kaliper rem alias kepala babi Honda CBR150R terpasang di NMax

Bikin Awet Kanvas Rem Dan Cakram Yamaha NMax

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Bagi pemilik Yamaha NMax baik ABS maupun non ABS apalagi jika tergabung di grup Yamaha NMax pada facebook, selalu ada saja pertanyaan mengapa kanvas rem NMax saya cepat habis dalam sekian bulan? Atau mengapa cakram rem saya bergelombang dan terkikis? Nah pada artikel ini KBY dapat info dari salah satu bengkel spesialis skutik, yaitu Bengkel Lentera Motor di Penggilingan Jakarta Timur, ada cara bikin awet kanvas rem dan cakram Yamaha NMax nih lads, emang bisa? yuk geber dulu biar tahu..

Keluhan di atas yaitu cepat habisnya kanvas rem Yamaha NMax dan disc brake alias cakramnya terkikis memang tidak setiap pemilik NMax mengalami, buktinya selama 3 tahun memiliki si Frozen NMax, KBY tak pernah mengalaminya hehe.. Tapi ada tapinya nih, si Frozen kilometernya masih rendah alias jarang dipake hehe. Nah yang sering mengalami keluhan tersebut di atas kebanyakan mereka yang jarak tempuhnya tinggi, sebut saja ojek online atau biker yang demen turing..

Bikin Awet Kanvas Rem Dan Cakram Yamaha NMax 1
Nmax milik Dora Lentera Motor

Karena sering digunakan harian dengan jarak tempuh tinggi atau saban akhir minggu turing, pastinya yang namanya dipake ya pasti akan habis, hanya saja menurut penurutan yang ada, habisnya gak wajar, kanvas rem seharusnya bisa tahan setahun, paling tidak 8-9 bulan, sedangkan kasusnya 4-5 bulan sudah minta ganti, belum piringan cakramnya yang ikutan terkikis dengan cepat. Lantas apa solusinya?

GANTI KEPALA BABI NMAX PAKAI NISSIN HONDA CBR150R

Menurut penuturan Mang Dora dan Bedul dari Bengkel Lentera Penggilingan Jakarta Timur ada cara yang sudah dilakukan langsung pada Yamaha NMax milik mang Dora sendiri. Cara bikin awet kanvas rem dan cakram NMax tersebut adalah dengan mengganti kepala babi (kaliper set) dengan milik Honda CBR150R! Wah serius kang? Ya setidaknya itu klaim dari Lentera lads..

Bikin Awet Kanvas Rem Dan Cakram Yamaha NMax 2
kaliper rem alias kepala babi Honda CBR150R dan kanvas KPP terpasang di NMax

Terus KBY percaya aja? Tentu gak lah wkwkwk.. Tapi setelah ngetes sendiri Yamaha NMax milik Mang Dora, barulah percaya.. Ubahan kepala babi alias kaliper rem milik NMax diganti dengan milik CBR150R ternyata memang ada efek alias pengaruhnya. Klaim mang Dora adalah respon dan feeling yang lebih baik, rem lebih pakem dan konsisten ternyata benar adanya. Hanya saja yang KBY rasakan tidaklah terlalu signifikan, dalam arti tidak terlalu dahsyat, tapi dibilang ada pengaruhnya ya ada.

Mang Dora pun menambahkan, yang jelas kalau dari sisi keawetan kanvas dan disc brake nya sih sudah terbukti.. ujarnya. Sudah setahun yaitu bulan Juli 2017 ketemu bulan Juli 2018 hasil ubahan kaliper rem pada NMax nya dan belum pernah mengganti kanvas rem sekalipun apalagi piringan rem! Nah lohhh..

Bikin Awet Kanvas Rem Dan Cakram Yamaha NMax 3
ini yang belakang

Tentunya mengganti kaliper set NMax dengan milik CBR150R tersebut sekaligus dengan kanvas Honda buatan KPP, dijamin oleh Mang Dora lebih pakem dan awet! Apakah pemasangannya PnP alias Plug n Play mang? Ada yang diubah sedikit yaitu menggeser dudukan dengan memasang bracket buatan Lentera. Apakah aman? Mang Dora bilang, NMax saya udah kemana mana om, turing dan terakhir dibawa mudik ke Tasikmalaya, ujar mekanik yang ternyata satu daerah dengan KBY ini hehe.. Artinya? Aman!

