Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr.. Sebagai sebuah skutik dengan mesin modern yang sudah menggunakan sistem injeksi, salah satu tuntutan selain akomodasi dan kenyamanan adalah keiritan alias kehematan dalam mengkonsumsi bahan bakar (BBM). Nah setelah digunakan berhari hari dan mencapai jarak ideal untuk dilakukan perhitungan konsumsi bbm, berapa sih konsumsi bbm yang mampu diraih oleh Suzuki Address Playful 2017? Masuk kategori hemat atau boros atau biasa saja? Cekidot..

Koridor pengetesan yang dilakukan dalam melakukan tes konsumsi bbm Suzuki Address Playful buatan tahun 2017 ini adalah rute harian Duren Sawit ke Pancoran via Jatinegara – Tebet dan sebaliknya, jalur lumayan macet dah buat yang tau. Skutik ini juga digunakan nyonya atau bibi di rumah untuk ke pasar dan kadang dipakai si sulung untuk les. Di kemacetan atau lampu merah, tanpa adanya idling stop system atau start stop system, KBY kudu pasrah mesin tetap hidup. Bisa sih dimatiin tapi nanti dianggap curang hehe. Selain itu KBY pernah menggunakannya dua kali berboncengan bersama nyonya dan si kecil ke mini mart terdekat.

Metode pengetesan konsumsi BBM Suzuki Address Playful oranye ini adalah full to full, alias bbm diisi full hingga leher tangki. Karena odometernya masih konvensional alias belum digital dan belum tersedia tripmeter maka KBY mengabadikan dulu odometer saat digunakan. Pada foto terlihat angka 1.630,2 kilometer, kemudian KBY gunakan terakhir di angka 1.725,9. Tambahkan sekitar 8km karena saat dipegang KBY skutik tersebut sudah wara wiri dipakai orang rumah jadi 1.733,9km.

Nah setelah mencapai jarak lebih dari 100km, jarak ideal untuk dilakukan perhitungan KBY pun mengisi sampai penuh leher tangki kembali, di dapat 2.63 liter, dengan demikian konsumsi bahan bakar Address Playful ini adalah 1.733,9km – 1.630,2km = 103.7km/2.63 liter = 39.4km. Artinya untuk 1 liter bensin (pertalite) bisa menjangkau jarak 39.4km.

Ternyata angkanya tidak terlalu wow ya? 1:39.4 bisa dikatakan biasa saja alias normal untuk sebuah skutik. Banyak sih penyebabnya menurut KBY, pertama adalah banyak tangan, ada nyonya, ada si sulung dan si bibi yang ikutan make. Kita gak tau masing masing rider cara bawanya gimana. Ditambah KBY pernah boncengan bertiga dua kali dengan bobot total kurang lebih 155kg, juga pernah geber pol karena ingin tau performanya hehe.

Catatan lain apabila hanya satu tangan dan diisi ron lebih tinggi misal 92, perkiraan KBY bisa didapatkan konsumsi bbm Addres seharga Rp. 15.4 juta OTR Jakarta ini sekitar 1:42-45. Bagaimana menurut lads? Tunggu ya review lengkapnya tentang Suzuki Address Playful 2017 ini.. Stay tune

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

52 KOMENTAR

  1. masih wajar dapat angka segitu..soalnya pemakaian beberapa hari,ada sesi pemanasan mesin setiap hari sebelum dipakai juga khan…klo ditestnya cuma diisi 1 liter trs langsung dipakai muter2x sampai habis pasti irit juga…masukan aja mang kobay klo bisa kedepannya test konsumsi bbm pakai 2 cara, cara yang mang kobay pakai saat ini,ama cara 1 liter dapat berapa km dipakai jalan sampai habis,sampai mesinnya mati …jadi kita bisa tau berapa perbedaannya…thanks…

  2. Walah malah mirip gsx 150 wkwkw
    Kira2 kalo dari vario karbu ganti ke address jauh gak beda posisi ridingnya? Ngiler sama bagasinya hehe

  3. mayanlah, msh mendekati 40. palagi matic kan gampang bgt dipake boros.

  4. Berdasarkan man teman yang pake address buat ojol,50an km / liter bang kobay,termasuk lumayan buat narik cari duit.

  5. Gak beda jauh sama Shogun FL 125 saya mang, 1:35. Kalo yang FD 110 bisa lebih boros 1:30 an, overbore (karbu) rata2 lebih boros dari overstroke.

  6. knalpot palsu di mareh dah adem, giliran di mbah dukun sama di wak haji rame,

    kurang baik apa coba wak haji, fb minta dibuatkan artikel, dibuatkan,

    • yang bikin rame justru counter dari ahm..simple aja sih komen ane.berdasarkan pengalaman ente, penglihatan ente, dan naluri ente sebagai biker. itu yoshimura asli bukan? orang awam pun tahu jawabannya.

