bahaya micro sleep
bahaya micro sleep – ilustrasi

Kobayogas.com – Hola lads para pembaca setia Kobayogas, salam geberrr… Apakah lads termasuk pemudik di Lebaran tahun 2018 ini? Mudik sambil bawa kendaraan? Nyetir atau riding? Jika ya hati hati ya terhadap bahaya Micro Sleep! Micro Sleep dituding sebagai salah satu penyebab kecelakaan yang terjadi di jalan raya lads.. bisa terjadi pada motor ataupun mobil. Mengapa micro sleep dianggap berbahaya? Nah biar tahu seperti apa sih si penyebab kecelakaan yang ternyata tak hanya di jalan raya, melainkan juga di pekerjaan, laut bahkan antariksa ini, yuk geber dulu lads..

Apakah lads pernah merasa sangat sangat mengantuk ketika sedang mengendarai kendaraan dan kemudian tanpa tersadar mata sudah terpejam dan bangun terkaget kaget karena kepala tersentak akibat tertidur sekian detik kemudian? Nah itu adalah gejala dari microsleep lads.. Menurut ilmu pengetahuan, micro sleep adalah episode singkat dari tidur yang bisa berlangsung dari 1 detik hingga 30 detik dan umumnya terjadi tanpa adanya peringatan.. Bayangkan lagi nyetir katakanlah pada kecepatan 60km/jam saja kemudian mata terpejam tanpa sadar ada kendaraan lain di depan.. hiiiii… amit amit!!

bahaya micro sleep

Seringkali kita mendengar cerita orang kecelakaan yang tidak sadar kenapa kecelakaannya dapat terjadi, kemungkinan besar adalah ya gara gara si microsleep tadi lads.. namanya tertidur ya biasanya gak ingat apa apa.. tau tau mata merem.. Ya jangankan lagi kerja atau berkendara, lagi dengerin khotbah Jumat aja mata merem, ketiduran! Ayo ngaku hehe..

FAKTA MICRO SLEEP PENYEBAB KECELAKAAN

Dan tahu kah lads bahwasanya micro sleep ternyata merupakan penyebab kecelakaan atau bencana besar yang pernah terjadi di dunia? Seperti tumpahan minya dari kapal Exxon Valdez, meledaknya reaktor nuklir Chernobyl dan bahkan meledaknya pesawat antariksa Challenger! Gila ya..

bahaya micro sleep 2
pict ilustrasi

PENYEBAB MICRO SLEEP

KBY juga pernah dengar sendiri kawan kantor celaka patah tulang lengan kanan gegara tertidur saat naik motor hingga nabrak trotoar.. Nah kan micro sleep emang bahaya lads! Apakah sih penyebab hadirnya microsleep tersebut? Ya karena badan sebenarnya sudah capek, letih dan lelah, butuh istirahat (tidur).. Alarm badan sudah berbunyi minta diistirahatkan tapi kadang kita gak peduli, sok kuat.. Akhirnya? Tau tau mata merem!

Bahkan saat kita mengantuk, sebenarnya beberapa bagian di otak kita sudah tertidur alias beristirahat lads.. Itulah yang disebut dengan tidur lokal sehingga menyebabkan terjadinya efek kurang tidur yang dapat memicu terjadinya micro sleep.

TIPS CARA MENCEGAH MICRO SLEEP

Ini dalam hal mudik lebaran ya lads, yang jelas sebelum berkendara, badan kudu fit, artinya gak kurang tidur, gak kurang istirahat, perut juga jangan kekenyangan.. Bagaimana kalau ngantuknya hadir di tengah perjalanan? Saran KBY cuma 1, jangan sok kuat! Karena menurut penelitian sebenarnya tubuh manusia itu hanya bisa bekerja optimal terus menerus selama 4 jam (dalam hal ini berkendara), sisanya kelelahan akan mendera tanpa sang pemilik tubuh biasanya menyadarinya.