BIAYA GANTI KEPALA BABI NMAX DENGAN HONDA CBR150R

Nah sekarang biayanya.. Mang Dora melanjutkan biayanya ada dua, kalau pakai kepala babi imitasi bisa lebih murah, sekitar 500 sudah sama pasang dan bracket, tapi beliau merekomendasikan yang orisinil aja, yaitu Nissin untuk CBR150R, bisa sih pakai yang CB150R juga, sama aja, beda di warna, nah yang ini biayanya 900 sampai beres ujarnya lagi. Harga tersebut sepaket depan belakang lads.

Nah bagi lads pemilik Yamaha NMax baik ABS atau Non ABS dan merasa mengalami hal di atas, boleh dicoba sih trik dari Lentera Motor ini, atau dipersilakan mengganti dengan merek aftermarket jika penasaran mencoba, seperti Elig atau TDR. Untuk kanvas rem TDR sih KBY sudah pasang di Frozen NMax dulu dan emang terbukti lebih pakem, kalau awet? Entahlah, kan NMax KBY gantian pakenya jadi walau udah setahun lebih ya gak abis abis hehe..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

78 KOMENTAR

  1. Repot manh, kalo mau gak ganti kanpas rem nmax ya jangan naik nmax

    Pake tambahan pnp sih aye berani. Tapi kalo udah pake braklet brakletan jadi ngeri, soalnya standarisasi braklet kan gak ada. Di dia aman, eh nanti di tempat lain gak aman

      • kalau ngerem mendadak gak mungkin pake rem belakang, pasti sliding. kecuali distribusi bobot motornya mendukung, tapi jarang sih.

      • Rem utama ya rem depan. Resiko punya motor ya lu rawat motor salah satunya rem

        Bayangkan kalo rem bermasalah? Biayanya lebih gede dari sekedar harga kampas rem dan piringanya

        Lagian gimana gak boros, pake namex serasa pake xmex, ngebut seenak jidat, rem seenak udel, terus serinh dipake buat turing, lah otomatis boros remnya .Terus ngeluh rem boros

        Penyakit lama penguna tigong yg pindah ke pigsong, terus sekarang lari ke nmex .motor komuter di buat berasa untuk turing tiap minggu

        Semakin sering motor dipake ya perawatanya semakin sering.

        Kalo gak mau rawat sering ya jangan jadiin motor ini sebagai motor harian .Ganti miong apa mbit

  2. Punya r15 dari 2014 kampas remnya malah sekitar tiap 6 bulanan udah minta ganti terus wkwk.

    Padahal pake punya mx (atau mx king) lupa, harga 75k diklaim yamaha lbh tahan lama.

    Normal atau gak ya kang? Cuma emang faktor kebiasaan ngaruh kali ya. Saya kebanyakan hard braking soalnya

    • Sebenernya tinggal tergantung gaya berkendara, kebiasaan, dan jarak tempuh. Mengentikan atau memperlambat laju kendaraan pada kecepatan tinggi, tentunya gesekkan antara kampas rem dengan disc brake lebih besar daripada laju kendaraan pada kecepatan rendah atau sedang. Kebiasaan jari/kaki yang menempel pada tuas/pedal rem yang bahkan malah bikin kampas rem menekan disc brake juga bisa jadi pemicu. Semakin lengkap bila perjalanan PP per harinya cukup jauh…beeuuhhh….ngga kebayang deh kesiksanya itu piranti pengereman.

      Jadi normal atau ngga? Coba cek kembali 3 poin utama yang ane katakan di atas.