  7. loh kata om roy iritnya memelbihi beat kok.

    suzuki itu males belia karena fitur pelit, kagak ada SSS,

    itu sangat penting buat ibu ibu dan bapak yg dah mulai

  8. Address saia beli bensin 1 liter bisa 56 km om. Tu saia hitung sampai di starter ga nyala ampe beberapa x ru isi bensin sampai ga nyala lagi. Saia driver ojol om. Dari alam sutera depo bangunanan ke pasar kemis sangiang (PP). Untung da rekan ojol yg bantu nyetut sampai pom alam sutera yg sebrang sinarmas (indahkiat).

  9. Lah mang.. ada tulisan ‘skutik jepang’ utk vario/aerox. Tapi di address yg skutik jepang beneran malah gak dicatut

  10. dari baru sampe 30 ribu kilometer. address eug juga segituan. seliter sejauh 40-44 km. jalur ngantor kampung kandang, ampera kemang, senayan. sekali nge gas cuma maju 1-2meter. boncengan (75kg + 45kg).

    ini address, setingan gasnya (iddle/langsam) masih manual kayak karburator.

    • open eyes bro..udah banyak berubah kok..jaringan beres berkembang..
      lagian kebandelan mesin suzie lebih dari cukup buat ga sering2 kudu dibengkelin

      • berkembanganya blm seperti dulu om.

        teteap aja namanya konsumen pengen ada rasa kenyamana dari 3S

    • @bdt

      Rasa kenyamanan? Soal sparepart cepet kok bro, ane mesen spakbor gsx besoknya dateng lewat sgp, loh ini mesen vario 125 2012 bohlam sama spakbornya lama bisa 1 minggu lewat, dealer suzuki Bekasi nyaman2 semua om, tempatnya bersih, saya diksh air aqua botol malah servis gsx disana , ditawarin rokok jg, cma ane gk ngerokok, klo ahass mah boro2 heheh

    • Bdt

      Soal kenyamanan ane ttp suzuki om, pengalaman ane antara merk H n S banyak, apalagi klo mw servis, bulan lalu gsx di Bekasi diksh aqua botol 600ml n rokok( cma saya gk ngerokok), di ahass mw servis dua motor boro2 kek gitu 😂, n soal ready part, suzuki lbh cepet sayangnya drpd ahass 😛, ane mesen spakbor belakang n depan gsx di sgp 2 hari kemudian ready, di ahass nyari bohlam depan motor buat suprax helm in n spakbor depan, boro2 2 hari, seminggu mlah, vario 125 2012 pun jg gitu, partnya di ahass susah bgt nyarinya, menurut ane soal ahm sbg jaringan 3S nya yg Bagus n servicenya, sorry to say gk ngaruh lg doktrin gitu ke saya 😂😂

  11. Waah, ternyata gak wow. Malah di bawah ekspektasi saya. Jadi mikir lagi mau nembak unit secondnya. Dipake kerja mau cari yang super irit. Kira2 apa ya?

  12. Nex itu mesinnya sama gak dengan Address om? Kok track record nex cukup bagus jadi motor paling irit sedang ini address kok cuma segini.

  13. Klo bicara irit,,,,ujungnya ngeden pas tanjakan,,,,,boncengan pasti ngempos,

    Jadi penggunaan motor disesuaikan,,,,klo sering solo riding,,,yaaa minta setting irit sama mekaniknya

    Klo sering boncengan atau buat nyari duit macam ojek online,,,yaa settingannya macam yg dipake kang kobay

    Ribet amat,,,Amat aja gak ribet

  14. Bdt

    Soal kenyamanan ane ttp suzuki om, pengalaman ane antara merk H n S banyak, apalagi klo mw servis, bulan lalu gsx di Bekasi diksh aqua botol 600ml n rokok( cma saya gk ngerokok), di ahass mw servis dua motor boro2 kek gitu 😂, n soal ready part, suzuki lbh cepet sayangnya drpd ahass 😛, ane mesen spakbor belakang n depan gsx di sgp 2 hari kemudian ready, di ahass nyari bohlam depan motor buat suprax helm in n spakbor depan, boro2 2 hari, seminggu mlah, vario 125 2012 pun jg gitu, partnya di ahass susah bgt nyarinya, menurut ane soal ahm sbg jaringan 3S nya yg Bagus n servicenya, sorry to say gk ngaruh lg doktrin gitu ke saya 😂😂

  15. gara-gara artikel address yg kemarin, saya jadi ambil satu, yg warna cokelat polos ala Eropa, buat Nyonyah. 5km pertama, menyenangkan. Jok empuk, shockbreaker lembut, tarikan smooth, bagasi muat kyt RC7. Sayangnya blom ada surat²an, jadi ngeden di garasi lagi deh.

    udah gitu, pas beli dapet potongan harga 800rb 🙂

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.