Akan lebih baik kalau bergantian, jika ada rekan yang bisa mengemudi di kendaraan, jika tidak lebih baik menepi, istirahat kurleb 20 menit hingga 1 jam lah.. Hindari juga mengkonsumsi minuman berenergi atau kopi, karena sifatnya hanya menunda letih atau ngantuk, bukan menghilangkan.. Ngilangin ngantuk ya tidur lads…

Semoga kita semua selalu diberikan perlindungan selama perjalanan oleh Allah SWT ya, amin..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

18 KOMENTAR

  1. Menjelang berakhirnya bulan suci Ramadhan dan datangnya Bulan Syawal 1439 H.

    Perkenankanlah kami pembaca blog KobaYogas menyampaikan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1439 H

    Taqabbalallahu minna wa minkum Taqabbal Ya Karim
    Barakallahu Fiikum
    Happy Eid Mubarak

    Mohon maaf lahir & bathin

  2. Itu “ngalenyap” namanya mang, tp klo udh gtu pas melek langsung seger ya mirip2 klo lg jumatan heheh

  3. Jadi inget waktu itu dari bandung abis maghrib lewat toll jalannya ngeloyor nahan ngantuk tingkat dewa. Akhirnya tidur ayam setengah jam di rest area km 97.

  4. Ane pernah tuh mang
    Lg reding dari sukabumi arah jakarta tepatnya d kebon raya Bogor, tiba tiba oleng, ane langsung minggir nyari halte dan langsung tidur
    Lucu nya , sebelum tidur halte masih sepi eh sekitar 1 jam tidur pas bangun udah rame orang,
    Bener bener gak pikir panjang
    Gak peduli motor dll diambil orang dari pada nyawa melayang karena micro sleep

  5. Kalau sy lebih sering singgah spbu cuci muka dan basahi rambut. Memang sih palingan 1 atau 1,5 jam kemudian ngantuk lg. Pernah coba tarug fresh care dibawah mata samping hidung dan di kelopak mata tp tetap ngantuk. Cara lain bagi sy yg juga efektif ya suruh orang kasi kaget sy. Tp kalau yg dimobil atau motor mengantuk atau tidak memperhatikan ya susah juga. Dan paling efektif seperti di artikel, kalau segala cara sdh dilakukan dan tetap ngantuk ya menepi dan tidur. Oh ia 1 lg hampir lupa. Kalau setir mobil sendiri atau sama orang yg ngerti ‘kegilaan ‘ sy, sy putar musik volume keras tp juga ikut nyanyi DENGAN SEMANGAT juga. Kalau nyanyi biasa tetap ngantuk. Kalau hanya volume super duper keras tp gak ikut nyanyi ya tetal ngantuk.

  6. Pokoknya kalo nyupir.kerasa udah kaya kosong gt tatapanya segera nepi. Merem 15-20 menit .Biasanya seger lagi

      • Bicara hipnotis. Kayanya fby jago ngehipnotis petinggi yamaha .jas jes jos beli kagak tapi petingginya mangut mangut

  7. Saye mudik kejambi. Dari Medan..
    Medan berangkat subuh.. Sampai sore di pekanbaru.. Dah nginep di Riau .
    Abis subuh jalan.. Sampai dah malam di tanah leluhur Jambi..

    Saya selalu hindari.. Jalan malam.. 1 mobil gk mendukung kalah terang lampu sama truk san Bus bus, mobil owe kecil ke salip mobil gede agak minder ckckck, 1 gk kuat mata kalo jln Malam (kayak bebayang)…

    Tips pas istirahat Curcol ama supir ALS.. Mereka selalu bawak Teh Tong/Tawar (bukan teh manis).. Ini bukan utk di minum.. Tapi untuk cuci muka.. Kalo mata uda perih (berat) krn terlalu lama fokus.. Cuci muka pakai air Teh tu.. Aromah Teh itu kayak kenak terapi.. Silakan di coba..

  8. Ane pernah ngalamain hal ini mang, di jalan pondok gede.. Krn masih maksain jalan, tau2nya motor nabrab bagian belakang motor yg di depan ane…dah… Braaaackkkk…. Rubuh.. Bener2 sepersekian detik tp efeknya bisa membahayakan diri sendiri & orang lain..

  9. Pernah ngalamin, kalo gua ngalamin pas pulang kerja malem-malem untungnya gua jatoh ke sebelah kiri jalan pas ada kebon tebu, pas sadar beberapa bagian tubuh pada lecet dan pohon tebu orang yg remuk ketiban badan dan motor, gua bersyukur banget karna jalan yg gua lewatin sering banget dilewati truk pasir

  10. paling sering kalau begadang trus dengerin khutbah yang lamaan, baru tau kalau namanya microsleep.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.