya CB300R dulu deh yang KBY tumpaki, bagaimana impresinya?

Dari sisi ergonomi, ketinggian tempat duduknya kurang lebih setinggi Yamaha MT-15 2018 sih, yang ini gak bikin KBY jinjit balet. Setelan setangnya juga pas, agak maju sedikit begitu juga dengan foot step agak mundur. Posisi ini mengingatkan KBY akan test ride Suzuki Bandit 150 kemarin. Oke lah, masih nyaman meski butuh pembuktian jarak jauh.

PERFORMA MESIN HONDA CB300R NEO CAFE RACER, MIRIP SUZUKI BANDIT 150!

Dengan trek seadanya sebenarnya tidak akan mampu mengail performa maksimal dari CB300R tersebut, mau gimana lagi hehe. Tapi setidaknya ergonomi sudah dapat dan yang penting juga akselerasi serta handling saat melewati kun kun yang ada dapat merefleksikan kemampuan bermanuver dari si Neo Cafe Racer 300cc 1 silinder ini.

Torsinya jengat, sampe bikin nyundul nyundul di kitiran bawah, lagi lagi jadi inget si Bandit 150 kemaren, mirip loh karakter tenaganya, beneran, juga sama kaya Duke 250 yang lama. Untuk sektor ini tentu nanti pemiliknya butuh adaptasi, kalau ga lumayan ngeselin juga kalau ketemu macet macetan hehe. Bicara handling, cukup mudah, seperti kebanyakan motor sport telanjang seperti MT-25 atau Z250FI, tapi ini lebih mirip ke MT-25 sih.

Pengereman oke punya, oia shocknya ternyata cukup lembut meski joknya so-so sih, gak terlalu empuk juga. Koplingnya empuk, perpindahan transmisi smooth, putaran gasnya enteng. Tapi fitur speedometer biasa aja kayak motor modern saat ini, trip A, B, konsumsi BBM, jam digital, gear position, RPM dan lain lain.

TEST RIDE HONDA CB150R EXMOTION!

Giliran motor fenomenal yang kehadirannya sangat diidamkan di Indonesia, Honda CB150R Exmotion! Bicara ergonomi hampir mirip dengan yang seri 300, jinjitnya juga mirip. Kalau dibandingkan dengan Yamaha MT-15 memang masih jinjit si MT. Nanti kita bahas deh perbandingannya ya. Giliran dipakai jalan, gimana nih feelingnya?

Jika ditanya dengan Honda CB150R Streetfire gimana kang? Feeling yang KBY rasakan dari sisi ergonomi sih masih lebih mantap CB150 dengan kearifan lokal, maksudnya si CB lokal lebih terasa in bike meskipun hanya sedikit. Si CB150R Exmotion ini lebih terasa seperti CB150R old version, mmm.. ya lebih kesitu.

Saatnya kita geber.. Wah ternyata terasa lebih halus dan smooth daripada CB300! Ya jelas sih ya, yang pertama karena kubikasi mesin hanya setengahnya, so kalau di kemacetan jelas lebih terasa nyaman ini. Yang unik shock-nya CB Exmotion terasa lebih keras daripada yang 300cc, begitu juga dengan shocknya. Dari sisi kelincahan karena trek-nya terbatas yaaa terasa lincah lincah aja kaya motor di kelas 150cc lainnya.

KESIMPULAN

Bicara desain, tak ada yang menampik dari CB150R Exmotion maupun CB300 Neo Cafe Racer kalau punya daya tarik maksimal. Desainnya modern sekaligus timeless dan berkelas. Tidak ada yang spesial kalau melihat dari sisi fitur speedometer ya, standar motor modern saat ini sih, tapi lampu sudah Full LED, shock depan upside down warna emas, swing arm banana dengan built quality dan material yang spesial.

Sayangnya sang supervisor di booth test ride payah banget bahasa Inggrisnya, padahal KBY pengen tau soal penjualan CB150R Exmotion di Thailand yang katanya agak seret gegara harganya ketinggian yaitu sekitar 43juta. Masuk akal juga kalau AHM menunda nunda masuknya ke Indonesia, mau dijual berapa? 47juta? Susaaahh.. Jadi mending nunggu lampu ijo dari Jepang buat dibikin dengan kearifan lokal toh? Tonton aja dulu videonyaaa..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

44 KOMENTAR

  1. emang dah om ini bagus bgt fan servicenya!
    Ampe keliatan uratnya!
    Eh maksudnya kabel gas…

  2. Sy bingung, klo mang kobay ngasih foto2 pemanis apa masuk kategori amal krn menghibur pembaca atau menambah pundi2 doza ? Nikmati saja org dikasih, isnt it ?

  3. espegeh Thai memanglah lebih berani dari espegeh kearifan lokal soal urat, tapi ke asliannya itu membahayakan jiwa dan raga… jadi espegeh kearifan lokal tetap dihati

  4. Kayanya bakal ada lokalnya nih, flagshipnya cb150 mngkin? Dijual dua2nya

    Knpa abis baca artikel ini sya jadi haus yah? 🤔😂

  5. Untuk naked 150cc di negeri sono bukannya harganya emang segituan Mang? 40jtan. Di kelas yang sama, MT-15 yang baru rilis kemarin harganya 45jt. M-Slaz (pendahulu MT15) harganya 41jt. (Cmiiw)
    Jadi kalo dibilang kemahalan, si MT juga gak kalah mahal.

  6. Itu spg yg sendirian kayanya torsinya lebih padet n berisi ya mang,jadi pengin test ride 😅😅

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.