    • mungkin ada kesalahan desain kekerasan material kampas remnya yang lebih keras dari cakramnya, jadi bukan kampasnya yang habis duluan malah mengikis cakram. tapi kalau berdasarkan opini pengguna nmax kampasnya juga cepet habis ya? aneh juga

      blogger baiknya menginfokan hal ini ke YIMM, soalnya pasti lebih didenger hehe

  3. mendingan ganti kanvas rem aftermarket aja..
    misal klo mau awet bisa pake bendix general ct, ane da bandingin di revo ya hasilnya sedikit lebih pakem (tidak terlalu signifikan), piringan aman (tingkat abrasif rendah seperti kanvas bawaan ahm). atau kalau mau pake ya pakai punya TDR, kan yang punya warung da pernah buktikan performanya..

    kanvas rem r25 juga abrasif (gila cakram belakang da kemakan 1mm-an, kanvas masih tebel nyaris seperti baru), trus ga pakem klo da panas (cepet fading ya istilahnya?). padahal ane dulu pernah pake kaliper set jupi-mx di motor lama, trus kanvas rem selalu YGP yang 75k itu.. ga ada bunyi tikus kejepit, tapi tiap 3-4bulan dah abis tuh kanvas rem…gpp asal cakram awet, kekekek

  4. Apa pengarung karena, Kaliper NMAX Single Piston ya? jadikan kalo single piston permukaan kanvas rem gak seluas yang dual piston jadi cepet habis …

    • Ngga juga bro, ane pengguna single piston untuk pengereman depan selama hampir 10 tahun dan kampas maupun disc brake terkikis secara normal. Malahan tergolong normal banget, padahal gaya berkendara ane sebagian besar suka gas pol rem pol. PP sehari bisa 80km ke atas dengan jalanan serta kondisi lalu lintas yang mendukung bisa gas pol rem pol. Jadi menurut ane ada faktor lain yang mempengaruhi dan menurut ane sih antara kebiasaan jelek yang tanpa sadar neken tuas/pedal rem, kualitas kampas rem dan piringan cakramnya buruk, atau yang cepat habis itu karena pemakaian kampas rem kw. Ngga sedikit orang yang percaya aja begitu dibilang part ini asli padahal mah kw, dan dipakailah itu part kw. Hasilnya? kampas rem cepat habis dan yang disalahkan kualitas part dari pabrikan.
      uugghhhh….kalo keinget sama pedagang2 yang bilang “ini part ori” atau “ini part asli” padahal jelas2 itu part kw dan masang harga yang sama dengan part asli, bikin ane kesel banget…huuuffttt.

  5. Loh katanya material ymh bagus bagus, kualitas ekspor? Kok malah pake produk ahm yg ngak lolos ekspor?

    • Itu mah FBY kw.
      Nggak bisa diajak hidup sukses.
      Mngkin untuk part rem itu, FBY kna tipu sales FBH, tidak untuk rangka n cat body, shock mleyot.
      Itu mutlak mleyot, bukan visuslisasi.
      Ngah ngah 😂
      Zlubb

    • karena rem Yamaha terlalu pakem, makanya gampang ngegerus piringan cakram. klo Honda kan rem nya senen kemis makanya dipake biar gak terlalu makan piringan cakram.

  6. Maap” nih, dari dulu ampe sekarang gak ngerti sama perangkat rem nmax. Itu buletan item yg ada rongga nya apa ya ? Fungsi nya buat apa ? Kirain itu perangkat ABS tapi ternyata di nmax yg non juga ada.

  7. Kampas rem yamaha memang mengikis piringan kang. Solusiny ganti kampas elig atau daytona lebih awet kang.

  8. pake punya Suzuki lebih murah jatuhnya… tau sendiri kan sparepart Honda itu mahal-mahal. restorasi Grand aja bisa 35jt an.

    #SparepartHondaMurahCumaAdaDiCongorNgepbeha

  9. Bukannya emang kampas dan disk motor2 honda itu awet karna emang keras yak kampasnya wkwkwk, atau krn karakter kalipernya.. mau ngerem “effortnya” sedikit lebih keras dari pada motor Y.. (pengalaman di supra dan sonic bandingin sm mx & vixion)

  10. Perasaan selama pelihara CBR150R yg saya rasakan rem nya itu kurang mantap deh, gak jauh beda kaya PCX lokal yg kaliper nya sampe berjejer 3 piston tetap aja gak semantap bawaannya nmax yg cuma 1 piston 😂

    • Wkkw.. Kalau cbr pekgow ga bs komen, ga punya soalnya.. Kalau Nmax emang feeling mantap, empuk n responsif, Cuma fadingnya cepet, dibawa macet macet an atau habis digeber trus sering hard braking, lama lama gak bisa sekali dua Tarik Tuas remnya, makin jauh juga Titik remnya..

