proses dan cara bayar pajak STNK yang sudah telat

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr… Kadang karena kesibukan baik kerja, bisnis maupun kuliah kita sering lupa membayar pajak STNK kendaraan kita, baru ngeh setelah melihat jatuh tempo pada STNK, wah telat deehh.. Karena niat baik akhirnya kita beritikad untuk tetap melakukan perpanjangan STNK yang telat tadi, tapi caranya gimana ya? Nah ini adalah cara mengurus perpanjangan STNK yang telat bayar lads, proses ini bebas calo alias tanpa calo! Bagaimana proses bayar pajak STNK yang sudah telat? Mangga disimak dulu ya..

Kalau telat bayar STNK pasti kena denda kan kang? Iya lah itu mah sudah resiko, makanya manfaatkan momen “pemutihan STNK” lads yaitu pengurusan perpanjangan STNK alias bayar pajak STNK yang telat tanpa dikenakan denda! Nah pemutihan ini berlangsung sejak 1 hingga 23 Desember 2017 saza lads.. Jadi catat tuh biar pas bayar pajak perpanjangan STNK gak kena denda keterlambatan. Sekali lagi catat juga proses pengurusannya di bawah ini..

baca juga: Perpanjang STNK Lewat Drive Thru Cepet Banget!

Pertama tama tentu persiapkan dokumen dokumen kelengkapan untuk mengurus STNK yang telat bayar, dalam hal ini sih dokumennya sama saja dengan memperpanjang STNK secara reguler. Apa saja dokumen yang kudu disiapkan untuk memperpanjang STNK baik telat maupun tidak? Nih daftarnya di bawah :

  • Foto kopi STNK
  • STNK Asli
  • KTP Asli
  • Foto kopi KTP
  • Foto Kopi BPKB
  • Duit (lebihin jangan pas pasan)

Untuk duit atau uang bawa lebihan ya jangan pas pasan, tar ribet disananya. Cek dulu berapa besaran pajak pada STNK yaitu di bagian lembar STNK yang berwarna coklat di bagian paling kanan. Uang lebih selain untuk denda – kalau ngurus STNK nya diluar jadwal pemutihan –  juga untuk biaya Jasa Raharja dan pajak progresif. Untuk pajak progresif pastikan dulu kendaraan lads kena progresif gak? Cara mengeceknya gimana?

  1. baca link ini – cara melihat kode pajak progresif di STNK. Kadang posisinya di pojok kanan atas, kadang di pojok kiri pada lembar STNK warna coklat. Baca juga: trik biar gak kena pajak progresif.
  2. Datangi loket pengecekan pajak progresif di Samsat terdekat, gratis gak dipungut biaya.

 

Kalau semua sudah siap, silakan kunjungi Samsat, karena telat kan? Afaik gak bisa diproses di Samsat Keliling lads karena kudu ada yang diurus ke beberapa loket yang tak ada pada Samsat Keliling. Sekedar catatan: Proses perpanjangan STNK Telat ini dilakukan di Samsat Jakarta Timur – Kebon Nanas. Jadi posisi loket dan lantai gedung bisa berbeda tiap Samsat, okeh?

Di Samsat Jakarta Timur, lads naik ke Lantai 3, cari loket proses penerbitan SKP (Surat Ketetapan Pajak dan Fiskal. Siapkan dokumen stnk asli, stnk foto kopi, Ktp foto kopi, bpkb foto kopi. Setelah diserahkan semua ke petugas tinggal tunggu panggilan.

Setelah dipanggil lads akan diminta urus pajak NIK di Lantai 2.. Siapkan KTP asli ya. Setelah NIK dimasukkan dalam data base kembali ke Lantai 3 tempat spk tadi.. Serah Kan dokumen dan tunggu lagi panggilan..  NIK (Nomor Induk Kependudukan) diminta kalau belum ada/ belum diimput ke dalam data base. Kalau NIK-nya sudah terdaftar di data base sih dari lantai 3 langsung naik ke Lantai 4 gak perlu turun ke lantai 2.

Setelah dipanggil di loket SKP tadi, bawa dokumen yang diberikan terus lads naik ke lantai 4, daftar ke loket jasa raharja dulu sebelum bayar ke kasir total tunggakannya, baru deh bayar total tunggakan plus jasa raharja.. Kelar pembayaran tunggakan, jasa raharja dan denda (kalau ada denda) langsung ke lantai dasar, ambil dan isi formulir perpanjangan stnk seperti biasa. Tapi biasanya sih di loket SKP dan Fiskal sudah dikasih formulir perpanjangan STNK, cek dulu aja, kalau ada ya tinggal isi deh.

Proses selanjutnya seperti perpanjangan STNK kendaraan bermotor seperti biasa, setelah formulir diisi serahkan dokumen yang sudah lengkap dengan fotokopi stnk, fotokopi bpkb, fotokopi Ktp, KTP asli plus tunjukkin laporan penyelesaian pembayaran tunggakan.. Tunggu dipanggil deh buat bayar.. Selesai!

Proses dari lantai 3 hingga kembali ke lantai dasar sih gak sampai sejam kok, yang agak lama malah di proses akhir karena menunggu panggilan pembayaran STNK baru yang sudah terbit. Semoga bermanfaat lads..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.kobayogas.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

19 KOMENTAR

  1. Telat berapa bulan tu kang? Saya pas bulan juli telat sebulan (harusnya bayar awal juni), prosesnya malah sama kaya perpanjang biasa. Cukup bawa KTP sama STNK asli. Lapor ke meja pendaftaran sekalian ambil nomer antrian. Begitu nomer dipanggil, masukin ke loket pemeriksaan progresif (yg ga progresif juga masuk sini), tinggal tunggu panggil di loket bayar n ambil STNK di loket bayar juga. Total sekitar stengah jam. Lokasi samsat kawaluyaan, bandung

  2. Kalo telat belum ada setahun mah biasa aja cara ngurus pajaknya, cuma ada tambahan denda doang…. Nah kalo lebih dari setahun baru deh ke lt atas dulu utk penerbitan & pembayaran SKP, setelah bayar SKP baru deh di urus spt biasa aja…..
    Catatan pribadi, kalo di Samsat timur sy sih not recommend….. Karena ramaiii jadinya lamaaaa…

  3. Mang kobay, mau tanya. Kalo di stnk, alamatnya jakarta. Perpanjangan stnk yg terlambat apakah bs disemua samsat di jakarta? Atau hrs sesuai domisili ya?

  4. Mau tanya mang,kebetulan motor ane mw pajak 5 tahunan,plat nmr masih B,tpi domisili udah pindah k luar daerah. Bisakah urus pajak 5 tahunan itu diurus dikantor samsat setempat? Jdi gak harus k jkrta gitu..?
    Makasih

  5. gimana ya ….:.kok ribet banget prosedurnya?

    share pengalaman saja nih.
    minggu lalu bayar pajak motor, titip saudara utk uruskan, mumpung lg periode gak bayar sanksi adm…:pajak telat 8 bulan (motor lawas pajak + asuransi 165rb)..samsat kebonnanas jaktim.

    lha rupanya harus lewatin kurleb 9 loket, dan hampir di tiap diminta uang.
    Total dilaporkan, habis uang antara pajak yg harus dibayar malah gedean buat embel2nya.

    Menunggu …..kapaaaannn reformasi birokrasinya.

    Sulitnya mau bayar pajak, bukannya dipermudah saja,

    Komen : makanya jangan telat bayar 😛

    Lha kalau bayar tinggal transfer saja selesai, gak akan telat bayar brooooo…

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.