  11. Motor ane honda supraX, & kawasaki pakai kanpas Szuki tunder 😂 lbh enak bro klw asli krr bisa 150rb bokek jg tapi harga ngk bohong pakem awet

  12. Berati kualitas kampas, kaliper dan cakram yamaha jelek dong mang? Tapi ya aneh juga ya, motor berat lebih dr 120kg cuma di kasih 1 caliper aja…di samain ma mio yg beratnya cuma 92kg. Aneh yamaha.. kalo di honda beat kasih 1 capiper kalo berat lebih dr 120kg kasih 3 caliper + combi brake di pcx 150

  13. Awet brapa ribu kilometer tu kampasnya? NVL saya di kilometer 20rb baru minta ganti kampas depan. Yang belakang malah belom ganti. Cakram juga masih tebel. Jarak tempuh udah mau 31rb

  14. bener banget, punya temen tiap servis 6000 km mesti bareng sekalian ganti kampas rem/ disk pad depan belakang, kalau ane sih prefer pakai aftermarket yang lebih murah macam federal, harga cuma 1/3 nya harga ori ygp
    oh iya mang tu kepala babi honda kode part disk pad kpp sama dengan nmp, verza, cb150, cbr 150 alias podo wae cuma beda kelir

  15. NVL ku ganti 3x mang kampas rem depan selama 3th ini wkwk 🤣🤣🤣😂. iya gmn ya … patennya Yamaha mungkin bisa .. dari dulu kan Yamaha terkenal akan pakem remnya. satu piston doang aja udah pakem kek gitu apalagi 3 piston …

    ya tapi balik kemasing2 individu sih soal pemakaian rem depan. kalau saya mah keseringan hard breaking tetapi diselingin sama Soft breaking alias main pencet hidupin lampu belakang doang wkwk 😂😂😂. sama diselingin pake rem belakang ya walaupun ga sepakem.rem depannya sih tapi feeling enak 3th baru ganti sekali aje gile itu YGP semua wkwk .

  16. Kampas rem + Cakram cepat aus / abis…itu dah HAK Paten nya All produk Yamamah, gak bias diganggu gugat….

  17. Kalau saya kampas rem depan kw tapi minyak remnya ganti merek ate dot4. Lumayan tambah pakem dibanding prestone dot4.

  18. Kok aneh, rem yamaha tuh pakem bgt. Malah diganti honda.
    Solusinya tinggal ganti kampas after market.
    Disc nya sendiri ganti merk sunstar. Karena orinya yamaha itu merk sunstar.murah

      • Kalo ane sih mending make after market. Misalnya discnya kemakan, cari oemnya merk sunstar. Murah,kualitas sama aja.
        Emang semenjak pad nya make yg non asbes,,pad orinya jadi boros bgt. Ane juga ngerasain gitu.
        Tapi kalo sampe ganti kaliper,,sayang lah sama performa remnya yamaha

  19. Sekedar sharing aja om kobay……
    ane pake nmax dari jan 2017. sehari2 ane kerja PP rata2 +/- 67km. udah 1,5 th ane ganti kampas rem belakang 1x, kampas rem depan 2x. Menurut ane segitu normal2 aja.
    Yg ane rasain kampas bawaan (asli) emang udah pakem tapi spt yg om2 diatas bilang kalo panas (bawa kenceng n hard braking) suka fadding dan cakram agak terkikis. Kemudian ane coba2 kampas aftermarket, pertama ane pake “elig” 22nya (depan blkg) ane ganti walaupun yang belakang blm habis, feeling lebih bagus dari kampas asli, lebih pakem dan halus pengeremannya. Cakram yang mulai terkikis (ga rata) perlahan permukaannya rata dan halus. Kemudian kampas rem depan habis ane coba lagi pake bendix (blkg masih tebal, jadi skr depan pake bendix, blkg masih elig), menurut ane bendix ini lebih mantap lagi pengeremannya, sedikit diatas elig….

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.